Perbandingan feeling kapasitas mesin dengan body mobil

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
fabreguz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 853
Joined: Mon Jan 17, 2011 6:32
Location: Paragon City

Perbandingan feeling kapasitas mesin dengan body mobil

Post by fabreguz »

lagi penasaran dan ingin tambah pengertahuan tentang mesin :mky_03: :mky_01:
judulnya sudah tepat belum ya ? :big_think: :big_think:
kalau ada kesalahan kata dan kebingungan arti atau repost, please advice dari moderator yang saya hormati :thanks: :thanks:

selama ini saya cendeung cuek dan merasa mesin yang ditanamkan produsen di kap mesin produksinya pasti sesuai untuk performa mobil itu di jalan :mky_03: :mky_01:
tetapi ini berubah setelah membaca banyak ulasan master2 di serayamotor terutama saat di pembahasan tret mobil yang akan meluncur dan mesin yang digunakan
ada mobil yang dianggap hanya cocok untuk penyabar di jalanan luar kota seperti suv kelas 1500 cc semacam rush terios :big_peace: :big_peace:
tapi selain yang kurang, tentu saja ada performa yang dinilai ideal (tenaga mesin pas banget untuk menarik body mobil)
dan ternyata ada juga yang superpower (perlu konsentrasi extra saat mengemudi karena tenaga mesin berlebihan saat menarik body mobil )
berarti total ada 3 tingkatan feeling :big_smile] :big_smile]

saya yakin feeling setiap orang pasti berbeda beda dalam hal ini, tapi justru disitu letak seninya :mky_02: :mky_01:
kalau mulai dari feeling saya yang newbie thok :
KURANG/ UNDERPOWER:
- nissan juke 1500 cc a/t: mesin terlalu kecil untuk bodinya yang gendut dan seharusnya ada transmisi manual
kalau di luar saya lihat, juke pakai mesin 1600cc turbo dan memang ini lha seharusnya
IDEAL :
- jazz rs 1500cc a/t , saya rasa bodi segitu sudah pas banget dengan mesin 1500 cc nya dan untuk luar kota dan tanjakan pun ndak ada masalah berarti
semoga jazz generasi terbaru meningkat lagi tenaga mesinnya :mky_02: :mky_08:
- crv gen 3 2400 cc a/t : pas banget ketimbang yang bermesin 2000 cc
BERLEBIHAN / SUPERPOWER:
- newbie belum pernah merasakan karena juga tidak bisa test drive semua mobil :big_think: :big_think:

mohon sharingnya :mky_01: :mky_02:
kalau bisa feeling hanya khusus untuk mobil standard pabrikan saja, dan juga ada contoh dari mobil yang tidak beredar di indonesia (untuk menambah pengetahuan)
mungkin juga bisa spesifik pada transmisi dan juga perbedaan di jalanan datar atau tanjakan

:thanks: :thanks: :thanks:
Don't Imageate
piggypig77
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 636
Joined: Tue Feb 11, 2014 13:33
Location: Jakarta

Re: Perbandingan feeling kapasitas mesin dengan body mobil

Post by piggypig77 »

Salah satu mobil underpowered itu toyota fortuner d4d non vnt,itu mobil sih bener2 kecil bgt tenaganya cuma 102 dk mesti super sabar nyetirnya :big_chicken:
hariy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2269
Joined: Sun Sep 08, 2013 1:03
Location: 06º 35' 42" LS 110º 40' 18" BT

Re: Perbandingan feeling kapasitas mesin dengan body mobil

Post by hariy »

ikut share...vote hatchback superpower yg masih eksklusif dijalanan Indonesia : impreza 2.5 WRX STi...kondisi standar sudah pake turbocharger, power output 300dk di 6000rpm...coba kalo ketemu bocah2 ababil yg pake hatchback 'biasa' di tol, manas2in...hemm, dijamin tau rasa.
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Perbandingan feeling kapasitas mesin dengan body mobil

Post by madcat015 »

Underpowered:
Bejubel, cuman bbrp yang berkesan bagi ane:
- Subaru Legacy BM 2012: parah ui, bejek pedal gas sampe habis cuman dapat suara "uuuuuuuuuUUUUUUUNG"... tanpa akselerasi semestinya
- Merc SLK200: turbo lag menyedihkan. Lemot.
- Ipah bensin AT: nuff said
- BMW X6 xDrive35i 2011: bobot kendaraan nyaris 3 ton, enjin cuman 305hp. Mampus. Ga bs sprint.
- Honda CRZ 2012: Bayangkan Jazz, kasih bobot ekstra 110kg, enjin lebih jinak, dan kasi IMA system yg nyaris tak berguna. Dah. Not impresif.
- Mazda Biante SkyActiv 2013: errrr... MPV butuh torsi low rev dgn tranny yg bs mengolahnya. Biante masih memiliki kekurangan yg signifikan di sektor tsb. No powahhh.

Overpowered:
- Merc CLS63 AMG+Brabus 2012: mobil bertenaga nuklir dgn oprekan sinting Brabus. Nyaris 700hp dan 1200nm plus knalpot yg sukses mengubah VPower menjadi suara yg bikin petrolhead h*rny... Literraly she's trying to kill me, but thats what makes it so goddamned fun.
- Jaguar XJ-L 3.0 SC: enjin 3 liter, supercharged, torsi buas di 450nm dan transmisi cerdas. Luxury saloon wafting on its best. A proper Jaaaggg...
- BMW F10 M5 2012: the most powerfull letter on disguise as a mid saloon. Burn out is as easy as breathing.
- Porsche Panamera Turbo 2011: Fast back on steroid. Meski eksterior bagaikan wajah Scarlett Johansson dengan body Queen Latifah, tp enjin nya brutal. Akselerasi buas terkendali, dan handling baik. sayang, transmisi kadang dudul kl kena U-turn.


Errr... daftar ini subyektif sesuai penilaian ane ya... :ngacir:


Anyway, nice trit om fabreguz... :mky_02:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Perbandingan feeling kapasitas mesin dengan body mobil

Post by billyd1773dz »

underpowered
ipah n fortuner non vnt hikss..
daihatsu rocky.. hrsnya dri dulu pke yg turbodiesel
jimny F10A stock... narik extragrip d 4L aja sering g kuat.

overpowered
WJ 1.7T got V8 235hp 400nm..... for suv besar tergolong ringan n tenaga gedesih.
XJ 1.4T got i6 4ltr 190hp 315nm same recipe as above
errr ipah d4d on heavy steroid literary could killed its driver and 7 passenger *run away......* :ngacir: :ngacir: :ngacir: :ngacir:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
POS VETT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2275
Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
Location: Columbus, OH, USA
Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero

Re: Perbandingan feeling kapasitas mesin dengan body mobil

Post by POS VETT »

There is no such thing as "overpowered" or too much power. That's like saying having too much money, too much fun, or a girl too pretty ;)
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Perbandingan feeling kapasitas mesin dengan body mobil

Post by Turboman »

Kalo saya pribadi ngeliatnya gak dari body tapi dari karakter suspensi dan rem

Salah 1 mobil yg Torque dan suspensi kurang balance = Hyundai SantaFe CRDi 4X2

Torsi kingkong 445 Nm, suspensi kurang "match" dgn Torsi sebesar itu.......pas dibawa nikung2 kenceng kitanya jadi agak ngeri, kalo lurus sih fine2 aja
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Perbandingan feeling kapasitas mesin dengan body mobil

Post by ZombiEE »

POS VETT wrote:There is no such thing as "overpowered" or too much power. That's like saying having too much money, too much fun, or a girl too pretty ;)
Mantap pak...setujuuuuuu :big_peace:
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Perbandingan feeling kapasitas mesin dengan body mobil

Post by billyd1773dz »

POS VETT wrote:There is no such thing as "overpowered" or too much power. That's like saying having too much money, too much fun, or a girl too pretty ;)
Haha setujuuu :big_biglaugh: :big_biglaugh:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16676
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Perbandingan feeling kapasitas mesin dengan body mobil

Post by ChZ »

setuju dengan om turbo.... bisa diliat dari karakter suspensi dan rem...

btw kalo versi ane, dari semua mobil yang pernah ane TD yak...
Underpower :
- Chevrolet Cruze 1.8 AT... keberatan body... bayangin spek enjin nggak jauh dari Civic FD1 tapi bodinya lebih berat....
- Ford Fiesta 1.5 S AT... keberatan body dengan enjin less powerful than GE8... mw dapet 100 kph aja kudu berjuang keras..
- Honda Freed... nuff said
- Nissan March 1.2 AT..... grrrrrr.... 3 cyld... 0-60 kuat... di atas itu hopeless.... mau dapet 100 kph sangat-sangat bengek....
- Suzuki SX-4 1.5 AT .... bengek di RPM tinggi.... Swift on steroid...
- Toyota Harrier 2.4 AT.... overweight... bayangkan Camry XV30 dikasih steroid....

Balanced :
- BMW 320i Sport (F30)
- Chevrolet Captiva 2.0 VCDi
- Ford (Fiesta 1.0 Ecoboost , Focus HB 2.0)
- Honda (Accord CP2 & CR2, Brio 1.3, Civic FD1 1.8, CR-V RE 2.4, CR-V RM 2.4, Jazz RS AT, Mobilio CVT, Odyssey RC1)
- KIA Sportage 2.0 Platinum AT PFL
- Land Rover Range Rover Evoque Dynamic
- Mazda (2, 8, CX-5 2.0, CX-7, MX-5)
- Mercedes C230 Kompressor AT (W202)
- Mitsubishi (Pajero Sport Exceed, Outlander Sport PX CVT, Grandis)
- Nissan (Altima/Teana L33, X-Trail T31 2.5 CVT)
- Suzuki (Swift ZC21S, Grand Vitara 2.4 AT)
- Toyota (Camry XV50, Yaris)

Overpowered :
- Jaguar XJ-L 3.0 Supercharged.... tendangan torsi sangat kuat dan effortless, walaupun yang dibopong itu sedan limusin dengan 4 penumpang di dalamnya..... :mky_02: :mky_02:
- KIA Sorento 2.2 CRDi... lots of powahhhhh.... tapi chassis, suspensi, steering mengerikan...
- Mazda CX-5 2.5.... sebenernya bingung mau masukin ke well-balanced atau overpower... tapi sptnya cenderung ke overpower... torque steer waktu akselerasi cukup kuat
- Mitsubishi Pajero Sport Dakar 270HP/5xxNm.... this car really tries to kill me.... chassis mengerikan, rem mengerikan.... :big_chicken:
- Subaru Forester 2.0 XT.... waktu turbo belum spool up lagnya mengerikan, tapi begitu udah spool up, all the fun goes out! :mky_02: di depan kampus UC dapet 120 hanya dalam waktu singkat
- Volkswagen Golf 1.4 TSI MKVI... tendangan S/C dan T/C sangat kuat waktu akselerasi, plus DSG yang shiftingnya cepat... 0-100 sekitar 7,7secs!
- Volkswagen Scirocco R... meskipun cuma numpang tapi cukup berasa waktu full throttle, 0-100 in about 5secs....
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
Yusaku
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 646
Joined: Sun Jul 23, 2006 17:54
Location: Surabaya

Re: Perbandingan feeling kapasitas mesin dengan body mobil

Post by Yusaku »

madcat015 wrote:Underpowered:
Bejubel, cuman bbrp yang berkesan bagi ane:
- Subaru Legacy BM 2012: parah ui, bejek pedal gas sampe habis cuman dapat suara "uuuuuuuuuUUUUUUUNG"... tanpa akselerasi semestinya
- Merc SLK200: turbo lag menyedihkan. Lemot.
- Ipah bensin AT: nuff said Uhuuuukkk!!!! :big_smoking: :big_smoking:
- BMW X6 xDrive35i 2011: bobot kendaraan nyaris 3 ton, enjin cuman 305hp. Mampus. Ga bs sprint.
- Honda CRZ 2012: Bayangkan Jazz, kasih bobot ekstra 110kg, enjin lebih jinak, dan kasi IMA system yg nyaris tak berguna. Dah. Not impresif.
- Mazda Biante SkyActiv 2013: errrr... MPV butuh torsi low rev dgn tranny yg bs mengolahnya. Biante masih memiliki kekurangan yg signifikan di sektor tsb. No powahhh.

Overpowered:
- Merc CLS63 AMG+Brabus 2012: mobil bertenaga nuklir dgn oprekan sinting Brabus. Nyaris 700hp dan 1200nm plus knalpot yg sukses mengubah VPower menjadi suara yg bikin petrolhead h*rny... Literraly she's trying to kill me, but thats what makes it so goddamned fun.
- Jaguar XJ-L 3.0 SC: enjin 3 liter, supercharged, torsi buas di 450nm dan transmisi cerdas. Luxury saloon wafting on its best. A proper Jaaaggg...
- BMW F10 M5 2012: the most powerfull letter on disguise as a mid saloon. Burn out is as easy as breathing.
- Porsche Panamera Turbo 2011: Fast back on steroid. Meski eksterior bagaikan wajah Scarlett Johansson dengan body Queen Latifah, tp enjin nya brutal. Akselerasi buas terkendali, dan handling baik. sayang, transmisi kadang dudul kl kena U-turn.


Errr... daftar ini subyektif sesuai penilaian ane ya... :ngacir:


Anyway, nice trit om fabreguz... :mky_02:
User avatar
WongZo
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2083
Joined: Tue Dec 17, 2013 15:06
Location: Bandung

Re: Perbandingan feeling kapasitas mesin dengan body mobil

Post by WongZo »

Klw mnurut ane:
Ipah Bengsin (Harusnya pke mesin 2.4 lah, >150HP ma >220Nm)
Luxio (Harusnya pke 1.8 lah, >120HP ma >170Nm)
Rushter (Harusnya pke 1.8 jg >120HP ma >180Nm)
Serena C24 (Harusnya 2.4 >150HP ma >210Nm)
Yg cukup" aj:
CRV 2.4 AT
PJS Dakar (Klw transmisinya dibenerin :big_exellent: )
Avanza S
Galant Hiu M/T (Dalkot only jgn di toll :big_grin: )
Udh ah, gapernah nyoba lg :big_peace:
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: Perbandingan feeling kapasitas mesin dengan body mobil

Post by NYoman »

Underpower sendiri maksudnya sendiri apa ya? Itu aja pertanyaan nya..
Menurut saya tidak ada mobil yang underpower/overpower, pabrikan tidak bodoh untuk memberikan mesin pada kendaraan bermotor.. Mereka punya hitungan secara matematis untuk setiap kendaraan, kalau ada yg bilang under/overpower, think again..
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
User avatar
Felixz_Yaris
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3220
Joined: Wed Mar 27, 2013 4:32
Location: Jombang, Jawa Timur

Re: Perbandingan feeling kapasitas mesin dengan body mobil

Post by Felixz_Yaris »

hariy wrote:ikut share...vote hatchback superpower yg masih eksklusif dijalanan Indonesia : impreza 2.5 WRX STi...kondisi standar sudah pake turbocharger, power output 300dk di 6000rpm...coba kalo ketemu bocah2 ababil yg pake hatchback 'biasa' di tol, manas2in...hemm, dijamin tau rasa.
bocah ababil pake hatchback biasa ???
:ungg: :ungg: :ungg: :ungg: :ungg:
[TYCI 917]
[YKC]
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Perbandingan feeling kapasitas mesin dengan body mobil

Post by billyd1773dz »

NYoman wrote:Underpower sendiri maksudnya sendiri apa ya? Itu aja pertanyaan nya..
Menurut saya tidak ada mobil yang underpower/overpower, pabrikan tidak bodoh untuk memberikan mesin pada kendaraan bermotor.. Mereka punya hitungan secara matematis untuk setiap kendaraan, kalau ada yg bilang under/overpower, think again..
semua engineer pasti pingin ngasih resep paling baik bwat mbl yg sudah susah payah jadi buah pikirannya :D

masalahnya bgtu di satukan bagian finance, marketing dll, bgtu diharuskan masuk ke range harga tertentu, kompromi dengan ketersediaan part,kondisi alam, fuel di market yang di tuju,persaingan pasar n profit ... jadi muncul kompromi yang mengharuskan harus ada sisi yang di korbankan.



:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Perbandingan feeling kapasitas mesin dengan body mobil

Post by amfibi »

RAV4 ane termasuk underpowered, payah kali kl mau nyalip truk di toll, hrs pencet OD spy enak...

Kl si camry V6... Sangat memadai, tenaga selalu tersedia dengan baik saat kapanpun dibutuhkan... :mky_02:
User avatar
Felixz_Yaris
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3220
Joined: Wed Mar 27, 2013 4:32
Location: Jombang, Jawa Timur

Re: Perbandingan feeling kapasitas mesin dengan body mobil

Post by Felixz_Yaris »

amfibi wrote:RAV4 ane termasuk underpowered, payah kali kl mau nyalip truk di toll, hrs pencet OD spy enak...

Kl si camry V6... Sangat memadai, tenaga selalu tersedia dengan baik saat kapanpun dibutuhkan... :mky_02:
bukannya matik kalo mau nyalip kudu di overdrive dulu ya ? :ungg:
[TYCI 917]
[YKC]
User avatar
amfibi
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8594
Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
Location: Central Park, JakBar

Re: Perbandingan feeling kapasitas mesin dengan body mobil

Post by amfibi »

Felixz_Yaris wrote:
amfibi wrote:RAV4 ane termasuk underpowered, payah kali kl mau nyalip truk di toll, hrs pencet OD spy enak...

Kl si camry V6... Sangat memadai, tenaga selalu tersedia dengan baik saat kapanpun dibutuhkan... :mky_02:
bukannya matik kalo mau nyalip kudu di overdrive dulu ya ? :ungg:
Lhoo kata siapa bro :upss:

Cukup di kickdown aja, tp kl tenaga msh kurang, bs dengan aktifkan overdrive/D3 or pake mode sport/dsb... :mky_01:
User avatar
Felixz_Yaris
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3220
Joined: Wed Mar 27, 2013 4:32
Location: Jombang, Jawa Timur

Re: Perbandingan feeling kapasitas mesin dengan body mobil

Post by Felixz_Yaris »

amfibi wrote:
Felixz_Yaris wrote:
amfibi wrote:RAV4 ane termasuk underpowered, payah kali kl mau nyalip truk di toll, hrs pencet OD spy enak...

Kl si camry V6... Sangat memadai, tenaga selalu tersedia dengan baik saat kapanpun dibutuhkan... :mky_02:
bukannya matik kalo mau nyalip kudu di overdrive dulu ya ? :ungg:
Lhoo kata siapa bro :upss:

Cukup di kickdown aja, tp kl tenaga msh kurang, bs dengan aktifkan overdrive/D3 or pake mode sport/dsb... :mky_01:
ga perna pake metik sihh,, wong ntar kalo beli mobil manual lg... uda bujuk macem2 tetep aja manual
BTT..
yasir termasuk apa yak? under power kalo putaran atas.. gila kalo putaran bawah.. :upss:
[TYCI 917]
[YKC]
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16676
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Perbandingan feeling kapasitas mesin dengan body mobil

Post by ChZ »

billyd1773dz wrote: semua engineer pasti pingin ngasih resep paling baik bwat mbl yg sudah susah payah jadi buah pikirannya :D

masalahnya bgtu di satukan bagian finance, marketing dll, bgtu diharuskan masuk ke range harga tertentu, kompromi dengan ketersediaan part,kondisi alam, fuel di market yang di tuju,persaingan pasar n profit ... jadi muncul kompromi yang mengharuskan harus ada sisi yang di korbankan.



:beer:
yup bro billy.... engineering kalo ketemu orang ekonomi, banyak hal yg harus jadi kompromi...

jalan tengahnya? 1 mobil bikin varian enjin banyak. kembali lagi ke konsumen. adanya pilihan enjin macam-macam di suatu mobil kan juga demi memenuhi tuntutan konsumen yg makin hari makin banyak....

automotive engineers memang ga bodoh, tapi harus diakui memang beberapa mobil "sengaja" dibikin underpower demi menyesuaikan hal-hal spt yang bro billy bilang.... :ungg:

intinya simpel, balik ke konsumen, mau irit atau mau kencang? kalo mau irit silahkan beli yang terendah, tp jangan protes kalo boyo. mau kencang beli yang tertinggi, tapi jangan protes kalo boros... :upss:

kalo semua mobil ga ada yg under/overpower... nggak perlu sampe BMW ada dari 520i sampe ///M5.... 520i buat nyenengin para laskar pecinta lingkungan hidup, ///M5 buat memuaskan para speedgoers berduit.... IMO :ungg:

overpowered machines = machines that tries to kill ye.... :mky_03: just like CLS63 AMG Brabus Package 700HP 1200Nm :ngacir: :ngacir:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
ChZ
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 16676
Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
Location: Semarang
Daily Vehicle: Civic FK4

Re: Perbandingan feeling kapasitas mesin dengan body mobil

Post by ChZ »

hariy wrote:ikut share...vote hatchback superpower yg masih eksklusif dijalanan Indonesia : impreza 2.5 WRX STi...kondisi standar sudah pake turbocharger, power output 300dk di 6000rpm...coba kalo ketemu bocah2 ababil yg pake hatchback 'biasa' di tol, manas2in...hemm, dijamin tau rasa.
beda kali oom.... harganya juga 3x lipet nya....

Impreza medium hatchback, Jazz dkk small hatch...

kalo mw manas-manasin, ga usa STi, overrated dan berasa urakan... mentang2 mobil tenaga gede sok manas manasin... manas-manasin mah enak pake MPV atau SUV aja.... :upss:
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Perbandingan feeling kapasitas mesin dengan body mobil

Post by billyd1773dz »

ChZ wrote:
billyd1773dz wrote: semua engineer pasti pingin ngasih resep paling baik bwat mbl yg sudah susah payah jadi buah pikirannya :D

masalahnya bgtu di satukan bagian finance, marketing dll, bgtu diharuskan masuk ke range harga tertentu, kompromi dengan ketersediaan part,kondisi alam, fuel di market yang di tuju,persaingan pasar n profit ... jadi muncul kompromi yang mengharuskan harus ada sisi yang di korbankan.



:beer:
yup bro billy.... engineering kalo ketemu orang ekonomi, banyak hal yg harus jadi kompromi...

jalan tengahnya? 1 mobil bikin varian enjin banyak. kembali lagi ke konsumen. adanya pilihan enjin macam-macam di suatu mobil kan juga demi memenuhi tuntutan konsumen yg makin hari makin banyak....

automotive engineers memang ga bodoh, tapi harus diakui memang beberapa mobil "sengaja" dibikin underpower demi menyesuaikan hal-hal spt yang bro billy bilang.... :ungg:

intinya simpel, balik ke konsumen, mau irit atau mau kencang? kalo mau irit silahkan beli yang terendah, tp jangan protes kalo boyo. mau kencang beli yang tertinggi, tapi jangan protes kalo boros... :upss:

kalo semua mobil ga ada yg under/overpower... nggak perlu sampe BMW ada dari 520i sampe ///M5.... 520i buat nyenengin para laskar pecinta lingkungan hidup, ///M5 buat memuaskan para speedgoers berduit.... IMO :ungg:
yup agreed om... hehehe :D you get what you paid for...

sebelnya klw versi menengah atas memang ga di jual disini ya karna hasil study marketnya di bilang g siap, sepi peminatnya ,too expensive,atau soal infrastructure...

well tinggal jalan modifikasi.. :D yg ini tinggal gmn ownernya bikin yg balance atw operpower with its own risk...
ChZ wrote:
hariy wrote:ikut share...vote hatchback superpower yg masih eksklusif dijalanan Indonesia : impreza 2.5 WRX STi...kondisi standar sudah pake turbocharger, power output 300dk di 6000rpm...coba kalo ketemu bocah2 ababil yg pake hatchback 'biasa' di tol, manas2in...hemm, dijamin tau rasa.
beda kali oom.... harganya juga 3x lipet nya....

Impreza medium hatchback, Jazz dkk small hatch...

kalo mw manas-manasin, ga usa STi, overrated dan berasa urakan... mentang2 mobil tenaga gede sok manas manasin... manas-manasin mah enak pake MPV atau SUV aja.... :upss:
jihahaha
:wkkk: :wkkk: :wkkk: :wkkk:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6014
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: Perbandingan feeling kapasitas mesin dengan body mobil

Post by artoodetoo »

Saya kagak terlalu ngerti yang beginian.
Penasaran aja, kalo Mirage gimana ya? Perasaan sih underpowered juga tuh .... :upss:
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
hariy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2269
Joined: Sun Sep 08, 2013 1:03
Location: 06º 35' 42" LS 110º 40' 18" BT

Re: Perbandingan feeling kapasitas mesin dengan body mobil

Post by hariy »

ChZ wrote:beda kali oom.... harganya juga 3x lipet nya....

Impreza medium hatchback, Jazz dkk small hatch...

kalo mw manas-manasin, ga usa STi, overrated dan berasa urakan... mentang2 mobil tenaga gede sok manas manasin... manas-manasin mah enak pake MPV atau SUV aja.... :upss:
ehemm...yah, kan itu misalnya saya yg pake impreza nya...ceritanya begitu..
jadi, impreza ketemu ababil yg pake ford fiesta (hanya contoh...no offence buat user fiesta) yg baru keluar bengkel modif...so pasti tu ababil pengen sparring partner ngga peduli sama mobil apapun dg harga berapapun. (hehehe,pengalaman pibadi). lha yg dipanasi tipe STi, cukup sprint 0-100kpj, misalkan om chris yg nyupiri STi sekalipun..kan yakin menang..setelah itu dilanjut jogging ya monggo...

om, kalo manas2in pake SUV / MPV, mending saya ngga lah.....ngeri banter2. :big_peace:
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Perbandingan feeling kapasitas mesin dengan body mobil

Post by billyd1773dz »

ababilnya sangat ga ngerti mobil bearti manas2in STI :big_chicken:


klw salah manas2in sleeper nah loh.. :mky_03: :mky_03:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz