

judulnya sudah tepat belum ya ?


kalau ada kesalahan kata dan kebingungan arti atau repost, please advice dari moderator yang saya hormati


selama ini saya cendeung cuek dan merasa mesin yang ditanamkan produsen di kap mesin produksinya pasti sesuai untuk performa mobil itu di jalan


tetapi ini berubah setelah membaca banyak ulasan master2 di serayamotor terutama saat di pembahasan tret mobil yang akan meluncur dan mesin yang digunakan
ada mobil yang dianggap hanya cocok untuk penyabar di jalanan luar kota seperti suv kelas 1500 cc semacam rush terios


tapi selain yang kurang, tentu saja ada performa yang dinilai ideal (tenaga mesin pas banget untuk menarik body mobil)
dan ternyata ada juga yang superpower (perlu konsentrasi extra saat mengemudi karena tenaga mesin berlebihan saat menarik body mobil )
berarti total ada 3 tingkatan feeling
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
saya yakin feeling setiap orang pasti berbeda beda dalam hal ini, tapi justru disitu letak seninya


kalau mulai dari feeling saya yang newbie thok :
KURANG/ UNDERPOWER:
- nissan juke 1500 cc a/t: mesin terlalu kecil untuk bodinya yang gendut dan seharusnya ada transmisi manual
kalau di luar saya lihat, juke pakai mesin 1600cc turbo dan memang ini lha seharusnya
IDEAL :
- jazz rs 1500cc a/t , saya rasa bodi segitu sudah pas banget dengan mesin 1500 cc nya dan untuk luar kota dan tanjakan pun ndak ada masalah berarti
semoga jazz generasi terbaru meningkat lagi tenaga mesinnya


- crv gen 3 2400 cc a/t : pas banget ketimbang yang bermesin 2000 cc
BERLEBIHAN / SUPERPOWER:
- newbie belum pernah merasakan karena juga tidak bisa test drive semua mobil


mohon sharingnya


kalau bisa feeling hanya khusus untuk mobil standard pabrikan saja, dan juga ada contoh dari mobil yang tidak beredar di indonesia (untuk menambah pengetahuan)
mungkin juga bisa spesifik pada transmisi dan juga perbedaan di jalanan datar atau tanjakan


