Leonhart wrote:newrubble wrote:Jendela putar manual antisipasi kalo tenggelam di kali krn overspeed / underskill. Yg didalam masih bisa buka jendela sblm mati![]()



Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
Leonhart wrote:newrubble wrote:Jendela putar manual antisipasi kalo tenggelam di kali krn overspeed / underskill. Yg didalam masih bisa buka jendela sblm mati![]()
newrubble wrote:Jendela putar manual antisipasi kalo tenggelam di kali krn overspeed / underskill. Yg didalam masih bisa buka jendela sblm mati
mobil LCGC kayaknya ga ada yg recommended deh buat dibawa ke pantura... kalo sekedar bisa sih yakin bisa, tapi recommended kayaknya nggak.djia wrote:Kakak ane juga lagi dilema mau ambil Ayla ato Wagon-R. Kalo Wagon-R dipake touring jarak jauh (300 - 600 km sekali jalan) kira2 aman2 aja gak ya? Kalo liat bodi luar kok agak ragu dipake bwt dipake di pantura.
Kalo Agya Ayla ane pernah beberapa kali liat dengan plat nomor & posisi kendaraan berjauhan (asumsi ane berarti dari luar kota).
walah, FC nya kok idem papanjah ane gitu om? kirain bisa tembus 15-18 km/l.nis wrote:mobil LCGC kayaknya ga ada yg recommended deh buat dibawa ke pantura... kalo sekedar bisa sih yakin bisa, tapi recommended kayaknya nggak.djia wrote:Kakak ane juga lagi dilema mau ambil Ayla ato Wagon-R. Kalo Wagon-R dipake touring jarak jauh (300 - 600 km sekali jalan) kira2 aman2 aja gak ya? Kalo liat bodi luar kok agak ragu dipake bwt dipake di pantura.
Kalo Agya Ayla ane pernah beberapa kali liat dengan plat nomor & posisi kendaraan berjauhan (asumsi ane berarti dari luar kota).
kebetulan gue pengguna gogon ini... setelah sebelumnya pake ainex yang 1300, sekarang gue iseng nyoba si gogon. so far baru jalan sekitar 600 km full dalem kota, rute the bronx alias super padat, dari cengkareng - puri - meruya - jl panjang - patal senayan - PS, biasa2 aja feel nya, ga ada yg aneh, FC pake premium dapet 1:12, kalo lewat tol dapet 1:14. gogon ini lemah di putaran <2000 rpm, jadi kalo mau nanjak2 harus jaga rpm diatas itu. sementara buat cruising di tol, mesin nya oke, 120 kpj anteng di rpm 4000 dan bunyi mesin nya masih senyap.
oli pake 0W-20, bawaan beres BIT pondok indah, AC selalu on di termostat setengah, bensin full premium, dan ban masih standar 145/80 yang kayak ban motor itu, hehehe... kira2 gitu kondisi harian si gogon.
gue tipe yang nyetir sesuka gue... gue sama sekali ga peduli dengan shift indicator... prinsipnya gue ga suka jalan ngegeloyor, gue suka kalo di gigi berapapun, tenaga mobil itu kerasa... tapi, kalo mau irit, kayaknya shift indicator ini harus diperhatiin... banyak testi di forum sebelah bahwa dalkot FC nya bisa 1:15-16.djia wrote: walah, FC nya kok idem papanjah ane gitu om? kirain bisa tembus 15-18 km/l.
kalo salipan atau disalip sama kendaraan besar di tol masih stabil apa goyang2 om? ane agak miris aja liat bodi sama kuda2 yang ditopang ban motor itu. hehe...
nah ini yg emang sedikit aneh... kapan hari waktu service pertama di suzuki pondok indah, di dalem mobil di kaca depan kanan atas ditempel sticker tentang oli apa dan kapan harus ganti oli, disitu ditulis 0W-20. tapi di buku servis, ditulis 5W-30.azu wrote:saya baca2 katanya Karimun Wagon R ini pakai oli 0W-20 ya? pakai merknya apa ya dan berapaan? karena setau saya Suzuki ga ngeluarin SGO yg 0W-20..
oke om.. tapi kalau boleh saran, lbh baik jangan pakai 10W-40 om.. paling tidak 5W-30.. karena pasti akan sedikit berpengaruh ke tarikan dan konsumsi bbm juga, karena yg ujungnya 40 lebih kental.. saya sendiri di Ertiga yg keluarga mesinnya mirip2 (Ertiga K14B, KWR K10) juga pakai 5W-30.. apalagi mobil2 sekarang rata2 mensyaratkan olinya minimal 5W-30.. atau coba lihat om di manual book viskositas berapa yg direkomendasikannis wrote:nah ini yg emang sedikit aneh... kapan hari waktu service pertama di suzuki pondok indah, di dalem mobil di kaca depan kanan atas ditempel sticker tentang oli apa dan kapan harus ganti oli, disitu ditulis 0W-20. tapi di buku servis, ditulis 5W-30.azu wrote:saya baca2 katanya Karimun Wagon R ini pakai oli 0W-20 ya? pakai merknya apa ya dan berapaan? karena setau saya Suzuki ga ngeluarin SGO yg 0W-20..
dari testi beberapa orang di group kwr di facebook, ternyata bahkan ada yg dikasih oli 10W-40 ama beres pas servis pertama. jadi aneh menurut gue, kesan nya kayak ngasal, oli apa aja bisa. tapi di sisi lain gue jadi seneng juga, kalo bener oli apapun bisa, gue mau coba pakai oli yg sudah bertahun2 gue percaya yaitu fastron 10W-40... bagus dan hemat
yup setuju ama om ilhamiilhami wrote:Kekentalan oli lebih tergantung ke clearance mesinnya sendiri, Jadi kalau mesinnya sudah mulai uzur, sebaiknya naik ke oli 10w-40, 20W-50. Kalau suhu mesin relatif stabil karena ada radiator. Dan sebaiknya pakai oli 5W-30 yang berkualitas tinggi.
Kalau di motor gak ada radiator jadi suhu mesin bisa panas banget, tapi kan olinya juga sudah beda dan lebih sering diganti.
maaf om mau nambahin saja, oli yg buntutnya 30 justru untuk konsumsi BBM yg ekonomis sedangkan oli dgn viskositas tinggi (mis: 5W-40, 0W-50) biasanya utk kendaraan performa tinggi.. kalau dulu oli yg buntytnua 30 biasanya tertera logo API Energy Conserving.. dan oli SGO 10W-40 lbh disediakan untuk mobil2 komersialnya (Carry dkk)..nis wrote:mesin K10B ini dipake di karimun estilo, dan di club2 estilo, rekomendasi olinya adalah 10W-40... makanya rada aneh juga kenapa ini sijuki jadi ngerekomen 5W-30... kode depan nya sih ga masalah, mau 0, 5, atau 10 cuma beda2 tipis, karena toh negara kita tidak ada musim saljunya... tapi kode belakangnya itu yang aneh, secara negara kita itu iklim nya panas, apa lagi sering macet, apa kuat tuh dikasih kode 30 doang ?
selaen mobil, gue juga pengguna motor hando bebek, rekomen pabrikan adalah 10W-30, tapi dari pengalaman, kalo jalan siang2 pas panas2nya, 10W-30 itu ancur banget, rasanya kayak naek mesin ga pake oli, terus dari temen2 disaranin pake 10W-40 (enduro racing) dan ternyata enak... pagi gampang start, siang juga masih berasa alus, tarikan dan konsumsi bbm sama2 aja, ga ada perubahan.
sekarang sih berhubung oli si gogon masih gratis dari beres yah gue sih oke2 aja lah, tapi ke depan nya kayaknya gue mau eksperimen... btw, ngobrol ama SA di sijuki pondok indah, dia bilang sijuki nyediain 2 jenis oli... 5W-30 buat "performance" dan 10W-40 buat "ekonomis", dua2nya direkomendasikan untuk pemakaian sampe dengan 5000 km.
kodoq_ijo wrote:Ga tau tuh dan ga berani tanya juga,soal nya dikomplek saya suka pada sensi kalo ngomongin urusan mobilWongZo wrote: serius gan? Ada something wrong sma tuh ayla.
ic ic, thank you sharing nya... gue baru aja sempet login lagi di SM ini, nice info, masuk akal juga sih kata2 om ilhami... motor gue ga pake radiator, sementara mobil pasti ada radiator, sehingga suhunya terjaga... gue asli ga merhatiin soal radiator iniazu wrote:maaf om mau nambahin saja, oli yg buntutnya 30 justru untuk konsumsi BBM yg ekonomis sedangkan oli dgn viskositas tinggi (mis: 5W-40, 0W-50) biasanya utk kendaraan performa tinggi.. kalau dulu oli yg buntytnua 30 biasanya tertera logo API Energy Conserving.. dan oli SGO 10W-40 lbh disediakan untuk mobil2 komersialnya (Carry dkk)..
seperti yg om turbo telah jelaskan di thread pemilihan oli, sekarang oli buntut 20 banyak digunakan karena di AS sana CAFE Standard (lihat http://environment.about.com/od/environ ... ndards.htm ) dimana pabrikan harus membuat kendaraan produksinya lebih efisien dan ramah lingkungan, dimana oli buntut 20 dapat membantu mesin lebih efisien sehingga lebih ramah lingkungan (dan ini juga salah satu tujuan LCGC).. oleh karena itu sekarang banyak pabrikan yg merekomendasikan penggunaan oli buntut kecil, seperti 10W-30, 5W-30, 0W-20.
saya setuju dgn om ilhami dan om jambangan, dimana mobil baru yg clearencenya masih kecil lebih baik pakai oki encer saja.. penggunaan oli encer sendiri juga agar efisiensi mesin lebih tinggi dan dimana kondisi mesin baru cenderung lebih efisien.. mungkin seperti mumpung mesin masih bagus ya manfaatkan sebaik mungkin, kalau nanti kan pengen irit kaya mesin baru tidak gampang
saya sendiri di Ertiga pakai Shell HX8 5W-30, gantinya setiap 10rb km atau 6 bulan.. performa terasa stabil, kecuali menjelang pemakaian 10rb km terasa penurunannya dan penguapannya juga minim..
sedangkan di motor saya pakainya malah 15w-50 karena sudah oversize 3 kali, jadi mau ga mau pakai oli kental
sharing saja ya om
Berarti lebih bagus pke shell jngan dipakein premium. Di forum bisa 1:16 mungkin menyetir sngat santai, oper gigi <2000rpmnis wrote:update soal wagon r... berawal dari testimoni pengguna di ka*kus yang katanya kalo pake shell 92, FC dalem kota bisa dapet 1:16, gue nyobain pake shell 92 ini... dan setelah 2 kali full-to-full, ternyata di mobil gue hal ini ga terbukti.
FC shell 92 sama persis dengan FC full premium... 1:12 dalam kota non tol... perbedaan shell 92 dan premium cuma bahwa kalo pake shell, tenaga si gogon sudah keluar sejak di rpm bawah... kalo pake premium, baru keluar diatas rpm 2500... jadi dengan shell, impresi driving nya emang jadi sedikit lebih menyenangkan.
ipah jadul ane odo uda nyaris 150 rebu... mau dipakein oli 10-40 ama 5-30 ampe 0-20 penguapan nya sama2 aja... merek apapun dari 3 jenis oli tsb kira2 kalo ampe 5000 km minimal nambah oli skitar 300-500 cc... tapi berasa bgt beda nya utk tarikan, 0-20 enteng rev up nya... cuman kalo suara mesin pas uda panas, 10-40 lebi alus... tp kalo cold start pagi, 10-40 bikin suara mesin ada tambahan bunyi tek2 kenceng bgt... skrg sehh ane stick di 5-30 aja dehh... cari merek plg murah...Jambangan wrote:yup setuju ama om ilhamiilhami wrote:Kekentalan oli lebih tergantung ke clearance mesinnya sendiri, Jadi kalau mesinnya sudah mulai uzur, sebaiknya naik ke oli 10w-40, 20W-50. Kalau suhu mesin relatif stabil karena ada radiator. Dan sebaiknya pakai oli 5W-30 yang berkualitas tinggi.
Kalau di motor gak ada radiator jadi suhu mesin bisa panas banget, tapi kan olinya juga sudah beda dan lebih sering diganti.
kalo mobil msh baru mending pake 5-30 aja
ane jg pake 5-30 utk mobil odo 18rb KM
ntar kalo mulai boros oli baru downgrade ke 10-40
pernah nyobain 10-40 buset tarikannya ga ada
padahal dulu ane penganut paham oli kental lebih baik![]()
setelah pake oli encer males balik ke oli kental
kodoq_ijo wrote:Kaya nya mendingan Wagon R deh,soal nya tetangga depan rumah pake Ayla baru 3 bulan kok suara mesin nya udah mirip kaya angkotm4rio wrote:Andrian wrote:kalo liat dari data di website sih tinggian alay 10 mm untuk GC nya mar.
http://www.suzuki.co.id/cars_prods_kari ... r_spec.php
http://daihatsu.co.id/products/specification/ayla
beda 1 cm doank ya.......![]()
masih bingung mw pilih ayla X atau wagon R GL, kalo ayla naksirnya ada MID, kalo wagon R sudah immobilizer kan ya??? ( bener gk ya nulisnya ).
ya kalo mikirnya kyk kt ya aman.. kita akalinnugroho bagor wrote:Mosok Harus om,let's go om,adalah buat ngakalin