penyakit kluarga livina itu umum nya berkisar di kaki2 depan (blakang mahh aman, ckup kuat), ac, rem.. kalo yg lain yahh printilan2 kecil2 doank... biasanya orang awam ga terlalu kerasa atau pusingkan koq..amrisatria wrote:brother/master semua yg udah pake GL. salam kenaaal
gini nih, ane rencana mau beli mobil pertama ane, pilihan jatuh pada GL.
dgn budget ane 120jt (ya sisain 10jt lah buat jaga2 namanya mobil second).
hasil cek ke web jualan o/l sih dgn budget segitu ada nih inceran ane GL 2010.
nah yg mau ane tanyain sekalian minta saran brother2 yg udah pake GL lebih dulu:
1. Kekurangan kalo beli GL bekas apa aja? kayak bagian kaki2, ac, steering dll (soalnya di thread ini bnyk bahas kaki2 sama ac yg suka sakit)
2. kalo ane nemuin itu penyakit, berobatnya bikin demam kantong ga?
3. terakhir, worth and reliable apa ga sih beli GL bekas?? dgn budged ane yg segitu apa ada opsi lain dari brother2 semua buat mobil pertama ane ini?? klo ada bantu suggest dong
tks all
1. kaki2 depan = ini bagian plg rumit dan menguras kantong abis2an.. biasanya kena ke livina yg uda berumur... biasanya mulai dari ripple control yg kena duluan.. ini sepasang harganya 300an.. umurnya ga panjang2 amat.. brikutnya shockbreaker bawaan.. 3taoan biasanya uda keras atau rembes oli... mending ganti aftermarket, lebi awet.. support shock jg biasanya kena seumuran ma shock nya... nahh brikutnya yg bagian main course nya... bushing subframe dan swing arm... nahh ini nehh yg bkin biaya ganti kaki2 jebol 9 jutaan scara ganti tuh bushing sub frame, pihak beres ga mau ganti bushin nya doank melainkan harus beli utuh tuh subframe.. yah mahal lahh... baik subframe dan swing arm emg kualitas karet bushing nya mungkin ga kuat2 amat kali yah.. pemakaian normal 3 -4 taonan aja uda retak.. brikutnya adalah 2 batang link penahan si sub frame tsb yg posisi nya agak kedepan.. ini jg lagi2 terbuat dari karet yg agak krg kuat.. jd yahh biasanya afkir bebarengan ama karet2 bushing subframe tsb.. scara dia jg menahan getaran mesin dkk... sekedar tambahan, enjin mounting jg boleh diperhatikan terutama yg posisi tengah bawah... terpapar panas mesin dan CC gila2an.. biasanya uda retak atau pecah... enjin mounting sebelah kiri jg bsa di perhatikan, terutama utk unit GL manual.. karena ukuran nya yg agak kecil dan menahan getaran gearbox...
2. AC... WAJIB pasang filter kabin ac kalo ga mau evaporator nya cepet jebol... brikut nya cek bandul karet di kepala kompresor.. kalo ilang, mending cepet ke beres minta ganti.. sblom ngerembet kena piston di kompresor nya... ganti tuh bandul karet biasanya sepaket ama magnetic clutch ama bearing dan center plate nya... DC 600an rb... mending beli yg asli nissan punya drpd yg KW... dijamin beda jauh kualitas nya walaupun harga beda dikit..
3. Rem... terutama rem depan, perhatikan karet boot pada pasak kaliper rem depan... lagi2 kualitas tuh boot karet yg agak kurang bagus jadi sering kali retak, getas atau bahkan hilang sama skali shg rem jadi agak macet... usahakan jg stiap taon kuras minyak rem...
sisa nya yahh plg printilan2 nya doank...
berobat nya bikin demam ga ?? yahh tergantung ini namanya... cuman ancar2 siapkan aj 20an jt... ya anda tidak salah baca, 20an jt,.. scara utk urusan ac ama kaki2 aj kalo mau total rekondisi bsa tembus 15an jt keatas..
worth it and reliable ?? lagi2 tergantung jawaban nya... kalo tanya ane jelas jawaban nya ga worth it dan ga reliable... kcuali ada yg mau jual GL dibawah 90 atau 80 jt... nahh baru dehh worth it...
cmiiw, no offence.. just my 2 cents dari experience pliara livina dl... dan



