Cara Kotor BeRes Menipu Asuransi
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Cara Kotor BeRes Menipu Asuransi
Banyak klaim ke asuransi namun barang2 ga semuanya diberikan ke kita
Apakah ada yg tau modus ini? Saya rasa banyak yg mestinya tau, diexpose sedikit yukkk
Jadi gini, ane ada claim, kebetulan asuransi ane kerjasama dengan BeResnya mobil ane. Kalo bengkel abal2 ya ga mungkin ane sharing disini karena modus itu udah biasa, namun ini beRes!
Jadi yg perlu di ganti itu lecet2 di dashboard (dimaling jadi rusak) namun stir dan audio headunitnya masih utuh, namun di form klaimnya ada tulisan data yg perlu diganti itu termasuk stir dan headunit. Kebetulan saya ngintip waktu tukang bengkelnya mengececk formnya, lalu saya tau oo itu stir sama headunit di ganti yaa..tapi dia bilang ngga..lhooo..ane ga ngerti ya udah biarin aja emang ga rusak kenyataannya..
apakah ini modus yaa *bacanya penipuan ke pt asuransi /curang)?
Apakah ada yg tau modus ini? Saya rasa banyak yg mestinya tau, diexpose sedikit yukkk
Jadi gini, ane ada claim, kebetulan asuransi ane kerjasama dengan BeResnya mobil ane. Kalo bengkel abal2 ya ga mungkin ane sharing disini karena modus itu udah biasa, namun ini beRes!
Jadi yg perlu di ganti itu lecet2 di dashboard (dimaling jadi rusak) namun stir dan audio headunitnya masih utuh, namun di form klaimnya ada tulisan data yg perlu diganti itu termasuk stir dan headunit. Kebetulan saya ngintip waktu tukang bengkelnya mengececk formnya, lalu saya tau oo itu stir sama headunit di ganti yaa..tapi dia bilang ngga..lhooo..ane ga ngerti ya udah biarin aja emang ga rusak kenyataannya..
apakah ini modus yaa *bacanya penipuan ke pt asuransi /curang)?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2083
- Joined: Tue Dec 17, 2013 15:06
- Location: Bandung
Re: Cara Kotor Asuransi (Banyak klaim yg tidak2, namun baran
Pernah dnger tuh, wakt itu saudara ane juga dipecahin kaca klw ga slah bwt diambil tas ma laptop. Tpi di klaim tulisannya kaca depan, sama door handle klw gslah (modusnya mw dimaling lewat door handle padahal door handlenya ga rusak sedikit pun) tp ttp aj door handle ga diganti. Trus urusan kesananya gw jg gtw dehmontirangin wrote:Banyak klaim ke asuransi namun barang2 ga semuanya diberikan ke kita
Apakah ada yg tau modus ini? Saya rasa banyak yg mestinya tau, diexpose sedikit yukkk
Jadi gini, ane ada claim, kebetulan asuransi ane kerjasama dengan BeResnya mobil ane. Kalo bengkel abal2 ya ga mungkin ane sharing disini karena modus itu udah biasa, namun ini beRes!
Jadi yg perlu di ganti itu lecet2 di dashboard (dimaling jadi rusak) namun stir dan audio headunitnya masih utuh, namun di form klaimnya ada tulisan data yg perlu diganti itu termasuk stir dan headunit. Kebetulan saya ngintip waktu tukang bengkelnya mengececk formnya, lalu saya tau oo itu stir sama headunit di ganti yaa..tapi dia bilang ngga..lhooo..ane ga ngerti ya udah biarin aja emang ga rusak kenyataannya..
apakah ini modus yaa *bacanya penipuan ke pt asuransi /curang)?

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 418
- Joined: Wed Sep 04, 2013 3:28
Re: Cara Kotor Asuransi (Banyak klaim yg tidak2, namun baran
wah gawat juga ya..kalo ke kita sih secara barang ga dirugikan, hanya saja pasti jengkel ngeliatnya orang asuransi ama bengkel kongkalinkong untuk ngembat barang baru dengan mengatasnamakan claim kita, jadi setidaknya "nama baik" kita yang dirugikan..
kalo ini biasanya ulah oknum nih..
kalo ini biasanya ulah oknum nih..
Ceban Me if I'm Wrong..
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1096
- Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04
Re: Cara Kotor Asuransi (Banyak klaim yg tidak2, namun baran
saya aga bingung maksud nya ini, apakah maksudnya BERES men-curangi pihak asuransi dan customer atau BERES dan pihak asuransi mencurangi customer..?montirangin wrote:Banyak klaim ke asuransi namun barang2 ga semuanya diberikan ke kita
Apakah ada yg tau modus ini? Saya rasa banyak yg mestinya tau, diexpose sedikit yukkk
Jadi gini, ane ada claim, kebetulan asuransi ane kerjasama dengan BeResnya mobil ane. Kalo bengkel abal2 ya ga mungkin ane sharing disini karena modus itu udah biasa, namun ini beRes!
Jadi yg perlu di ganti itu lecet2 di dashboard (dimaling jadi rusak) namun stir dan audio headunitnya masih utuh, namun di form klaimnya ada tulisan data yg perlu diganti itu termasuk stir dan headunit. Kebetulan saya ngintip waktu tukang bengkelnya mengececk formnya, lalu saya tau oo itu stir sama headunit di ganti yaa..tapi dia bilang ngga..lhooo..ane ga ngerti ya udah biarin aja emang ga rusak kenyataannya..
apakah ini modus yaa *bacanya penipuan ke pt asuransi /curang)?
kalau yang dimaksud dengan "form klaim" diatas adalah SPK yang dikeluarkan oleh asuransi kepada bengkel, berarti dalam hal ini yang bersalah adalah BERES nya. karena di SPK sudah di state jelas apa yang diperintahkan oleh pihak asuransi kepada pihak bengkel apa saja item yang harus diganti, dan pihak asuransi bayar item itu kepada pihak bengkel, jika lalu kemudian pihak bengkel mengkir dan curang berarti bengkel nya yang bermasalah.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12277
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: Cara Kotor Asuransi (Banyak klaim yg tidak2, namun baran
Seharusnya susah lah klo mau "main"...
Soalnya, sblm parts diganti/diperbaiki kan difoto dl baru dikirim ke pihak insurance, hbs itu diACC ama mrk...
Imho, cmiiw
Soalnya, sblm parts diganti/diperbaiki kan difoto dl baru dikirim ke pihak insurance, hbs itu diACC ama mrk...

Imho, cmiiw

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1096
- Joined: Thu Sep 16, 2010 6:04
Re: Cara Kotor Asuransi (Banyak klaim yg tidak2, namun baran
dan tertuang dalam SPK nyaricz wrote:Seharusnya susah lah klo mau "main"...
Soalnya, sblm parts diganti/diperbaiki kan difoto dl baru dikirim ke pihak insurance, hbs itu diACC ama mrk...![]()
Imho, cmiiw
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2002
- Joined: Fri Oct 26, 2012 12:47
Re: Cara Kotor Asuransi (Banyak klaim yg tidak2, namun baran
ini kayanya judulnya mesti diganti deh, bisa misleading nih.
kalo baca judulnya, kesannya pihak asuransi nya yg 'nakal', tapi kalo baca isinya, justru pihak asuransi yg jadi 'korban' kenakalan remaja err.. 'kenakalan' Beres
kalo baca judulnya, kesannya pihak asuransi nya yg 'nakal', tapi kalo baca isinya, justru pihak asuransi yg jadi 'korban' kenakalan remaja err.. 'kenakalan' Beres

Last edited by imsus2c on Tue Jun 03, 2014 3:24, edited 1 time in total.
Reason: Judul sudah diganti
Reason: Judul sudah diganti
"The Power of ren-Dreams"


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 833
- Joined: Thu Aug 27, 2009 4:59
- Location: Serpong
- Daily Vehicle: Brio Dipanjangin
Re: Cara Kotor Asuransi (Banyak klaim yg tidak2, namun baran
Biasanya yang beginian terjadi di bengkel yang bisa bantu ngurus claim tapi gak ada perwakilan asuransi di bengkel tersebut.
Saya pernah mengalami di salah satu bengkel body repair BSD yang cukup besar, service ke kita sangat super, sampai bantu urus claim segala. Pas saya ambil mobil sempat karyawan salah kasih kertas, pas saya baca ada beberapa part yang saya gak claim tertera disitu, karyawannya sadar cepat-cepat ambil kembali dan bilang salah.
Apabila kita yang urus claim sendiri ke asuransi sampai dapat SPK maka bengkel setahu saya gak mungkin lagi bisa main curang.
Saya pernah mengalami di salah satu bengkel body repair BSD yang cukup besar, service ke kita sangat super, sampai bantu urus claim segala. Pas saya ambil mobil sempat karyawan salah kasih kertas, pas saya baca ada beberapa part yang saya gak claim tertera disitu, karyawannya sadar cepat-cepat ambil kembali dan bilang salah.
Apabila kita yang urus claim sendiri ke asuransi sampai dapat SPK maka bengkel setahu saya gak mungkin lagi bisa main curang.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: Cara Kotor Asuransi (Banyak klaim yg tidak2, namun baran
Iya jadi mobil ane pas waktu mau klaim kan udah ke kantor asuransinya buat terbit-in Surat perintah kerja. Udah di survey trus kan bawa ke BeRes nya, lalu ga sengaja, ane liat form yg dipegang org bengkelnya mengenai apa aja yg diajukan. Ane sih ga dirugiin cuman kan mereka claim banyak gitu, otomatis waktu perpanjangan ga dikasih diskon.kapsul 97 wrote:saya aga bingung maksud nya ini, apakah maksudnya BERES men-curangi pihak asuransi dan customer atau BERES dan pihak asuransi mencurangi customer..?montirangin wrote:Banyak klaim ke asuransi namun barang2 ga semuanya diberikan ke kita
Apakah ada yg tau modus ini? Saya rasa banyak yg mestinya tau, diexpose sedikit yukkk
Jadi gini, ane ada claim, kebetulan asuransi ane kerjasama dengan BeResnya mobil ane. Kalo bengkel abal2 ya ga mungkin ane sharing disini karena modus itu udah biasa, namun ini beRes!
Jadi yg perlu di ganti itu lecet2 di dashboard (dimaling jadi rusak) namun stir dan audio headunitnya masih utuh, namun di form klaimnya ada tulisan data yg perlu diganti itu termasuk stir dan headunit. Kebetulan saya ngintip waktu tukang bengkelnya mengececk formnya, lalu saya tau oo itu stir sama headunit di ganti yaa..tapi dia bilang ngga..lhooo..ane ga ngerti ya udah biarin aja emang ga rusak kenyataannya..
apakah ini modus yaa *bacanya penipuan ke pt asuransi /curang)?
kalau yang dimaksud dengan "form klaim" diatas adalah SPK yang dikeluarkan oleh asuransi kepada bengkel, berarti dalam hal ini yang bersalah adalah BERES nya. karena di SPK sudah di state jelas apa yang diperintahkan oleh pihak asuransi kepada pihak bengkel apa saja item yang harus diganti, dan pihak asuransi bayar item itu kepada pihak bengkel, jika lalu kemudian pihak bengkel mengkir dan curang berarti bengkel nya yang bermasalah.

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: Cara Kotor Asuransi (Banyak klaim yg tidak2, namun baran
Masalahnya semua udah di ACC duluan. Kan sebelum SPK terbit, udah sambil di survey dulu dan difoto. Nah kl ada lecet dikit kan bisa claim tapi ane ga claim itu headunit dan stirnya.ricz wrote:Seharusnya susah lah klo mau "main"...
Soalnya, sblm parts diganti/diperbaiki kan difoto dl baru dikirim ke pihak insurance, hbs itu diACC ama mrk...![]()
Imho, cmiiw
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: Cara Kotor Asuransi (Banyak klaim yg tidak2, namun baran
o iya baru sadarrrBueuk_32 wrote:ini kayanya judulnya mesti diganti deh, bisa misleading nih.
kalo baca judulnya, kesannya pihak asuransi nya yg 'nakal', tapi kalo baca isinya, justru pihak asuransi yg jadi 'korban' kenakalan remaja err.. 'kenakalan' Beres

min mod mohon dong judulnya diedit..cara kotor bengkel asuransi maksudnya.
Last edited by imsus2c on Mon Jun 02, 2014 16:35, edited 1 time in total.
Reason: Judul sudah di edit, jika kurang pas, silakan PM
Reason: Judul sudah di edit, jika kurang pas, silakan PM
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: Cara Kotor Asuransi (Banyak klaim yg tidak2, namun baran
BeRes yg ane pake ini ada hubungan rekanan dengan Asuransinya.Kaleng wrote:Biasanya yang beginian terjadi di bengkel yang bisa bantu ngurus claim tapi gak ada perwakilan asuransi di bengkel tersebut.
Saya pernah mengalami di salah satu bengkel body repair BSD yang cukup besar, service ke kita sangat super, sampai bantu urus claim segala. Pas saya ambil mobil sempat karyawan salah kasih kertas, pas saya baca ada beberapa part yang saya gak claim tertera disitu, karyawannya sadar cepat-cepat ambil kembali dan bilang salah.
Apabila kita yang urus claim sendiri ke asuransi sampai dapat SPK maka bengkel setahu saya gak mungkin lagi bisa main curang.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12277
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: Cara Kotor Asuransi (Banyak klaim yg tidak2, namun baran
Oo...iya berarti mrk mainnya di parts" tambahan...
Kek gw kemarin berarti... Surveyernya udh ACC ganti bumper, lampu depan ama garnish...
Pas ampe di bengkel, ternyata ada dudukan lampu depan yg patah & musti diganti... Tapi tetep difoto bagian mana yg rusak / perlu diganti...
Cmiiw...
---
Oh iya judulnya perlu diganti tuh... Setuju ama bro bulukan,bisa salah paham... Org bs kira pihak insurancenya yg "nakal" pdhl bengkelnya yg "nakal"..

Kek gw kemarin berarti... Surveyernya udh ACC ganti bumper, lampu depan ama garnish...
Pas ampe di bengkel, ternyata ada dudukan lampu depan yg patah & musti diganti... Tapi tetep difoto bagian mana yg rusak / perlu diganti...
Cmiiw...
---
Oh iya judulnya perlu diganti tuh... Setuju ama bro bulukan,bisa salah paham... Org bs kira pihak insurancenya yg "nakal" pdhl bengkelnya yg "nakal"..

Last edited by imsus2c on Tue Jun 03, 2014 3:24, edited 1 time in total.
Reason: Judul Sudah Diganti
Reason: Judul Sudah Diganti
Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: Cara Kotor BeRes Menipu Asuransi
terima kasih
mod imsus2c





-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 195
- Joined: Wed Feb 26, 2014 4:32
Re: Cara Kotor BeRes Menipu Asuransi
saya punya teman merupakan Agent asuransi dan kebetulan kenal dekat dengan owner bengkel rekanan asuransi.
komplain bengkel adalah nilai SPK dari asuransi yang selalu di tekan sehingga membuat owner bengkel mencari cara bagaimana mendapatkan nilai lebih. nilai lebih ini bisa di dapat dari accessoris yang di "Claim"
mmg benar di foto dahulu oleh pihak asuransi baru keluar SPK ke bengkel, trick yang dilakukan adalah :
misal kita claim bemper kita di tabrak atau lecet, pihak bengkel akan menukar bemper kita yang hanya lecet dengan stock bemper mereka yang sudah robek kancing2 nya, bisa juga di include dengan foglamp, atau headlamp yang sudah hancur, pada saat SPK turun (new bemper, new fog lamp, new head lamp) , namun yang di kerjakan oleh bengkel ke mobil kita hanya perbaikan bemper saja.
barang yg mereka dapat dari SPK itu yang menjadi nilai lebih nya
panjang juga yah ketiknya... haha
komplain bengkel adalah nilai SPK dari asuransi yang selalu di tekan sehingga membuat owner bengkel mencari cara bagaimana mendapatkan nilai lebih. nilai lebih ini bisa di dapat dari accessoris yang di "Claim"
mmg benar di foto dahulu oleh pihak asuransi baru keluar SPK ke bengkel, trick yang dilakukan adalah :
misal kita claim bemper kita di tabrak atau lecet, pihak bengkel akan menukar bemper kita yang hanya lecet dengan stock bemper mereka yang sudah robek kancing2 nya, bisa juga di include dengan foglamp, atau headlamp yang sudah hancur, pada saat SPK turun (new bemper, new fog lamp, new head lamp) , namun yang di kerjakan oleh bengkel ke mobil kita hanya perbaikan bemper saja.
barang yg mereka dapat dari SPK itu yang menjadi nilai lebih nya

panjang juga yah ketiknya... haha

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: Cara Kotor BeRes Menipu Asuransi
persis!tulalit wrote:saya punya teman merupakan Agent asuransi dan kebetulan kenal dekat dengan owner bengkel rekanan asuransi.
komplain bengkel adalah nilai SPK dari asuransi yang selalu di tekan sehingga membuat owner bengkel mencari cara bagaimana mendapatkan nilai lebih. nilai lebih ini bisa di dapat dari accessoris yang di "Claim"
mmg benar di foto dahulu oleh pihak asuransi baru keluar SPK ke bengkel, trick yang dilakukan adalah :
misal kita claim bemper kita di tabrak atau lecet, pihak bengkel akan menukar bemper kita yang hanya lecet dengan stock bemper mereka yang sudah robek kancing2 nya, bisa juga di include dengan foglamp, atau headlamp yang sudah hancur, pada saat SPK turun (new bemper, new fog lamp, new head lamp) , namun yang di kerjakan oleh bengkel ke mobil kita hanya perbaikan bemper saja.
barang yg mereka dapat dari SPK itu yang menjadi nilai lebih nya![]()
panjang juga yah ketiknya... haha
betul bgt nih modusnya seperti ini.
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 17
- Joined: Tue Dec 25, 2012 5:05
Re: Cara Kotor BeRes Menipu Asuransi
berarti sebenarnya yg bayarin part2 gelap itu yah duit premi nasabah juga dong


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: Cara Kotor BeRes Menipu Asuransi
secara ga langsung ya begitu om.Sop Pedes wrote:berarti sebenarnya yg bayarin part2 gelap itu yah duit premi nasabah juga dong
-
- Visitor
- Posts: 2
- Joined: Fri Dec 05, 2014 7:51
Re: Cara Kotor BeRes Menipu Asuransi
tulalit wrote:saya punya teman merupakan Agent asuransi dan kebetulan kenal dekat dengan owner bengkel rekanan asuransi.
komplain bengkel adalah nilai SPK dari asuransi yang selalu di tekan sehingga membuat owner bengkel mencari cara bagaimana mendapatkan nilai lebih. nilai lebih ini bisa di dapat dari accessoris yang di "Claim"
mmg benar di foto dahulu oleh pihak asuransi baru keluar SPK ke bengkel, trick yang dilakukan adalah :
misal kita claim bemper kita di tabrak atau lecet, pihak bengkel akan menukar bemper kita yang hanya lecet dengan stock bemper mereka yang sudah robek kancing2 nya, bisa juga di include dengan foglamp, atau headlamp yang sudah hancur, pada saat SPK turun (new bemper, new fog lamp, new head lamp) , namun yang di kerjakan oleh bengkel ke mobil kita hanya perbaikan bemper saja.
barang yg mereka dapat dari SPK itu yang menjadi nilai lebih nya![]()
panjang juga yah ketiknya... haha
bener banget tuh..darilah itu mungkin juga karena itu bengkel tempat ane kerja ga mau rekannan ama asuransi..
-
- Visitor
- Posts: 2
- Joined: Fri Dec 05, 2014 7:51
Re: Cara Kotor BeRes Menipu Asuransi
jadi ni masalah nya dari SPK dari asuransi yg di tekan untuk bengkel,,trus masalahnya nyamber ke bengkel karena pihak bengkel harus tetep dapet untung..
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 316
- Joined: Fri Aug 17, 2007 9:03
Re: Cara Kotor BeRes Menipu Asuransi
Ane oake asuransi abda gabisa tuh metode gitu, harus claim ke kantor khusus claimnya atau suruh surveyornya dateng baru bisa foto dan buat spk, lalu ane pilih bengkel, dan baru bawa surat ke bengkel, dari situ bengkel baru terusin ke asuransi lagi
Bahkan wkt ane minta bantu urus lagi krn ada yang ketinggalan sama beres honda, mreka langsung cemberut dan bilang gabisa abda repot pak haus bapak urus sendiri ga bisa kita bantu
Padahal ga ada repot2ny deh, mungkin bengkelnya aja yang ga bisa curang jadi bilangnya jelek repot dll, hahahhahahaha
Nb: bengkel ane pake beres honda, gatau kalo emg bengkel rekanan yang 'nakal' banget ttp bisa ada celahnya
Bahkan wkt ane minta bantu urus lagi krn ada yang ketinggalan sama beres honda, mreka langsung cemberut dan bilang gabisa abda repot pak haus bapak urus sendiri ga bisa kita bantu
Padahal ga ada repot2ny deh, mungkin bengkelnya aja yang ga bisa curang jadi bilangnya jelek repot dll, hahahhahahaha
Nb: bengkel ane pake beres honda, gatau kalo emg bengkel rekanan yang 'nakal' banget ttp bisa ada celahnya
