Shock Scorpio Z
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Fri Dec 22, 2006 13:16
Shock Scorpio Z
Dear Semua..
mohon saran nih, ane ada beberapa rencana.
1. ane mau ngatasi shock belakg scorpio yg kelewat empuk, biar bs lebih nungging tp waktu buat boncengan gak ambles krn beban.
baiknya, shock diapakan.? karena kalo di-stel tinggi saja kayaknya gak ngatasi masalah.
2. rem belakang mau ane ganti pk cakram; bagusnya pake cakram apa.?
3. untuk buntut (spakbor), penginnya ane ganti sama yg sekalian ada lampu sein; tp msh bingung, pk model apa, ato dimana bs belinya; mungkin rekan2 ada yg tahu toko yg jual buntut model2 gitu.?.
makasih ya..
'Bie
mohon saran nih, ane ada beberapa rencana.
1. ane mau ngatasi shock belakg scorpio yg kelewat empuk, biar bs lebih nungging tp waktu buat boncengan gak ambles krn beban.
baiknya, shock diapakan.? karena kalo di-stel tinggi saja kayaknya gak ngatasi masalah.
2. rem belakang mau ane ganti pk cakram; bagusnya pake cakram apa.?
3. untuk buntut (spakbor), penginnya ane ganti sama yg sekalian ada lampu sein; tp msh bingung, pk model apa, ato dimana bs belinya; mungkin rekan2 ada yg tahu toko yg jual buntut model2 gitu.?.
makasih ya..
'Bie
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 24
- Joined: Tue Dec 12, 2006 6:13
- Location: Surabaya
Re: Shock Scorpio Z
Untuk poin 1 coba beli 'peninggi sok' atau istilah bakunya Arm Relay. Di toko variasi banyak dijual seharga 60 ribu rupiah.wankanobi3 wrote:Dear Semua..
mohon saran nih, ane ada beberapa rencana.
1. ane mau ngatasi shock belakg scorpio yg kelewat empuk, biar bs lebih nungging tp waktu buat boncengan gak ambles krn beban.
baiknya, shock diapakan.? karena kalo di-stel tinggi saja kayaknya gak ngatasi masalah.
2. rem belakang mau ane ganti pk cakram; bagusnya pake cakram apa.?
3. untuk buntut (spakbor), penginnya ane ganti sama yg sekalian ada lampu sein; tp msh bingung, pk model apa, ato dimana bs belinya; mungkin rekan2 ada yg tahu toko yg jual buntut model2 gitu.?.
makasih ya..
'Bie
Lumayan bisa naik sekitar 2.5-3 cm. Buat boncengan sudah tidak ambles lagi.
Ingat kalau terlalu tinggi, menyebabkan standar tengah tidak bisa dipakai karena sebetulnya ubahan ini membuat sudut lengan ayun membesar sehingga clearance roda ke tanah makin kecil.
Poin 2 pengalaman saya pake punya Satria. Kalau kalipernya menggunakan Brembo (buatan Taiwan seharga 150 ribu), saya punya desain braket nya. Kirim email ke saya nanti akan saya kirim gambarnya, tinggal pesan ke bengkel bubut/plat.
Poin 3, coba pake punya Vega-R lama. Ukurannya pas banget. (Ingat bukan Vega yg baru.).
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 371
- Joined: Thu Oct 03, 2002 2:55
Kalo dipakai harian mending memperpendek connecting rodnya bisa beli juga conrod pendek di toko2 variasi (gw sendiri dapet di Intijaya Bonjer3) karena ayunannya masih berasa empuk sedang kl diganti arm relaynya shocknya kurang main jadi motor kerasa banget getarannya. Apalagi kalo conrodnya dimodif dikasih bearing bambu makin enak deh ngayunnya.
Buat lebih tahu lebih jauh bisa juga maen ke forumnya anak2 milys di http://www.milys.or.id
Buat lebih tahu lebih jauh bisa juga maen ke forumnya anak2 milys di http://www.milys.or.id
Warte nur Balde
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Fri Dec 22, 2006 13:16
terimakasih deh, keterangan n bantuan rekan2.
saya akan coba mulai muter2 toko modif utk cari2 brg yg dimaksud.
btw, tadi siang saya sempt ke 1 bengkel modif; tanya2 ttg pasang cakram roda belakang. tukang bengkelnya patok harga 500 rebu all-in (spare parts + tenaga), ane tinggal duduk manis n tahu jadi.
mahal gak tuh..?
saya akan coba mulai muter2 toko modif utk cari2 brg yg dimaksud.
btw, tadi siang saya sempt ke 1 bengkel modif; tanya2 ttg pasang cakram roda belakang. tukang bengkelnya patok harga 500 rebu all-in (spare parts + tenaga), ane tinggal duduk manis n tahu jadi.
mahal gak tuh..?
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 24
- Joined: Tue Dec 12, 2006 6:13
- Location: Surabaya
Soal cakram belakang, perlu parts;wankanobi3 wrote:terimakasih deh, keterangan n bantuan rekan2.
saya akan coba mulai muter2 toko modif utk cari2 brg yg dimaksud.
btw, tadi siang saya sempt ke 1 bengkel modif; tanya2 ttg pasang cakram roda belakang. tukang bengkelnya patok harga 500 rebu all-in (spare parts + tenaga), ane tinggal duduk manis n tahu jadi.
mahal gak tuh..?
- Master rem
- Kaliper
- Disc Rotor/piringan cakram
- Bracket/penopang kaliper.
Kalo 500 ribu termasuk parts diatas plus ongkos pasangnya, itu termasuk murah banget.
Jangan2 yang anda maksud 'spare parts' cuma braket nya saja. Agar diyakinkan lagi ke bengkelnya.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 371
- Joined: Thu Oct 03, 2002 2:55
Anak milys ada yg punya bengkel lihat aja penawarannya di :
http://safisaelendra.multiply.com/photos/album/6
http://safisaelendra.multiply.com/photos/album/6
Warte nur Balde
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 33
- Joined: Thu Jan 11, 2007 6:50
- Location: AB
kemaren bongkar swing-arm dikarenakan ada tikus berdecit .. hihi
btw...
kemaren beli pelek palang enem takazawa, dah termasuk dudukan cakram belakang, bisa bongkar pasang, termasuk cakram belakang juga termasuk
secar pake tromol, dudukan cakrams saya lepas.
mau tahu, harga kaliper+master rem belakang berapa yah?
btw...
kemaren beli pelek palang enem takazawa, dah termasuk dudukan cakram belakang, bisa bongkar pasang, termasuk cakram belakang juga termasuk
secar pake tromol, dudukan cakrams saya lepas.
mau tahu, harga kaliper+master rem belakang berapa yah?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 371
- Joined: Thu Oct 03, 2002 2:55
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 207
- Joined: Tue Nov 14, 2006 12:55
- Location: in front of my laptop
kalo misalnya dibiarin standar n ambles gitu dipake boncengan sampe mentok kagak ya, soalnya selama ini blm pernah boncengan ama yg beratnya sekelas gw hehe kira2 80 kiloan lah. g pikir kl gak mentok sih msh noprob.
btw trus kl mo diganti ban ama ukuran yg lbh gde dgn permukaan membulat model racing bgsnya ukuran brapa ya bros ada yg tau gak? n yg penting jg jgn sampe ada mentok mentokan spatbor.
btw trus kl mo diganti ban ama ukuran yg lbh gde dgn permukaan membulat model racing bgsnya ukuran brapa ya bros ada yg tau gak? n yg penting jg jgn sampe ada mentok mentokan spatbor.
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Fri Dec 22, 2006 13:16
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 33
- Joined: Thu Jan 11, 2007 6:50
- Location: AB
mau pasang rem cakram belakang, katane motor kudu nginep (batal deh sementara) lagipula di jogja kok masanging mintanya tigaratusribu (me dah punya set rem belakang satria. pelek "takazawa" dah menyediakan dudukan cakram belakang)
ban gede? pengen sih, pi keknya spatbor depan da ga muat, kudu ganti yang lebar kali ye?
@wankanobi. wah ya boros kalo pake battlax.
@atjep, iyah .. keknya kudu sering. kalo dikasi nipple tuh di arm relaynya? atau conrodnya?
*pengen ninggiin lagi buritan, ganti arm relay yang tinggian kali ya, kalo bikin/pesen ke tukang las/bubut, pakenya plat tebal berapa ya?*
ban gede? pengen sih, pi keknya spatbor depan da ga muat, kudu ganti yang lebar kali ye?
@wankanobi. wah ya boros kalo pake battlax.
@atjep, iyah .. keknya kudu sering. kalo dikasi nipple tuh di arm relaynya? atau conrodnya?
*pengen ninggiin lagi buritan, ganti arm relay yang tinggian kali ya, kalo bikin/pesen ke tukang las/bubut, pakenya plat tebal berapa ya?*
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Fri Dec 22, 2006 13:16
Bro preaxz,
ya, emang saya denger2 battlax boros gitu.
tapi2 dipikir2 knp pk battlax kalo pk IRC yg bawaan pabrik aja bisa tahan lama ya..
tapi, kalo mo pk roda yg agak bulet (utk roda belkng & depan); ada saran pk roda apa (bukan battlax loh ya..)
seandainya IRC ada yg modelnya mirip2 battlax ya..
mengenai arm relay; kalo di semarang sini, beli arm relay yg sdh jadi ada di HYPER SPEED malah ada yg warna silver & gold. tinggal sesuai selera..
ya, emang saya denger2 battlax boros gitu.
tapi2 dipikir2 knp pk battlax kalo pk IRC yg bawaan pabrik aja bisa tahan lama ya..
tapi, kalo mo pk roda yg agak bulet (utk roda belkng & depan); ada saran pk roda apa (bukan battlax loh ya..)
seandainya IRC ada yg modelnya mirip2 battlax ya..
mengenai arm relay; kalo di semarang sini, beli arm relay yg sdh jadi ada di HYPER SPEED malah ada yg warna silver & gold. tinggal sesuai selera..
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 371
- Joined: Thu Oct 03, 2002 2:55
Di dua-duanya Bro kasih nipple biar gampang maintenancenya.preaxz wrote:
@atjep, iyah .. keknya kudu sering. kalo dikasi nipple tuh di arm relaynya? atau conrodnya?
*pengen ninggiin lagi buritan, ganti arm relay yang tinggian kali ya, kalo bikin/pesen ke tukang las/bubut, pakenya plat tebal berapa ya?*
Kl pengen beli arm relay modifan yg udah jadi sih ke anak YSC atau milys aja yg gw tahu ada 4 versi yg paling nungging pake versi 1 (Yg bikin anak2 pabrik yamaha sendiri tuh). BTW penambahan tinggi efeknya: bantalan karet penahan rantai ke swing arm lebih cepat habis, dan standar tengah harus ditambah ketinggiannya.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 371
- Joined: Thu Oct 03, 2002 2:55
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Fri Dec 22, 2006 13:16
kalo dunlop-nya licin, ada alternatif ban lain gak?
ane ttp brthn pk velg 18" dpn-blkg; lg sk motor kliatan tinggi & pk roda besar. mo ganti roda, tp yg bawaan asli msh bagus, so nunggu smp ada ban yg bulat ky battlx.
kalo mo ganti stang, ada reffrensi pk stang apa? yg jelas bukan stang jepit, tapi msh trasa ergonomis; gak bikin punggung pegel.
kalo mo ganti tutup lobang bensin (tanki) pk punya kawasaki ato yg lain; perlu modif lobang tanki-nya gak ya? ada reffrensi tutup tanki.?
thanks..
'bie (panggil ane bimo)
ane ttp brthn pk velg 18" dpn-blkg; lg sk motor kliatan tinggi & pk roda besar. mo ganti roda, tp yg bawaan asli msh bagus, so nunggu smp ada ban yg bulat ky battlx.
kalo mo ganti stang, ada reffrensi pk stang apa? yg jelas bukan stang jepit, tapi msh trasa ergonomis; gak bikin punggung pegel.
kalo mo ganti tutup lobang bensin (tanki) pk punya kawasaki ato yg lain; perlu modif lobang tanki-nya gak ya? ada reffrensi tutup tanki.?
thanks..
'bie (panggil ane bimo)
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 371
- Joined: Thu Oct 03, 2002 2:55
Mungkin cari2 ban merk DURO (http://www.durotire.com) bagus juga tuh, cuman nyarinya agak susah (?).
Stang aku sih pake stang ninja ditambahin raiser/peninggi stang.
Tutup tengki mesti modif sih karena tutup tengki spt itu harus bikin saluran pembuangan air, bisa dilihat di scorpio lama. Tutup tengki ninja lebih murah pastinya dibanding tutup tengki scorpio model lama (600ribuan)
Stang aku sih pake stang ninja ditambahin raiser/peninggi stang.
Tutup tengki mesti modif sih karena tutup tengki spt itu harus bikin saluran pembuangan air, bisa dilihat di scorpio lama. Tutup tengki ninja lebih murah pastinya dibanding tutup tengki scorpio model lama (600ribuan)
Warte nur Balde
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 33
- Joined: Thu Jan 11, 2007 6:50
- Location: AB
me ban: masih pake asli, maunya pake dunlop, biasa pake dunlop sejak jaman make Astrea Prima dst. tahu deh, cocok aja, pernah nyobain mizzle kok guncangan lebih terasa. Dunlop pi menurut gw boros. Masih juga bertahan pake pelek 18 ...
me stang: ganti punya ninja dan ditambah raiser, ergonomis sih menurut gw, pa karna gw cenderung tinggi ya?
me stang: ganti punya ninja dan ditambah raiser, ergonomis sih menurut gw, pa karna gw cenderung tinggi ya?
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Fri Dec 22, 2006 13:16
ok dech.. ane mo coba ganti pk stang ninja + raiser (btw, hbs brp duit ya..??)
kalao roda, sebenarnya dari dulu ane fanatik bgt pk IRC kalo gak ya FDR, yg jelas karena tahan lama hehehe...
kalo pelk 18, kyknya gak bakalan aku ganti, antisipasi banjir Bro.. (dah deket2 imlek nih.. )
sebenarnya lg kepikir gmn caranya ninggiin body (ground clearance); tujuannya ya itu tadi, antisipasi banjir, biar mesin mkn jauh dr air..
kalao roda, sebenarnya dari dulu ane fanatik bgt pk IRC kalo gak ya FDR, yg jelas karena tahan lama hehehe...
kalo pelk 18, kyknya gak bakalan aku ganti, antisipasi banjir Bro.. (dah deket2 imlek nih.. )
sebenarnya lg kepikir gmn caranya ninggiin body (ground clearance); tujuannya ya itu tadi, antisipasi banjir, biar mesin mkn jauh dr air..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3455
- Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 33
- Joined: Thu Jan 11, 2007 6:50
- Location: AB
stang ninja .. me beli 50 rebu
raiser 45 rebu
antisipasi banjir? semprot seoket kabel pake WD-40. asal kenalpot ga kemasukan air, mesin masih idup, jaga RPM aja kalo melintasi kubangan agak dalam
tinggiin sok belakang juga membantu, ganti Arm Relay yang lebih tinggi or Con-Rod yang pendekan\
biar standar tengah bisa dipake, depannya turunin .. hehehe ...
raiser 45 rebu
antisipasi banjir? semprot seoket kabel pake WD-40. asal kenalpot ga kemasukan air, mesin masih idup, jaga RPM aja kalo melintasi kubangan agak dalam
tinggiin sok belakang juga membantu, ganti Arm Relay yang lebih tinggi or Con-Rod yang pendekan\
biar standar tengah bisa dipake, depannya turunin .. hehehe ...
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Fri Dec 22, 2006 13:16
Bung Preaxs
thx info ttg harga stang & raiser
jg thx saran utk antisipasi banjir.
FYI, Semarang sdh mulai hujan; kemrin sabtu malam malah pk kilat + guntur kenceng bgt..
imlek mo datang nih..
ane sdh ganti arm relay, ban msh pk pelk 18 stndr; kalo distandar tengah, ban belakng-depan nyentuh tanah semua.
kalo diganti ring velg depan dikecilin, nggak lah yaow..
thx info ttg harga stang & raiser
jg thx saran utk antisipasi banjir.
FYI, Semarang sdh mulai hujan; kemrin sabtu malam malah pk kilat + guntur kenceng bgt..
imlek mo datang nih..
ane sdh ganti arm relay, ban msh pk pelk 18 stndr; kalo distandar tengah, ban belakng-depan nyentuh tanah semua.
kalo diganti ring velg depan dikecilin, nggak lah yaow..
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Fri Oct 31, 2008 16:51
Re: Shock Scorpio Z
@All
wew.. ni thread dah taon kemaren.. hehehe
bos nanya dong.. pasang stang ninja di scorpi gmn ya.. gw stuck di panel kiri kanan nih.. klo stang standar kan ada lobang buat panel.. nah.. klo di ninja lobangnya ga pas buat panel scorpio.. kira2 ngakalinnya gmn ya...?
Thx buat para suhu2 disini.
FYI, pengguna baru scorpio.. hehe
wew.. ni thread dah taon kemaren.. hehehe
bos nanya dong.. pasang stang ninja di scorpi gmn ya.. gw stuck di panel kiri kanan nih.. klo stang standar kan ada lobang buat panel.. nah.. klo di ninja lobangnya ga pas buat panel scorpio.. kira2 ngakalinnya gmn ya...?
Thx buat para suhu2 disini.
FYI, pengguna baru scorpio.. hehe
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Wed Jan 14, 2009 4:33
Re: Shock Scorpio Z
salam.... cup..cup.. ahh...
he...he..
gini mas... jebolin aja pake aja bor kecil... tuh dbengkel biasa ada... coz ag pernah pasang...!!!!
he...he..
gini mas... jebolin aja pake aja bor kecil... tuh dbengkel biasa ada... coz ag pernah pasang...!!!!
-
- Visitor
- Posts: 5
- Joined: Wed Jan 28, 2009 1:09
Re: Shock Scorpio Z
Ban yg bulet kaya battlax, bisa pake swallow yg x worm. Kalo patern nya ga co2k pake FDR aja. Sayang msh 18" pilihan ban dikit. Coba 17" bro. Btw scorpi daku mau ku pasang body diablo 200s kira2 dealerny stok ga ya?