ChZ wrote:
bentar.... bisa didefinisikan senyap ini gimana? Setau saya, baru kali ini ada orang bilang Mobilio senyap. Bahkan saya sendiri merasakan peredamannya buruk....
Saya kan awalnya cerita istri saya (a WOMAN) lbh suka bawa lio drpd yaris, jadi perbandingannya dgn yaris.
Dibanding yaris saya, lio lebih senyap. Suara mesin lebih halus. Saat jalan di aspal mulus di dalkot juga tidak bising.
Road noise baru terdengar saat melalui jalan semen, terutama kecepatan tinggi, tapi bagi saya belum dlm taraf mengganggu.
Saya pernah ukur pakai sound meter, dlm kondisi idle dgn ac off sekitar 30-40db (dianalogikan dgn "quiet residential/park"), kondisi
di jalan aspal mulus <=100kpj sektar 60-70db (setara "normal conversation at 3 feet"). Jauh lebih senyap dari avanza dan innova yg juga
sering saya pake untuk urusan kantor (soalnya mobil inventaris).
Memang standard kuping orang beda2. Kuping saya mungkin masih kualitas kampung, jadi saya masih belum perlu tambahan peredam buat lio.
Sound system jg cuman ganti head unit touchscreen+gps+rear cam+internet connection doang, bukan brand high end yg puluhan juta.
Speaker masih standard semua.
Mungkin gl lebih senyap dari lio, ya rapopo.
BMW/Mercedes/Audi/Lambo/Ferarri/Landrover/Jaguar/Rolls/Bentley dikit yang beli kok, berarti dikit yang suka?
Banyak yang beli nggak berarti banyak yg suka. Memang masyarakat kita daya belinya segitu.
Banyak yg beli itu jelas berarti banyak yg suka, itu basic logicnya.
Cuman mesti diingat, kata "banyak" itu harus dibandingkan dgn yg setara dong.
Kalau banyak yg beli iphone sementara yg beli mesin tik sedikit, jelas ngga bisa dibilang bahwa orang lebih suka iphone drpd mesin tik.
Lambo, ferrari, porsche, corvette itu bisa masuk pohon apel yg sama.
Kalau ternyata lebih banyak yg beli ferrari drpd ketiga merk lainnya, maka bisa dikatakan lebih banyak yg suka ferrari.
Jadi jangan membandingkan populasi lio dgn bmw dong, pohonnya aja udah beda.
Statetment saya konteksnya adalah mengacu pada kalimat modcat dan rinoleks yg bilang "even women (plural) hate mobilio".
Saya cuman mau bilang "kalau banyak yg sedemikian bencinya dgn lio, koq banyak yg beli?".
Ok, faktor daya beli kata anda. Tapi kenapa yg beli spin, evalia, exora, dan gl tidak sebanyak yg beli lio? Toh harga mobil2 itu ngga jauh beda,
malah ada yg lebih murah dari lio. Tapi kenapa tetep lio yg lebih banyak dibeli?
Secara sederhana kan bisa dibilang bahwa yg lebih suka lio lebih banyak. Bahkan dgn data statistik penjualam resmi yg dirilis gaikindo itu
saya malah bisa saja membalikkan statement menjadi "even men and women hate spin, evalia, exora and gl". Tapi ngga lah, saya ngga sesadis itu

.
Kenapa monyong bisa booming?
1. pasar udah jenuh dengan Avanza yang begitu aja. Avanza is fine, yang AllNew improved jauh. tapi pasar udah bosen liat avanza. Pengen coba sesuatu yang baru. Lha gimana, 10 taun disuguhi teknologi yang samaaaaaa melulu....
2. Monyong itu Honda. merek Honda dipandang lebih "wah" dibanding Toyota. plus,
3. Pricing nya tepat. menghajar Avanza secara telak.
4. Momentumnya tepat. Pasar jenuh dgn Avanza. Ertiga marketingnya kacau. Skema LCGC dimanfaatkan dengan tepat oleh Ahond, menggunakan Brio Satya sebagai "umpan".
setuju.
plus tambahan:
5. Banyak yg suka
Avanza dan Ertiga tetep ada yang beli kok. Penjualannya stagnan tapi. Monyong juga pelan-pelan stabil kan.... 10rb unit di awal itu kan hanya euforia aja.... pelan-pelan ntar stabil... belum durability issue yang masih belum teruji. Terakhir Monyong di 7rb....
itu artinya avanza dan r3 masih banyak yg suka.
berdasarkan yg saya baca, SEMUA Lmpv penjualannya turun di bulan april, bukan lio aja.
bedanya, lio masih sangat jarang yg ready stock (kalau ngga mau dibilang tidak ada yg ready stock) biarpun tanpa
diskon (malah katanya mau naik 2 juta juni ini), avanza malah overstok sampe diskon gila2an.
IMO lagi, ente kalo ngomong suka/kagak... ranahnya bukan mobil rakyat 100-200juta. Ngomong suka/kagak itu kasusnya mobil-mobil niche market. Contoh termurahnya, Suzuki Swift Sport. Orang cari kepraktisan dan fungsi ga perlu SSS, Swift GX standar udah cukup. orang beli SSS biasa atas dasar "suka" atau dia enthusiast.
lho, apa alasannya milih mobil rakyat tidak bisa memasukkan pertimbangan suka dan tidak suka?
kalau opsinya cuman 1 merek, bolehlah orang mengenyampingkan fakfor suka dan tidak suka, jadi pilihannya cuman karena terpaksa
berhubung bujetnya terbatas.
tapi kan pilihan lmpv itu banyak banget, jelas faktor suka dan tidak suka sangat berperan.
milih sendal jepit juga tetep ada faktor suka dan tidak suka koq.
kalo hipotesa ngawurnya spt itu, saya juga bisa bilang kok, : Masyarakat Indonesia tetep lebih suka Avanza .
kan market leadernya tetep Avanza, bukan Mobilio?
betul sekali, itu artinya masih BANYAK orang yg suka avanza. saya toh tidak pernah bilang bahwa avanza tidak disukai toh?
walaupun suatu hari ada yg ditalak 3 gara2 beli avanza, kejadian itu tidak bisa melegitimasi bahwa avanza dibenci para pria atau wanita kan?
