Aki mobil yang dipakai
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Fri Apr 18, 2014 7:02
Re: Aki mobil yang dipakai
master master aki sekalian,saya mau Tanya mengenai kasus Chevrolet SPIN dimana banyak (mungkin hamper semua) akinya mbelendung/hamil,aki standart dari dealer adalah merek ACDelco , dari GM alasannya adalah karena bracket terlalu kencang,tapi ada juga user yang bilang altenatornya , nah yang mau saya tanyakan apakah sebenarnya aki bisa mblendung/"hamil" itu krn apa ? kalau aki chevy spin ini saya ganti dengan merek bagus seperti amaron/varta yg mungkin dengan ampere lebih besar bias mencegah aki "hamil" ini ? karena saya pingin ambil yang automatic nah kalo matic mogok tidak bisa didorong krn itu aki ini sangat penting sekali.....juga sekalian minta info mengenai toko aki terpercaya yang menjual aki bagus merek varta/amaron/merek lain yg terkenal yang jujur tidak menipu
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11857
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Aki mobil yang dipakai
aki melendung umumnya karena overcharge, tapi tidak menutup kemungkinan (walaupun kecil kemungkinannya) karena cacat pabrik.
penyebab overcharge karena automatic regulator di alternator sudah rusak. saat mesin nyala dalam kondisi idle, voltase di aki berkisar 13-14,5volt. kalau kurang atau lebih dari itu silahkan dibongkar alternatornya untuk diperiksa.
untuk penggantian aki, amper aki tidak boleh lebih besar dari amper alternator.
penyebab overcharge karena automatic regulator di alternator sudah rusak. saat mesin nyala dalam kondisi idle, voltase di aki berkisar 13-14,5volt. kalau kurang atau lebih dari itu silahkan dibongkar alternatornya untuk diperiksa.
untuk penggantian aki, amper aki tidak boleh lebih besar dari amper alternator.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Aki mobil yang dipakai
hmmm.....ini mirip aki pada honda jazz.....xzzz wrote:master master aki sekalian,saya mau Tanya mengenai kasus Chevrolet SPIN dimana banyak (mungkin hamper semua) akinya mbelendung/hamil,aki standart dari dealer adalah merek ACDelco , dari GM alasannya adalah karena bracket terlalu kencang,tapi ada juga user yang bilang altenatornya , nah yang mau saya tanyakan apakah sebenarnya aki bisa mblendung/"hamil" itu krn apa ? kalau aki chevy spin ini saya ganti dengan merek bagus seperti amaron/varta yg mungkin dengan ampere lebih besar bias mencegah aki "hamil" ini ? karena saya pingin ambil yang automatic nah kalo matic mogok tidak bisa didorong krn itu aki ini sangat penting sekali.....juga sekalian minta info mengenai toko aki terpercaya yang menjual aki bagus merek varta/amaron/merek lain yg terkenal yang jujur tidak menipu
menurut sy hal ini disebabkan krn sirkulasi udara pada ruang mesin kurang bagus......jadi aki istilahnya kepanasan....sebagai akibatnya adalah spt yg nt keluhkan.....
salah satu solusinya adalah dibuatkan sirkulasi pada aki sedemikian rupa shg aki ga kepanasan lg.....
coba nt bandingkan dg mobil lain, misalkan kijang kapsul atau kijang innova......pada kendaraan tsb ga terjadi hal spt yg nt keluhkan....
smoga bermanfaat........
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7653
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: Aki mobil yang dipakai
Car battery sy di jakarta ...Energy-XL ...type 069 ...ini tahun ke empat dipakai ...dulu beli di workshop jaguar fatmawati seharga rp 2,1juta ...meski kalo di london harga nya cuma £ 48 ...tapi gpp kan banyak cara org jualan
Barang yg sama sy pakai di spore harganya sgd 185 sudah jalan tahun ketiga ...kalo di US sy pakai voltec utk 2011 chevy volt sy sejak kluar dr dealership n blm problem sampai skrg ...harga baru skitar usd 250
Barang yg sama sy pakai di spore harganya sgd 185 sudah jalan tahun ketiga ...kalo di US sy pakai voltec utk 2011 chevy volt sy sejak kluar dr dealership n blm problem sampai skrg ...harga baru skitar usd 250
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Aki mobil yang dipakai
ane ga setuju dg tulisan ini....alasannya apa bro ?....marmut wrote:aki melendung umumnya karena overcharge, tapi tidak menutup kemungkinan (walaupun kecil kemungkinannya) karena cacat pabrik.
penyebab overcharge karena automatic regulator di alternator sudah rusak. saat mesin nyala dalam kondisi idle, voltase di aki berkisar 13-14,5volt. kalau kurang atau lebih dari itu silahkan dibongkar alternatornya untuk diperiksa.
untuk penggantian aki, amper aki tidak boleh lebih besar dari amper alternator.
setau ane, selama voltagenya sama ga masalah aki mau diganti dg yg ampernya lbh besar.....yg jadi masalah adalah dudukan aki dan kabel akinya....klo dudukannya msh bisa menampung, ga masalah....juga kabel akinya, klo ga mengganggu kabelnya ga masalah...
smoga bermanfaat.....

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2521
- Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48
Re: Aki mobil yang dipakai
Kalau aki terlalu besar maka membebani alternator sehingga ujung2nya membebani mesin dan bbm lebih boros. Bukan tidak boleh, tapi aki terlalu besar juga mubazir.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11857
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: Aki mobil yang dipakai
@ sjamsul,
mari kita ibaratkan aki=dompet anda, dan alternator=pendapatan setiap bulan.
Kalau pendapatan anda 1juta setiap bulan dan pengeluaran anda 2juta setiap bulan, apa yang terjadi?
mari kita ibaratkan aki=dompet anda, dan alternator=pendapatan setiap bulan.
Kalau pendapatan anda 1juta setiap bulan dan pengeluaran anda 2juta setiap bulan, apa yang terjadi?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Aki mobil yang dipakai
imho perumpamaan nya kurang pas oom marmut 
Kalo aki = dompet, dan alternator = pendapatan, maka ukuran aki yg besar ampere nya = ukuran dompet yg lbh besar.
Sementara konsumsi kelistrikan = pengeluaran dompet.
Jd klo pendapatan tetap, kemudian ukuran dompet diperbesar dan pengeluaran bulanan tetap.........ya ga ada efek negatif nya malah cmiiw

Kalo aki = dompet, dan alternator = pendapatan, maka ukuran aki yg besar ampere nya = ukuran dompet yg lbh besar.
Sementara konsumsi kelistrikan = pengeluaran dompet.
Jd klo pendapatan tetap, kemudian ukuran dompet diperbesar dan pengeluaran bulanan tetap.........ya ga ada efek negatif nya malah cmiiw
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Aki mobil yang dipakai
iy aja deh, drpd cape nulis.....marmut wrote:@ sjamsul,
mari kita ibaratkan aki=dompet anda, dan alternator=pendapatan setiap bulan.
Kalau pendapatan anda 1juta setiap bulan dan pengeluaran anda 2juta setiap bulan, apa yang terjadi?

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3209
- Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
- Location: idn, 18 mdpl
- Daily Vehicle: b48 1gd 4a9
Re: Aki mobil yang dipakai
Pokoknya pengisian harus lebih besar dari pada yang dibutuhkan
Misal aki 12volt
Pengisian harus 13 smp 14 volt
Jika di bawah 12 volt apa gunanya?, krn listrik mengalir dari yg besar ke yg kecil seperti air terjun...
Yg digunakan dlmpengisian itu voltnya saja , amper aka kuat arus ga ada hubungannya dlm pengisianlho yaa
Misal aki 12volt
Pengisian harus 13 smp 14 volt
Jika di bawah 12 volt apa gunanya?, krn listrik mengalir dari yg besar ke yg kecil seperti air terjun...
Yg digunakan dlmpengisian itu voltnya saja , amper aka kuat arus ga ada hubungannya dlm pengisianlho yaa
engine roaring!
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Aki mobil yang dipakai
Jadi, kuat arus di accu adalah untuk apa yah?
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 418
- Joined: Wed Sep 04, 2013 3:28
Re: Aki mobil yang dipakai
IMALY, yang berpengaruh ke pengisian aki yaitu daya (W), dimana daya ini memiliki 2 parameter, yaitu tegangan (V) dan kuat arus (I). Nah karena parameternya 2, maka salah satu harus dijadikan patokan, SI nya yang digunakan adlh V.
Reff. aki, karena sudah ditetapkan memiliki tegangan 12V, maka perangkat catu dayanya harus lebih besar dari 12V, dan arus yang mengalr juga harus lebih besar dari yang tersimpan di aki. pengisian aki inilah yang menyebabkan aki kemudian menjadi panas.
Reff. aki, karena sudah ditetapkan memiliki tegangan 12V, maka perangkat catu dayanya harus lebih besar dari 12V, dan arus yang mengalr juga harus lebih besar dari yang tersimpan di aki. pengisian aki inilah yang menyebabkan aki kemudian menjadi panas.
Ceban Me if I'm Wrong..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2269
- Joined: Sun Sep 08, 2013 1:03
- Location: 06º 35' 42" LS 110º 40' 18" BT
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 128
- Joined: Sat Nov 17, 2012 1:47
Re: Aki mobil yang dipakai
sepokat dengan diatas, analogi yang paling gampang adalah dengan aliran air terjun.walid_007 wrote:Pokoknya pengisian harus lebih besar dari pada yang dibutuhkan
Misal aki 12volt
Pengisian harus 13 smp 14 volt
Jika di bawah 12 volt apa gunanya?, krn listrik mengalir dari yg besar ke yg kecil seperti air terjun...
Yg digunakan dlmpengisian itu voltnya saja , amper aka kuat arus ga ada hubungannya dlm pengisianlho yaa
ketinggian air terjun ibarat voltase, air (dalam analogi ini adalah arus listrik) akan mengalir dari tinggi ke rendah. Dan ampere (current) ibarat seberapa besar air terjun itu, semakin gede air terjunnya ibarat ampere yang semakin besar.
Semakin besar ampere maka teorinya semakin cepat pengisian aki, namun sejauh kemampuan nalar saya masing2 aki punya keterbatasan laju pengisian, karena reaksinya pengisian aki berjalan secara kimiawi. nah kalau ampere pengisian terlalu besar dan voltase besar ya ada kemungkinan bisa meleduk juga aki karena overload.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12277
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: Aki mobil yang dipakai
hahhaa halo rich..ya ada niat mau jual aja..mudah2an akhir taun ini launcing penggantinya tuh..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12277
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
Re: Aki mobil yang dipakai
hahaha...ricz wrote:Alphard? W205?
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5628
- Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 960
- Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07
Re: Aki mobil yang dipakai
Buset Om kompresorz, 6 tahun itu aki? Kuat amat yak. Aki di yaris saya bawaan pabrik saya ganti di umur 2 taon karena starter mulai lama. Yg skrg kurang dari 2 taon, arah ke penggantian juga mulai terlihat. Boleh tau itu aki berapaan? Saya mau ganti juga deh...ngeri mati
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: Aki mobil yang dipakai
mungkin akinya mahal ya om kompre?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10981
- Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
- Location: Tandes Surabaya
- Daily Vehicle: Nissan Livina VL
Re: Aki mobil yang dipakai
Sabar yah om sjamsul, harap maklum member yang belakangan gabung di SM pada nggak tahu siapa propessor aki SMsjamsul wrote:iy aja deh, drpd cape nulis.....marmut wrote:@ sjamsul,
mari kita ibaratkan aki=dompet anda, dan alternator=pendapatan setiap bulan.
Kalau pendapatan anda 1juta setiap bulan dan pengeluaran anda 2juta setiap bulan, apa yang terjadi?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6271
- Joined: Thu May 22, 2014 3:38
Re: Aki mobil yang dipakai
semakin senior, lebih humble tentu lebih baikesh wrote:Sabar yah om sjamsul, harap maklum member yang belakangan gabung di SM pada nggak tahu siapa propessor aki SMsjamsul wrote: iy aja deh, drpd cape nulis.....

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 411
- Joined: Wed Feb 12, 2014 3:13
Re: Aki mobil yang dipakai
Sekedar berbagi pengalaman saja.
Dulu pernah ngalamin aki mati di APV, nyari ke S&D ngga ada stok untuk amper yg sama (kalo ngga salah
standardnya APV itu 35AH) akhirnya ganti pake aki yg ampernya lebih gede, lupa persisnya mungkin 45Ah.
Baru 3 bulan pake aki udah soak alias mobil ngga mau start, telpon S&D dateng pegawainya, dicek selnya masih bagus,
akhirnya aki dibawa ke S&D untuk dicharge (nginep semaleman di S&D).
Baca sana sini, ternyata kapasitas alternator memang harus disesuaikan dengan kapasitas aki.
Saya ngga tau persis berapa amper alternator APV, tapi dugaan saya alternator APV terlalu kecil untuk ngisi full aki baru yg ampernya
lebih gede (atau waktu pengisian kurang lama karena si APV memang udah jarang dipake jalan jauh).
Tips: kalau ganti aki yg lebih besar dari standar pabrik maka usahakan setelah ganti aki mobil dijalankan minimal 2 jam
pada RPM minimal 2000, maksudnya agar aki terisi full.
Selain itu usahakan tiap hari mobil dihidupkan, lebih bagus dijalankan, jangan kelamaan nganggur.
Positifnya pakai aki dgn kapasitas diatas standar: kemampuan cranking lebih kuat (menggerakkan dinamo starter lebih ringan),
tapi ngga terlalu signifikan juga soalnya pake aki standard juga start ngga berat.
Negatifnya: alternator perlu kerja lebih lama untuk mengisi aki hingga full.
Inget, salah satu parameter kapasitas aki/alternator adalah AH, dimana H=Hour.
Jadi selain kapasitas penyimpanan juga ada parameter waktu di situ, baik waktu charge maupun discharge.
Kalau pasang asesoris yg nyedot listrik besar bukan aki yg digedein ampernya, tapi alternatornya yg mesti digedein.
Mobil kalau udah jalan itu suplai listriknya terutama dari alternator bukan dari aki.
Saya pribadi prefer pakai aki dgn kapasitas sesuai standar pabrik aja.
Dulu pernah ngalamin aki mati di APV, nyari ke S&D ngga ada stok untuk amper yg sama (kalo ngga salah
standardnya APV itu 35AH) akhirnya ganti pake aki yg ampernya lebih gede, lupa persisnya mungkin 45Ah.
Baru 3 bulan pake aki udah soak alias mobil ngga mau start, telpon S&D dateng pegawainya, dicek selnya masih bagus,
akhirnya aki dibawa ke S&D untuk dicharge (nginep semaleman di S&D).
Baca sana sini, ternyata kapasitas alternator memang harus disesuaikan dengan kapasitas aki.
Saya ngga tau persis berapa amper alternator APV, tapi dugaan saya alternator APV terlalu kecil untuk ngisi full aki baru yg ampernya
lebih gede (atau waktu pengisian kurang lama karena si APV memang udah jarang dipake jalan jauh).
Tips: kalau ganti aki yg lebih besar dari standar pabrik maka usahakan setelah ganti aki mobil dijalankan minimal 2 jam
pada RPM minimal 2000, maksudnya agar aki terisi full.
Selain itu usahakan tiap hari mobil dihidupkan, lebih bagus dijalankan, jangan kelamaan nganggur.
Positifnya pakai aki dgn kapasitas diatas standar: kemampuan cranking lebih kuat (menggerakkan dinamo starter lebih ringan),
tapi ngga terlalu signifikan juga soalnya pake aki standard juga start ngga berat.
Negatifnya: alternator perlu kerja lebih lama untuk mengisi aki hingga full.
Inget, salah satu parameter kapasitas aki/alternator adalah AH, dimana H=Hour.
Jadi selain kapasitas penyimpanan juga ada parameter waktu di situ, baik waktu charge maupun discharge.
Kalau pasang asesoris yg nyedot listrik besar bukan aki yg digedein ampernya, tapi alternatornya yg mesti digedein.
Mobil kalau udah jalan itu suplai listriknya terutama dari alternator bukan dari aki.
Saya pribadi prefer pakai aki dgn kapasitas sesuai standar pabrik aja.