
perkenankan ane untuk ripiu sebuah mobil lagi-lagi....
kali ini sebuah sedan premium Jepang yang belum lama ini diluncurkan....

============================================
Intro
Minggu lalu lagi-lagi mod kucing memberikan sebuah "tugas" untuk ane :
"bro ChZ, minggu depan TD batu makam, be ready!"

dan setelah re-scheduling, akhirnya didapatlah hari sabtu tanggal 3 Mei ini...
Sabtu pagi yang panas.... ane selesai kuliah jam 9.30.... dan langsung ngibrit

Ada sedikit kejadian yg bikin ane gregetan waktu masukin kunci.... kunci nyangkut gak bisa diputer.. OMG


Di perjalanan mod kucing kontek ane....
"bro kita hari ini cuma TD Teana L33 aja, mobil satunya *spoiler alert* habis di tusbol...."

Akhirnya kami berdua ketemu di dealer batu makam.... mod kucing menunggu dengan gaya ala mafioso kucingnya

masuk showroom... lha... kok malah unit displaynya masih J32


akhirnya sales datang, kita ngobrol bentar, nyiapin unit TD dan voila!
Sebuah Nissan Teana 2.5XV L33 berwarna putih....

==================================
1. Exterior
Jujur, ane sangat kaget melihat perubahan tampilan Teana ini.... tampangnya udah bukan lagi identik dengan daddy's car seperti J31 atau J32... L33 tampangnya sangat intimidatif dan agresif.... no longer tampang "males" seperti saloon bapak-bapak....

Tampang depannya sangat agresif... sekilas mirip Accord CM5... tarikan garis grill yang mirip Spindle Grille Lexus, dan headlights yang bentuknya seperti anak panah.... dan tarikan garis di bonnet dan bahu yang memberi kesan "berotot".... hmm... bahkan liat depannya saja kita nggak akan bisa menebak ini Nissan tipe apa... Teana sendiri dari dulu terkenal dengan tampang yang sangat membosankan.....

Tampak samping... tampak lebih kompak dari J32... tapi in fact, panjangnya nambah 25mm!

sales nya sepertinya mau ikut narsis di SM

plus, velg dengan motif sporty seperti GL lawas Facelift terakhir....




Nah! akhirnya kita kebelakang dan tau ini mobil spesies apa.... err... what?


bahkan tampilan belakang saja menipu kita.... tidak ada lagi lampu belakang yang sangat kecil dan bentuknya aneh itu.... lampu belakangnya sangat pas, dan sangat (lagi-lagi) intimidatif.... plus, twin tailpipes kesukaan ane dan mod kucing!

Overall, Teana L33 ini benar-benar sebuah rombakan besar dari pendahulunya, dari identik dengan kesan boring, menjadi kesan sporty.... nah sampe disini ane dan mod kucing masih belum terlalu impressed.... kami masih pesimis dengan driving impression nya....
Exterior 9/10.... Well-designed! Menonjolkan kesan sporty, tanpa harus kehilangan identitas sebagai saloon mewah, presence nya sebagai saloon mewah masih kuat....
====================================
2. Interior
Urusan interior dan gimmick sudah banyak diulas oleh bro haristk7 di :
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 2SEhYGSy8o
jadi ane hanya memberikan sedikit tambahan saja....

masuk ke kursi driver, ane disambut dengan cluster yang modern, yang jelas, jauh lebih modern dibanding err... J32 yang kami lihat di showroom tadi.... plus head up display 3D nya.... dan warning "LOW ON FUEL"


dan dash softpad.... sedangkan upper dan lower dash seperti biasa, plastic warna beige, sehingga tidak terkesan murahan. overall dash L33 ini jauh lebih menyenangkan dibanding J32... dan tidak terlalu banyak gimmick... hmm...

ke upper dash dan ane melihat sebuah mid-bass dengan tulisan legendaris : BOSE. WHAT?

ane langsung nyeletuk.... "wow... BOSE"
dan sales ngejawab... "iya ko... BOSE 9 speakers".... WOW


gear lever... mewah dengan paduan wood panel...

doortrim.... kombinasi warna sangat baik, plus wood panel dengan piano finish... lagi-lagi peningkatan dibanding faux wood panel di J32 yang malah mirip Tata Aria....


ada sedikit penurunan di bagian doortrim... di J32 softpad, sedangkan L33 malah plastic.... tapi masih tolerable lah


doortrim belakang... simple... sangat simpel....

beralih ke row 2, legroom lebih baik dari J32... tapi headroom terpangkas... plus tidak ada tombol audio di belakang...

..... dan rear airvent...

sun shade....

dan bagasi yang sangat luas, sesuai kodratnya sebagai family saloon

Interior 7.5 / 10... not bad, tapi butuh perbaikan di beberapa sektor... terutama doortrim...
=================================
3. Driving Impression
Nah, akhirnya, untuk menjawab segala kecurigaan ane terhadap mobil ini..... let's get to the ride!
Under the Cup!
sebuah enjin QR25DE seperti yang dipakai X-Trail T31.... err... what? 4-cylinder QR-engine? not V6 VQ-engine?

di atas kertas QR25DE punya tenaga lebih kecil 10HP dibanding VQ25DE lawas.... tapi torsi lebih besar 6Nm.... dan dicapai di RPM lebih rendah (QR25DE : 234Nm @4000 RPM, VQ25DE 228Nm @4400RPM)....
dipadu dengan XTronic CVT.... ahh no... not that goddamned CVT

okay okay... just let the car roll....
keluar jalan Jemursari dan ketemu jalan yang agak bumpy, suspensi belakang terasa travelnya panjang... ahh this car is designed for comfort.... jadi travel suspensi panjang sangat wajar untuk kenyamanan.... jika dibandingkan dengan Accord CR2, suspensi L33 terasa agak "bouncy".... tapi tertolong rebound suspensi cukup bagus....
putarbalik, dan... lho... setirnya.... hmm... how to say it ya....
setir L33 tidak seperti proper Nissan yang sangat boring, kopong, tidak ada feelnya... setir Teana L33 ini terasa agak berat dibanding Nissan lain yang pernah ane kemudikan (March, Juke, Livina, X-Trail).... dan yang jelas, masih ada bobot nya dibanding CR-V RM, Accord CR2, dan Odyssey RC1.... dan setelah ane cek brosur.... ternyata Teana ini menggunakan Hydraulic-Electric Power Steering... pantes....
..... plus karakter tranny yang sangat halus.... dan sepertinya ada sedikit perbedaan setting di L33 dibanding XTronic di T31...
di T31 X-Trail, mobil terasa agak malas gerak, untuk stop and go kurang nyaman, low rev terasa hampa.... tapi di L33, memang terasa agak berat sedikit, tapi tidak terasa "malas" seperti X-Trail, ada sedikit jeda sekitar 0,sekian detik waktu menginjak throttle.... and the tranny delivers the powahh... torsi low-mid rev nggak terlalu galak seperti Mazda8... sangat halus tanpa gejala menyentak.....
jalanan sedikit sepi, ane mencoba flat-out dan.... BRAAAAHHHH!!!!!


L33 terasa sangat bersemangat untuk diajak sprint flat-out, transmisi langsung mengubah rasio sabuk baja dengan cepat, mobil ini sangat rev-happy, tendangan torsi terasa sangat kuat.....
ane yang daritadi terbuai dengan smoothness mobil ini saja kaget... what??? HOW COME??
L33 terasa punya dua split-personality.... nyaman untuk cruising, tapi diajak flat-out juga ayok aja... plus.... the most interesting thing is the mumbling exhaust sound, brupbrupbrupbrup...... serak-serak berat..... seperti suara orang kumur-kumur kalo kata mod kucing



nah enjin buas, gimana dengan handling?
surprisingly, bodyroll di Teana L33 sangatlah minim, ane mencoba sedikit zigzag tadi dengan kondisi flat-out, setir terasa akurat, gerakan mobil terasa sangat lincah, jauh dari ekspektasi awal ane.... bahkan dibanding CR2, handling CR2 terasa tidak ada apa-apanya.... this car delivers more-more-more-more fun!

Teana is no longer daddy's car, Teana is now a driver's car!
sepulang dari dealer dan ngedate bareng kucing.... ane baru inget... lupa test sistem hiburan

because the real orchestra for me is the exhaust and engine rev..... audio is overrated

Driving Impression 8.5/10 Indeed, a serious contender for Mazda6 KODO....
====================================
4. Verdict
Nissan Teana L33....
Family saloon dengan kenyamanan khas saloon premium Jepang, dengan pengendalian ala sport saloon.... bisa dibilang, L33 adalah saloon yang all-rounder.... memberikan kesenangan di balik kemudi ataupun di jok belakang.... tentunya untuk penumpang yang tingginya kurang dari 180cm

Nissan yang selama beberapa tahun terakhir dikenal sebagai produsen mobil yang boring, has got back its soul....

i'm getting more excited for X-Trail T32.... kalo Teana saja udah seperti ini.... semoga X-Trail mendapat "jiwa" yang sama....

Pros :
- Enjin buas dan rev-happy
- Tranny halus dan responsive
- Less bodyroll
- Perpaduan warna interior
- Cluster modern
- Legroom belakang luas... lebih luas dari J32
- Harga termurah di antara para contendernya....
- Exhaust sound
- Exhaust sound
- Exhaust sound
Cons :
- Engine hanya 4-silinder.....

- Beberapa material interior terlihat murahan
- Headroom terbatas
- No simulated-manual mode.... padahal mobil ini cenderung driver-oriented

- ASS?
Potential buyer Teana adalah :
- Nissan lovers... yang sudah lama merindukan mobil Nissan dengan pengendalian hebat seperti era '90an....
- Family man of course.... yang suka nyetir.... yang suka duduk di belakang sepertinya akan milih Accord CR2...
- Orang yang pengen tampil beda, tanpa menghiraukan Resale Value dan likuiditas unit....
- Ex-user J31 or J32? Mungkin iya, kalo mereka suka nyetir. Mungkin yang suka duduk di belakang (lagi-lagi) akan milih Accord CR2....
Would i buy this car? (if i got the budget)
Nah... masih perlu banyak pertimbangan.... terutama ASS nya.... sepertinya ane tetap akan memilih Mazda6... because i don't care anything besides driving experience....
mungkin lain cerita kalo ane sudah berkeluarga... Teana would be a good choice... termasuk menyelamatkan dompet karena QR25 masih tolerable untuk diisi premium....

Main contender : Mazda6 KODO, Accord CR2, Camry XV50, Hyundai Sonata, KIA Optima
=====================================
Short comparison between :
Teana L33 vs Accord CR2
1. Exterior
Teana L33 : sporty with some luxuries.... mirip Accord CM5...
Accord CR2 : elegant and aristocratic.... mirip E-Klasse
2. Interior
Teana L33 : Simple, dan sedikit konservatif.... less luxury gimmicks
Accord CR2 : modern.... banyak luxury gimmicks...
3. Engine & Tranny
Teana L33 : QR25DE, karakter enjin yang rev happy, kuat di low-mid rev... XTronic CVT halus dan tidak terlalu banyak lag seperti di X-Trail T31....
Accord CR2 : K24W ED, kuat di low rev.... dengan peresan tebu... 5-Speed AT cukup halus....
4. Handling
Teana L33 : surprisingly, meskipun handlingnya nggak natural-natural-amat (ya jangan dibandingin sama MX-5 Miata lah

Accord CR2 : Feedback setir nol, meskipun chassis dan suspensi cukup baik, tapi feel nya sangat hambar.... tanpa suara revving khas VTEC powahhhh atau suara exhaust yang mengintimidasi.... yang ada suara mesin peresan tebu yang bikin kita nggak tega untuk rev-up....
5. Comfort
Teana L33 : di beberapa titik akan terasa agak bouncy akibat travel suspensi yang panjang.... untungnya rebound cukup baik
Accord CR2 : cenderung ke stiff, rebound cukup baik.
6. Luxury Gimmicks
Teana L33 : nyaris semua fitur di Teana ini lebih cenderung driver-oriented.... Teana seakan head-on dengan Accord, padahal, actually, Teana L33 lebih cocok head-on dengan Mazda6....
Accord CR2 : fitur sangat banyak, terutama untuk pemanja penumpang.... ada rear audio controller...
7. Sound System
Teana L33 : BOSE 8+1 Speakers
Accord CR2 : HK = HarmanKarton.....
8. Room & Cargo
Teana L33 : Legroom cukup berlimpah di row 2, headroom terbatas..... cargo cukup luas
Accord CR2 : Legroom dan headroom sangat berlimpah..... cargo cukup luas
9. Pricing
Teana L33 : 547millions OTR Surabaya
Accord CR2 : 58x millions OTR Surabaya
===============================
Sekian ripiu ane....
