Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Susah juga ngomong apakah satu mobil itu overpriced atau tidak. Mau dibandingkan dengan apa? Benchmark "fairly priced" itu di mana? Kalau cuma pakai "kerasanya" tandanya subyektif.
Mungkin patokan yang bisa digunakan dan masih nyerempet2 masalah mobil dan pemakaiannya (bukan harga beli) adalah harga BBM (tidak pakai subsidi) dibandingkan dengan penghasilan rata2, tapi ini topik berbeda lagi.
Mungkin bisa dipakai rasio harga mobil rata2 dengan penghasilan rata2. Tapi ini juga ada kelemahannya. Kalau mau digunakan harga mobil dikurangi pajak2 yang dikenakan pemerintah dan kemudian dibandingkan dengan biaya untuk memproduksi mobilnya, mau diambil dari mana datanya?
Yang bisa didiskusikan sekarang ini memang "kerasanya" harga mobil di Indonesia "overpriced". Salah pabrik mobil atau karena pemerintah Indonesia yang gila pajak atau kombinasi dua2-nya?
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
Di kota2 besar di Indonesia skg fenomena yg mengkhawatirkan :
Harga makanan overpriced
Monggo bandingkan harga2 makanan di resto2 di Jkt yg kelas biasa (bukan resto htl 5 star) VS harga makanan di negara2 yg income per capita jauh di atas Indonesia
Mobil overpriced bisa beli seken......budget mepet cari yg tahun agak lama
Turboman wrote:Di kota2 besar di Indonesia skg fenomena yg mengkhawatirkan :
Harga makanan overpriced
Monggo bandingkan harga2 makanan di resto2 di Jkt yg kelas biasa (bukan resto htl 5 star) VS harga makanan di negara2 yg income per capita jauh di atas Indonesia
Mobil overpriced bisa beli seken......budget mepet cari yg tahun agak lama
Kalo makanan ?
Emang berapa sekarang om perbandingan makanan di resto biasa di jkt & negara pci lebih tinggi?
Maklum ane kalo ke jkt paling makan di warung langganan / warteg yg kliatan rame / foodcourt mid-low
Kalau production cost ga akan mungkin akan bisa kita ketahui
tapi buat saya dasarnya pendapat yaris overpriced ya dari itu perbandingan mobil sekelas akan fitur dan kualitas. Udah bisa "dirasa" kalau profit yang diambil untuk mobil ini cukup tinggi.
Mau diapain juga ujung2nya kan gmn menurut orang masing-masing sesuai dengan point-point yang dilihat
kalau orang lihat dari brand ya beli mobil T bisa jadi merasa ga overpriced.
Ya mungkin fenomena kayak yang ditanyakan Om turbo, sekarang orang-orang berani bayar puluhan ribu hanya untuk kue kecil yang rasanya juga mending beli kue bolu di pasar.
Kita orang indonesia sifatnya konsumtif
Buat saya yang setelah merasakan mobil dari merek lain mulai mikir juga buat beli kendaraan.
Atau mungkin nonik-nonik dari tiap dealer memberikan servis lebih juga membuat sebuah mobil jadi worthed, who knows...
Turboman wrote:...bandingkan harga2 makanan di resto2 di Jkt yg kelas biasa (bukan resto htl 5 star) VS harga makanan di negara2 yg income per capita jauh di atas Indonesia
Mobil overpriced bisa beli seken......budget mepet cari yg tahun agak lama
Kalo makanan ?
Makanan di indo tdk overpriced meski makan buffet atau a'la carte di hotel single diamond ...
Buffet hotel yg mahal di dkt rumah jkt sy itu di hotel darmawangsa ...per person iyu tp.625,000 atau skitarusd 55 ...masih cukup murah krn kwaliteit nya setara dgn makan di resto oasis jln raden saleh ...
di sini sy makan di zam zam Yg di northbridge seberang the grand mosque, persis kanan traffic light ...murtabak mutton seporsi itu sgd 25 atau equivalent to tp 225,000 nah murtabak sanfransisco di cibubur atau di bandungraya yg fatmawati itu cuma tp 60,000 bisa delivery kmana pun gratis
Masih murah makan diindo dibanding goldcoast, spore, chicago ...jgn tanya di tokyo yayg steamed cod seporsi sy biasa makan skitar rp 1,000,000 ...kalo .mau makan gratis di saudia atau middle east lainnya pasti sy tunggu bubaran friday service krn makanandari para pangeran negeri unta itu bgt berlimpah
yarinten wrote:Kalau production cost ga akan mungkin akan bisa kita ketahui
tapi buat saya dasarnya pendapat yaris overpriced ya dari itu perbandingan mobil sekelas akan fitur dan kualitas. Udah bisa "dirasa" kalau profit yang diambil untuk mobil ini cukup tinggi.
Mau diapain juga ujung2nya kan gmn menurut orang masing-masing sesuai dengan point-point yang dilihat
kalau orang lihat dari brand ya beli mobil T bisa jadi merasa ga overpriced.
Ya mungkin fenomena kayak yang ditanyakan Om turbo, sekarang orang-orang berani bayar puluhan ribu hanya untuk kue kecil yang rasanya juga mending beli kue bolu di pasar.
Kita orang indonesia sifatnya konsumtif
Buat saya yang setelah merasakan mobil dari merek lain mulai mikir juga buat beli kendaraan.
Atau mungkin nonik-nonik dari tiap dealer memberikan servis lebih juga membuat sebuah mobil jadi worthed, who knows...
Sependek pengetahuan saya memang T tegak itu unit fisik mobilnya overpriced, harga lebih mahal dengan fitur lebih minim dari kompetitor.
Namun menimbang 'service cost' e.g jumlah support center (dealer, service) yg lebih banyak (saya pernah baca biaya setup 1 dealer T mencapai beberapa puluh milyar), standardisasi layanan ala Toyota Way, biaya 'service gratis', dan faktanya Astra masuk dlm 20 besar perusahaan idaman karyawan Indonesia dgn turnover karyawan rendah (Karyawan yg bekerja dgn nyaman tentu dpt menghasilkan produk & servis lebih baik), serta apresiasi masyarakat yg membuat resale value tetap tinggi, saya rasa memang wajar2 saja harganya. Begitu juga dgn H tegak.
overpriced toyota sekaraaaaaaaaaaang!!!!
apalagi altisssss
ya tapi dibayar dengan dealer nya yg banyak dan bengkelnya yg ribuan
klo mau beli mobil toyota emang mesti tau timing2 nya kapan dia diskon/ sales mana yg ngasih penawaran bagas
ChZ wrote:...harganya lebih murah dibanding kembarannya (Avanza G AT) dengan kelengkapan lebih baik dari kembarannya.... :
Jelas, dimanapun original brand itu lbh murah dari rebrand twin nya berdasar ketentuan fair competition WTO .di dlm maupun diluar indo selama negara itu WTO member ..maz vx vs. suzi r3 ...tyt avz vs. dai xen ...tyt lexcen vs hold commodore
dan lainnya
maksud ane menyoroti kelengkapannya, om NR
kelengkapan di Xenia AT, lebih baik dari Avanza G AT... dan ane baru tau beberapa bulan yang lalu waktu om VM ngefotoin HU Avanza G AT nya... radio kaset miris ui....
ChZ wrote:...harganya lebih murah dibanding kembarannya (Avanza G AT) dengan kelengkapan lebih baik dari kembarannya.... :
Jelas, dimanapun original brand itu lbh murah dari rebrand twin nya berdasar ketentuan fair competition WTO .di dlm maupun diluar indo selama negara itu WTO member ..maz vx vs. suzi r3 ...tyt avz vs. dai xen ...tyt lexcen vs hold commodore
dan lainnya
maksud ane menyoroti kelengkapannya, om NR
kelengkapan di Xenia AT, lebih baik dari Avanza G AT... dan ane baru tau beberapa bulan yang lalu waktu om VM ngefotoin HU Avanza G AT nya... radio kaset miris ui....
Ummm... bahan fabric jok xenia beda dgn avanza, xenia lbh kasar...
& pillar dalem xenia yg bagian row3 tdk ditutupi plastik...
sangat, apalagi untuk merek2 mobil eropa seperti mercy n BMW karena kena pajak yg gila. apalagi mini, bisa gila mahalnya, tapi ada aja yg beli. itulah hebatnya org Indonesia. hehehe
ChZ wrote:...menyoroti kelengkapannya, om NR
kelengkapan di Xenia AT, lebih baik dari Avanza G AT... dan ane baru tau beberapa bulan yang lalu waktu om VM ngefotoin HU Avanza G AT nya... radio kaset ..
Ya sy tau maksut nya ...tapi bgini ...
Saat tiap satu unit xen n tiap unit avz kluar dari manufacturing plant (mrk xen dan avz datang punya assembly line beda meskipun under one roof) ...mrk baru terpasang satu option ...aircond by ND ...kalo entertainment system , rear distance sensor, window tint, keyless activation, ..akan dipasang pd moment sblm pre delivery inspection
Itu hasil visual confirmation sy saat visit ksana tiap x urusan claim ...sayang tdk bole ambil photopic ...
diluar indo juga sama saat satu toyota blizzard, dai f50-f70, bertone freeclimber rolled out dlm moment yg sama ...mrk dlm keadaan polos ...bahkan brand emblem pun blm dipasang sehingga sepintas mata org awam macam sy tdk bisa bedakan yg mana itu apa (which is which)
newrubble wrote:
Ya sy tau maksut nya ...tapi bgini ...
Saat tiap satu unit xen n tiap unit avz kluar dari manufacturing plant (mrk xen dan avz datang punya assembly line beda meskipun under one roof) ...mrk baru terpasang satu option ...aircond by ND ...kalo entertainment system , rear distance sensor, window tint, keyless activation, ..akan dipasang pd moment sblm pre delivery inspection
Itu hasil visual confirmation sy saat visit ksana tiap x urusan claim ...sayang tdk bole ambil photopic ...
diluar indo juga sama saat satu toyota blizzard, dai f50-f70, bertone freeclimber rolled out dlm moment yg sama ...mrk dlm keadaan polos ...bahkan brand emblem pun blm dipasang sehingga sepintas mata org awam macam sy tdk bisa bedakan yg mana itu apa (which is which)
ChZ wrote:nambahin... 1 lagi mobil yang ane beli dalam kondisi brand new : Xenia 1.3 AT 2011...
145jeteng... dan ane blg mobil ini paling nggak overprice, karena :
- pada waktu itu, harganya lebih murah dibanding kembarannya (Avanza G AT) dengan kelengkapan lebih baik dari kembarannya.... HU xenia Pioneer single DIN, Avanza G AT radio kaset... buset dah... *colek om Vanz* cuma memang, biaya servis mihul bener kalo atoyot ada free jasa sampe sekian ribu KM, dai gak ada...
- 30.000KM and still going strong.... mobil perang, udah rattling dimana-mana, kerjaan ngangkutin barang berat, kaki-kaki selalu lewat jalan jelek.... zero problem
- ANX harganya gila... tanpa improvement berarti
terakhir mau upgrade ke ANX R AT seken... ga jadi... nombok 35jeteng berasa ga worth untuk mobil perang.... so this car is going to be last...
Errr... nganuu... ituuu.... karena ane cuman bisa beli en nyetel beginian, masbroo....
Jaman pakai Tisos pun pakainya...
Tapi ane suka dengan radiotape itu karena bisa buat setel ipod ane....
Masalahnya, sekarang ane kudu sediain waktu buat cari head cleaner...
WAAKAKAKAK...
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
err yes... secara finishing kayaknya AvG AT lebih baik.... tapi HU super jadoel nya itu...
jadi.... Xenia lebih baik di HU nya doang [/quote]
itu avanza G thn brp ? setahu gw sekarang udh dpt cd player[/quote]
Ini lg ngomongin yg gen 1... [/quote]
ane punya ava n xen all new plus r3....sama aja bos....malah mending beli xen....biarlah orang beli ava, ane pilih xen....terbukti, lewat tadi banjir di jatibening 1 sakses....melongo lihat new civic n altis ga mau maju lewatin banjir, padahal udeh diklasonin suruh nyebur..........
newrubble wrote:Terahir new avanza 2013 yg blm lama dijual ...airbag compartment LH itu lid nya terbuka sedikit n ssdh sy complaint mrk ...auto2000 radio dalam recalled mobil sy tiga hati n balikin dgn dashboard assy semua nya baru ...sy tdk protest saat odometer balik jadi 49 ...sebelumnya 653
Th 2009 saat baru beli yaris ...rear hatch tdk bisa bersatu dgn door-catch jika tdk tutup keras ...terus mereka ...bengkel sama ...ganti parts di kedua sisi itu
Th 2012 fortuner vnt itu punya problem cowl-panel nya LH RH ada gap cukup besar di tengah ...skitar 5mm n yg LH terlihat lbh masuk ...mrk ganti termasuk windshield glass n butuh wkt tiga hari
Th 2007 saat fortuner petrol sy head on crash pulang dr bandung ...airbag tdk deployed ...sy sempat somatie global head office mrk di toyota city n kompensasi nya seharga satu rumah baru di pdk indah ...tapi ini confidential agreement n saat itu rouli sijabat masih pangkat manager
Th 2006 benz w211 sy ...saat itu odo reading 128km ...saat headunit mode on ...aircond mati ...sehingga ...unit mobil di ganti baru ...sy beli mobil itu off road sj n pakai nomor bantuan
Kalau baca ceritanya, kok kayanya banyak sialnya. Mobil2 yg dibeli pada kena cacat produksi.
Confidential agreement sdh jadi nggak confidential lagi dong, khan sekarang sudah diceritain disini.
Vorsprung durch Technik The Pursuit of Perfection From Zero to Hero Air Tenang Menghanyutkan Ilmu Padi
yarinten wrote:@ om NR
Kalau berbicara harga dari segi inflasi dan kurs rupiah saya rasa hampir semua barang yang basisnya USD pasti akan jadi terasa mahal apalagi dibandingkan dengan dulu.
Maksud saya kalau dari perbandingan mobil lain yang sekelas antara harga dengan tangible sama non tangible yang didapat gitu.
saya pun bekerja di dealer alat berat yang satu grup sama TAM, karena kurs pun harga rupiah bisa naik sekitar 20-30%
itulah nasib importir dan konsumennya
btw kok komplain seperti itu langsung diganti sama dealer? saya komplain karet didiemin aja...
Bagi jampi-jampinya om
Yg komplain musti pejabat kali.
Vorsprung durch Technik The Pursuit of Perfection From Zero to Hero Air Tenang Menghanyutkan Ilmu Padi
smgandi wrote:
Kalau baca ceritanya, kok kayanya banyak sialnya. Mobil2 yg dibeli pada kena cacat produksi.
Confidential agreement sdh jadi nggak confidential lagi dong, khan sekarang sudah diceritain disini....grin:
bgt mmg byk org lihatnya ...tapi mmg sbtulnya dari skian yg sy listed down diatas ...ada sbgn yg trmasuk category small matters n bisa sj solved dgn own hand n musscle tapi krn sy hidup dari claim prosecution ...mostly accident n design faulty related ...maka sy lbh suka balik ke brand principal dgn tuntutan u remedial action or ...
ttg compensation deal ...confidentiality nya tetap secured krn sy tdk sebut exact amount n terms conditions nya
dari experience dg bbrp brand principals ...toyota sy sebut yg paling cepat n fair dlm hal action n compensation ...sy diatas tdk sebut vw indo yg ...meski sy dpt settlement tapi selama mrk dlm group itu n selama mrk masih piara org org yg sama ...sy lbh baik hindari brand itu u indo
yarinten wrote:@ om NR
Kalau berbicara harga dari segi inflasi dan kurs rupiah saya rasa hampir semua barang yang basisnya USD pasti akan jadi terasa mahal apalagi dibandingkan dengan dulu.
Maksud saya kalau dari perbandingan mobil lain yang sekelas antara harga dengan tangible sama non tangible yang didapat gitu.
saya pun bekerja di dealer alat berat yang satu grup sama TAM, karena kurs pun harga rupiah bisa naik sekitar 20-30%
itulah nasib importir dan konsumennya
btw kok komplain seperti itu langsung diganti sama dealer? saya komplain karet didiemin aja...
Bagi jampi-jampinya om...
jij kerja UT di cakung ya ...satu bekas client sy dulu punya vendor UT u embalut n tandung mayang operations
yg jelas overpriced itu dimata sy adalah self esteem average org indo ...ha ha ha maaf ya ...sering beli apa yg sbtulnya blm perlu dibeli n kadang mampu nya beli bumi tapi maunya dapat langit dan bumi ...apapun caranya n smua hrs sekarang ...kadang hal ini masih jadi behavior meski org nya sdh disekolahin jauh di bulan ...tapi pas balik kampung ...mindset nya masih tetap sama spt wkt blm sekolah
kadang sy suka bilang ke teman teman beda bangsa ...bhw org indo itu adalah yg pertama mendarat di bulan ...jauh ribuan tahun sblm alm armstrong et.al. cuma bedanya ...yg mendarat sana belum badan nya org indo tapi baru self esteem nya ...skali lagi sy maaf
nah ttg cara claim yg effective sbtulnya sgt mudah ...search internet siapa global CEO nya n dimana alamat nya ...tulis surat yg singkat, kalo perlu cuma satu halaman sj n langsung pd masalahnya serta sertakan bukti photopic n saat cerita singkat itu sebutkan photopic ini u masalah yg mana n itu u yg mana
ending nya sebut jelas ...mau kita itu apa n nilai nya berapa n cara hitung nya gmn ...tar kalo sy sempat akan sy post disini ...satu example balasan mrk ...tapi maaf kalo sy tdk sempat sempat
complaint sama teriak teriak kan beda civilization level ...complaint itu tdk bunyi dimana mana tapi kemungkinan besar ada hasil meski recovery level nya tdk bisa kita predict pas... kalo teriak teriak multi forum multi ways itu bunyi kemana kemana tapi cuma letih n habis energy
newrubble wrote:bgt mmg byk org lihatnya ...tapi mmg sbtulnya dari skian yg sy listed down diatas ...ada sbgn yg trmasuk category small matters n bisa sj solved dgn own hand n musscle tapi krn sy hidup dari claim prosecution ...mostly accident n design faulty related ...maka sy lbh suka balik ke brand principal dgn tuntutan u remedial action or ...
ttg compensation deal ...confidentiality nya tetap secured krn sy tdk sebut exact amount n terms conditions nya
dari experience dg bbrp brand principals ...toyota sy sebut yg paling cepat n fair dlm hal action n compensation ...sy diatas tdk sebut vw indo yg ...meski sy dpt settlement tapi selama mrk dlm group itu n selama mrk masih piara org org yg sama ...sy lbh baik hindari brand itu u indo
Yg ente maksud group indomob ya? Ane sih kagak kaget. Soal vw indo, sudah ente coba claim sampe Wolfsburg (WOB) belum?
Vorsprung durch Technik The Pursuit of Perfection From Zero to Hero Air Tenang Menghanyutkan Ilmu Padi
Pastinya sudah sampai penuntutan perkara di hannover ...tempat mobil transporter pertama x dikirim dari
n saat itu sy retained michael hausfeld n lawan sy , volkswagen aktiengesellschaft qq ferdinand porsche - piech itu represented by prof hans joachim holzapfel n ahirnya sampai settlement tapi hasilnya sy kurang puas ...memang duit sy balik semua n unit yg sdh terlanjur diterima tdk usah dibalikin n semua legal costs sy itu vw yg tanggung ...tapi tdk ada yg masuk ke kantong sy n tdk ada di indo yg kena pecat
N proses nya cukup lama hingga 10 bulan atau setara 28,000 km odo di transporter sy saat kita salaman ...sehingga brand itu tetap dalam blacklist sy. Hassle urusan dg mrk. Pdhl mrk yg jelas jelas salah kirim. Sy sdh minta tertulis dlm english, indo n german bhw ...single electric opening - closing LH slide door ...n mobil yg sampai dari hannover di jkt itu dual slide vacuum closing with manual hand operation to open n close