Benarkah Memperbaiki Transmisi Automatic Sangat Mahal?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 110
- Joined: Sun Jul 21, 2013 0:13
biaya max untuk transmisi automatic
Mohon bantuan untuk biaya perbaikan mobil bertrasmisi AUTOMATIC untuk mobil pembuatan tahun 1995 baik yg buatan eropa (BMW, MERCY, PEGEOUT) atau Jepang (TOYOTA, HONDA ACCORD CIELO) dll. Kira kira klo rusaknya parah dan harus diregenerasi baru, brapa biayanya. Contoh BMW 320, MERCY C200,, PUG406, TOYOTA GREAT COROLLA.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 304
- Joined: Sun Dec 30, 2012 12:48
Re: biaya max untuk transmisi automatic
emang kenapa om mobilnya??semua tergantung kerusakannya dari trans matic itu sendiri terkadang ada yg kasih saran ganti segelondong matic tp harus telitiwasito wrote:Mohon bantuan untuk biaya perbaikan mobil bertrasmisi AUTOMATIC untuk mobil pembuatan tahun 1995 baik yg buatan eropa (BMW, MERCY, PEGEOUT) atau Jepang (TOYOTA, HONDA ACCORD CIELO) dll. Kira kira klo rusaknya parah dan harus diregenerasi baru, brapa biayanya. Contoh BMW 320, MERCY C200,, PUG406, TOYOTA GREAT COROLLA.
cmiiw

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1086
- Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
- Location: Jakarta
Re: biaya max untuk transmisi automatic
Kalo lebih dr 10 juta, mending ganti baru deh.
Ganti gelondongan refubished bisa segitu juga soalnya.
Ganti gelondongan refubished bisa segitu juga soalnya.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 110
- Joined: Sun Jul 21, 2013 0:13
Re: biaya max untuk transmisi automatic
Ada saudara yg beminat ganti mobil ke automatic mobil second tp budgetnya untuk mobil buatan th 1995 / 1996 . Dia gak ngerti soal matic, jadi sialnya klo beli bekas trus maticnya rusak, kira kira brapa biayanya. Contoh dia minat BMW E36 yg 320i atau C class yg C200 atau Gread Corolla.
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: biaya max untuk transmisi automatic
Bisa survey ke Ricardo matic dan bengkel2 spesialis matic
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7650
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: biaya max untuk transmisi automatic
Jangan ke ricardo matic krn ricky ...bgt nama panggilan dia sdh bankrupt ...bengkel nya yg di PLN belakang modernland sdh di tutup n tanah nya dijual u harta gono gjni dg bekas istrinya ...n dia trus pindah ke dekat perumahan poris n trus pindah lagi skrg ke depan penjara anak anak ...masih di tangerang jugaTurboman wrote:Bisa survey ke Ricardo matic dan bengkel2 spesialis matic
Saat sy kirim mobil k sana bbrp bln lalu (anak sy yg bawa) bgt byk debt collector di depan ...
Coba ke wani matic yg bekas murit dia (most recommended) di cileduk atau coba datangi ricky ...siapa tau dia berubah baik lagi skalian memuaskan rasa penasaran ha ha ha
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: biaya max untuk transmisi automatic
Thx for d update om NR
Wah gila juga ya ampe begitu, padahal dulu cust mrk mayan banyak
Wah gila juga ya ampe begitu, padahal dulu cust mrk mayan banyak
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7650
- Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22
Re: biaya max untuk transmisi automatic
Skrg dia juga buka ECU repair ...kong sie dgn captain nurdin dari dinas penerbangan ad ...kalo ada yg complaint atau ada debts datang n tagih ...capt nurdin yg kurus itu yg maju ...pak haji ricky akan sembunyi di warung terdekat ...sy ngeri liat perubahan behavior dia skrgTurboman wrote:Thx for d update om NR
Wah gila juga ya ampe begitu, padahal dulu cust mrk mayan banyak
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: biaya max untuk transmisi automatic
matic seken kalau salah beli bisa serem.... dulu temen di klub atoz, ada beberapa yg harus ganti segelundung gearbox maticnya. utk mobil sekecil itu kena 15jtan. ga kebayang deh kalu eropa punya.... sama atau lebih parah yaa....
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 304
- Joined: Sun Dec 30, 2012 12:48
Re: biaya max untuk transmisi automatic
gini aja deh om kalo mau beli mobil matic kalo bisa pas pagi2 dan mesin mobil belum dipanasin sama ownernya trus dicoba dari P langsung D kalo delay lama tidak langsung gerak berarti maticnya ada masalah
saya habis OH matic buat ganti seal yg sudah getas,ganti ATF,ganti oli mesin,scan ecu,dll habis 5juta
saya habis OH matic buat ganti seal yg sudah getas,ganti ATF,ganti oli mesin,scan ecu,dll habis 5juta
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 110
- Joined: Sun Jul 21, 2013 0:13
Re: biaya max untuk transmisi automatic
Thank ya untuk infonya. Matic eropa lebih siip dari jepun.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 110
- Joined: Sun Jul 21, 2013 0:13
Re: biaya max untuk transmisi automatic
Thank untuk infonya.
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: biaya max untuk transmisi automatic
Bukannya mobil Eropa banyak yg pake matic unit buatan Aisin Warner yaawasito wrote:Thank ya untuk infonya. Matic eropa lebih siip dari jepun.
Coba cek :
- Volvo
- Saab
- Sebagian VW/Audi/ Porsche
- Peugeot
Maticnya buatan mana tuh
Bahkan Mechatronicnya VW ada yg buatan JatCo
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: biaya max untuk transmisi automatic
Pug setau saya langganan pakai ZFwasito wrote:Mohon bantuan untuk biaya perbaikan mobil bertrasmisi AUTOMATIC untuk mobil pembuatan tahun 1995 baik yg buatan eropa (BMW, MERCY, PEGEOUT) atau Jepang (TOYOTA, HONDA ACCORD CIELO) dll. Kira kira klo rusaknya parah dan harus diregenerasi baru, brapa biayanya. Contoh BMW 320, MERCY C200,, PUG406, TOYOTA GREAT COROLLA.
Saya pengalaman 3x overhaul berat (turun gearbox, ganti kampas dan beberapa part internal)
Peugeot 405 STi pakai gearbox ZF 4HP-14
Rencana waktu itu cuma ganti kampas dan ngerasa pindah gigi 3 ke 4 kasar.
Kalau beli segelondong utuh copotan, harga kisaran 6juta belum termasuk ongkos pasang. Dan itu ngga jaminan jangka panjang, secara garansi cuma 1-3 bulan.
Pengalaman yg pakai ganti ungkul, banyak yg bermasalah juga.
Harga 1 set (kit) kampas baru, Rp. 3.500.000,- (barang genuine merk ZF)
Ongkos kerja, Rp. 2 juta.
Setelah gearbox turun, dibedah...ternyata banyak parts yg harus diremajakan. Diantaranya Brake band, Planetary Gear, Rockles dan bearing.
Semua barang tanpa disangka, tersedia dengan mudah di toko parts spesialis di Surabaya.
Untuk yg slow moving (Planetary Gear dll...) ternyata banyak tersedia kampakan/compotannya.
Total belanja parts dan oli Rp. 6 juta + ongkos Rp 2 juta = Rp. 8 juta
Sedikit lebih mahal dibanding beli segelondong copotan, tapi hasil lebih pasti karena beberapa parts di remajakan.
Peugeot 406, saya belum pernah eksperimen bongkar/overhaul. Tapi kalau bengkelnya spesialis Peugeot atau biasa bongkar gearbox ZF, mestinya familiar.. Oya, gearbox-nya 406 D8 pakai ZF 4HP-20
Peugeot 405 STi (ZF 4HP-14) masih pakai matic hydraulic solenoid/konvensional. Alias masih tarik kabel.
Pengalaman berikutnya, bongkar matic nya odyssey RA 2002. Saya lupa gearbox nya tipe apa, yang jelas buatan Honda sendiri...
Nah ini yang benar-benar menguras kantong dan perjuangan

Spare parts-nya mahal-mahal..., saya lupa detailnya. Yang lupa-lupa ingat:
- kampas +/- sekitar 6 atau 8 juta
- packing sekitar 1.5 juta
- filter sekitar 800 ribu
- lupa....
Total biaya perkiraan Rp. 15-18jutaan
Accord yang seumuran, kalau ngga salah mesin+gearbox nya sama dgn Odyssey, jadi potensi kerusakan dan biayanya mungkin 11-12
Matic odyssey sudah electric-hydraulic, full kontrol TCU/ECU tanpa kabel, dan sudah pakai model manual (Shift-tronic)
Yang terakhir, Panther LS (kapsul), lupa tahun berapa.
Hanya ganti kopling (odo 370ribuan) dan brake band saja. Total biaya sekitar Rp. 8 jutaan. Ngga beda jauh sama Peugeot yang ganti parts nya lebih banyak

Matic-nya panther juga masih sama dgn Pug 405, matic kuno yg masih pakai kabel nyambung ke pedal gas
Yang bilang onderdil panther murmer semua, silakan di cek harga parts matic-nya

Jadi...ngga selalu perbaikan mobil eropa (terutama yg umum dan tahun tua) lebih mahal dari mobil Jepang
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 215
- Joined: Mon Oct 29, 2012 4:39
Re: biaya max untuk transmisi automatic
wah BMW E39 saya pakai ZF 5HP,, mahal banget ga yah part-nya ?
sampe hari ini sih matic-nya lancar-lancar aja,,,
kira-kira, kalo nanti udah mau minta "jajan" ada tanda2nya kan yah? nggak tau2 langsung ngambek mendadak ?
sampe hari ini sih matic-nya lancar-lancar aja,,,
kira-kira, kalo nanti udah mau minta "jajan" ada tanda2nya kan yah? nggak tau2 langsung ngambek mendadak ?
2011 BMW 520d
2011 BMW X5 35i
2012 Audi Q3 2.0 quattro
2011 BMW X5 35i
2012 Audi Q3 2.0 quattro
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: biaya max untuk transmisi automatic
Mendingan mulai survey ke bengkel2, toko onderdil atau sekalian ke BeRes pak
Meski sama2 ZF, kalau beda seri apalagi beda merk mobilnya, bisa jadi harganya beda pula....
Seperti halnya mesin atau gearbox manual, mestinya sih problem di matik ada gejalanya dulu.
Beberapa yang saya masih ingat:
Di 405 STi
- pindah gigi mulai nyentak
- oli matik sering keruh/bau hangus
- gejala selip lebih sering
Di Panther
- sering gigi susah masuk, biasanya di gigi R
- lampu indikator "check trans" kadang nyala
- selip parah
Di Odyssey
- gigi sering loss, misalnya saat gigi 3 yg harusnya ke 4, malah nyeplos ke netral
- lampu check engine sering nyala
Apa lagi ya...
Meski sama2 ZF, kalau beda seri apalagi beda merk mobilnya, bisa jadi harganya beda pula....
Seperti halnya mesin atau gearbox manual, mestinya sih problem di matik ada gejalanya dulu.
Beberapa yang saya masih ingat:
Di 405 STi
- pindah gigi mulai nyentak
- oli matik sering keruh/bau hangus
- gejala selip lebih sering
Di Panther
- sering gigi susah masuk, biasanya di gigi R
- lampu indikator "check trans" kadang nyala
- selip parah
Di Odyssey
- gigi sering loss, misalnya saat gigi 3 yg harusnya ke 4, malah nyeplos ke netral
- lampu check engine sering nyala
Apa lagi ya...

si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 36
- Joined: Sun Jan 26, 2014 7:53
Re: biaya max untuk transmisi automatic
dulu pernah temen ganti matic cheeroki full dalemannya kena 19jt...
gara2 kampas koplingnya kebakar...
gara2 kampas koplingnya kebakar...

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: biaya max untuk transmisi automatic
Pernah lihat Cherokee customer yang lagi di overhaul maticn-nya di bengkel teman.bowie wrote:dulu pernah temen ganti matic cheeroki full dalemannya kena 19jt...
gara2 kampas koplingnya kebakar...
Yg punya bilang, tiba tiba matic nya sering loss
Waktu dibedah, ternyata koplingnya habis tapi bukan habis karena umur. Yang terlihat seolah-olah material friksi-nya seperti luntur/rontok.
Katanya habis flush ATF, dan mencoba merk lain dari biasanya. Kebetulan ATF yg dicoba tadi ada fungsi (additif) "anti slip/multi slip-lock up"
Jadi entah mana yg jadi penyebabnya, kopling yang jelek atau ATF nya
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1086
- Joined: Thu Oct 28, 2004 8:38
- Location: Jakarta
Re: biaya max untuk transmisi automatic
kalo beli mobil bekas lebih baik diperiksa dulu yagn detail mengenai kesehatan mobil yang dimaksud untuk dibeli.
kalo tidak mengerti bisa meminta bantuan bengkel, bisa bengkel resmi atau bengkel biasa, palingan bayar beberapa ratus ribu saja untuk general check up.
transmisi adalah barang yang tidak gampang rusak.
pengalaman piara
Mercedes Benz C200 1996 dari 1997 - 2014 90rb km.
Toyota Corolla Altis 2001 - 2012 200rb km.
keduanya tanpa masalah berarti.
kalo transmisi matic sudah kasar, waktu pindah gigi, ya mungkin olinya kotor.
tapi kalo emang mau beli dan dicoba kasar, mending jalan aja deh.
kalo transmisi aja rusak, gimana yang lain.
mending beli mobil bekas kemahalan 10 juta, daripada dapat mobil yang tidak terawat.
ongkosnya bisa lebih dari 10 juta, dan kekesalan yang ditimbulkan kadang tidak terbayar dengan uang.
kalo tidak mengerti bisa meminta bantuan bengkel, bisa bengkel resmi atau bengkel biasa, palingan bayar beberapa ratus ribu saja untuk general check up.
transmisi adalah barang yang tidak gampang rusak.
pengalaman piara
Mercedes Benz C200 1996 dari 1997 - 2014 90rb km.
Toyota Corolla Altis 2001 - 2012 200rb km.
keduanya tanpa masalah berarti.
kalo transmisi matic sudah kasar, waktu pindah gigi, ya mungkin olinya kotor.
tapi kalo emang mau beli dan dicoba kasar, mending jalan aja deh.
kalo transmisi aja rusak, gimana yang lain.
mending beli mobil bekas kemahalan 10 juta, daripada dapat mobil yang tidak terawat.
ongkosnya bisa lebih dari 10 juta, dan kekesalan yang ditimbulkan kadang tidak terbayar dengan uang.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 110
- Joined: Sun Jul 21, 2013 0:13
Re: biaya max untuk transmisi automatic
Very nice info, tapi kok blum ada yg coment BMW E36?
naksir berat ama e36 m40
naksir berat ama e36 m40
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 36
- Joined: Sun Jan 26, 2014 7:53
Re: biaya max untuk transmisi automatic
Iya om... waktu dites dengan komputer tu cherokee baik2 aja.. tapi yg punya mobil bilang perpindahan dari N ke D nyentak sekali...tidak nyaman.... sblmnya dites sama org bengkel itu mobil bisa lari sampe 180km/h dan dibilang g ada maslah... tapi setelah dibedah baru ketahuan...imsus2c wrote:Pernah lihat Cherokee customer yang lagi di overhaul maticn-nya di bengkel teman.bowie wrote:dulu pernah temen ganti matic cheeroki full dalemannya kena 19jt...
gara2 kampas koplingnya kebakar...
Yg punya bilang, tiba tiba matic nya sering loss
Waktu dibedah, ternyata koplingnya habis tapi bukan habis karena umur. Yang terlihat seolah-olah material friksi-nya seperti luntur/rontok.
Katanya habis flush ATF, dan mencoba merk lain dari biasanya. Kebetulan ATF yg dicoba tadi ada fungsi (additif) "anti slip/multi slip-lock up"
Jadi entah mana yg jadi penyebabnya, kopling yang jelek atau ATF nya
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: biaya max untuk transmisi automatic
Sekalian update..., mumpung ada beberapa yang ingat terutama untuk kasus rontoknya matic Odyssey RAimsus2c wrote:Pengalaman berikutnya, bongkar matic nya odyssey RA 2002. Saya lupa gearbox nya tipe apa, yang jelas buatan Honda sendiri...wasito wrote:Mohon bantuan untuk biaya perbaikan mobil bertrasmisi AUTOMATIC untuk mobil pembuatan tahun 1995 baik yg buatan eropa (BMW, MERCY, PEGEOUT) atau Jepang (TOYOTA, HONDA ACCORD CIELO) dll. Kira kira klo rusaknya parah dan harus diregenerasi baru, brapa biayanya. Contoh BMW 320, MERCY C200,, PUG406, TOYOTA GREAT COROLLA.
Nah ini yang benar-benar menguras kantong dan perjuangan![]()
Spare parts-nya mahal-mahal..., saya lupa detailnya. Yang lupa-lupa ingat:
- kampas +/- sekitar 6 atau 8 juta
- packing sekitar 1.5 juta
- filter sekitar 800 ribu
- lupa....
Total biaya perkiraan Rp. 15-18jutaan
Accord yang seumuran, kalau ngga salah mesin+gearbox nya sama dgn Odyssey, jadi potensi kerusakan dan biayanya mungkin 11-12
Matic odyssey sudah electric-hydraulic, full kontrol TCU/ECU tanpa kabel, dan sudah pakai model manual (Shift-tronic)
Selain beberapa gigi/mata kopling yang rompal, setelah diganti koplingnya dan naik gerabox-nya, dicoba beberapa kali ternyata masih ngga enak.
Gejala loss (terutama saat kondisi mesin/matic panas), masih sering terjadi.
Akhirnya dibawa ke bengkel lain utk cari pembanding.
Gearbox turun lagi, bedah lagi. Kopling ternyata masih ada yg kurang bagus. Ganti...
Naik gearbox, masih ngga enak juga.
Lagi2 gearbox diturunkan, dibedah total dan diteliti partsnya satu per satu.
Ternyata di antara puluhan komponen gearbox tadi, di bagian Actuator Housing, di hub as-nya ada luka baret sangat halus.
Kata yg punya bengkel, ini penyebab matic nya sering nge-loss.
Ya kira2 kalau di mesin kasusnya mirip bocor kompresi
Cari di toko spare parts Honda, ngga jual komponen kayak gitu...mesti beli segelondong utuh

Bawa ke bengkel bubut (Tjokro dan lainnya), ngga ada yg berani setelah melihat kondisi bahan, ukuran, kepresisian dan pemakaian.
Akhirnya sabar hunting junkyard. Nemu juga, meski harus diperbaiki dikit2.
Pada akhirnya, salut sama bengkel yg di pelosok daerah ini, tepatnya di pinggiran kota Jombang. Nemu juga penyakit dan solusinya

Actuator Housing Matic Odyssey RA
Bagian yang baret halus dan bermasalah
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 90
- Joined: Fri Nov 05, 2010 23:54
Re: biaya max untuk transmisi automatic
Ada yang punya pengalaman bengkel matic hs di daerah kepu kemayoran. Apakah pekerjaannya teliti dan bagus.
Kebetulann matic ane kalo pagi hari langsung ke R, lalu di pindah ke D tidak bisa langsung jalan, harus nunggu sekitar 30 detik baru bisa jalan. Tapi anehnya hanya kadang2 saat mesin dingin atau diam dalam waktu lama.
Kalo sudah jalan 2 menit aja semuanya sudah normal kembali baik Ke R atau ke D.
Kemarin sudah coba kuras oli matic, ganti strain assy, sempat normal... Tapi beberapa lama, kumat lagi.
Kenapa ya?? Dengar2 bengkel r*cardo lagi ada masalah, dan bengkel matic lainnya di daerah tangerang, terlalu jauh. Makanya tanya bengkel HS di kepu. Sorry ngetiknya lewat ipad
Kebetulann matic ane kalo pagi hari langsung ke R, lalu di pindah ke D tidak bisa langsung jalan, harus nunggu sekitar 30 detik baru bisa jalan. Tapi anehnya hanya kadang2 saat mesin dingin atau diam dalam waktu lama.
Kalo sudah jalan 2 menit aja semuanya sudah normal kembali baik Ke R atau ke D.
Kemarin sudah coba kuras oli matic, ganti strain assy, sempat normal... Tapi beberapa lama, kumat lagi.
Kenapa ya?? Dengar2 bengkel r*cardo lagi ada masalah, dan bengkel matic lainnya di daerah tangerang, terlalu jauh. Makanya tanya bengkel HS di kepu. Sorry ngetiknya lewat ipad
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 215
- Joined: Mon Oct 29, 2012 4:39
Re: biaya max untuk transmisi automatic
denger2 di cibubur ada bengkel matic, namanya Ladam, cp: tony sakri
di komunitas BMW sih, terkenal OK
di komunitas BMW sih, terkenal OK
2011 BMW 520d
2011 BMW X5 35i
2012 Audi Q3 2.0 quattro
2011 BMW X5 35i
2012 Audi Q3 2.0 quattro
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: biaya max untuk transmisi automatic
Mobilnya apa ya pak?sanfip77 wrote:Ada yang punya pengalaman bengkel matic hs di daerah kepu kemayoran. Apakah pekerjaannya teliti dan bagus.
Kebetulann matic ane kalo pagi hari langsung ke R, lalu di pindah ke D tidak bisa langsung jalan, harus nunggu sekitar 30 detik baru bisa jalan. Tapi anehnya hanya kadang2 saat mesin dingin atau diam dalam waktu lama.
Kalo sudah jalan 2 menit aja semuanya sudah normal kembali baik Ke R atau ke D.
Kemarin sudah coba kuras oli matic, ganti strain assy, sempat normal... Tapi beberapa lama, kumat lagi.
Kenapa ya?? Dengar2 bengkel r*cardo lagi ada masalah, dan bengkel matic lainnya di daerah tangerang, terlalu jauh. Makanya tanya bengkel HS di kepu. Sorry ngetiknya lewat ipad
Kalau tahun muda (>2000an) dan sudah pakai matic yg sudah full elektronik (ECU/TCU), mestinya sih bisa di-scan (diagnosa) dulu.
Beda dengan matik jadul yg masih mengandalkan solenoid konvensional, kalau itu bener-bener butuh montir yg telaten ngurut cari permasalahannya.
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking