
Udh lama ga bikin review nih, skrg ane mau mereview mobil ane yg sudah dijual pada 2013 Mei lalu, yaitu Honda City VTEC A/T 2005 ...

Monggo dibaca, & mohon maaf kalo ada kesalahan dalam pengetikan/informasi...

=======

Mobil yang berkode bodi GD8 ini, adalah City generasi ke 3. Berbagi sasis dengaan Jazz GD3, membuat tampilan & rasa berkendara dari mobil ini sangat mirip dgn saudara hatchbacknya...
Diluncurkan di Indonesia pertamakali pada 2003, HPM hanya mengeluarkan Varian IDSI saja, dengan pilihan transmisi A/T dan M/T.
Varian VTEC yang ane review ini, baru diluncurkan pada 2004, dengan transmisi A/T dan M/T. Varian IDSI juga mendapat penyegaran di sektor interior dan fitur keselamatan...
Varian IDSI dibuat sbg mobil yang efisien, karna torsi sudah mencapai puncak pada RPM rendah, sedangkan VTEC dibuat sbg mobil yang kencang, dengan tenaga & torsi puncak ada di bagian atas...
Mobil ini dibeli second, dalam kondisi yg sangat bagus..
KM hanya 16.000 dgn service record lengkap, kondisi super mulus spt baru, pada saat dibeli tahun 2012 April...
Jd benar2 tidak ada PR saat meminangnya...

Pada Mei 2013, mobil ini dijual di KM 42.000, dalam kondisi masih sangat baik mesin & interiornya, hanya minus di cat yg agak butek krn kejemur & ga pernah disalon...

Jd sudah terpakai sebanyak 36rb km dalam setahun 1 bulan...

===

Bagian depan... terlihat pesek seperti hatch, & sangat tidak mencerminkan sebuah sedan...


Bagian samping... juga aneh, dengan depan yang pesek & belakang yang terlihat lebih panjang drpd depan... Seperti...
Kecebong?

Namun, spion model "kuping alien" sangat trendy di masanya...


Bagian belakang... Masih mending lah drpd depan & samping, cukup manis dilihat walaupun yg FL version lebih cakep...
Ban asli menggunakan Bridgestone Potenza 185/55/R15...
====

Interior didominasi warna beige, dengan campuran abu2 gelap...
Dengan pemilihan warna yg tepat dan terdapat woodpanel faux spt ini, model interior terasa mewah, jauh dibandingkan Vios...

Bahan full hard plastic, namun dgn bahan & gap yg cukup baik, & jauh lebih baik dibandingkan.... Vios

Oiya, doortrim terbuat dari hard plastic, dan dilapisi beludru, serta wood panel pada sandaran tangan...
Kekedapan kabin biasa saja, saat hujan terdengar orkestra dari atap yg sudah menjadi ciri khas honda, & road noise cukup berisik...

Di panel tengah, terdapat HU JVC double-din yang mudah penggunaannya, dan tombol2 AC yg solid, tidak ringkih...

Setir berukuran pas, namun dengan bahan plastik yg jelek, membuat tangan gerah & tidak enak dipegang...

Tombol 7speed mode nya mudah dioperasikan, & terdapat di 2 bagian (kanan & kiri)...

Instrumen sederhana & mudah dibaca...
Hanya saja tanpa indikator suhu mesin, rasanya kok agak gmn gitu...


Legroom depan cukup lah, tidak terlalu luas buat ane yg 183cm...
Jok depan berbahan fabric yang kurang halus & panas...

Kontur jok pun kurang mendekap tubuh, ditambah busanya yang keras, membuat punggung & pinggang sakit setelah mengemudi/menumpang selama >1 jam...



Legroom belakang luas dibandingkan vios, namun blm bisa untuk selonjoran dgn nyaman...
Headroom, kepala ane mentok plafon jika duduk tegak... (tinggi 183cm)
Jok belakang sangat tidak nyaman, sama saja spt yang didepan, apalagi jok blkg ini lebih tipis...

AC dingin, namun saat siang di kemacetan Jakarta...
Dinginnya kurang, penumpang belakang seringkali mengeluh kepanasan...

Kualitas audio, lebih baik dibanding vios

Bass cukup baik, treble lumayan, apalagi jika dipasang tweeter...
Namun penempatan speaker belakang yg persis dibelakang kepala penumpang, membuat suaranya terdengar aneh saat duduk di belakang...


Bagasi sangat luas, apalagi jika jok baris kedua dilipat, bisa gelar selimut lalu tiduran


====

Mesin menggunakan L15A, dengan tenaga 110hp @ 5800rpm dan torsi 143Nm @ 4800rpm...
Pada saat menyalakan mesin, terdengar suara starter yang sangat cempreng...

Idle mesin halus & senyap, bahkan camry 2.4G 2002 aja kalah senyap ama si city

Engage transmisi ke D, dan pada saat digas, barulah suara mesin sedikit terdengar...
Tenaga mobil ini masih enak untuk stop & go, sekali pedal gas disentuh, mobil langsung loncat

Shifting tidak berasa, berkat transmisi CVT yang sangat halus...
Namun, ketika kickdown, RPM malas naik, & tenaga tidak keluar sempurna...
Thanks to CVT

Saat mode 7speed diaktifkan, kickdown menjadi lebih enak & tenaga lebih keluar...
But... transmisi langsung menaikkan "gear" ke posisi yg lebih tinggi saat RPM 5000-an, yg tentunya belum mencapai tenaga maksimal...

And thanks to CVT (again)

Suara mesin biasa saja, tdk merangsang untuk ngebut...

Stir sangat ringan, namun feedback stir 0, serasa terpisah dari jalan...

Saat kecepatan tinggi berasa terlalu ringan, bikin ga PD buat ngebut...
Stabilitas mobil biasa saja, malah sudah ngga enak lagi di speed >110...
Ditambah bantingan yang kuerasss, menyiksa penumpang saat melewati jalan jelek...
Mungkin shock std showa yg karakternya keras & suspensi blkg torsion beam yg menyumbang semua ini...
Visibilitas biasa saja, apalagi bagian moncong ga keliatan dr dalem... Jd seperti hatchback

Ditambah lagi posisi mengemudi yg tinggi krn posisi tangki bensin dibawah jok, tambah spt hatchback

Namun, berkat rem full cakram 4 roda, pengereman mobil ini sangat pakem, bahkan saat pedalnya diinjak sedikit saja, barang2 dibelakang langsung kelempar sampe depan

Berbanding terbalik dgn IDSI yang sangat halus, saking halusnya sampai ngga berenti2...

Konsumsi BBM tidak terlalu irit untuk kelasnya, walaupun buat ane sdh sangat irit

Berkisar 1:10 untuk rute dalkot campur toll Cibubur-Klp Gading PP, kondisi macet-lancar 65:35...
Kl dominasi cruising di toll, bisa dapat 1:15 plg irit...
Metode ukur yg digunakan full-to-full, bensin yg digunakan full premium tanpa aditif, dan tidak ada ngelitik...

====
Fitur mobil ini termasuk lengkap, spt :
-Rem cakram 4 roda dengan ABS EBD & BA (City 2014 aja blkgnya teromol

-Dual SRS Airbag
-HU double-din JVC with cassete & CD playback, & port AUX
-4 speaker
-Powerwindow anti kejepit
-Ultraseat di jok belakang (bisa dilipat kebawah untuk memperluas bagasi, dan bisa dilipat keatas jika butuh untuk angkut barang tinggi spt tanaman/kardus)
-dsb yg ane lupa sebutkan...
Sedangkan varian IDSI dikurangi di:
-Rem belakang teromol
-Velg 14"
-dsb yg ane lupa jg...
====
Selama 34rb KM bersama ane, penggantian parts yang dilakukan :
-Ganti oli AT CVT-F 2x, tiap 15rb sekali
-Ganti oli mesin 10w-40 4x
-Ganti aki 1x saat km 40.000
-Ganti ban saat KM 25.000, bannya retak2 krn sudah lewat umur pakainya dr 2005, pdhl kembangan msh 60-70%
-Ganti busi saat ganti oli ke-2
-Ganti filter oli setiap 2x ganti oli
Mogok cuma sekali, saat aki tekor di yoshinoya cibubur...

Sudah itu saja, sisanya tdk ada masalah, & tidak ada parts slow moving yg perlu diganti

====
Overall, mobil ini sangat cocok untuk ibu2 yg nganter-jemput anaknya...

Model ibu2 banget, transmisi halus, bagasi luas, mudah dikemudikan, irit bensin, & kabin lega...

Kl buat anak muda, lebih baik pake jazz GD3...
Model msh cakep, ga kyk GD8 ini yg susah bgt cara bikin cakepnya

Selain itu, GD3 lebih lincah buat meliuk2...
Poin yang paling menggangu di GD8, adalah joknya yg sangat tdk ergonomis...
Untuk perjalanan dalkot aja sdh ga enak, apalagi buat lukot... Sangat tdk direkomendasikan

++++

-Mesin jauh lbh kencang dibanding sedan sekelasnya, namun cukup irit
-Kabin & bagasi luas
-Interior mewah dgn bahan yg cukup baik
-Suara audio cukup bagus
-Setir ringan
-Transmisi CVT yang halus & cocok untuk berkendara santai
-RV sampai skrg masih stabil
----

-Model nggak enak diliat & susah dibuat cakep, kecuali buat ibu2 yg kebanyakan demen bgt ini mobil

-Posisi mengemudi terlalu tinggi
-Suara mesin kurang menggugah
-Tidak ada indikator suhu pada instrumen cluster
-Isu transmisi CVT yang krg reliable (biasanya krn salah ganti oli AT-F, seharusnya menggunakan CVT-F)
-Jok parah
-Jok parah
-Jok parah bgt

======
Makasih udh baca review ane, maaf kl belepotan
