Merk Ban Apa Yg Paling Bagus
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 143
- Joined: Fri May 23, 2003 7:48
- Location: jakarta nih..diatas motor
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9595
- Joined: Thu May 15, 2003 16:12
- Location: Indonesia
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 746
- Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
- Location: Jakarta Indonesia
ah masak sih????y_anjasrana wrote:
Track utk F1 tidak bisa dibilang mulus. Itu karena kita melihat dari tivi. Aspalnya memang beda, tapi soal bersih atau kotor bisa dibilang lebih bersih jalan umum. Karena kalau jarang dipakai maka akan penuh dengan debu. Memangnya ada yg nyapu? Makanya mobil balap butuh downforce ekstra gede, biar gak kepleset.
bukanya ada kendaran pembersih landasan? selain meyapu kotoran juga memvakum debu di pori2 aspal,contohnya landasan pesawat ,walau tiap hari dipakai kan sering divakum biar bersih,kalo enggak mesin2 pesawat itu bisa jebol turbinenya karena sering2 menyedot debu dari landasan..
aneh juga kalo balap dunia mobil motor gak mengaplikasikanya
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Bisa jadi dibersihin seperti itu, tapi kan proses pembersihan seperti itu memakan waktu lama juga. Sedangkan pada saat balapan, bisa sehari penuh. Otomatis bila kemarinnya dibersihkan, maka pada hari balapannya, track akan kotor kembali, karena dari pagi sudah dipakai utk latihan.
Apalagi utk balapan yg menampilkan beberapa kelas. Satu track digilir oleh berbagai mobil. Otomatis banyak serpihan karet-karet ban dari roda mobil balap bercampur dengan debu yg turun disamping pasir dari gravel yg mungkin sekali terbawa ban mobil ketika masuk gravel.
Akan tetapi semuanya relatif tergantung dari sirkuitnya juga. Laguna Seca salah satu contoh sirkuit yg terkenal berdebu, karena di samping kiri kanan pasir melulu....
Apalagi utk balapan yg menampilkan beberapa kelas. Satu track digilir oleh berbagai mobil. Otomatis banyak serpihan karet-karet ban dari roda mobil balap bercampur dengan debu yg turun disamping pasir dari gravel yg mungkin sekali terbawa ban mobil ketika masuk gravel.
Akan tetapi semuanya relatif tergantung dari sirkuitnya juga. Laguna Seca salah satu contoh sirkuit yg terkenal berdebu, karena di samping kiri kanan pasir melulu....
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1640
- Joined: Tue Feb 18, 2003 7:38
- Location: Naik Turun Diatas Tungganganku
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Plus tergantung kondisi alam sirkuitnya juga. Kalu macem sirkuit di Eropa mungkin gak begitu banyak debu. Soalnya udaranya relatif bersih dan kebanyakan di dataran tinggi. Kalau seperti Laguna seca, biar udah dibersihin tetep aja kena angin dikit pasir dari kiri kanan sirkuit bakal masuk ke track.
Makanya ada istilah jalur bersih dan jalur kotor. Biasanya istilah ini utk posisi track. Pembalap yg dapet posisi di jalur bersih biasanya akan start lebih lancar dibanding pembalap di jalur kotor. Jalur yg bersih itu adalah jalur yg biasa dilalui pembalap. (biasa disebut racing line)
Makanya ada istilah jalur bersih dan jalur kotor. Biasanya istilah ini utk posisi track. Pembalap yg dapet posisi di jalur bersih biasanya akan start lebih lancar dibanding pembalap di jalur kotor. Jalur yg bersih itu adalah jalur yg biasa dilalui pembalap. (biasa disebut racing line)
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 411
- Joined: Tue Mar 04, 2003 3:29
- Location: Jakarta
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 143
- Joined: Fri May 23, 2003 7:48
- Location: jakarta nih..diatas motor
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1640
- Joined: Tue Feb 18, 2003 7:38
- Location: Naik Turun Diatas Tungganganku
maklum untuk balapan track kudu bersih sama kasusunya kaya di F1 aja safety car yg nongol ampe sirkuit bersih kembali
1991 4T Honda CG 125
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R
1994 2T Vespa VX 150 Super
1996 2T Yamaha RXZ 135
1998 2T Honda NSR 150R
2000 2T Yamaha RX King 135
2002 4T Suzuki New Shogun 110R
2005 4T Suzuki ShogunSP 125R
2008 4T Minerva 150R
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 173
- Joined: Sun Jun 22, 2003 4:10
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 208
- Joined: Fri Jul 18, 2003 15:48
- Location: Jakarta
saya sendiri pakai depan 80/80 belakang 90/80, buat saya sih ideal ukuran segitu dan merk ban YOKO seperti battlax kembangnya cuma harganya ga terlalu mahal skt 150-160 rb, lumayan buat pakai harian komponnya agak keras jadi awet, cuma kalu musim hujan gini ati2 soalnya licin.electrofuq wrote:
klo ukuran depan belakang yang bagus untuk bebek berapa yah ? [suzuki satria]
bagus ga kalo depan 80/90 belakang 90/90..
beserta merk bannya.. mohon jangan masukin merk seperti battlax dan kawan kawan,.
kalu mas electrofuq mau ukuran depan 80/90 belakang 90/90 jg ga masalah cuma agak tinggi sedikit aja.
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 173
- Joined: Sun Jun 22, 2003 4:10
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 257
- Joined: Tue Sep 10, 2002 1:57
- Location: Jakarta/Bandung
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 466
- Joined: Tue Aug 20, 2002 8:16
Yup betul, tambhan lagi ketika belok beban akan berpindah kebelakang. Sehingga dibutuhkan ban yang lebih lebar untuk bagian belakang.deanz wrote:Kalo anda pake untuk sendirian memang gak ngaruh, tapi kalo dipake untuk bawa beban seperti boncengan akan berpengaruh pada kenyamanan karena beban pada roda belakang akan lebih berat dibanding roda depan. Makanya roda belakang agak gedean dikit
Saya usulkan pakai MIzzle aja, komponnya lebih empuk. Tapi konsekuensinya pemakaiannya jd rada boros. Ada yang baru tipe VSX (kalo ndak salah) kembangannya bagus. Ukurannya berprofil tipis, paling besar 100/80.
Ini bukan iklan lho.........

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 80
- Joined: Sat Jul 05, 2003 16:18
- Location: Jakarta
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 208
- Joined: Fri Jul 18, 2003 15:48
- Location: Jakarta
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 411
- Joined: Tue Mar 04, 2003 3:29
- Location: Jakarta
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 309
- Joined: Wed Apr 09, 2003 3:59
- Location: Anywhere in front of you
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 411
- Joined: Tue Mar 04, 2003 3:29
- Location: Jakarta