share captiva - PART 05
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 832
- Joined: Sun May 19, 2013 10:00
Re: share captiva - PART 05
Nah ini dia...spion lipat itu nambah brp ya? Lumayan shock habis ga bisa ngelipat spion...ane cari2 gak nemu, termyata emang g ada
Masalah buka kaca belakang, apakah sering ada trouble? (Long term user share donk), karena sekilas koq ngeliatnya ringkih ya. Mau buka tutup ngeri wkwkkwkwkwk
Masalah buka kaca belakang, apakah sering ada trouble? (Long term user share donk), karena sekilas koq ngeliatnya ringkih ya. Mau buka tutup ngeri wkwkkwkwkwk
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 29
- Joined: Thu Oct 11, 2012 4:55
Electric Parking Brake Module Problem
Hi all,
Mau share pengalaman saya 2 hari lalu mengenai "Electric Parking Brake Module Problem"
Pagi hari itu seperti biasa kegiatan rutin mau berangkat kerja, terdengar suara "berderit" lebih nyaring daripada biasanya saat melepas parking brake.
Selama perjalanan sempat 2 kali menggunakan parking brake dan saat melepas kembali terdengar suara "berderit" lebih nyaring daripada biasanya, tapi masih berfungsi normal.
Sesampai ditempat kerja parkir di gedung parkir menggunakan parking brake (Padahal sudah was was akan terjadi masalah / macet, tapi lupa karena sudah terbiasa mengaktifkan parking brake)
Sore hari mau pulang, sewaktu melepas parking brake hanya terdengar suara "duk", parking brake tidak bisa lepas, dicoba kembali suara yg sama "duk" dan lampu kuning "P" berkedip terus tanda harus ke mekanik untuk pengecekan parking brake, sedangkan parking brake warna merah "P" tetap menyala.
Stress juga saat itu karena sudah hampir jam 5 sore, kebetulan saya punya no hp SA Sun Motor Kebon Jeruk, saya telp dan dijawab akan dikirim mekanik terdekat.
Masih penasaran, saya hidupkan kembali mesin, dan saya injak pedal rem, posisi transmisi saya pindah ke "N" dan saya tekan tuas parking brake ke bawah 3 kali berturut-turut dengan jedah 1 detik, lalu saya lepas rem kaki setelah 5 detik. Tanpa terdengar bunyi parking brake lepas, lampu "P" merah mati, tapi lampu "P" kuning tetap berkedip.
Saya coba pindah transmisi dari "N" ke "R", ternyata parking brake sudah lepas. Lalu saya coba pindah transmisi ke "D" untuk meyakinkan roda tidak ada yg tersangkut rem, alhasil kondisi parking brake benar-benar lepas.
Segera saya telp SA untuk membatalkan mekanik dan saya akan segera pulang dan besok pagi baru ke S.M K.J dan sementar selama parkir hanya pakai posisi "P" pada transmisi tanpa mengaktifkan parking brake.
Sampai di rumah harus buka pagar sendiri, dasar "latah" sebelum turun dari mobil saya aktifkan parking brake (walalaha....benar2 stuck lagi !!)
Akhirnya saya coba kembali procedure di atas tadi:
1. Injak pedal rem
2. Pindah posisi transmisi ke "N"
3. Tekan tuas parking brake 3x dalam selang 1 detik sambil kedengaran suara "duk" .. "duk" .. "duk" .. tunggu 5 detik saya lepas rem kaki, dan parking brake lepas sendiri tanpa terdengar bunyi servo motor seperti normalnya.
Yang pasti beneran terlepas parking brake nya seperti ada fungsi "emergency release mode" !!??
Setelah sampai di bengkel di bongkar module electric parking brake yg ada di kiri belakang (depan roda kiri belakang)
Mekanik rencana mau mencoba membersihkan sensor maupun servo motornya,
Mungkin tidak mau ambil resiko dan mobil saya baru service ke-3 3 bulan lalu, dan berlaku garansi dan ready stock module tersebut langsung diambil dan dipasang.
Masalah selesai seperti baru setelah di diagnosa via laptop mekanik.
Ref:
Captiva VCDI FL MY2011, mulai pakai Juni 2012.
Tidak pernah terendam banjir, lewat genangan air yah normal kalau di Jakarta hujan
Kesimpulan:
Module Parking Brake sangat rawan terhadap air ! Tidak "water resistant",
Kotak plastik pelindung module parking brake tidak ada rubber seal ataupun sejenis untuk melindungi air dari luar (SUV.....?)
Penampakan Module Parking Brake yg bermasalah:

Lampu kuning "P" yg berkedip tanda parking brake bermasalah:

Mau share pengalaman saya 2 hari lalu mengenai "Electric Parking Brake Module Problem"
Pagi hari itu seperti biasa kegiatan rutin mau berangkat kerja, terdengar suara "berderit" lebih nyaring daripada biasanya saat melepas parking brake.
Selama perjalanan sempat 2 kali menggunakan parking brake dan saat melepas kembali terdengar suara "berderit" lebih nyaring daripada biasanya, tapi masih berfungsi normal.
Sesampai ditempat kerja parkir di gedung parkir menggunakan parking brake (Padahal sudah was was akan terjadi masalah / macet, tapi lupa karena sudah terbiasa mengaktifkan parking brake)
Sore hari mau pulang, sewaktu melepas parking brake hanya terdengar suara "duk", parking brake tidak bisa lepas, dicoba kembali suara yg sama "duk" dan lampu kuning "P" berkedip terus tanda harus ke mekanik untuk pengecekan parking brake, sedangkan parking brake warna merah "P" tetap menyala.
Stress juga saat itu karena sudah hampir jam 5 sore, kebetulan saya punya no hp SA Sun Motor Kebon Jeruk, saya telp dan dijawab akan dikirim mekanik terdekat.
Masih penasaran, saya hidupkan kembali mesin, dan saya injak pedal rem, posisi transmisi saya pindah ke "N" dan saya tekan tuas parking brake ke bawah 3 kali berturut-turut dengan jedah 1 detik, lalu saya lepas rem kaki setelah 5 detik. Tanpa terdengar bunyi parking brake lepas, lampu "P" merah mati, tapi lampu "P" kuning tetap berkedip.
Saya coba pindah transmisi dari "N" ke "R", ternyata parking brake sudah lepas. Lalu saya coba pindah transmisi ke "D" untuk meyakinkan roda tidak ada yg tersangkut rem, alhasil kondisi parking brake benar-benar lepas.
Segera saya telp SA untuk membatalkan mekanik dan saya akan segera pulang dan besok pagi baru ke S.M K.J dan sementar selama parkir hanya pakai posisi "P" pada transmisi tanpa mengaktifkan parking brake.
Sampai di rumah harus buka pagar sendiri, dasar "latah" sebelum turun dari mobil saya aktifkan parking brake (walalaha....benar2 stuck lagi !!)

Akhirnya saya coba kembali procedure di atas tadi:
1. Injak pedal rem
2. Pindah posisi transmisi ke "N"
3. Tekan tuas parking brake 3x dalam selang 1 detik sambil kedengaran suara "duk" .. "duk" .. "duk" .. tunggu 5 detik saya lepas rem kaki, dan parking brake lepas sendiri tanpa terdengar bunyi servo motor seperti normalnya.
Yang pasti beneran terlepas parking brake nya seperti ada fungsi "emergency release mode" !!??
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
Setelah sampai di bengkel di bongkar module electric parking brake yg ada di kiri belakang (depan roda kiri belakang)
Mekanik rencana mau mencoba membersihkan sensor maupun servo motornya,
Mungkin tidak mau ambil resiko dan mobil saya baru service ke-3 3 bulan lalu, dan berlaku garansi dan ready stock module tersebut langsung diambil dan dipasang.
Masalah selesai seperti baru setelah di diagnosa via laptop mekanik.

Ref:
Captiva VCDI FL MY2011, mulai pakai Juni 2012.
Tidak pernah terendam banjir, lewat genangan air yah normal kalau di Jakarta hujan

Kesimpulan:
Module Parking Brake sangat rawan terhadap air ! Tidak "water resistant",
Kotak plastik pelindung module parking brake tidak ada rubber seal ataupun sejenis untuk melindungi air dari luar (SUV.....?)
Penampakan Module Parking Brake yg bermasalah:

Lampu kuning "P" yg berkedip tanda parking brake bermasalah:

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 42
- Joined: Thu May 16, 2013 14:44
Re: share captiva - PART 05
@yungjahja, turut prihatih om....syukurlah masih waranty yah
Ane punya diesel 2013, februari kemaren waktu musim banjir" sempet terjang banjir setinggi ban di jalan Panjang karena terpaksa, alhamdulilah gak kenapa2 sih sampe sekarang bagian elecric breaknya, dan yang menakjubkan walaupun terjang air setinggi ban, air banjir tidak ada yang masuk dalam kabin
Ane punya diesel 2013, februari kemaren waktu musim banjir" sempet terjang banjir setinggi ban di jalan Panjang karena terpaksa, alhamdulilah gak kenapa2 sih sampe sekarang bagian elecric breaknya, dan yang menakjubkan walaupun terjang air setinggi ban, air banjir tidak ada yang masuk dalam kabin
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Thu Mar 27, 2014 9:58
Re: share captiva - PART 05
Gan mau tny utk captiva diesel nih
-konsumsi bbm nya
-kalau di isi bio solar aja tanpa campur dex masalah gak ya?
-asumsi hrg service rutin di dealer(karena denger"utk filter solar nya aja captiva skitar 500 rban yah)
Gue lagi ngebet banget ni sama suv satu ini...hehehe kliatanya nyaman,kenceng..skrg gue pengguna ipah diesel gan..thanks before
-konsumsi bbm nya
-kalau di isi bio solar aja tanpa campur dex masalah gak ya?
-asumsi hrg service rutin di dealer(karena denger"utk filter solar nya aja captiva skitar 500 rban yah)
Gue lagi ngebet banget ni sama suv satu ini...hehehe kliatanya nyaman,kenceng..skrg gue pengguna ipah diesel gan..thanks before
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 32
- Joined: Wed Mar 05, 2014 0:29
Re: share captiva - PART 05
Salam Kenal para master Captiva.
Baru pake captiva fl diesel silver seminggu.
Posisi 30 % di Medan, banyaknya di lukot.
Sekilas pendapat setelah pake captiva
- Tenaga mantap, pingin bejek gas terus
- minornya ya bunyi2, seperti ada grup orkestra di mobil
Mau minta pendapat para master2 disini,
apakah pada masa inreyen, konsumsi minyak akan lebih boros ya
Baru pake captiva fl diesel silver seminggu.
Posisi 30 % di Medan, banyaknya di lukot.
Sekilas pendapat setelah pake captiva
- Tenaga mantap, pingin bejek gas terus
- minornya ya bunyi2, seperti ada grup orkestra di mobil

Mau minta pendapat para master2 disini,
apakah pada masa inreyen, konsumsi minyak akan lebih boros ya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 595
- Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34
Re: share captiva - PART 05
Biasanya lebih boros bro karena clearence rotating partnya masih sangat rapat, sehingga tarikan akan terasa lebih berat dibanding yg sdh jalan > 1000 km.autojohn wrote:Salam Kenal para master Captiva.
Baru pake captiva fl diesel silver seminggu.
Posisi 30 % di Medan, banyaknya di lukot.
Sekilas pendapat setelah pake captiva
- Tenaga mantap, pingin bejek gas terus
- minornya ya bunyi2, seperti ada grup orkestra di mobil![]()
Mau minta pendapat para master2 disini,
apakah pada masa inreyen, konsumsi minyak akan lebih boros ya
Kalau suka ngebut bisa dipasang throttle controller+piggy back bro biar tarikan tambah mantab kalau di motor berasa seperti RX King (gas kontan), enak buat nyelip. Piggy P&P 2 jutaan, thottle module 1.5 jt bisa pasang sendiri.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 32
- Joined: Wed Mar 05, 2014 0:29
Re: share captiva - PART 05
waduh, diracunin terusDeasegara wrote:Biasanya lebih boros bro karena clearence rotating partnya masih sangat rapat, sehingga tarikan akan terasa lebih berat dibanding yg sdh jalan > 1000 km.autojohn wrote:Salam Kenal para master Captiva.
Baru pake captiva fl diesel silver seminggu.
Posisi 30 % di Medan, banyaknya di lukot.
Sekilas pendapat setelah pake captiva
- Tenaga mantap, pingin bejek gas terus
- minornya ya bunyi2, seperti ada grup orkestra di mobil![]()
Mau minta pendapat para master2 disini,
apakah pada masa inreyen, konsumsi minyak akan lebih boros ya
Kalau suka ngebut bisa dipasang throttle controller+piggy back bro biar tarikan tambah mantab kalau di motor berasa seperti RX King (gas kontan), enak buat nyelip. Piggy P&P 2 jutaan, thottle module 1.5 jt bisa pasang sendiri.

kalo pasang piggy p&P apa garansi nya gak hangus??
kayaknya nunggu lewat inreyen dulu deh, kalo jadi pasang pun bisa terasa bedanya.
Yg pake ctv di medan siapa2 aja ya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 595
- Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34
Re: share captiva - PART 05
Ada beberapa beres yg malah nawarin untuk pemasangan piggyback, teknisinya ada yg jg jualan. Kalau takut waktu mau service ke beres tinggal cabut aja tdk ada jejak, selesai service pasang lagi tinggal colok mirip socket PC/lap top. Yah betul sebaiknya tunggu setelah 1000 km bro. Gak perlu piggy yg mahal bro, standard ctv dah kuenceng.autojohn wrote:waduh, diracunin terusDeasegara wrote:Biasanya lebih boros bro karena clearence rotating partnya masih sangat rapat, sehingga tarikan akan terasa lebih berat dibanding yg sdh jalan > 1000 km.autojohn wrote:Salam Kenal para master Captiva.
Baru pake captiva fl diesel silver seminggu.
Posisi 30 % di Medan, banyaknya di lukot.
Sekilas pendapat setelah pake captiva
- Tenaga mantap, pingin bejek gas terus
- minornya ya bunyi2, seperti ada grup orkestra di mobil![]()
Mau minta pendapat para master2 disini,
apakah pada masa inreyen, konsumsi minyak akan lebih boros ya
Kalau suka ngebut bisa dipasang throttle controller+piggy back bro biar tarikan tambah mantab kalau di motor berasa seperti RX King (gas kontan), enak buat nyelip. Piggy P&P 2 jutaan, thottle module 1.5 jt bisa pasang sendiri.(just kidding)
kalo pasang piggy p&P apa garansi nya gak hangus??
kayaknya nunggu lewat inreyen dulu deh, kalo jadi pasang pun bisa terasa bedanya.
Yg pake ctv di medan siapa2 aja ya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 977
- Joined: Fri Sep 01, 2006 17:51
- Location: sby
Re: share captiva - PART 05
@om deasegara
Om, uda pakai oli 2t buat campuran solar selama berapa kilometer? Rencana saya mau coba pakai juga.
Thanks infonya
Om, uda pakai oli 2t buat campuran solar selama berapa kilometer? Rencana saya mau coba pakai juga.
Thanks infonya
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 595
- Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34
Re: share captiva - PART 05
Sudah > 6 rb km, usahakan pake yg JASO FD (Motul 2T 510) dosis secukupnya aja 1:200. Beli di toko oli aja lebih murah, di ace hardware naik 148 rb, diluar bisa dapat 80-100 rb/liter.Good_boy86 wrote:@om deasegara
Om, uda pakai oli 2t buat campuran solar selama berapa kilometer? Rencana saya mau coba pakai juga.
Thanks infonya
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 32
- Joined: Wed Mar 05, 2014 0:29
Re: share captiva - PART 05
pernah nanya masalah piggyback plug n play ama mekanik beres. katanya akan ketahuan juga bila melihat hystory dari ecu. apakah benar?Deasegara wrote:
Ada beberapa beres yg malah nawarin untuk pemasangan piggyback, teknisinya ada yg jg jualan. Kalau takut waktu mau service ke beres tinggal cabut aja tdk ada jejak, selesai service pasang lagi tinggal colok mirip socket PC/lap top. Yah betul sebaiknya tunggu setelah 1000 km bro. Gak perlu piggy yg mahal bro, standard ctv dah kuenceng.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 32
- Joined: Wed Mar 05, 2014 0:29
Re: share captiva - PART 05
@om deasegaraDeasegara wrote:Sudah > 6 rb km, usahakan pake yg JASO FD (Motul 2T 510) dosis secukupnya aja 1:200. Beli di toko oli aja lebih murah, di ace hardware naik 148 rb, diluar bisa dapat 80-100 rb/liter.Good_boy86 wrote:@om deasegara
Om, uda pakai oli 2t buat campuran solar selama berapa kilometer? Rencana saya mau coba pakai juga.
Thanks infonya
apakah ctv diesel fl ada dpf nya?
kalo lihat ini http://www.4x4community.co.za/forum/arc ... 68220.html dan ini juga http://www.freel2.com/forum/topic878-780.html
(post dr discogeorge)
yg jaso fd gak bagus utk dpf
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 595
- Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34
Re: share captiva - PART 05
Untuk CTV FL yg masuk sini gak tahu ada DPF nya atau gak. Untuk JASO FD lebih banyak detergentnya. Sepertinya yg lebih cocok FC ya, juga lebih murah kalau baca di artikel itu.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2160
- Joined: Mon Dec 16, 2013 0:24
- Location: Indonesia
Re: share captiva - PART 05
Ngomong2 bedanya di masalah2 n reliability issue dr Captive diesel PFL n FL apa aja
kedengarannya menarik ni ama apa yg ditawarkan ama captive

kedengarannya menarik ni ama apa yg ditawarkan ama captive

Pursuit of Perfection
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 595
- Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34
Re: share captiva - PART 05
Dulu di bulan November 2011 galau antara ambil NFL or FL. Pertimbangan saya waaktu itu harus yg lebih tahan terhadap solar subsidi. Lihat spec mesin : Tekanan rail NFL : 1600 bar, FL : 1800 bar. Port injector nozzle FL lebih kecil. Saya berasumsi ini akan mudah mampet dan kurang reliable pake solar murah. Akhirnya diputuskan ambil NFL dapat last stock untuk warna putih. Sampai saat ini belum pernah ada masalah baik dimesin maupun dalam kabin. Padahal saya sering siksa mesin dan transmisinya.axala wrote:Ngomong2 bedanya di masalah2 n reliability issue dr Captive diesel PFL n FL apa aja![]()
kedengarannya menarik ni ama apa yg ditawarkan ama captive
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 32
- Joined: Wed Mar 05, 2014 0:29
Re: share captiva - PART 05
waduh, terlanjur beli motul 510.Deasegara wrote:Untuk CTV FL yg masuk sini gak tahu ada DPF nya atau gak. Untuk JASO FD lebih banyak detergentnya. Sepertinya yg lebih cocok FC ya, juga lebih murah kalau baca di artikel itu.
waktu beli belum baca ke 2 link tsb. dipake gak ya?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 595
- Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34
Re: share captiva - PART 05
Saya juga masih ada stock 1 botol bro, cuma yg NFL gak ada DPF, katalisnya juga sudah saya lepas ganti pipa plong, jadi aman. Sebetulnya untuk daya bersihnya yg paling bagus Jaso FD. Sebelum Motul saya sdh coba Castrol dan Enviro Pertamina Jaso FC. Solarnya pake subsidi or non subsidi bro. Kalau subsidi katalisnya dilepas aja. Dulu di km 30 rb saya lepas 1cm keliling sudah buntu.autojohn wrote:waduh, terlanjur beli motul 510.Deasegara wrote:Untuk CTV FL yg masuk sini gak tahu ada DPF nya atau gak. Untuk JASO FD lebih banyak detergentnya. Sepertinya yg lebih cocok FC ya, juga lebih murah kalau baca di artikel itu.
waktu beli belum baca ke 2 link tsb. dipake gak ya?
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2160
- Joined: Mon Dec 16, 2013 0:24
- Location: Indonesia
Re: share captiva - PART 05
Artinya PFL = reliableDeasegara wrote:Dulu di bulan November 2011 galau antara ambil NFL or FL. Pertimbangan saya waaktu itu harus yg lebih tahan terhadap solar subsidi. Lihat spec mesin : Tekanan rail NFL : 1600 bar, FL : 1800 bar. Port injector nozzle FL lebih kecil. Saya berasumsi ini akan mudah mampet dan kurang reliable pake solar murah. Akhirnya diputuskan ambil NFL dapat last stock untuk warna putih. Sampai saat ini belum pernah ada masalah baik dimesin maupun dalam kabin. Padahal saya sering siksa mesin dan transmisinya.axala wrote:Ngomong2 bedanya di masalah2 n reliability issue dr Captive diesel PFL n FL apa aja![]()
kedengarannya menarik ni ama apa yg ditawarkan ama captive

interiornya beige pula

Pursuit of Perfection
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 32
- Joined: Wed Mar 05, 2014 0:29
Re: share captiva - PART 05
yg ini belum terjawab,autojohn wrote:pernah nanya masalah piggyback plug n play ama mekanik beres. katanya akan ketahuan juga bila melihat hystory dari ecu. apakah benar?Deasegara wrote:
Ada beberapa beres yg malah nawarin untuk pemasangan piggyback, teknisinya ada yg jg jualan. Kalau takut waktu mau service ke beres tinggal cabut aja tdk ada jejak, selesai service pasang lagi tinggal colok mirip socket PC/lap top. Yah betul sebaiknya tunggu setelah 1000 km bro. Gak perlu piggy yg mahal bro, standard ctv dah kuenceng.

ada yg punya pendapat?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 595
- Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34
Re: share captiva - PART 05
Saya blm pernah scan setelah pasang, nanti saya minta discan kelihatan apa gak. Kalau di mobil Jepang macam innova/fortuner D4D gak ada jejak. Katanya sih kalau light tuning macam racechip gitu gak akan merusak, kenaikanya paling 20-30 %. Yang dituning kan hanya tekanan pompa injector dan sudah diuji masih dalam safety margin dari pabrik. Selama tidak ada kerusakan kan gak masalah bro.autojohn wrote:yg ini belum terjawab,autojohn wrote:pernah nanya masalah piggyback plug n play ama mekanik beres. katanya akan ketahuan juga bila melihat hystory dari ecu. apakah benar?Deasegara wrote:
Ada beberapa beres yg malah nawarin untuk pemasangan piggyback, teknisinya ada yg jg jualan. Kalau takut waktu mau service ke beres tinggal cabut aja tdk ada jejak, selesai service pasang lagi tinggal colok mirip socket PC/lap top. Yah betul sebaiknya tunggu setelah 1000 km bro. Gak perlu piggy yg mahal bro, standard ctv dah kuenceng.![]()
ada yg punya pendapat?
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: share captiva - PART 05
History dari ECU otomatis akan terhapus saat kita copot kepala aki / copot sekring ECU (see reset ECU)
Segala kode DTC akan terhapus
Segala kode DTC akan terhapus
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 595
- Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34
Re: share captiva - PART 05
Berarti aman, kalau hanya copot piggy tanpa copot sekring/battery gimana pak Turbo, apakah masih ada jejak.Turboman wrote:History dari ECU otomatis akan terhapus saat kita copot kepala aki / copot sekring ECU (see reset ECU)
Segala kode DTC akan terhapus
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 595
- Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34
Re: share captiva - PART 05
Sepertinya memang benar demikian bro...axala wrote:Artinya PFL = reliableDeasegara wrote:Dulu di bulan November 2011 galau antara ambil NFL or FL. Pertimbangan saya waaktu itu harus yg lebih tahan terhadap solar subsidi. Lihat spec mesin : Tekanan rail NFL : 1600 bar, FL : 1800 bar. Port injector nozzle FL lebih kecil. Saya berasumsi ini akan mudah mampet dan kurang reliable pake solar murah. Akhirnya diputuskan ambil NFL dapat last stock untuk warna putih. Sampai saat ini belum pernah ada masalah baik dimesin maupun dalam kabin. Padahal saya sering siksa mesin dan transmisinya.axala wrote:Ngomong2 bedanya di masalah2 n reliability issue dr Captive diesel PFL n FL apa aja![]()
kedengarannya menarik ni ama apa yg ditawarkan ama captive![]()
interiornya beige pula
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: share captiva - PART 05
Setahu saya yg namanya ECU itu hanya menyimpan data DTC alias kode error jika pernah terjadi check engineDeasegara wrote:Berarti aman, kalau hanya copot piggy tanpa copot sekring/battery gimana pak Turbo, apakah masih ada jejak.Turboman wrote:History dari ECU otomatis akan terhapus saat kita copot kepala aki / copot sekring ECU (see reset ECU)
Segala kode DTC akan terhapus
Kalau selama ini gak pernah CE, maka nggak ada yg disimpan oleh ECU
Kode DTC yg tersimpan bisa dihapus oleh Scanner OBD2 atau cabut kepala aki selama 10 menit misalnya
DTC = Diagnostic Trouble Code
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 595
- Joined: Wed Mar 16, 2011 2:34
Re: share captiva - PART 05
OK pak Turbo, thanks pencerahanya, berarti aman.Turboman wrote:Setahu saya yg namanya ECU itu hanya menyimpan data DTC alias kode error jika pernah terjadi check engineDeasegara wrote:Berarti aman, kalau hanya copot piggy tanpa copot sekring/battery gimana pak Turbo, apakah masih ada jejak.Turboman wrote:History dari ECU otomatis akan terhapus saat kita copot kepala aki / copot sekring ECU (see reset ECU)
Segala kode DTC akan terhapus
Kalau selama ini gak pernah CE, maka nggak ada yg disimpan oleh ECU
Kode DTC yg tersimpan bisa dihapus oleh Scanner OBD2 atau cabut kepala aki selama 10 menit misalnya
DTC = Diagnostic Trouble Code
Lanjut ke: share captiva - PART 06
Last edited by imsus2c on Sun Sep 07, 2014 4:29, edited 1 time in total.
Reason: split
Reason: split