
ijinkan nubie membagikan review kembali... kali ini sebuah SUV dari tanah Jepang, sebuah pabrikan yang sangat khatam dengan dunia per-offroad-an dan rally, Subaru....

SUV terbaru mereka, Subaru Forester 2.0 XT - CVT...

========================
Prologue
setelah mod kucing janjian dengan seorang salesperson kenalannya Subie di Surabaya Motor Show 2 minggu lalu, dan setelah jadwal TD yang tidak menentu.... akhirnya kami berhasil mendapatkan mobil ini...
sebenernya kami berencana TD minggu depan, apa daya, sabtu mobil mau dibawa ke Jkt and she won't come back

moot kucing berencana TD besok, tapi sebuah media udah book buat besok... jadilah hari ini dadakan di WASeM beliau mengajak ane
"Bro Chris, TD Fozzy nanti jam 4 sore yak, besok mobilnya dibook sama salah satu media lokal"
"at your service sir"
Berangkatlah kami dan tidak sengaja papasan di Mayjend Sungkono... ane melihat benda berwarna hitam yang terlalu besar untuk disebut R3 padahal identik




yang tadinya moot kucing nyuruh ane duluan gegara doi ada urusan, akhirnya ane ngikutin moot kucing dan berenti di sebuah tempat....
dan setelah moot kucing selesai, SX-4 ane tinggalkan di tempat itu, kami meluncur ke Subie dengan ane sebagai nahkoda Kapal Induk dan Kucing sebagai Co-Driver... sambil menikmati tracklist AKB48 di kapal

Sesampainya di Subie HR Muhammad ane memarkirkan kapal, dan sudah nangkring.....
sebuah Subaru Forester 2.0 XT Putih...


Masuklah kami ke diler, moot kucing memanggil salesperson, ngobrol2 bentar sambil ane "menggerayangi" Fozzy display.... dan berangkatlah kami

================================
1. Exterior
Hmm... jujur kalo dibanding Forester gen.3 yang sangat plain dan konservatif... Forester gen.4 lebih dinamis dan banyak lekukan dramatis...

Bagian depannya... sekilas mirip tampang seekor anjing bulldog yang lagi ngamuk....

entah apa yg dipikirkan desainer Subie waktu mendesain bagian depannya... mungkin waktu pulang kantor doi dikejar-kejar bulldog sehingga sampe rumah yang dipikirkannya adalah "bulldog... bulldog... bulldog" dan langsung digambar di kertas...
banyak garis-garis dramatis yang diberikan desainer Subie pada mobil ini...
cukup kontroversial.... mengikuti bahasa desain produk-produk Subie sekarang...
yang cukup menyakitkan mata : aduh itu krom di foglamp... mbok ya ga usah dikasih... norak banget


Tampak samping... hmm.. "tabrakan"... desain depan agresif, sampingnya plain.

meskipun ane akui bagian samping merupakan best part of this car. Nggak terlalu banyak tarikan garis norak, memberikan kesan "humble" khas produk-produk Subie.... yang sisi buruknya, sering dikira mobil Cina / Korea


dan entah knp... ane suka spionnya


Tampak belakang... me also like so mucho.... dibanding gen.3, bentuk pantatnya lebih dinamis, lebih membulat, tapi dibantu garis-garis tegas, bentuk spoiler yang cakep, and dat twin tailpipes... kombinasi sempurna untuk pantat SUV


plus.... Power Rear Door.... gimmick yang sangat keren



Velg warna polish ukuran 18" dibalut karet bundar Bridgestone Dueler H/T 225/55/18, yang cukup proporsional (meskipun kalo ane beli, bakal ane kasih R20 concave buat ngimbangin bentuknya yg udah gagah)

Exterior : 7/10...
Good thing : Side-Rear look, 18inch wheels, nice headlight model, nice rearview mirror
Bad thing : tampang depan terlalu "maksa"... agresif... tapi dipadukan dengan samping-belakang jadi tabrakan. krom di foglamp, belum projector/AFS, no hood scoop (what? no hood scoop in a Subie?)
=================
2. Interior
Full black, dan aksen silver di atas glovebox.... dan MID yang bertengger di tengah...
Dash nya, ketika ane raba, it's softpad


Setirnya dengan bentuk cukup simpel dan tombol-tombol yang sangat banyak....


cluster yang keren....


Gear lever yang mengingatkan ane dengan punya VW... sporty




Head Unit... oh yeah, Harman Kar(d)on....





Doortrimnya menyedihkan.... Plastik keras....


The beautiful sunroof


Legroom baris kedua luas, ane bisa duduk bersila.... sayang tidak ada rear airvent... but who needs rear airvent in a Subie? Subaru is all about Driving Pleasure....


Ruang kargo yang sangat luas.... dengan tonneau cover (yang tidak akan anda temukan di Honda apapun) di bawahnya ada ban serep space-saver... dan ketika direbahkan kursi baris keduanya..........

Voila!... tersedia ruang yang sangat luas... cocok untuk angkut 1 kasur.... untuk "berbuat"

Interior : 6/10....
Good thing : lots of cargo space, nice gear lever, roomy, sunroof, Sound system, functional
Bad thing : terkesan agak hambar.... bagian terburuk ada pada doortrim yang menyedihkan dan kombinasi warna yang buruk....
================================
3. Driving Impression
Under the Cup!

sebuah Boxer Enjin berkode FA20, jantung yang sama dengan BRZ, tapi dilengkapi Turbocharger, bertenaga 240PS dan torsi 350Nm.... dipadu transmisi CVT-Lineartronic khas Subaru.... tidak sabar rasanya bercengkrama dengan "bulldog" ini....
Start enjin, dan terasa getaran yang sangat besar dan kasar.... khas boxer enjin

Sebelum TD dimulai, ane mencolokkan Flashdisk berisi lagu-lagu AKB48 untuk dinikmati sambil menyiksa Fozzy ke konsol tengah... yang cukup merepotkan krn nggak keliatan... dan peletakan slot USBnya agak kurang pas...
Audio ON, dan suara unyu nan cheerful para member AKB48 terdengar sangat merdu di telinga... as expected from Harman Kardon.... pun begitu dengan bassnya yang nendang begitu lagu "GIVE ME FIVE" terpilih secara acak dari playlist

Kami berjalan keluar diler ke jalan HR Muhammad, ke SPBU karena bensin mau habis

after that we checked on MID...... RANGE : 40KM.... kucing di sebelah ane udah mengeong "ah cukup laaaa...."
kembali melanjutkan perjalanan.... jalan ramai, dan ane merasakan mobil ini sangat aneh di kecepatan rendah... it's turbo lag

dan ane tancap gas ke sebuah jalanan rusak yang disarankan kucing di sebelah ane.... "duk...duk...duk.." bantingan Forester terasa sangat stiff... yang ane bisa membayangkan kalo dibawa jalan di jalan Kertajaya Indah yang bergelombang pasti menuai banyak protes dari penumpang belakang

setelah itu menuju Citraland... menguji segala sesuatu yang dijanjikan oleh brosur di mobil ini....


respons CVT pun cukup sigap, smooth, meskipun jujur feel sporty nya sangat minim.... mungkin gegara ane tidak mencoba mode sport sharp (barusan diingetin bro haristk7)
di depan UC ane hajar gaspol 120kph, lalu ngerem..... rem berasa agak "ngeloyor".... meskipun sudah dilengkapi ventilated disc depan-belakang dengan ukuran belakang lebih kecil

ketemu tikungan, ane gas kencang, belokkan setir, dan..... UNDERRRRR....STEEER......


tikungan berikutnya ane lakukan sesuai yang dianjurkan bro haristk7 di WASeM... ngerem sebelum tikungan, dan tambah gas waktu berbelok.... hinga suara roda terdengar...


setir yang otomatis tambah berat di kecepatan tinggi dengan feedback yang cukup baik memberikan ane kepercayaan diri bermanuver dengan mobil ini... di Citraland bahkan ane hampir gak perlu injek rem waktu tikungan... karena bodyroll hampir tidak terasa (bahkan hampir lupa kalo ane lagi nyetir SUV

plus BOXER enjin dengan low center of gravity dan SYMMETRICAL AWD System turut berkontribusi mengurangi gejala bodyroll dan menjaga traksi mobil ini

hal lain yang ane suka dari mobil ini : MID nya, memberikan segala informasi mulai dari pergerakan arah ban,

tekanan turbo dan tingkat throttle

Jam analog

Konsumsi BBM rata-rata

Lagu yang lagi disetel... AKB48



realtime Fuel Cons

foto burem gegara ane ngefoto waktu moot kucing sedang bersenang-senang

selanjutnya, setelah membiarkan ane bersenang-senang dengan Fozzy, kendali pun ane alihkan ke mod kucing.... and all the hell begins....


wajah bahagia kucing....

dan setelah sesi gila berakhir... kami kembali ke diler sambil berdoa menurut agama dan kepercayaan masing-masing



dan moot kucing yang sepanjang perjalanan mendoktrin ane "Buang itu harrier , Buang itu harrier, Buang itu harrier, buang itu CR-V, Buang itu CR-V, buang itu CR-V.... ganti Fozzy, suruh bokap ganti Fozzy, Fozzy, fozzy fozzy..... "

Driving Impression : 8/10
Good thing : Torquey engine, low bodyroll, steering feedback, Good transmission, MID sangat berguna
Bad thing : UNDERSTEER!, Only 2000cc, brakes....
=========================
4. Verdict
Subaru Forester 2.0 XT... a quite surprising SUV, dengan seluruh teknologi Subaru dan Sound system yang baik, plus CVT Lineartronic yang bekerja sangat baik menyalurkan tenaga dari enjin.... dengan fungsionalitas yang cukup baik... mobil yang cocok sebagai mobil "petualang" maupun "family SUV"....
dengan mengesampingkan bantingannya yang stiff

Price tag : 538millions OTR Sby... 3 Dosa di Forester yang menyebabkan harganya tinggi : CBU Japan, AWD
Dosa lain Forester : 2000cc... turun kasta dibanding Forester XT Lama yang 2500cc
Worth? it depends.... pasar Forester cukup niche... nggak seperti CR-V atau CX-5 yang kejar volume penjualan... karena secara Size memang sekelas dengan CX-5 dan CR-V
Pembeli Forester adalah :
- Orang yang cari suasana baru
- Fanatik Subaru, fanatik AWD, dan suka Adventure
- Orang yang sekedar lewat dan langsung suka
- Minimal orang yang ngerti mobil, karena kalo nggak ngerti mobil akan beralih ke CR-V.... "buat apa nambah 70jeteng buat AWD dan turbo?"
Pros :
- Great engine and drivetrain
- Symmetrical AWD system
- Bantingan stiff... ane cenderung menganggap ini kelebihan karena memberikan kontribusi cukup baik pada handling
- Boxer engine... low centre of gravity
- Roomy
- Sound System
- MID informatif
- GC tinggi
- Sunroof
- Subaru
- Subaru
- Subaru
Cons :
- Kalo bawa keluarga akan protes karena bantingan stiff
- Doortrim menyedihkan
- Turbo spool up di 2500RPM.... which is harus berhadapan dengan turbo lag yg parah waktu stop and go
- 2000cc?
- Understeer
- Understeer
- Understeer
- Understeer
Contender by size : CR-V, CX-5, X-Trail, Grand Vitara, Captiva
Contender by price : CX-7 (Discontinued)
Overall Score : 7/10
====================================
Comparison :
1. Exterior :
- Forester : "tabrakan"
- CR-V : kebalik dengan Forester, bagian paling antiklimaks justru bokong...
- CX-5 : muncungnyaaaa.... mangapppp
- X-Trail T31 : Pantatnya kepanjangan....
- Suzuki GV : konservatif ala SUV tradisional...
Score : CX-5 / CR-V / Forester / GV / X-Trail
2. Interior :
- Forester : plain..... nggak terlalu menggugah... dan doortrim terkutuk itu
- CR-V : material plastiknya aduhhhh......
- CX-5 : single-toned... softpad... Desainnya cukup menggugah meskipun single-tone
- X-Trail : Softpad, meter cluster menarik, sayang desain dash kurang menarik
- Suzuki GV : C.R.A.P
Score : CX-5 / X-Trail / Forester / CR-V / GV
3. Room and Cargo
- Forester : average... cukup luas di row 2, cargo juga cukupan, lantai bagasi rendah
- CR-V : terluas... kaki selonjor masih bisa, cargo cukup besar, lantai bagasi cukup rendah
- CX-5 : sempittttt, cargo cukup besar, lantai bagasi tinggi
- X-Trail : suuuuuuuueeeeeeemmmmmmpppppiiiiiiitttt.... kemakan di cargo, lantai bagasi cukup rendah
- Suzuki GV : sempitttt.... cargo kecil
Score : CR-V / Forester / CX-5 / X-Trail / GV
4. Feature
- Forester : DSC, Power rear gate, HID Headlights, Smartkey, X-Mode, MID, Parking camera
- CR-V : VSA, HSA, i-MID(yang sangat nggak informatif), smartkey, errr..... apalagi yak? korban sunat jonpis
- CX-5 : VSC, i-STOP, HSA, Parking camera, MID, LDWS, AFS, HID Projector, DRL, smartkey, dst dst (lupa)
- X-Trail : Smartkey, HID Projector (XT), Rooflamp, MID
- Suzuki GV : Smartkey, HID Projector w/ Auto levelling, MID
Score : Forester / CX-5 / CR-V / X-Trail / GV
5. Engine & Drivetrain
- Forester : FA20T 240PS, 350Nm. Lineartronic CVT w/Paddleshift. AWD
- CR-V : K24Z7 190 PS, 225 Nm. 5-speed A/T with Grade Logic Control. FWD
- CX-5 : SKYACTIV-G 190PS, 250Nm. 6-speed SKYACTIV Gearbox. FWD
- X-Trail : QR25DE 166PS, 225 Nm. X-Tronic CVT with M-Mode. FWD
- Suzuki GV : J24B 166PS, 225 Nm. 4-Speed A/T. RWD
Score : Forester / CX-5 / CR-V / X-Trail / GV
6. Handling and Stability
- Forester : Understeer but controllable, almost zero bodyroll, good steering feedback
- CR-V : Dull, low steering feedback.
- CX-5 : Very agile and fun! lightweight but rigid chassis, low bodyroll, good steering feedback
- X-Trail : Very-Very-Dull
- Suzuki GV : Stable, low bodyroll, very good (yet very heavy) steering feedback....

Score : CX-5/Forester/GV/CR-V/X-Trail
7. Sound system
- Forester : Harman Kardon 8-speakers w/Amplifier... bass nendang, vokal jernih....
- CR-V : Harman Karton
- CX-5 : BOSE.... treble cukup bagus... bass agak kurang nendang....
- X-Trail : - (lupa)
- Suzuki GV : Integrated HU with 6-CD Changer... Vokal kurang, bass nendang...
Score : Forester/CX-5/GV/CR-V
8. Price
- Forester : 538millions
- CR-V : 46X millions
- CX-5 GT : 44x millions
- X-Trail : 39x millions
- Suzuki GV : 35x millions
Score : CX-5 GT / Suzuki GV / Forester / X-Trail / CR-V
===========================
Thanks for reading.... sorry for bad photos
