Mau share pengalaman saya 2 hari lalu mengenai "Electric Parking Brake Module Problem"
Pagi hari itu seperti biasa kegiatan rutin mau berangkat kerja, terdengar suara "berderit" lebih nyaring daripada biasanya saat melepas parking brake.
Selama perjalanan sempat 2 kali menggunakan parking brake dan saat melepas kembali terdengar suara "berderit" lebih nyaring daripada biasanya, tapi masih berfungsi normal.
Sesampai ditempat kerja parkir di gedung parkir menggunakan parking brake (Padahal sudah was was akan terjadi masalah / macet, tapi lupa karena sudah terbiasa mengaktifkan parking brake)
Sore hari mau pulang, sewaktu melepas parking brake hanya terdengar suara "duk", parking brake tidak bisa lepas, dicoba kembali suara yg sama "duk" dan lampu kuning "P" berkedip terus tanda harus ke mekanik untuk pengecekan parking brake, sedangkan parking brake warna merah "P" tetap menyala.
Stress juga saat itu karena sudah hampir jam 5 sore, kebetulan saya punya no hp SA Sun Motor Kebon Jeruk, saya telp dan dijawab akan dikirim mekanik terdekat.
Masih penasaran, saya hidupkan kembali mesin, dan saya injak pedal rem, posisi transmisi saya pindah ke "N" dan saya tekan tuas parking brake ke bawah 3 kali berturut-turut dengan jedah 1 detik, lalu saya lepas rem kaki setelah 5 detik. Tanpa terdengar bunyi parking brake lepas, lampu "P" merah mati, tapi lampu "P" kuning tetap berkedip.
Saya coba pindah transmisi dari "N" ke "R", ternyata parking brake sudah lepas. Lalu saya coba pindah transmisi ke "D" untuk meyakinkan roda tidak ada yg tersangkut rem, alhasil kondisi parking brake benar-benar lepas.
Segera saya telp SA untuk membatalkan mekanik dan saya akan segera pulang dan besok pagi baru ke S.M K.J dan sementar selama parkir hanya pakai posisi "P" pada transmisi tanpa mengaktifkan parking brake.
Sampai di rumah harus buka pagar sendiri, dasar "latah" sebelum turun dari mobil saya aktifkan parking brake (walalaha....benar2 stuck lagi !!)

Akhirnya saya coba kembali procedure di atas tadi:
1. Injak pedal rem
2. Pindah posisi transmisi ke "N"
3. Tekan tuas parking brake 3x dalam selang 1 detik sambil kedengaran suara "duk" .. "duk" .. "duk" .. tunggu 5 detik saya lepas rem kaki, dan parking brake lepas sendiri tanpa terdengar bunyi servo motor seperti normalnya.
Yang pasti beneran terlepas parking brake nya seperti ada fungsi "emergency release mode" !!??
![Big Smile :big_smile]](./images/smilies/big_smile.gif)
Setelah sampai di bengkel di bongkar module electric parking brake yg ada di kiri belakang (depan roda kiri belakang)
Mekanik rencana mau mencoba membersihkan sensor maupun servo motornya,
Mungkin tidak mau ambil resiko dan mobil saya baru service ke-3 3 bulan lalu, dan berlaku garansi dan ready stock module tersebut langsung diambil dan dipasang.
Masalah selesai seperti baru setelah di diagnosa via laptop mekanik.

Ref:
Captiva VCDI FL MY2011, mulai pakai Juni 2012.
Tidak pernah terendam banjir, lewat genangan air yah normal kalau di Jakarta hujan

Kesimpulan:
Module Parking Brake sangat rawan terhadap air ! Tidak "water resistant",
Kotak plastik pelindung module parking brake tidak ada rubber seal ataupun sejenis untuk melindungi air dari luar (SUV.....?)
Penampakan Module Parking Brake yg bermasalah:

Lampu kuning "P" yg berkedip tanda parking brake bermasalah:
