Dear suhu2 SM,
Belakangan ini di bbrp bengkel deket kantor ane sudah rata2 mengaplikasi water base untuk pengecatan mobil, tentunya dgn alasan environment friendly. Yg ane tau ada 1 bengkel pake sikkens (water base) dan 1 lagi pake Glasurit (water base jg) dan ada 1 bengkel lagi masih PU base dgn merk blinken.
Nah suhu2, boleh tau kelebihan dan kekurangan masing2 jenis.
Kalo cat2 mobil skrg sbnrnya msih PU atau sdh water base sih? (maksudnya cat ori keluaran pabrik boil)
Thanks.
WTA : Polyurethane VS Water Base untuk Car Paint
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 822
- Joined: Fri Oct 24, 2008 4:19
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: WTA : Polyurethane VS Water Base untuk Car Paint
Cat waterbase itu teknologi yang relatif baru.
Setau saya, segala perangkat dan peralatannya juga harus diganti yang kompatible dengan cat jenis waterborne (sebenarnya nama teknisnya "waterborne", tapi sudah umum dibilang waterbase)
Saya kurang tau dengan fasilitas pengecatan mobil produksi massal di Indonesia, karena tidak semudah itu mengganti painting line nya dari cat solvent-borne semacam Polyurethane (PU) ke WB (waterborne)
Satu lagi, berhubung masih teknologi baru, cat jenis WB ini masih tricky (setidaknya pengalaman saya, tapi sayangnya aplikasi cat non otomotif)
Handling pengerjaannya pun masih rumit dan resiko tinggi.
Secara hasil akhir, sepengalaman saya, cat2 PU solvent-borne hasilnya masih lebih bagus, kuat dan awet dibanding cat WB. Dan harganya juga relatif lebih murah.
Entah dengan perkembangan teknologi di kemudian hari
Setau saya, segala perangkat dan peralatannya juga harus diganti yang kompatible dengan cat jenis waterborne (sebenarnya nama teknisnya "waterborne", tapi sudah umum dibilang waterbase)
Saya kurang tau dengan fasilitas pengecatan mobil produksi massal di Indonesia, karena tidak semudah itu mengganti painting line nya dari cat solvent-borne semacam Polyurethane (PU) ke WB (waterborne)
Satu lagi, berhubung masih teknologi baru, cat jenis WB ini masih tricky (setidaknya pengalaman saya, tapi sayangnya aplikasi cat non otomotif)
Handling pengerjaannya pun masih rumit dan resiko tinggi.
Secara hasil akhir, sepengalaman saya, cat2 PU solvent-borne hasilnya masih lebih bagus, kuat dan awet dibanding cat WB. Dan harganya juga relatif lebih murah.
Entah dengan perkembangan teknologi di kemudian hari

si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: WTA : Polyurethane VS Water Base untuk Car Paint
kendalanya di alat ya om?
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11857
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: WTA : Polyurethane VS Water Base untuk Car Paint
Cat waterbase ramah lingkungan, tapi belum ramah kantong.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: WTA : Polyurethane VS Water Base untuk Car Paint
Alat dan penunjangnyay_anjasrana wrote:kendalanya di alat ya om?
Pengalaman saya aplikasi cat waterborne (tapi bukan di otomotif), alat-alatnya mesti stainless asli (pure rustproof)
Belum lagi perangkat kerja lain, macam railing, conveyor, cabin dsb... Harus benar2 tahan karat.
Sebagai ilustrasi, misalnya ada cat waterborne dengan solid content 50%, itu artinya 50% cat dan 50% air.
Kalau sehari suatu painting line mengaplikasi sampai 500Liter cat waterborne, itu artinya dalam satu line tersebut ada 250Liter air yang harus di-uap-kan.
Handling-nya juga repot.
Cat waterborne ini sangat sensitif terhadap suhu dan kelembapan, yah namanya saja waterborne
Jadi mesti bikin flash off cabin dan drying cabin.
Kabin nya mesti dilengkapi dengan pengontrol suhu dan kelembapan (Humidifier dan Dehumidifier)
Saat migrasi dari proses solvent borne ke waterborne, hampir semua peralatan ex solvent-borne mesti diganti.
Dipakai sih sebenarnya ngga apa2, tapi sama saja mesti segera ganti baru.
Dan itu butuh biaya dan waktu yang cukup besar
Ini saya tulis kalau skala-nya bengkel "professional" yah..alias kelas pabrik. Bukan workshop

si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: WTA : Polyurethane VS Water Base untuk Car Paint
Kebanyakan memang iya...marmut wrote:Cat waterbase ramah lingkungan, tapi belum ramah kantong.
Tapi sekarang, cat waterborne dibanding Polyurethane (PU), harganya beda-beda tipis.
Apalagi kalau cat-nya tersebut harus di produksi di negara2 yang sudah melarang cat solvent borne (biasanya dari Eropa Barat)
Konon alasannya, mereka perlu ijin khusus (dispensasi) dan volume produksinya harus sebanyak 1 batch kapasitas produksi sehari.
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: WTA : Polyurethane VS Water Base untuk Car Paint
Wah, kemana saja nih Pak?poeticmind wrote:ijin nyimak... hehehe
Bisnis lagi kenceng yah? Makanya jarang absen disini

si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 822
- Joined: Fri Oct 24, 2008 4:19
Re: WTA : Polyurethane VS Water Base untuk Car Paint
Wah thank pencerahannya om imsus2c. Berarti next kalo ane ada mau perbaikan cat ane masukin ke bengkel yg msh PU aja deh.