Tahun 2010 saya nyari HB matic, waktu itu pilihannya Yaris, Swift dan Jazz.
Swift posisi duduk buat nyetir kurang nyaman, apalagi jadi penumpang bisa kesiksa soalnya jok belakang terlalu tegak.
Jazz suspensi terlalu keras, selain itu harganya kemahalan dibanding HB sekelasnya.
Akhirnya pilihan jatuh ke Yaris, yg ternyata adalah HB ternyaman yg pernah saya pake.
Nyaman jadi sopir, nyaman jadi penumpang.
Jok buat posisi nyetir enak banget, pas dan empuk, ditambah setir yg pas, ngga terlalu berat atau terlalu ringan, jadinya very
fun to drive, apalagi dikebut di tol.
Yaris jagonya kalo di kompetisi slalom, tapi kalo di trek panjang kalah sama Jazz.
Mesin aje gile iritnya, tapi sangat responsif.
Bawa Yaris matic itu menghapus stigma bahwa mobil matic dgn cc < 2000 itu ngga bisa nyalip atau nanjak.
Dan eng ing eng...
All new Yaris 2014 ternyata masih pake mesin yg sama, si badak aluminum block engine 1NZ FE.
Toyota kayaknya ngga mau ambil risiko dgn meluncurkan produk baru dgn mesin yg samasekali baru.
Khusus untuk mesin All New Yaris ini kayaknya Toyota pake prinsip "if it ain't broke, don't fix it"

, jadi biarpun tampangnya
face off abis, jeroannya jadul punya.
Kebetulan saya juga pernah/masih pake Suzuki (Katana & APV), secara umum harga sparepart emang lebih murahan Suzuki daripada Toyota (kalau sama2 ori ya), tapi se mahal2nya parts Toyota -konon- ngga semahal Honda ya

(dan saya sekarang juga pake Honda, *hadeuh*).