Bahu TOL dalam kota, untuk darurat atau pejabat ?

Forum untuk mengobrol hal-hal bebas.
Bisa dibuka oleh visitor dan member.

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8856
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Bahu TOL dalam kota, untuk darurat atau pejabat ?

Post by y_anjasrana »

xtr40rd1n4rym4n wrote:emg hanya di indo yg bisa begini.
diluar sih pengendara pada takut sendiri tanpa ada PJR yg "ngetem" secara kl kita ketahuan salah, paling besok pagi surat tilang uda sampe depan rumah, dan sim uda dpt "cendol". kl cendolnya melebihi batas, biasanya SIM nya jadi tidak berlaku dan harus buat baru..

makanya semua pengendara tertib dan teratur..
:mky_02: :mky_02:

Kapan ya surat tilang lgsg dikirim ke rumah.... :big_think:
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
brekeledan
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 387
Joined: Fri Feb 12, 2010 1:07

Re: Bahu TOL dalam kota, untuk darurat atau pejabat ?

Post by brekeledan »

Selama ada niat pasti bisa jalan kok bro, cuman emang orang2 yg berkuasa diatas sana ogah menjalankan tilang model begini. Nanti dia sendiri kena batunya. Jadinya yaa nanti2 aja ketok palunya
User avatar
POS VETT
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2275
Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
Location: Columbus, OH, USA
Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero

Re: Bahu TOL dalam kota, untuk darurat atau pejabat ?

Post by POS VETT »

Kalau setir di Indo memang dipakai kesempatan buat ugal2an, termasuk di bahu jalan :) Di sini kagak berani ...
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
User avatar
DDR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 741
Joined: Mon Nov 25, 2013 8:50
Location: Jakarta & Bekasi

Re: Bahu TOL dalam kota, untuk darurat atau pejabat ?

Post by DDR »

Kapan yah penegakan hukum di Indonesia akan tegas, kontinyu, dan tanpa pandang bulu... mulai dari hal kecil aja dulu deh... seperti pelanggaran di jalan Tol... benahi itu dulu... nanti pelan pelan pembenahannya merembet ke sektor lain... semoga...
dubzz
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Fri Mar 14, 2014 14:16

Re: Bahu TOL dalam kota, untuk darurat atau pejabat ?

Post by dubzz »

Bahu jalan buat pejabat dan manusia yg kurang tahu aturan.
Last edited by WiraSoenaryo on Mon Mar 17, 2014 3:40, edited 1 time in total.
Reason: Memperhalus kalimat.
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Bahu TOL dalam kota, untuk darurat atau pejabat ?

Post by VanzMatic »

Bagaimana kalau kita mulai dari diri sendiri dengan memberi contoh tidak memakai bahu jalan?

Yang namanya perdebatan kayak gini mah, selama urusannya masih berujung di urusan perut (macet, bikin telat ngantor atau ke klien, ujung ujungnya ga dapet kontrak atau potong uang makan) yang jadi prioritas (nafsu menjadi andalan) , ngga bakal ketemu ACTION nyata.

Omong doang, komplen doank, orang lain bisa. Dan BUANYAAK...!
Tapi orang yang bisa memberi contoh, itulah contoh sikap yang lurus. Tidak peduli godaan.

Sanggup memberi/ menjadi contoh / teladan.
Salah satu kriteria, kenapa manusia biasa bisa dipilih oleh Tuhan untuk menjadi nabi panutan kita masing masing.

:big_smoking:

So, mari mulai aksi nyata saja hari ini.
Kenapa hanya gemar berdebat?

Berbuat baik, menular juga lo ke orang lain. Contohnya, ke keluarga kita sendiri.
Anak jadi paham mana benar mana salah, karena ortunya mencontohkan yang baik.
Maka dia akan mempunyai self control yang baik, karena orang tuanya tetap mencontohkan disiplin yang benar.

Orang lain yang numpang di kita juga akan tau, bahwa kita punya attitude yang baik di jalan.


Tegaknya aturan / hukum, bukan semata oleh penegakan aparat, tapi dari diri kita sendiri juga yang sudah membiasakan taat hukum pada anak anak kita dan kerabat kita.

:big_blushing:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
DDR
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 741
Joined: Mon Nov 25, 2013 8:50
Location: Jakarta & Bekasi

Re: Bahu TOL dalam kota, untuk darurat atau pejabat ?

Post by DDR »

@Bro Vanz... done that bro... ane nggak pernah lewat bahu jalan sama sekali... bahkan pada saat antri bayar tol pun ane nggak pernah loncat loncat jalur... biarpun jalur sebelah lebih kosong daripada jalur yang ane antri, nggak pernah juga nyelak antrian orang... yang ada ane suka diselak mulu sama orang... hehehe... bertahun tahun cuman bisa sabar... (ane nyetir mobil udah 25 tahun), makin sini makin diuji kesabarannya soalnya pengendara yang lain begitu tidak perduli nya sama keselamatan bersama...
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Bahu TOL dalam kota, untuk darurat atau pejabat ?

Post by VanzMatic »

DDR wrote:@Bro Vanz... done that bro... ane nggak pernah lewat bahu jalan sama sekali... bahkan pada saat antri bayar tol pun ane nggak pernah loncat loncat jalur... biarpun jalur sebelah lebih kosong daripada jalur yang ane antri, nggak pernah juga nyelak antrian orang... yang ada ane suka diselak mulu sama orang... hehehe... bertahun tahun cuman bisa sabar... (ane nyetir mobil udah 25 tahun), makin sini makin diuji kesabarannya soalnya pengendara yang lain begitu tidak perduli nya sama keselamatan bersama...
Salute buat om DDR..! :big_exellent: :big_exellent: :big_exellent:

Yang saya yakin sampai saat ini, semakin kita niatkan sabar di jalan, semakin sering orang lain yang menyerobot hak kita kena karma nya..

Proven.
:big_smoking:

Jangan jadikan kemanjaan pada diri kita mendorong kita untuk melanggar aturan.

Pesan tadi dari salah satu seri komik Meitantei Conan.

Dan itu ditanamkan dalam dalam sejak dini / sejak TK.


Semoga makin banyak om DDR lain di jalanan ya.
:big_blushing:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7653
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Bahu TOL dalam kota, untuk darurat atau pejabat ?

Post by newrubble »

Ada mobil tertentu yg sering sy pakai di jkt n tiap x kena macet toll selalu ada police cruiser yg tawarkan jasa ..."mau kemana pak? Kawal sampai tujuan pak?" Cuma sekali sy pakai saat hrs medivac anak sy dr SOS di kuningan sampai tarmac halim dua belas thn lalu saat lunchtime n dari (saat itu masih di) setiabudi blg hingga tujuan jam sgitu cuma butuh duapuluh lima menit kurang lima belas detik dg mobil coupe tua plus ambulance kenceng sewaan dr rs thamrin saat itu) didalam jalan bebas hambatan ya lewat road shoulder n sering police bike nya tertinggal

Selain urusan itu n cuma sekali itu tawaran kawal selalu sy tolak halus

Tapi sebetulnya pejabat, atau bukan intinya cuma satu ...semua org tdk suka dg macet apalagi macet di jalan yg katanya bebas hambatan. Karena duit terpakai terus u bayar gaji n allowances kakitangan pemerintah yg makin hari makin banyak jumlahnya dan mrk mrk yg pensiun dari jabatan bgitu ...maka infrastructur transportasi tdk pernah dibikin u antisipasi kebutuhan sekarang ...apalagi u kebutuhan duapuluh th lagi

Sehingga masing masing punya kreativitas sesuai kemampuan yg dimiliki

Yg biasa sabar n bukan atheis itu complaint ke tuhan
Yg suka show off beli n pasang strobo light bar
Yg punya duit lebih sewa polisi u escorting
Yg punya kuasa ya pakailah maximal sblm pensiun

Ohiya sy punya rijbewijs verlegen sudah tigapuluh tahun n skrg punya dari empat negara plus sim b satu dari jakarta
User avatar
iwidiyanto
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 622
Joined: Sun Oct 30, 2011 11:48
Location: Antar Kota Antar Propinsi

Re: Bahu TOL dalam kota, untuk darurat atau pejabat ?

Post by iwidiyanto »

Udah lama ngga lewat di tol dalkot berhubung sekarang kerja lawan arus, masuk dr tol cibubur kluar tol sentul selatan. Kalau hari kerja sih lancar, jarang yg pada berani lewat bahu jalan (kalau saya alhamdulillah belum pernah lewat bahu jalan). Yang sering masalah adalah ketika Sabtu atau Minggu harus ke Kantor, pulang sore pasti tolnya berantakan, banyak org "kampungan" yang ngga ngerti marka. Gak cuman bahu jalan sebelah kiri yg dipake, bahkan bahu jalan yang sebelah kanan (beberapa ruas di jagorawi ada bahu jalan sebelah kanan yang lebih lebar dari mobil).

Saya sih berusaha maklum saja meskipun kadang memposisikan mobil sedemikian rupa sehingga ngga bisa disodok dari kanan kiri, mungkin yg kaya gitu2 sehari2nya dah kena macet di Jakarta, jadi liat Tol agak lengang di Jagorawi pada gatel kaki kanannya...
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2972
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: Bahu TOL dalam kota, untuk darurat atau pejabat ?

Post by imingwahyudi »

Bahu jalan, haram bagi saya, setelah tau banyak banget kerikil dan kotoran yang bikin underbody kaya konser Megadeth dadakan :big_chicken:

Selow aja deh, buang waktu 20 menit mending daripada abisin waktu 1 jam berantem siapa yang salah, belum keluar duit buat beneri mobil karena nabrak mobil yang seharusnya berhenti di bahu tol, atau malah malah nabrak PJR yang lagi patroli disana :big_think:
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Bahu TOL dalam kota, untuk darurat atau pejabat ?

Post by VanzMatic »

Kadang I wonder, yang nyumpahin biker kalo lagi di jalan biasa, ngatain rampas trotoir lah, serobot lawan arus lah, sikat jembatan penyeberangan lah, perilaku di jalan tol jadi seenak udel bodong nya apa ngga ya?
:mky_03:

Menarik untuk dicari tau...
:big_grin:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2972
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: Bahu TOL dalam kota, untuk darurat atau pejabat ?

Post by imingwahyudi »

VanzMatic wrote:Kadang I wonder, yang nyumpahin biker kalo lagi di jalan biasa, ngatain rampas trotoir lah, serobot lawan arus lah, sikat jembatan penyeberangan lah, perilaku di jalan tol jadi seenak udel bodong nya apa ngga ya?
:mky_03:

Menarik untuk dicari tau...
:big_grin:

Me, no :big_grin: :big_comfort:
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Bahu TOL dalam kota, untuk darurat atau pejabat ?

Post by VanzMatic »

:mky_02: :mky_02: :mky_02: :mky_02:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
Rakean
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 918
Joined: Wed Oct 31, 2012 3:49

Re: Bahu TOL dalam kota, untuk darurat atau pejabat ?

Post by Rakean »

brekeledan wrote:
ilhami wrote:Perilaku ambil bahu jalan sebenarnya memperparah kemacetan. Misal di bahu jalan ada yang bener-bener mogok, maka penyerobot bahu jalan harus masuk kanan lagi. Akibatnya kendaraan di jalur yang benar, harus ngerem dan memberi jalan, sehingga bikin macet di jalur yang benar.
begini nih paling sering di JORR pondok indah sampe lenteng agung. macet panjanggg, pada sikat jalur kiri. gue coba bertahan dikanan. walau yang kiri itu lancarr bener. diujung biasanya gara2 ada mobil Jasa Marga lagi keliling tapi pelan banget di jalur paling kiri atau ada mobil polisi ngetem.

kalau sudah begitu, yang pake jalur darurat nyodok ke jalur 3, yang di jalur 3 kalo kepepet nyodok ke jalur 2, yang jalur 2 nyodok ke 1. yang dijalur 1 manyunnnnn. haha

padahal kalo gak pake jalur darurat mungkin lebih lancar.
nah ini dia nih yg bikin lajur cepet di tol suka rem mendadak, dan sering menyebabkan tabrakan beruntun :big_slap:

WK1 wrote:Ane tiap hr lewat tol bandara ke arah kota....macetnya bujubuneng....
Bahu jalan selalu jadi jalur ane tiap hr
Cuma jaga jarak dgn mobil depan 10-20meter, supaya bisa mantau polisi dan hal2 lainnya
Terus terang salah sih...tp kalo ga dilakonin, bisa 45 menit di tol. Padahal kalo lancar 10 mnt pun gak sampai

udah tau salah kenapa tetep dilakuin.. gak mau telat? ya berangkat lebih pagian dong, ini jakarta um, banyak penduduk, banyak pemakai jalan, ya wajar hari2 macet... antisipasi nya yaa berangkat lebih pagi, bukan melanggal lalu lintas :big_slap: :big_slap: :big_slap:
Isuzu 4JA1-L Turbo Diesel Intercooler (2012 - 2016)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - 2022)
Mitsubishi 4N15 VGT Turbo Diesel Intercooler (2022- Present)
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: Bahu TOL dalam kota, untuk darurat atau pejabat ?

Post by NYoman »

Pejabat negara tidak punya hak untuk menggunakan bahu jalan.. Namanya jalur darurat kalau ada mogok "beneran mogok ya"
Iring - iringan presiden di perbolehkan karena menyangkut pemimpin negara, tidak bisa disalahkan bahkan kadang sudah di sterilkan satu lajur..
Kadang bahu jalan itu dipakai untuk parkir (bukan di tol) seperti di daerah bandara juanda setelah keluar tol pasti banyak org yang parkir di luar dan satu lagi malah nyampah disana, bikin kotor aja dasar orang2 gak punya otak, udah ngelanggar nyampah pula..
Plg sering ketemu beginian sih di jorr, ntar kena polisi baru tahu rasa =))
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Bahu TOL dalam kota, untuk darurat atau pejabat ?

Post by imsus2c »

Kalau yang sering lewat tol Surabaya, terutama ruas Porong-Perak, atau Porong-Gresik, menurut saya masalah utamanya di penegakan:
- kecepatan minimal
- penggunaan lajur kanan

Sering saya lihat banyak kendaraan, terutama kendaraan berat masuk di tol dengan kecepatan yang "membahayakan", saya pernah iseng dibelakang konvoy truk ini, speedometer saya cuma terbaca 30 Kpj.
Terutama kalau konvoy dump truck sudah masuk

Ada kalanya, 1 truk mecoba menyalip konvoy beberapa truk (2-5 truk), dengan selisih kecepatan cuma 3-5 kpj.
Sering kejadian antara ruas Waru-Dupak, paling parah di ruas dari Waru menjelang exit Satelit
Di ruas ini ada 3 jalur, paling kiri rombongan truk jalan 30 kpj, jalur tengah lari 35-40 kpj, paling kanan ada truk yang mencoba menyalip konvoy2 tadi dgn kecepatan 40-45kpj.

Proses menyalip ini bisa berlangsung dalam hitungan km dan menit, akibatnya seluruh 3 jalur tol habis, dengan kecepatan maks 45kpj.
Saya pernah mengikuti hal ginian, di depannya kosong melompong mungkin sampai 1 km kedepan.

Kalau sudah begini, repot sekali.

Padahal kalau jam padat-lancar, saya jarang sekali lihat mobil lewat bahu jalan. Bahkan rombongan pejabat/militer pun kadang pakai jalur tengah/kanan.

Situasi seperti ini pernah diudarakan di dialog interaktif radio lokal surabaya (SS-FM), mayoritas setuju yang perlu ditegakkan dulu itu batas kecepatan minimal dan penggunaan jalur luar (kanan).

Tapi..., sejengkel-jengkelnya dengan truk, saya lebih jengkel dengan mobil pribadi yang bisa lari kenceng >120kpj, tapi anteng jalan di lajur paling luar di kecepatan <60kpj :mad:
Dikasih lampu jauh/beam, di-klakson...cuek dan masa bodo :evil:
Ini sering terjadi di jalan tol Surabaya

Yang lebih mengagetkan lagi...

Temuan dari koran Jawa Pos dan radio SS-FM Surabaya, bahu tol di Surabaya ternyata akhir2 ini jadi... lahan parkir dan pool truck darurat :mky_05:

Terungkap, banyak pengusaha Truk dan Angkutan Berat di Surabaya dan sekitarnya, ternyata tidak punya pool atau lahan untuk truk2 mereka.
Kalaupun punya, luasnya tidak cukup untuk parkir dan kandang armadanya...

Yang terjadi, si Sopir disuruh bawa pulang, dan akhirnya banyak yang memanfaatkan rest area dan bahu tol jelang gate masuk atau sesaat setelah exit, dijadikan parkir ramai-ramai

Coba lihat saja menjelang masuk tol Porong, mulai pk05.30-08.00 pagi, parkiran truk mengular di bahu jalan dari ruas arteri baru porong sampai masuk 1-3 km di tol
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
ola_comoesta
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 832
Joined: Sun May 19, 2013 10:00

Re: Bahu TOL dalam kota, untuk darurat atau pejabat ?

Post by ola_comoesta »

Share sedikit masalah pejabat di tol, hehehe

Bbrp hari lalu ketika itu ane baru masuk tol, dan ada mobil berhenti di samping kiri (jalir lingkar tol), dan ada polisi cuman beri aba2 taangan goyang2 di bahu jalan...karena menurut ane gak diberhentikan ya ane maju aja...tiba2 ada rombongan pejabat melaju dengan kencang dikawal pakai M6..karena ane merasa mereka lajur paling kanan, ya ane ambil lajur tengah....e tiba, sang polisi pengawal di m6, mengeluarkan kepalan tangan dari jendela, ane ngerem dikit, dan berikutnya pajero polisi dibelakang dengan mepetnya juga mengeluarkan sirine, dan sempet mepet ke mobil ane, dimana ternyata minta 2 lajur untuk jalannya mereka...dan ternyata itu rombongan presiden SBY pas berkkunjung ke surabaya wkwkwkkwkwkww

Padahal sempet m6 di lajur kanan, ane g mau kalah wkkwkwkwkwkwkw...ternyata....
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Bahu TOL dalam kota, untuk darurat atau pejabat ?

Post by madcat015 »

Ikut berbagi pengalaman...

Ane setuju dengan apa yg om imsus utarakan. Rangkaian truk yg memenuhi 3 lajur dengan kecepatan 30-45kpj memberikan ruang gerak terbatas bagi mobil pribadi.


Ane sendiri berusaha utk tidak menyentuh bahu jalan... dan mmg ane ga pernah nyetir di bahu jalan. kecuali mendekati exit Satelit... truk berjalan 25kpj konvoi, di lajur kiri... ane dari lajur tengah mw belok ke kiri, mw ga mw menginjak bahu jalan 100m menjelang exit.

Di tol ane biasa nyetir sesuai limit kecepatan. Misal di Juanda-Waru, 80kpj ya 80kpj...

Toh ngebut sekencang kucing kesetanan sampai ujung juga ga ada piala nya... pun boros bbm dan bikin lelah.

Pernah kejadian, di tol Gempol menuju Sby, jalur padat, ane menikmati cruising 70kpj di sisi kiri. Ada jazz GE ngebut di bahu tol... sangat kencang. ane iseng menambah kecepatan hingga 100kpj, pindah ke kanan...

Tidak sampai 2km, itu Jazz sedang dibanzai Patroli Polisi yg pakai Mazda6. Kena tilang. Yg nyetir anak muda...

Semoga dia belajar. Bahu jalan tol hanya untuk darurat.
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
NYoman
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3280
Joined: Thu Mar 29, 2007 3:09
Location: Surabaya - Singaraja - Palembang
Daily Vehicle: 2005 Innova 2TR - 2012 Innova 2KD - 2018 Yaris TRD S

Re: Bahu TOL dalam kota, untuk darurat atau pejabat ?

Post by NYoman »

madcat015 wrote:Ikut berbagi pengalaman...

Ane setuju dengan apa yg om imsus utarakan. Rangkaian truk yg memenuhi 3 lajur dengan kecepatan 30-45kpj memberikan ruang gerak terbatas bagi mobil pribadi.


Ane sendiri berusaha utk tidak menyentuh bahu jalan... dan mmg ane ga pernah nyetir di bahu jalan. kecuali mendekati exit Satelit... truk berjalan 25kpj konvoi, di lajur kiri... ane dari lajur tengah mw belok ke kiri, mw ga mw menginjak bahu jalan 100m menjelang exit.

Di tol ane biasa nyetir sesuai limit kecepatan. Misal di Juanda-Waru, 80kpj ya 80kpj...

Toh ngebut sekencang kucing kesetanan sampai ujung juga ga ada piala nya... pun boros bbm dan bikin lelah.

Pernah kejadian, di tol Gempol menuju Sby, jalur padat, ane menikmati cruising 70kpj di sisi kiri. Ada jazz GE ngebut di bahu tol... sangat kencang. ane iseng menambah kecepatan hingga 100kpj, pindah ke kanan...

Tidak sampai 2km, itu Jazz sedang dibanzai Patroli Polisi yg pakai Mazda6. Kena tilang. Yg nyetir anak muda...

Semoga dia belajar. Bahu jalan tol hanya untuk darurat.
Betul Tol Waru-Gempol ini sering sekali ada truck parkir, alasan mogok trus temen2 ny apada nepi mau kasih bantuan padahal pada numpang parkir semua.. Kecepatan minimum dalam Tol kalau tidak salah adalah 60km/h kalau sudah seperti ini, bahu jalan tetap halal digunakan?
All about coffee? Ask me.. Need fresh roasted coffee? PM =)
User avatar
iwidiyanto
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 622
Joined: Sun Oct 30, 2011 11:48
Location: Antar Kota Antar Propinsi

Re: Bahu TOL dalam kota, untuk darurat atau pejabat ?

Post by iwidiyanto »

berapapun jumlah lajurnya, hanya lajur paling kanan yang tidak dipakai oleh truk.....
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Bahu TOL dalam kota, untuk darurat atau pejabat ?

Post by VanzMatic »

iwidiyanto wrote:berapapun jumlah lajurnya, hanya lajur paling kanan yang tidak dipakai oleh truk.....
Coba ke tol Cikampek, arah ke barat jam 3 pagi.

:mky_03:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
iwidiyanto
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 622
Joined: Sun Oct 30, 2011 11:48
Location: Antar Kota Antar Propinsi

Re: Bahu TOL dalam kota, untuk darurat atau pejabat ?

Post by iwidiyanto »

VanzMatic wrote: Coba ke tol Cikampek, arah ke barat jam 3 pagi.

:mky_03:
Malah dipakai semua ya om? :big_slap:
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Bahu TOL dalam kota, untuk darurat atau pejabat ?

Post by VanzMatic »

iwidiyanto wrote:
VanzMatic wrote: Coba ke tol Cikampek, arah ke barat jam 3 pagi.

:mky_03:
Malah dipakai semua ya om? :big_slap:
Betul...

Bingung ane mo salip dari mana... karena truk pada salip salipan pakai itu 4 jalur.. :big_biglaugh:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
loadeddiapers
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 257
Joined: Fri Jan 24, 2014 5:06

Re: Bahu TOL dalam kota, untuk darurat atau pejabat ?

Post by loadeddiapers »

brekeledan wrote:
ilhami wrote:Perilaku ambil bahu jalan sebenarnya memperparah kemacetan. Misal di bahu jalan ada yang bener-bener mogok, maka penyerobot bahu jalan harus masuk kanan lagi. Akibatnya kendaraan di jalur yang benar, harus ngerem dan memberi jalan, sehingga bikin macet di jalur yang benar.
begini nih paling sering di JORR pondok indah sampe lenteng agung. macet panjanggg, pada sikat jalur kiri. gue coba bertahan dikanan. walau yang kiri itu lancarr bener. diujung biasanya gara2 ada mobil Jasa Marga lagi keliling tapi pelan banget di jalur paling kiri atau ada mobil polisi ngetem.

kalau sudah begitu, yang pake jalur darurat nyodok ke jalur 3, yang di jalur 3 kalo kepepet nyodok ke jalur 2, yang jalur 2 nyodok ke 1. yang dijalur 1 manyunnnnn. haha

padahal kalo gak pake jalur darurat mungkin lebih lancar.
Kl saya di JORR pas lg di jalur paling kiri biasanya sering makan korban tuh om yg lewat bahu jalan dan sok mau nyalip, jadi kena tangkep polisi :big_smoking:
Tapi saya sama ky om, lebih sering dan prefer di paling kanan walaupun lebih macet dari jalur lain :big_slap:
Image