Timbo224 wrote:Hooo, gw lebih tenang deh kalo denger gitu sama satu lage ne, soal after sales. Itu spare parts gimana ya ? Kan mobil korea tuh stigmanya di Indo spare part susah, harga jual jatoh. Emang sih udah makin taun makin baik, tapi apa udah "good enough" kalo dibanding sama mobil Jepang ? Ada pengalaman jual mobil korea jatoh harganya atau ternyata fine2 saja ? Thanks in advance
Kalo soal ketersediaan slow moving parts sih sepertinya masih menang dakar or fortuner ya, apalagi fortuner itu udah melanglang buana 8 tahun..jd pasti lebih "aman". Dan saya jujur tidak terlalu khawatir dgn ketersediaan parts hyundai ini. Fast moving parts udah dijamin ketersediaan sama hyundai 2x24 jam..
kl soal harga jual, mungkin not good enough ya kl dibandingkan sama mobil sejenisnya dr jepang..susah buat ngalahin image brand jepang di konsumen indonesia..apalagi dakar dan fortie..
tp setidaknya, saat kita beli hyundai sekarang, untuk 3 tahun kedepan kita udah dapet gambaran harga jual mobil hyundai tsb..minimal kl pake santa fe 3 tahun mau kita jual, 300jt udah ditangan..(kalo jual sendiri mungkin bisa lebih mahal dikit dr buyback guarantee si dealer)
Depresiasi: 457jt-300jt= 157jt 3 tahun.. (perhitungan saya waktu itu otr hyundai 457, off the road sekitar 420jt, skrg 485jt, ga tau off the road sekarang berapa)
kalo mobil jepang, lagi2 mungkin lebih "tenang", krn 157jt itu kemungkinan depresiasi setelah pakai lebih dari 5 tahun (mengingat harga fortuner generasi awal bgt aja harganya masih diatas 200jt..
Harga fortuner sekarang+diskon: 400jtan..misal dikurangi depresiasi si hyundai tadi 157jt, maka:
400jt-157jt=243jt...
ada ga yg jual fortuner 243jt? jenis apa aja deh...pasti udah berusia diatas 5 tahun..
gitu kira2 analisa saya, saya bukan fanboy, cm kemaren jg kepincut mau ambil santa fe, dan dengan segala pertimbangan tsb..
Tapi, kalau hanya dilihat dari segi mobil saja, tanpa aspek after sales dll, selisih 40jt dgn dakar maupun fortie trd udah cukup banget valuenya..
- Panoramic segede gaban
- 6 speed auto + manual mode
- 197hp dan torsi tank 447nm

(dakar cuma 350 loh kl ga salah)
- cruise control
- soft touch material semua
- konsumsi uirit
- jok kulit berkelas
dan masih banyak lagi, tinggal itu aja, rela ga korbanin resale value dgn fitur2 yg didapet sama santa fe?
maap kl ada salah kata, mungkin ada yg bisa koreksi?