Preview Ford Fiesta 1.0 Ecoboost 2014
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 476
- Joined: Tue Oct 30, 2012 8:48
Re: Preview Ford Fiesta 1.0 Ecoboost 2014
Yg bikin saya binun kok dengan mesin 1000 cc harganya kok lebih mahal dr varian fiesta terbawah. Thx
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 805
- Joined: Sat May 11, 2013 2:07
Re: Preview Ford Fiesta 1.0 Ecoboost 2014
Kan EcoBoost...bukan 1000 cc biasa...
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
Re: Preview Ford Fiesta 1.0 Ecoboost 2014
Kondisinya AT 6 speed close ratio .. saat stop and go dimana rpm 1500 bisa pindah gear 2, kalo baru gas pindah gigi 2 trus rem dan gas lagi dan si ecu ga turun gear 1 maka bisa jadi endut2an .. sama spt mobil manual maksa jalan gigi 2 rpm rendah.evolution21 wrote:iya um billy
ini merupakan kejutan bila bisa sehalus cvt
penasaran jg dengan pertanyaan um billy, ane mau tanya lebih detail lg
DCT halus ga pada saat stop n go?
atau
Stop n Go kurang halus, tp kalo udah melaju jd sangat halus seperti cvt?
btw terakhir ane cobain di focus DCT nya masih blom sehebat DSG (VW)
dimana lebih mengerti kemauan driver, dan perpindahannya lebih halus
Makanya skrg di sediakan feature triptonic (by button) di tuas perseneling, jadi bisa atur posisi gear sendiri saat macet /stop&go, jadi tuh ecu ga bingung pindah2in gigi kalo stop and go.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
Re: Preview Ford Fiesta 1.0 Ecoboost 2014
he he he.., technology om merkapamerkapa wrote:Yg bikin saya binun kok dengan mesin 1000 cc harganya kok lebih mahal dr varian fiesta terbawah. Thx
Contoh saja Fiesta FFS 1.6 temen, mesin konvensional mo tambah turbo bisa habis 60an (komplit set intercooler etc) .. itupun ga bisa perfect layaknya turbo pabrikan yg dioptimized untuk daily use, ada aja masalahnya ... ga nyaman.
Tetap aja yg namanya turbo std pabrikan lebih baik dari pada turbokit tambahan
Turbo std pabrikan sudah di perhitungkan semuanya, sedangkan mesin non turbo dipasangkan turbo kit secara tidak langsung memaksakan kinerja mesin standard tsb, terutama transmisi AT lebih beresiko.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5885
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: Preview Ford Fiesta 1.0 Ecoboost 2014
thanks penjelesannya um maxxmaxx wrote:Kondisinya AT 6 speed close ratio .. saat stop and go dimana rpm 1500 bisa pindah gear 2, kalo baru gas pindah gigi 2 trus rem dan gas lagi dan si ecu ga turun gear 1 maka bisa jadi endut2an .. sama spt mobil manual maksa jalan gigi 2 rpm rendah.evolution21 wrote:iya um billy
ini merupakan kejutan bila bisa sehalus cvt
penasaran jg dengan pertanyaan um billy, ane mau tanya lebih detail lg
DCT halus ga pada saat stop n go?
atau
Stop n Go kurang halus, tp kalo udah melaju jd sangat halus seperti cvt?
btw terakhir ane cobain di focus DCT nya masih blom sehebat DSG (VW)
dimana lebih mengerti kemauan driver, dan perpindahannya lebih halus
Makanya skrg di sediakan feature triptonic (by button) di tuas perseneling, jadi bisa atur posisi gear sendiri saat macet /stop&go, jadi tuh ecu ga bingung pindah2in gigi kalo stop and go.
dengan kondisi gigi2 lalu gas lg fiesta gejala yg ndut2an ya um...
kalo di golf gejalanya vibrate

apakah utk longterm tetep hanya ndut2an? atau makin lama dimana koplingnya makin terkikis berubah menjadi vibrate?
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
Re: Preview Ford Fiesta 1.0 Ecoboost 2014
gunakan triptonicnya om ... jadi ga endut2an saat macet stop & go.evolution21 wrote:thanks penjelesannya um maxxmaxx wrote:Kondisinya AT 6 speed close ratio .. saat stop and go dimana rpm 1500 bisa pindah gear 2, kalo baru gas pindah gigi 2 trus rem dan gas lagi dan si ecu ga turun gear 1 maka bisa jadi endut2an .. sama spt mobil manual maksa jalan gigi 2 rpm rendah.evolution21 wrote:iya um billy
ini merupakan kejutan bila bisa sehalus cvt
penasaran jg dengan pertanyaan um billy, ane mau tanya lebih detail lg
DCT halus ga pada saat stop n go?
atau
Stop n Go kurang halus, tp kalo udah melaju jd sangat halus seperti cvt?
btw terakhir ane cobain di focus DCT nya masih blom sehebat DSG (VW)
dimana lebih mengerti kemauan driver, dan perpindahannya lebih halus
Makanya skrg di sediakan feature triptonic (by button) di tuas perseneling, jadi bisa atur posisi gear sendiri saat macet /stop&go, jadi tuh ecu ga bingung pindah2in gigi kalo stop and go.
dengan kondisi gigi2 lalu gas lg fiesta gejala yg ndut2an ya um...
kalo di golf gejalanya vibrate![]()
apakah utk longterm tetep hanya ndut2an? atau makin lama dimana koplingnya makin terkikis berubah menjadi vibrate?
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 20
- Joined: Mon Dec 16, 2013 3:18
Re: Preview Ford Fiesta 1.0 Ecoboost 2014
Andai ni 1.0 ecobus bisa masukin lcgc/low carbon, pindahin pabrik dr aussie ke indo, kandungan lokal 80%, kapasitas mesin udah masuk, pajak bisa diteken abis..harga jd 120jt ! Masa iya gak laku kacang goreng ni mobil..
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
Re: Preview Ford Fiesta 1.0 Ecoboost 2014
fiesta ecobus rasanya ga mau masuk sbg LCGC, punya kelas/market sendiri dan ga akan bela2in pindahin pabrik ke Indostarship wrote:Andai ni 1.0 ecobus bisa masukin lcgc/low carbon, pindahin pabrik dr aussie ke indo, kandungan lokal 80%, kapasitas mesin udah masuk, pajak bisa diteken abis..harga jd 120jt ! Masa iya gak laku kacang goreng ni mobil..

kalo ford main kelas LCGC pun ga akan pakai brand Fiesta, .. masih ada Ford Ka dan Ford Figo kalo si Ford mau fight brio, agya, ayla
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 216
- Joined: Fri Jan 09, 2009 13:28
Re: Preview Ford Fiesta 1.0 Ecoboost 2014
Bikun galau antara ecoboost atau eosport
2018 Toyota Innova G Manual
2018 Honda Vario 150
2016 Toyota Avanza G Manual
2015 Honda Revo FI
1990 Ford Laser 1.3 GL Manual
Mau Jual / Beli Mobil Bekas, Hubungi Saya
Showroom @Alam Sutera Tangerang
2018 Honda Vario 150
2016 Toyota Avanza G Manual
2015 Honda Revo FI
1990 Ford Laser 1.3 GL Manual
Mau Jual / Beli Mobil Bekas, Hubungi Saya
Showroom @Alam Sutera Tangerang
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
Re: Preview Ford Fiesta 1.0 Ecoboost 2014
Sesuaikan kebutuhan broYK16 wrote:Bikun galau antara ecoboost atau eosport

MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
-
- Visitor
- Posts: 8
- Joined: Wed Feb 05, 2014 8:03
Re: Preview Ford Fiesta 1.0 Ecoboost 2014
barusan liat iklannya fiesta ecoboost 1.0L...ajib bener lah utk mobil sekelasnya....bikin ngiler...
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 229
- Joined: Fri Aug 19, 2011 16:23
- Location: Jakarta
Re: Preview Ford Fiesta 1.0 Ecoboost 2014
kenapa yah fiesta ga dilengkapin paddle shift? tau sih sama aja kalo bisa ganti gigi juga di persnelingnya tapi kan biasa market indo itu biasanya lebih menginginkan sesuatu yang ga penting tapi sbenarnya unik gitu hhehehehehe, kalo gw sih sebenarnya lebih prefer kalo ada paddelshiftnya apalagi ini uda dual clutch kayanya lebih mantep aja tu kalo digeber, ya itung2 beli vw harga lebih bersahabat 
nice review

nice review
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2275
- Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
- Location: Columbus, OH, USA
- Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero
Re: Preview Ford Fiesta 1.0 Ecoboost 2014
Sayang Fiesta ST tidak dipasarkan di Indo. Mesin 1.6l ecoboost 197hp, 202 lb-ft. Adik angkat di Jakarta lagi berminat, tapi itu dia, cuma 1.0l.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Preview Ford Fiesta 1.0 Ecoboost 2014
Tambah fitur signifikan seperti paddlepop yang butuh teknologi lebih advance tanpa naik harga?
Ngga mungkin.
Cmiiw.
Ngga mungkin.
Cmiiw.
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Preview Ford Fiesta 1.0 Ecoboost 2014
^^
err paddle pop in theory dri noobs sotoy ini...... maybe seperti switch tambahan yang terhubung ke modul triptonik yang sudah ada jd fitur d fiesta ini. jd y g advance2 amet.. singkatnya mindahin/nambahin switch semula di tuas jadi di balik stir.....................
beberapa mbl memang seperti itu sih, ps exceed dan os gls cukup nambah modul switch paddleshiftnya uda bisa terpasang ... ada juga yg modul tcm nya memang berbeda versi dgn yg paddlepop dan tidak. (seperti d honda cmiiw)
bahkan XJ yang g ada triptoniknya di amrik uda ada yg bikin.... mainin switch solenoid gearny.
dan yup naik harga sih pasti...ganti better horn aja pasti ada pengaruh ke production cost. tinggal sebesar apa naikny.
dan soal selera orng ada yg prefer tuas geser +- ada yg prefer paddle shift...
dan gmn dgn yg model tombol di tuas gini ya hehe?ada yg lebih suka model gini?
cmiiw

err paddle pop in theory dri noobs sotoy ini...... maybe seperti switch tambahan yang terhubung ke modul triptonik yang sudah ada jd fitur d fiesta ini. jd y g advance2 amet.. singkatnya mindahin/nambahin switch semula di tuas jadi di balik stir.....................
beberapa mbl memang seperti itu sih, ps exceed dan os gls cukup nambah modul switch paddleshiftnya uda bisa terpasang ... ada juga yg modul tcm nya memang berbeda versi dgn yg paddlepop dan tidak. (seperti d honda cmiiw)
bahkan XJ yang g ada triptoniknya di amrik uda ada yg bikin.... mainin switch solenoid gearny.
dan yup naik harga sih pasti...ganti better horn aja pasti ada pengaruh ke production cost. tinggal sebesar apa naikny.
dan soal selera orng ada yg prefer tuas geser +- ada yg prefer paddle shift...
dan gmn dgn yg model tombol di tuas gini ya hehe?ada yg lebih suka model gini?
cmiiw

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11277
- Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
- Location: Yogya Is Timewa
Re: Preview Ford Fiesta 1.0 Ecoboost 2014
well noted, with many thanks..
Tidak terlalu advance ya. Tapi tidak mungkin juga untuk tidak naik harga...
Masalahnya, ane lebih demen yang tuas biasa...

Lagi lagi masalah selera...


Tidak terlalu advance ya. Tapi tidak mungkin juga untuk tidak naik harga...
Masalahnya, ane lebih demen yang tuas biasa...

Lagi lagi masalah selera...

" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Preview Ford Fiesta 1.0 Ecoboost 2014
err ijinkan ane berbagi sedikit impression FFS Ecoboost
what a great opportunity to drive this car
singkat cerita hari ini ada sebuah pameran otomotif akbar di Semarang, di sebuah convention hall
jam 10 ane sambangi, ane melihat sebuah Fiesta biru dari jauh.... dan ane perhatikan dari dekat.... sebuah emblem kecil bertulisan "EcoBoost"
ane mw masuk dicegat satpam dikira kriminil
ternyata pameran baru buka jam 11.... ane pulang dulu, lunch bareng nyokap.... mulangin nyokap... dan err... ane langsung kembali ke tempat tersebut... dengan semangat 45 untuk menculik Ekobus dan Yaris (awalnya)... ternyata nggak ada Atoyot di pameran tsb
ya udah... ekobus aja...
Rencana untuk bikin ripiu Yasir pun batal....
*modket, ayo kita culik TD Yasir di Sby
*
ane ke booth Ford, ngeliat-liat, dan sales langsung menyambangi
"ini baru mas, Ecoboost, 1000cc pake turbo"
"oh ya ada TD?" --- pura-pura ga tau padahal ane tau di bawah itu unit TD
"ada mas, mau TD?"
"boleh"
"KTP atau SIM ada?"
"ahh ada... *nyodorin SIM A ane*"
"tunggu bentar ya mas... rame nih unitnya banyak yg TD"
"okay mas gapapa santai aja"
singkat cerita ane ngobrol-ngobrol sama sales cukup lama, menunggu unit TD sampe kebosenan, akhirnya unit TD datang... Fiesta 1.0 EcoBoost berwarna biru
Exterior : err... tambahan lip depan dan extension di belakang cukup mendongkrak tampilan loh... ane suka... plus tentu saja aerodynamics advantage... mengurangi gaya Drag dan Lift
Interior : dejavu... no comment, udah pernah liat, ane sampe bilang ke sales "interior ga ada perubahan kan yak? makanya ane langsung TD, lah wong sama aja"
Driving impression :
Here we go!
sebuah enjin berukuran mini, 3-cyl 1.0L with Turbocharger.... output 125PS dan 170Nm, flat dari 1400-4500RPM.... a very big torque for this little engine and little car... err... bahkan Ahond GE8 aja cuma 145Nm di 4400... dipadu Ford Powershift 6-speed... this could be fun
Okay, start enjin dengan tombol.... dan.... err... getaran khas 3-silinder.... suara enjin cukup halus, dan getaran nggak se kasar March ane di rumah yang sama-sama 3-silinder...
Hmm.. keluarin mobil dari parkiran, setirnya ringan yak.... dan sales menjelaskan kalo kenceng nanti berat sendiri... let's see....
ane menjalankan mobil keluar parkiran Marina convention centre... turunan agak curam dan jalanan rusak... feeling ane ga enak "mampus... gasruk nih"
ternyata nggak
padahal ane udah khawatir tambahan lip di depan berpotensi menyebabkan approach angle berkurang... dan... DUK.... bantingannya stiff...
keluar jalan normal.... err... turbo lag... dibawah 1400 RPM... plus tranny yang jerky.... ahh.. feeling ane mobil ini kurang nyaman untuk stop and go...
masuk jalan arteri, kosong, ane flat-out,,, WOOOHOOOOO... VTEC... err... ECOBOOST JUST KICK IN YOO!!! nggak sadar liat speedometer udah menunjukkan 140 km/h
what?? this fast?? enjin semakin dibejek semakin bersemangat... but no... jalanan rame, i must slow down...
yang jelas... raungan jelas lebih menggugah daripada mesin peresan tebu yang ane TD 2 hari lalu....
hmm.. ane coba sedikit manuver, bodyroll cukup minim, steering feedback bagus karena adaptive... kenceng jadi berat... me like
next test! Braking test!
ane mencoba flat out dari nol di depan SMA Kristen ternama di daerah Puri Marina... kickdown terasa ada lag, no tyres screeching padahal TC off... di atas 1400 RPM enjin terasa bersemangat...
dan ane melakukan pengereman langsung 100-0.... surprise! Fiesta lulus braking test ane... stopping power halus dan menghentikan laju mobil dengan pasti, nggak seperti SX-4 ane yang sukses membuat gempa bumi di seisi kabin
dan kembali ke Marina convention center.... sales nyeletuk "mas kalo mau coba manuver di belakang ada tempat kosong"....
hmm... showtime
this miserable sales person don't know what will happen....
... dan ane melirik handbrake di samping ane...
TD ala SM = SerayaMadcat... err MadChZ dimulai!
ane menuju ke lahan kosong di parkiran, flat out, tarik handbrake..... trying to do some tailslide....
err.. mobil terasa understeer, berkali-kali coba, understeer.... mobil berusaha mempertahankan lajunya....
padahal TC udah ane matiin.... dengan tyres screechingggg....
dan dilirikin dengan tatapan sinis para pengunjung yang baru selesai parkir.... "what are this dumb person trying to do on a city hatchback?"
tapi obrolan ane dengan sales tadi bikin ane keinget....
"mas pernah liat yang di youtube itu yang fiesta ngepot-ngepot?"
"ah ya... ken block.... Fiesta kan dipake rally juga yak"
"iya mas"
dan langsung ane berpikir...
"ahh... this is a rally car... this should be like this"
tapi ane mencoba berkali-kali, dan it's fun
bodyroll sangat minim untuk ukuran city hatchback
sales mikir ane kayak orang gila kali yak... atau di otaknya dia berusaha mikir "what is this kid really doing?"
tapi kapan lagi? mumpung ada lahan kosong, kenapa ane ga maksimalkan
dan singkat cerita kami balik ke dalem.... ane memperhatikan unit display... ngeliat ke kolong, penasaran kenapa tadi nggak gasruk...
ternyata GCnya cukup tinggi untuk ukuran HB.. pantes.
Verdict :
Fiesta Ecoboost.... sebuah city hatchback yang sangat menyenangkan...
tampilan Aston KW8, enjin powahhhfull, steering feedback baik, pengereman halus, less bodyroll, tranny powershift memindahkan gigi dengan sigap meskipun jerky di awal, dan chassis sway yang minim... this car meets my expectations
mobil yang sangat berkarakter
sales bilang, mobil ini ready stock untuk warna merah dan putih (di Jateng dan DIY, entah daerah lain apa).... sisanya indent... OTR 270jeteng untuk A/T... hmm... good bargain kah?
sayang, ane masih meragukan ASS Ford....
Pros :
- Enjin powahhhfulll
- less bodyroll
- perpindahan gigi cepat khas DCT
- adaptive steering sangat menyenangkan dan tidak membunuh feedback mobil ini... still, setir nyaman untuk parkir dan mantap untuk manuver... feedback yang diberikan oleh adaptive steeringnya terasa natural
- GC tinggi
- Stopping power halus
- tambahan lip di depan dan extension di belakang cukup bagus... aerodynamics advantage....
Cons :
- Turbo lag under 1400RPM
- Jerky transmission
- Bantingan stiff
- Legroom terbatas... but who wants to sit on second row?
- Understeer.... tapi sekali lagi, understeer adalah compromise... karakter mobil rally.. karena Fiesta dipake di WRC
Sekian ripiu ane....
i'm just in love with this little thing 
*sepertinya ane harus ngerem nafsu sebelum beneran jadi Madcat KW8....
*

what a great opportunity to drive this car

singkat cerita hari ini ada sebuah pameran otomotif akbar di Semarang, di sebuah convention hall
jam 10 ane sambangi, ane melihat sebuah Fiesta biru dari jauh.... dan ane perhatikan dari dekat.... sebuah emblem kecil bertulisan "EcoBoost"

ane mw masuk dicegat satpam dikira kriminil


Rencana untuk bikin ripiu Yasir pun batal....


ane ke booth Ford, ngeliat-liat, dan sales langsung menyambangi
"ini baru mas, Ecoboost, 1000cc pake turbo"
"oh ya ada TD?" --- pura-pura ga tau padahal ane tau di bawah itu unit TD

"ada mas, mau TD?"
"boleh"
"KTP atau SIM ada?"
"ahh ada... *nyodorin SIM A ane*"
"tunggu bentar ya mas... rame nih unitnya banyak yg TD"
"okay mas gapapa santai aja"
singkat cerita ane ngobrol-ngobrol sama sales cukup lama, menunggu unit TD sampe kebosenan, akhirnya unit TD datang... Fiesta 1.0 EcoBoost berwarna biru

Exterior : err... tambahan lip depan dan extension di belakang cukup mendongkrak tampilan loh... ane suka... plus tentu saja aerodynamics advantage... mengurangi gaya Drag dan Lift

Interior : dejavu... no comment, udah pernah liat, ane sampe bilang ke sales "interior ga ada perubahan kan yak? makanya ane langsung TD, lah wong sama aja"
Driving impression :
Here we go!
sebuah enjin berukuran mini, 3-cyl 1.0L with Turbocharger.... output 125PS dan 170Nm, flat dari 1400-4500RPM.... a very big torque for this little engine and little car... err... bahkan Ahond GE8 aja cuma 145Nm di 4400... dipadu Ford Powershift 6-speed... this could be fun

Okay, start enjin dengan tombol.... dan.... err... getaran khas 3-silinder.... suara enjin cukup halus, dan getaran nggak se kasar March ane di rumah yang sama-sama 3-silinder...
Hmm.. keluarin mobil dari parkiran, setirnya ringan yak.... dan sales menjelaskan kalo kenceng nanti berat sendiri... let's see....
ane menjalankan mobil keluar parkiran Marina convention centre... turunan agak curam dan jalanan rusak... feeling ane ga enak "mampus... gasruk nih"
ternyata nggak

keluar jalan normal.... err... turbo lag... dibawah 1400 RPM... plus tranny yang jerky.... ahh.. feeling ane mobil ini kurang nyaman untuk stop and go...
masuk jalan arteri, kosong, ane flat-out,,, WOOOHOOOOO... VTEC... err... ECOBOOST JUST KICK IN YOO!!! nggak sadar liat speedometer udah menunjukkan 140 km/h

yang jelas... raungan jelas lebih menggugah daripada mesin peresan tebu yang ane TD 2 hari lalu....

hmm.. ane coba sedikit manuver, bodyroll cukup minim, steering feedback bagus karena adaptive... kenceng jadi berat... me like
next test! Braking test!
ane mencoba flat out dari nol di depan SMA Kristen ternama di daerah Puri Marina... kickdown terasa ada lag, no tyres screeching padahal TC off... di atas 1400 RPM enjin terasa bersemangat...
dan ane melakukan pengereman langsung 100-0.... surprise! Fiesta lulus braking test ane... stopping power halus dan menghentikan laju mobil dengan pasti, nggak seperti SX-4 ane yang sukses membuat gempa bumi di seisi kabin

dan kembali ke Marina convention center.... sales nyeletuk "mas kalo mau coba manuver di belakang ada tempat kosong"....
hmm... showtime



TD ala SM = SerayaMadcat... err MadChZ dimulai!

ane menuju ke lahan kosong di parkiran, flat out, tarik handbrake..... trying to do some tailslide....
err.. mobil terasa understeer, berkali-kali coba, understeer.... mobil berusaha mempertahankan lajunya....

dan dilirikin dengan tatapan sinis para pengunjung yang baru selesai parkir.... "what are this dumb person trying to do on a city hatchback?"
tapi obrolan ane dengan sales tadi bikin ane keinget....
"mas pernah liat yang di youtube itu yang fiesta ngepot-ngepot?"
"ah ya... ken block.... Fiesta kan dipake rally juga yak"
"iya mas"
dan langsung ane berpikir...
"ahh... this is a rally car... this should be like this"
tapi ane mencoba berkali-kali, dan it's fun


sales mikir ane kayak orang gila kali yak... atau di otaknya dia berusaha mikir "what is this kid really doing?"
tapi kapan lagi? mumpung ada lahan kosong, kenapa ane ga maksimalkan

dan singkat cerita kami balik ke dalem.... ane memperhatikan unit display... ngeliat ke kolong, penasaran kenapa tadi nggak gasruk...

ternyata GCnya cukup tinggi untuk ukuran HB.. pantes.
Verdict :
Fiesta Ecoboost.... sebuah city hatchback yang sangat menyenangkan...
tampilan Aston KW8, enjin powahhhfull, steering feedback baik, pengereman halus, less bodyroll, tranny powershift memindahkan gigi dengan sigap meskipun jerky di awal, dan chassis sway yang minim... this car meets my expectations

sales bilang, mobil ini ready stock untuk warna merah dan putih (di Jateng dan DIY, entah daerah lain apa).... sisanya indent... OTR 270jeteng untuk A/T... hmm... good bargain kah?

sayang, ane masih meragukan ASS Ford....
Pros :
- Enjin powahhhfulll
- less bodyroll
- perpindahan gigi cepat khas DCT
- adaptive steering sangat menyenangkan dan tidak membunuh feedback mobil ini... still, setir nyaman untuk parkir dan mantap untuk manuver... feedback yang diberikan oleh adaptive steeringnya terasa natural
- GC tinggi
- Stopping power halus
- tambahan lip di depan dan extension di belakang cukup bagus... aerodynamics advantage....

Cons :
- Turbo lag under 1400RPM
- Jerky transmission
- Bantingan stiff
- Legroom terbatas... but who wants to sit on second row?

- Understeer.... tapi sekali lagi, understeer adalah compromise... karakter mobil rally.. karena Fiesta dipake di WRC

Sekian ripiu ane....


*sepertinya ane harus ngerem nafsu sebelum beneran jadi Madcat KW8....

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 564
- Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
- Location: jakarta
Re: Preview Ford Fiesta 1.0 Ecoboost 2014
bro chz, baru aja saya mau tulis kesan TD saya, tnyata udah bro tulis semuanya, n kesannya idem ditto.
powerful engine indeed, tarikannya mengingatkan saya wkt TD vw golf mk6. n suara mesinnya halus sekali utk 3 cylinder, plus [cencored] sekali wkt high rpm.
saya TD di jakarta, senayan city.
istri saya emg demen sama ford ini, tp wkt dlu test drive yg versi 1.5 kesannya boyo bgt jd saya blg tunggu aja ecoboost. skrg ecoboost uda keluar, saya uda TD n impressed dg driving feelnya. tp saya blg ke istri msh ragu apa worth 250 juta beli ini, apa ga beli vw golf mk6 bekas aja ya....
yg terjadi, istri ngambek seharian ma ane
)()
powerful engine indeed, tarikannya mengingatkan saya wkt TD vw golf mk6. n suara mesinnya halus sekali utk 3 cylinder, plus [cencored] sekali wkt high rpm.
saya TD di jakarta, senayan city.
istri saya emg demen sama ford ini, tp wkt dlu test drive yg versi 1.5 kesannya boyo bgt jd saya blg tunggu aja ecoboost. skrg ecoboost uda keluar, saya uda TD n impressed dg driving feelnya. tp saya blg ke istri msh ragu apa worth 250 juta beli ini, apa ga beli vw golf mk6 bekas aja ya....
yg terjadi, istri ngambek seharian ma ane

Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
Choose yours
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Preview Ford Fiesta 1.0 Ecoboost 2014
@bro chz: Ahhhhh... sudut pandang berbeda dari TD Ekobus...
SM style!
Nah, ane penasaran, dari deskripsi ente, keliatannya, Ekobus ini lebih understeer saat handbraking daripada SX-4 yak...
SX-4 begitu nimble di tikungan dan tailslide nya ajib... *seperti yang ente lihat saat jogging KuSeM, ane handbrake, banting setir SX-4 ke kanan, dan ane langsung ngacir... meninggalkan ente full throttle di belakang*
Kebetulan, dua mobil ini punya trah rally, dan mohon di ingat, Fiesta KenBlock enjinnya bukan Ekobus: tapi PowahBeast!
Very good review bro... Lanjooot!
@om the-mantal: istri ngambek?
Salah satu hal paling tidak diinginkan di dunia setelah meteor gambot menumbuk bumi... 

SM style!



Nah, ane penasaran, dari deskripsi ente, keliatannya, Ekobus ini lebih understeer saat handbraking daripada SX-4 yak...
SX-4 begitu nimble di tikungan dan tailslide nya ajib... *seperti yang ente lihat saat jogging KuSeM, ane handbrake, banting setir SX-4 ke kanan, dan ane langsung ngacir... meninggalkan ente full throttle di belakang*

Kebetulan, dua mobil ini punya trah rally, dan mohon di ingat, Fiesta KenBlock enjinnya bukan Ekobus: tapi PowahBeast!

Very good review bro... Lanjooot!

@om the-mantal: istri ngambek?


Obey the mahakitteh. 

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5885
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: Preview Ford Fiesta 1.0 Ecoboost 2014
Serius um kesannya kaya mk6?the-mantal wrote:bro chz, baru aja saya mau tulis kesan TD saya, tnyata udah bro tulis semuanya, n kesannya idem ditto.
powerful engine indeed, tarikannya mengingatkan saya wkt TD vw golf mk6. n suara mesinnya halus sekali utk 3 cylinder, plus [cencored] sekali wkt high rpm.
saya TD di jakarta, senayan city.
istri saya emg demen sama ford ini, tp wkt dlu test drive yg versi 1.5 kesannya boyo bgt jd saya blg tunggu aja ecoboost. skrg ecoboost uda keluar, saya uda TD n impressed dg driving feelnya. tp saya blg ke istri msh ragu apa worth 250 juta beli ini, apa ga beli vw golf mk6 bekas aja ya....
yg terjadi, istri ngambek seharian ma ane)()
Semur umur blom pernah ane ngerasain mobil sgt berkesan seperti mk6
-
- SM Specialist
- Posts: 16667
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: Preview Ford Fiesta 1.0 Ecoboost 2014
hohoho... nggapapa bro tulis aja walaupun mirip... kan apa yang kita notice tiap TD berbeda....the-mantal wrote:bro chz, baru aja saya mau tulis kesan TD saya, tnyata udah bro tulis semuanya, n kesannya idem ditto.
powerful engine indeed, tarikannya mengingatkan saya wkt TD vw golf mk6. n suara mesinnya halus sekali utk 3 cylinder, plus [cencored] sekali wkt high rpm.
saya TD di jakarta, senayan city.
istri saya emg demen sama ford ini, tp wkt dlu test drive yg versi 1.5 kesannya boyo bgt jd saya blg tunggu aja ecoboost. skrg ecoboost uda keluar, saya uda TD n impressed dg driving feelnya. tp saya blg ke istri msh ragu apa worth 250 juta beli ini, apa ga beli vw golf mk6 bekas aja ya....
yg terjadi, istri ngambek seharian ma ane)()

overall impression ane juga nggak beda dengan om YK sebagai TS


err.. IMHO... good bargain sih om... the most valuable hatch on the market today... you get the enjin with title "World's best engine"...

antara VW dan Ford yak... soal durability keduanya mirip, soal ASS mirip... tapi Golf MK6 Seken lebih menjanjikan sih....
cuma untuk daily use ane kok lebih suka karakter ekobus yak... IMO... gearbox fiesta ekobus biarpun jerky masih nggak separah MK6...
err betul mod... Ekobus lebih understeer dari SX-4...madcat015 wrote:@bro chz: Ahhhhh... sudut pandang berbeda dari TD Ekobus...![]()
SM style!![]()
![]()
![]()
Nah, ane penasaran, dari deskripsi ente, keliatannya, Ekobus ini lebih understeer saat handbraking daripada SX-4 yak...
SX-4 begitu nimble di tikungan dan tailslide nya ajib... *seperti yang ente lihat saat jogging KuSeM, ane handbrake, banting setir SX-4 ke kanan, dan ane langsung ngacir... meninggalkan ente full throttle di belakang*![]()
Kebetulan, dua mobil ini punya trah rally, dan mohon di ingat, Fiesta KenBlock enjinnya bukan Ekobus: tapi PowahBeast!![]()
Very good review bro... Lanjooot!
@om the-mantal: istri ngambek?Salah satu hal paling tidak diinginkan di dunia setelah meteor gambot menumbuk bumi...
efek eksperimen tailslide berkali-kali, ane merasa bokong SX-4 lebih gampang digoyang dibanding Ekobus...

Ekobus, full throttle, belok setir, handbrake, ban berdecit, pantat hanya bergeser dikit

err.. efek body berat? efek suspensi terlalu stiff maybe? yang ane rasakan stiffness suspensi belakang Fiesta Ekobus horor...

yes.... Fiesta kenblock = PowahBeast

i need your drifting lesson

sensasi ekobus dan MK6 agak mirip om... ane bahkan sangat terkesan....evolution21 wrote: Serius um kesannya kaya mk6?
Semur umur blom pernah ane ngerasain mobil sgt berkesan seperti mk6
bedanya... MK6 minim turbo lag berkat Twincharger... ekobus di bawah sangat terasa turbo lag nya....

tranny Ekobus dan MK6 biarpun sama-sama jerky, tapi MK6 lebih jerky dibanding Ekobus.... tranny Ekobus cukup halus untuk ukuran DualClutch
tapi satu hal yang keduanya bisa berikan : FUN!

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Preview Ford Fiesta 1.0 Ecoboost 2014
deuhhh makin ngilerr ekobuss.......................... pengen..
kayanya asik d oprek ni enjin.... exterior dibikin ala fiesta st....
ada torque vectoringnya ga sih?
fiesta kenblok sih Rallycross class AWD dgn longitudinal engine/manjang kebelakang, bukan melintang kesamping ala fwd..kaki2 jadi fiss, 550hp - 800hp(pikespeak ver) from 2000cc duratec dan errrr hard to spot some similarities between them

kayanya asik d oprek ni enjin.... exterior dibikin ala fiesta st....
ada torque vectoringnya ga sih?
fiesta kenblok sih Rallycross class AWD dgn longitudinal engine/manjang kebelakang, bukan melintang kesamping ala fwd..kaki2 jadi fiss, 550hp - 800hp(pikespeak ver) from 2000cc duratec dan errrr hard to spot some similarities between them

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 564
- Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
- Location: jakarta
Re: Preview Ford Fiesta 1.0 Ecoboost 2014
om modcat, iya bener,gara gara istri ngambek, weekend jadinya serasa mo kiamat....muram amat suasana rumah.
om evo, ente hrs TD ford ecoboost n feel it yourself. tuh reviewer semarang aja setuju ko, sensasinya mirip. turbo lag terasa - bener - tp begitu msk rpm 1400 alias peak torque, lsg terasa lompatan tenaganya... n diatas rpm itu, om bejek sekenceng apapun itu mesin ngikutin kaki kita aja, ga ada ngeden2 di rpm atas..
om evo, ente hrs TD ford ecoboost n feel it yourself. tuh reviewer semarang aja setuju ko, sensasinya mirip. turbo lag terasa - bener - tp begitu msk rpm 1400 alias peak torque, lsg terasa lompatan tenaganya... n diatas rpm itu, om bejek sekenceng apapun itu mesin ngikutin kaki kita aja, ga ada ngeden2 di rpm atas..
Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
Choose yours
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5885
- Joined: Thu Aug 28, 2008 10:32
Re: Preview Ford Fiesta 1.0 Ecoboost 2014
Harus segera meluncur ke dealer ford ah....
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 186
- Joined: Wed Dec 11, 2013 11:35
Re: Preview Ford Fiesta 1.0 Ecoboost 2014
Wah jadi pingin test drive neh...di surabaya apa ada test drive unit nya ya?