Ane pake E36 320i 1995 M52 M/T dari baru... Masih tangan pertama ... Ane sih puas2 aja makenya ... Selalu pake pertamax/ shell dari awal beli... Ane juga selalu pake oli mesin 10-40 keluaran shell/caltex/petronas. Tapi ane lbh sering pake petronas krn ane ngerasa mesin mobil lbh mantep di siang hari bolong yg panas bgt...
Udah pernah turun mesin thn 2010 krn asap putih udh keluar dari knalpot, cylinder headnya udh kudu diganti, namanya jg mobil tua gak ada alasan mesin mobil bakal kuat selamanya... klo ada yg blg katanya bagian tertentu suka meledak2 gitu, jujur ane gak pernah ngalamin, jd ane bingung apa sih yg dimaksud sebenarnya....
Nah krn udh turun mesin gitu, ane ganti aja sekalian piston, vanos, coil, water pump, motor fan, dinamo starter dsb. Hampir semuanya di bagian mesin udh ane ganti dgn yg baru dan original BMW, tinggal ECUnya yg blm diganti dari baru tp ane rawat & bersihkan scr berkala tuh ECU. Filter udara jg udh ane ganti pake KNN. Di bagian kaki2nya semua per, shockbreaker, terot, long terot, semua disc brake, ban dsb sdh ane ganti semua. ACnya ane udh ganti blower, kompressor, motor extra fan dsb. Piston yg ane pakai utk seri 325i, diakalin dikit ama montirnya spy bisa dipakai di 320i ane... Mesin & ECUnya diset utk bisa pake premium, krn premium katanya skr udh unleaded jd bisa dipertimbangkan kualitasnya tp tetap ane pake pertamax/shell sehari2nya.
Sekarang sdh hampir 4 thn sejak di obrak-abrik gitu, ane puas banget pakenya... Seri2 BMW, Mercy, Volvo, Audi thn2 terbaru yg CC < 2500 boleh di adu sama punya ane... Ane sdh sering di tol bikin merk2 yg lbh baru itu jadi kesal gara2 dibalap sama BMW tua ane dan susah ngejarnya Hehehehe...
Kalau dibilang harga spareparts mercy lbh murah dari bmw klo dgn penggantian yg sama yaaa bodo amat... yg penting ane puassss kok...
Walaupun ada mobil lain yg lbh murah dan lbh durable dsb kalo gak bisa ngerawat dgn baik ya sama aja cpt rusak jg ... Yg bisa ngerawat lbh lama mgkn memang orgnya rajin ke bengkel utk perawatannya dan mengerti tanda2/ gejala2 yg gak beres di mobilnya ... Jujur sih BMW memang cenderung sedikit hrs lbh rajin utk ngecek krn BMW emang enak bgt mobilinya sampe banyak org2 pd gak sadar klo ternyata sebenarnya sdh waktunya dibawa ke bengkel utk perawatan, dari indicator yg ada di speedometer bisa dipake sbg acuan service berkala... Selain itu dulu gak byk montir2 ahli BMW krn teknologi BMW yg cenderung satu langkah didpn para kompetitornya, shg sering terjadi masalah klo tdk ditangani lgs oleh montir2 khusus BMW.. Tapi klo skr udh cukup byk montir2 ahli BMW..
Klo hrg jual BMW itu lbh jatuh dari Mercy itu kalo menurut ane lbh kpd brandnya aja. Positioning brand Mercy memang lbh kuat drpd BMW/Audi/Volvo/Peugeot .. Mercy bekas yg mesinnya bermasalah hrg jualnya jg tetap bisa lbh tinggi dari BMW yg mesinnya masih bagus.. Sama aja dgn Toyota, di seri apapun brand Toyota pasti hrg jualnya lbh bgs dari merk Jepang lainnya krn faktor brand imagenya itu.
Gak usah diperdebatkan mobil mana yg lbh baik, yg perlu diperdebatkan siapa yg paling pandai merawat mobilnya klo udh berumur dan msh mampu mengantar ke tujuan2 kita dimanapun tanpa hrs khawatir ...
