entah karena mata ane yang cupu atau gimana. sampe sekarang ane belom bisa mencerna maksud design kek gitu.
di kepala ane kok seperti bokong setrikaan ya?

ane masih suka bokong suzuki amnety dibanding bokong briyo.
*cuma opini pribadi lho ya...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
Basis desainnya dari negeri accha accha...geser geser kepala....Andrian wrote:bokong belakang...
entah karena mata ane yang cupu atau gimana. sampe sekarang ane belom bisa mencerna maksud design kek gitu.
di kepala ane kok seperti bokong setrikaan ya?![]()
ane masih suka bokong suzuki amnety dibanding bokong briyo.
*cuma opini pribadi lho ya...*
Saya yg msh muda "ehm" juga gak ngerti maksudnya dari design bokong macam ini.. Kayak buah pear nggak juga hha, sebetulnya sih selera aja, tapi saya termasuk nggak selera dengan model yg seperti ini..Andrian wrote:bokong belakang...
entah karena mata ane yang cupu atau gimana. sampe sekarang ane belom bisa mencerna maksud design kek gitu.
di kepala ane kok seperti bokong setrikaan ya?![]()
ane masih suka bokong suzuki amnety dibanding bokong briyo.
*cuma opini pribadi lho ya...*
hehehehe...VanzMatic wrote:Basis desainnya dari negeri accha accha...geser geser kepala....Andrian wrote:bokong belakang...
entah karena mata ane yang cupu atau gimana. sampe sekarang ane belom bisa mencerna maksud design kek gitu.
di kepala ane kok seperti bokong setrikaan ya?![]()
ane masih suka bokong suzuki amnety dibanding bokong briyo.
*cuma opini pribadi lho ya...*
![]()
Ane juga masi djadoel bin cupu lah, ngga bisa ikutin bahasa desain seperti itu... belum tercerna dengan baik oleh mata tua ane...
Maklumlah, namanya juga selera.... Macem macem yang sukak...
Salam kenalcrazyjoe wrote:mohon maap,piyik mau berpendapat...ane waktu belom beli nih sotoy juga jijik liat bokong brio sotoy...tapi setelah ane beli dan rasain dua minggu jalan daily usage kok berubah pikiran, malah desain unik menurut ane...imho,klo beli brio kyknya perlu siapin budget buat peredam sama upgrade velg &ban...iVTEC bikin driver kurang "intelligence"...cmiiw
Wah pencerahan yang bagus akhirnya membuka mata tentang apa itu i-vtec di honda.. Berarti i-vtec tiap mesin teknologinya beda2billyd1773dz wrote:mantap reviewnya bro nyoman![]()
soal i-vtec nih, di L15 GD3, L13Z1 dan mungkin di adiknya satya L12 juga...
setelah noobs sotoy ini baca2...
sepertinya i-vtec di kedua mesin ini cukup unik dan sederhana implentasinya.. yaitu dia bisa matiin 4 buah intake valve di tiap silinder saat low to mid rev.... jadi dari 16valve hanya jalan 12 valve, 1 valve intake 2 valve exhaust.... bgtu sampai rpm tertentu.. di rockerarm nya ada pin yang akan gerak dan ngunci valve intake sehingga sekarang jalan full 16valve.
bagusnya bisa naikin efisiensi dgn ngebatasin udara hingga 50% dri kapasitas head seharusnya yang masuk ke ruang bakar hanya dari 1 valve sekaligus terjadi swirl effect less air less fuel to burn juga...saat low rev... di highrev.. 1 valve lagi aktif dan kini jalan full 16v ngeluarin performa optimalnya..
nah pendekatan yg berbeda dengan valve variable lain di i-vtec ini tidak ada mekanisme retard advance camphasing seperti VVT-I/CVVT/Vanos,Honda VTC dll valve variable konvensional, juga tidak ada perubahan durasi cams serta lift seperti kakanya di vtec classic b/fseries dan i-vtec L15 di GE8, R18/20 hingga Kseries
ini ilustrasi yg enak diliat cara kerja head i-vtecnya
http://www.youtube.com/watch?v=ReGDJbYKXtg
dulu mekanisme ini pernah ada di vtec-E untuk Dseries, berguna untuk menghasilkan leanburn... ada juga versi yg di gabung dengan camchangin ke wild/hotcam
jadi tidak semua i-vtec itu sama *malah jelimet tiap seri mesin honda bnyk yg beda2* ivtec juga sangat berbeda degan valve variable lain.
camphasing seperti vvti vanos vvt dll di honda namanya VTC. Lseries g ada VTCnya.
jadi mungkin itu udang di balik batunya i-vtec d kasta entry level honda....dan tentu nilai akhir seberapa efektif sistem ini tentu di tangan konsumen saat testdrive hehehe![]()
![]()
cmiiw banget klw salah mohon di koreksi n didiskusiin
Nice info om billybillyd1773dz wrote:mantap reviewnya bro nyoman![]()
soal i-vtec nih, di L15 GD3, L13Z1 dan mungkin di adiknya satya L12 juga...
setelah noobs sotoy ini baca2...
sepertinya i-vtec di kedua mesin ini cukup unik dan sederhana implentasinya.. yaitu dia bisa matiin 4 buah intake valve di tiap silinder saat low to mid rev.... jadi dari 16valve hanya jalan 12 valve, 1 valve intake 2 valve exhaust.... bgtu sampai rpm tertentu.. di rockerarm nya ada pin yang akan gerak dan ngunci valve intake sehingga sekarang jalan full 16valve.
bagusnya bisa naikin efisiensi dgn ngebatasin udara hingga 50% dri kapasitas head seharusnya yang masuk ke ruang bakar hanya dari 1 valve sekaligus terjadi swirl effect less air less fuel to burn juga...saat low rev... di highrev.. 1 valve lagi aktif dan kini jalan full 16v ngeluarin performa optimalnya..
nah pendekatan yg berbeda dengan valve variable lain di i-vtec ini tidak ada mekanisme retard advance camphasing seperti VVT-I/CVVT/Vanos,Honda VTC dll valve variable konvensional, juga tidak ada perubahan durasi cams serta lift seperti kakanya di vtec classic b/fseries dan i-vtec L15 di GE8, R18/20 hingga Kseries
ini ilustrasi yg enak diliat cara kerja head i-vtecnya
http://www.youtube.com/watch?v=ReGDJbYKXtg
dulu mekanisme ini pernah ada di vtec-E untuk Dseries, berguna untuk menghasilkan leanburn... ada juga versi yg di gabung dengan camchangin ke wild/hotcam
jadi tidak semua i-vtec itu sama *malah jelimet tiap seri mesin honda bnyk yg beda2* ivtec juga sangat berbeda degan valve variable lain.
camphasing seperti vvti vanos vvt dll di honda namanya VTC. Lseries g ada VTCnya.
jadi mungkin itu udang di balik batunya i-vtec d kasta entry level honda....dan tentu nilai akhir seberapa efektif sistem ini tentu di tangan konsumen saat testdrive hehehe![]()
![]()
cmiiw banget klw salah mohon di koreksi n didiskusiin
Yup bener om, ane sudah bisa nebak kalau di L-series honda ini type vtec yg kyk gini.billyd1773dz wrote:mantap reviewnya bro nyoman![]()
soal i-vtec nih, di L15 GD3, L13Z1 dan mungkin di adiknya satya L12 juga...
setelah noobs sotoy ini baca2...
sepertinya i-vtec di kedua mesin ini cukup unik dan sederhana implentasinya.. yaitu dia bisa matiin 4 buah intake valve di tiap silinder saat low to mid rev.... jadi dari 16valve hanya jalan 12 valve, 1 valve intake 2 valve exhaust.... bgtu sampai rpm tertentu.. di rockerarm nya ada pin yang akan gerak dan ngunci valve intake sehingga sekarang jalan full 16valve.
bagusnya bisa naikin efisiensi dgn ngebatasin udara hingga 50% dri kapasitas head seharusnya yang masuk ke ruang bakar hanya dari 1 valve sekaligus terjadi swirl effect less air less fuel to burn juga...saat low rev... di highrev.. 1 valve lagi aktif dan kini jalan full 16v ngeluarin performa optimalnya..
nah pendekatan yg berbeda dengan valve variable lain di i-vtec ini tidak ada mekanisme retard advance camphasing seperti VVT-I/CVVT/Vanos,Honda VTC dll valve variable konvensional, juga tidak ada perubahan durasi cams serta lift seperti kakanya di vtec classic b/fseries dan i-vtec L15 di GE8, R18/20 hingga Kseries
ini ilustrasi yg enak diliat cara kerja head i-vtecnya
http://www.youtube.com/watch?v=ReGDJbYKXtg
dulu mekanisme ini pernah ada di vtec-E untuk Dseries, berguna untuk menghasilkan leanburn... ada juga versi yg di gabung dengan camchangin ke wild/hotcam
jadi tidak semua i-vtec itu sama *malah jelimet tiap seri mesin honda bnyk yg beda2* ivtec juga sangat berbeda degan valve variable lain.
camphasing seperti vvti vanos vvt dll di honda namanya VTC. Lseries g ada VTCnya.
jadi mungkin itu udang di balik batunya i-vtec d kasta entry level honda....dan tentu nilai akhir seberapa efektif sistem ini tentu di tangan konsumen saat testdrive hehehe![]()
![]()
cmiiw banget klw salah mohon di koreksi n didiskusiin
di indo.............. jangan salah om L15 yang di ANJ GE8 itu Camswitching dia punya mild cam dan hot cam seperti yg bro bilang "Real Vtec" seperti di vtec classic B-Series....Tomiko_Van wrote:
Yup bener om, ane sudah bisa nebak kalau di L-series honda ini type vtec yg kyk gini.
Kalau di forum sebelah, sebutannya "vtec banci", tujuan utamanya buat efisiensi, terutama buat optimize FC di rpm rendah. Kalau yg "Real VTEC" itu yg ada 2 durasi cam, di rpm rendah profile cam rendah, rpm tinggi baru profil cam tinggi. Sayangnya di indonesia kelihatannya belum ada official car yg pakai "real vtec", kecuali satu mobil legendaris : Honda City Type-Z SX8![]()
baca2 aja bro...Tomiko_Van wrote:^^ Udh pernah "bongkar" L-series om?? L-series kyknya mesin lebih "manusiawi" daripada D & B series, pwr & torque distribution lebih merata, dibanding D & B yg lebih ke tengah-atas pwr & torquenya.
Ohya, untuk K24 DOHC i-vtec setau ane cuma di intake, bukan di intake-exhaust (atau di toyota namanya dual vvt-i, di intake & exhaust). Makanya K24Z Odyssey Absolute 200 PS kelihatannya sudah dual i-vtec ya, beda dgn K24 biasa (di accord/CRV atau Odyssey biasa)
Ada dua versi om...HouseOfDetailing wrote:SX8 Indo pakai D15B7 atau mutant D15 engine?Powernya hampir setara D15B 3 stage
d15A1?madcat015 wrote:Ada dua versi om...HouseOfDetailing wrote:SX8 Indo pakai D15B7 atau mutant D15 engine?Powernya hampir setara D15B 3 stage
D15B1 dan D15A1... punya ane D15A1...
D15A1
Found In:
1984–1987 Honda CRX
Displacement : 1,488 cc
Bore and Stroke : 74.0 x 86.5 mm
Compression : 9.2:1
Power : 76 hp at 5,500 rpm
Torque : 84 lb·ftf at 3,500 rpm
Valvetrain : SOHC (3 valves per cylinder), non VTEC
Fuel Control : OBD-0 12/v PGM-CARB
Redline : 6,500 rpm
Economy : 31/38 mpg
Head code : EW-1
ECU : –
Transmission : DA48
Gear ratios : 2.38/ 1.76/ 1.18/ 0.85/ 0.71
Final drive ratio : 4.27
bukan enjin ini kli yahD15B1
Found in:
1988–1991 Honda Civic Hatchback
Displacement : 1,493 cc (91.1 cu in)
Bore and Stroke : 75 mm × 84.5 mm (2.95 in × 3.33 in)
Compression : 9.2:1
Power : 70 hp (52.2 kW, 71.0 PS) at 5,500 rpm[10]
Torque : 73 lb·ft (11.4 kgm, 112 Nm) at 3,000 rpm[10]
Valvetrain : SOHC (4 valves per cylinder) non-VTEC
Head Code : PM3
Fuel System : Dual Point injection (PGMFI)
ECU Code: PM9
haa.. gtw bingung jugamadcat015 wrote:Errrr...
Enjin SX8 ane D15A1, 1,497cc, 110hp, 16valve SOHC, non VTEC, PGM-FI, redline 6,700 rpm, fuel cutoff 7,450rpm.
*jadi bingung...*