
Kali ini ane mau review Kia Sorento Bensin 2.400 AT yang kebetulan dapet pinjeman dari KIA langsung

Intro:
waktu itu kita lagi bahas SUV 7 seater dimana pasti bawaannya selalu balik ke Fortuner dan Pajero Sport. Padahal masih ada Hyundai Santa Fe dan Kia Sorento. Setelah kita kirim surat, ternyata Kia merespon baik dan meminjamkan buat AutonetMagz


Eksterior
Kia Sorento Eksterior depannya oke, ganteng khas mobil Eropa.


Lampunya juga bagus, tapi nggak sedetail Kia Carens, alis LEDnya nggak nahan, cantik banget pas lagi nyala...


Bentuk belakangnya agak kurang proporsional, tapi masih oke walaupun modelnya ngikutin Audi (Namanya juga KIA = Korea Imitating Audi).

Btw ini mobil dari belakang ternyata tingginya sama kaya Ertiga, dan logo KIA-nya itu ngerusak pemandangan

Overall dibanding dengan kompetitornya yang sama-sama 7 seater, mobil kelihatan lebih mahal dari depannya. Buat ane nilainya 8/10 lah
Sekarang kita masuk ke dalam interior, Masuk ke dalam, baris pertama dan kedua lega banget, ketiga mulai rada sempit, tapi masih okay lah. Sayang dibagian baris ketiga double blowernya di downgrade (versi amerika ada di samping kanan-kiri).
Terus ngomongin dashboard, lumayan apik meskipun masih ada material yang keliatan murah dan keras. Namun jika dibandingkan dengan Fortuner dan Pajero ini masih lebih cantik menurut ane. terutama dari segi desain dan kesan lapangnya yang nggak bakalan di dapatkan di PS dan Fortie. Storagenya juga banyak, finishing black wooden panel mengingatkan ane pada BMW ane dulu

Duduk di bangku kemudi jauh lebih nyaman dibandingkan fortie dan ps, terutama buat ruang kaki dan console box yang bisa jadi handrest beserta door trim yang menopang tangan dengan baik. Pedal gasnya model injak rata lantai kaya BMW dan Audi. Terus ngeliat setir rasanya seneng aja lebih padet karena ada cruise control di sebelah kanan, audio di sebelah kiri, dibawahnya juga ada tombol-tombol rapi untuk ngatur MID dan odometer. Cuma logo KIA-nya nggak nahan


Satu yang ane nggak suka, headrest yang sepertinya modifikasi ATPM ditambah TV ini nggak banget, jadi nggak bisa nyender, padahal di tempat service, ane coba duduk di Sorento yang sama tapi nggak ada TV headrest enak-enak aja. Mana bahan kulit bagian ini rada murahan dan agak sedikit oblak khas aksesori china.

Nah soal head unit, head unitnya canggih juga nih, ada storagenya 8 giga. suaranya oke, terutama tweeternya dan dikencengin pun door trim nyantai. bisa bluetooth dan nyimpan memory telepon. Kamera mundur juga ada dan panel AC juga sudah digital lengkap dengan dual zone kaya CRV. Terus untuk headrest TV belakang, dia bisa dibuat dual zone antara sebelah kanan dan kiri bisa nyetel yang beda-beda. Entah gimana tuh pembagian suaranya.


Masuk ke bangku tengah sangat lega dan sangat lebar dibanding rival, kurisnya tebel-tebel tapi agak keras kaya mobil Mamarika. dia punya AC yang letaknya lucu di dekat seatbelt pengemudi depan. cuma finishing joknya itu nggak banget, bisa diliat digambar


Satu hal yang menarik, Panoramic Sunroofnya kalau dari tengah terlihat bagus sekali, tintednya juga pas, di matahari terik nggak berasa panas berlebih.


Masuk ke kursi belakang ya gitu deh, kaya LMPV, seharusnya bisa lebih lega kalau tengahnya bisa digeser . Bagasinya juga kecil banget meskipun ada kompartemen dibawahnya.
Untungnya kursi belakang dan tengah kalau ditidurin bisa rata, cocok buat yang suka tiduran di mobil atau bawa sepeda dan papan surf
Riding impression
Masuk ke dalam mobil, nyalain mesin
seperti Carens, NVH mobil ini enak banget, kedap, suara mesin minim, di gas rpm tinggi aja masih lebih kedap dibanding CRV 2.4 meskipun nadanya meninggi dan getaran mesinnya nyaris tak terasa (pas buka mesin pantes aja engine mountingnya segede gaban).

Udah deh terus coba keluar dari parkiran
eehhh buset..... setirnya enteng banget, kaya bawa hatchback, tapi waktu di tol setir jadi berat. gasnya juga enteng dan effortless banget karena tenaganya main di putaran bawah doi. Cuma kalau dibejek masih kurang untuk ukuran SUV 2.4 (dulu ane bawa CRV). Transmisinya halus, ada active ECOnya juga, pindah ke mode manual, langsung galak, tapi tetep aja diajak lari putaran atasnya nihil.


Bawa jalan-jalan dikit, ke jalan jelek, suspensinya juara, meskipun kalau kena lubang besar di kecepatan yang agak tinggi nggak sejuara Pajero Sport. Suspensi mobil ini terlalu empuk, empuk banget bahkan, rasanya Kia pengen menghilangkan kontak antara aspal dengan kabin. di tol mobil ini kaya bawa kapal. rasanya mobil ini berat banget. Cocok buat yang cari mobil ngejar kenyamanan.

Limbung? body roll? jangan tanya, berasa banget, tapi nggak separah MPV kelas serena. Feedback setir juga nihil, untungnya yang bikin gua betah sama mobil ini ada pada radius putarnya yang juara, kaya avanza. Gua juga bingung itu gimana Kia bisa bikin SUV segede bagong beloknya bisa patah gitu.

Cuma bawa mobil ini rada keki, lebar banget . Untung moncong depannya jelas terlihat. driving positionnya juga bebas bisa diatur sedemikian rupa karena udah ada height adjuster, tilt and telescopic.
Konsumsi bbmnya juga nggak ada yang special, sama kaya CRV 2.4 dan Kijang Innova, dan satu hal yang menarik, sudah hidrolik kap mesinnya meskipun kalau diangkat kap mesinnya berat pas diawal (besinya tebel gila).

Terakhir waktu ane coba jalan-jalan malem, cornering lamp sangat membantu ternyata, terutama buat ngeliat lobang pas kelokan macam di puncak gitu

Kesimpulan
Menurut ane untuk SUV 7 seater, Kia Sorento sudah sangat worthed buat yang cari mobil nyaman. apalagi harganya cuma 380-an juta, eh ternyata sekarang buka websitenya jadi 410 juta.... waks! (pasti karena dollar)

tapi dengan budget 410 juta kalau disuruh pilih antara ini, fortie dan ps. pastinya ane ambil Sorento.... (maunya sih nunggu 2nd-nya aja biar resale valuenya nggak jatoh2 amat) <-- pemikiran kelas menengah ngehe...

Gimana kalau dibandingin CX-5 yang kaya fitur? beda segmen, ini 7 seater masbro....

What i like :
- NYAMAN (NVH juara dan suspensinya enak banget)

- eksterior, LEDnya, Velgnya
- Not only panoramic, its panoramic sunroof

- head unit (suara oke, ada storagenya)
- driving position (not only customizable, arm restnya juga pas)
- setir enteng parah
- lega sekali
- detailing Kia
- transmisi halus
- cakram 4 roda
dislike:
- Terlalu lebar!

- handling hambar!
- material beberapa bagian yang kelihatan justru kurang oke
- boros
- tarikan kurang
- baris ketiga dan sempit
- AC double blower nggak sampe belakang
- finishing, terutama bagian kursi
udah itu aja om..... makasih sudah membaca..... mohon kritik dan sarannya
oh iya, ini kalau mau liat videonya

part-1
http://www.youtube.com/watch?v=TbOSs02LfrU
part-2
http://www.youtube.com/watch?v=SDVow4oS8p8