First things first: Ini postingan pertama saya dan mungkin agak panjang, mohon maaf jika membosankan.
Salam kenal semuanya

. Saya member baru (male, Bdg). Nyangkut di sini berkat kak Google yg baik hati saat saya
nyari-nyari review Mobilio.
Forum ini ternyata cukup informatif, tidak seperti milis yang saya langganani (EYD off) belasan tahun yg lalu
yg isinya sekarang lebih banyak chit chat ngga jelas sampe ngebahas politik segala padahal nama milisnya jelas-jelas
ttg otomotif. Mau nyari resensi Mobilio jadi capek duluan.
Sebelum memberanikan dan melancangkan diri posting di sini, saya sempat juga baca-baca thread Mobilio yang lain di forum ini.
Bener-bener kocak ya member-membernya. Sempet mikir John Peace itu CEO HPM yang baru atau siapa, eh 2 menit
kemudian baru nyadar kalau itu plesetan dari Jonfis
Juga komentar-komentar tentang "di garasi saya ada Elysion, CRV dan Jazz" nya, cukup menghibur.
Di garasi saya juga sebetulnya ada Honda bertransmisi CVT, dan setelah saya kendarai memang berbeda dengan Freed punya adek saya.
Ya iyalah beda, wong yg di garasi saya itu rodanya cuman 2. Namanya Honda BEAT, dinamai begitu coz it beats my ass up everytime
I ride it (joknya keras bener soalnya).
OK, balik maning nang Lio.
Saya sendiri sudah inden sejak Oktober '13 tapi konon katanya menurut sahibul hikayat baru kebagian jatah akhir Feb atau Maret.
Awalnya saya nyari LMPV untuk menggantikan VVVLMPV (Very Very Very Low MPV) saya yaitu APV GA non power steering,
non power window, untungnya masih ada AC, yg sudah menemani pahit getirnya hidup saya selama 10 tahun. Alasan saya mau
ganti sebetulnya ngga terlalu logis, karena mobil tua nan buruk rupa itu sejatinya ngga pernah ada masalah apapun. Selama
10 thn, ketika memutar kunci start ngga pernah lebih dari 2 detik mesin pasti hidup (kecuali pas aki mati). Jadi saya cari-carilah
alasan lainnya untuk say goodbye pada si APV, yaitu: BOSAN.
Setelah riset sana sini, ada beberapa calon pendamping baru.
Duo legenda yg tidak perlu disebut namanya, R3 dan batu makam GL (haha, boleh juga plesetannya, member di sini emang kreatif)
saya coret dari nominasi karena alasan yg sama: bosan. Yg duo kribo bosan pakainya, soalnya kalau dapet tugas wara wiri dari kantor
kalau ngga pakai Innova ya Avanza. Kalau yg GL bosan liatnya aja, udah banyak banget.
R3 banyak yg memuji dan saya setuju dgn puji-pujiannya. Tapi masa pake Suzuki lagi?
Ngga ah, pengen nyoba merk lain ajah.
Sisanya tinggal batu makam Evalia dan Spin. Yang evalia tereliminasi karena koq bentuknya ngga ada kemajuan berarti dari sang
incumbent yg saya miliki sekarang.
Akhirnya Spin nyaris jadi calon tunggal, dan istri saya tiap liat Spin di jalan suka 'ngeledek' saya mulu "Bagus ya... bagus ya.. kapan gantinya nih?". Saya cuman mesem-mesem aja belagak budek.
Yang mengganjal dari Spin itu cuman satu: bengkelnya juga cuman satu di kota saya. Jadi biarpun salesnya sms-in terus saya
belum berani mengatakan "Yes, I do".
Sampai suatu hari, ketika di Mall PVJ (yang suka ke Bandung pasti tau ini) ada pameran sang Lio, hati saya langsung luluh lantak, ini love at 1st sight namanya. Liat-liat bentar dari deket, GPL, saya samperin salesnya, langsung bikin tanda jadi 1 jeti.
Padahal saat itu sang tersangka belum boleh dimasuki, bahkan disentuh aja kagak bisa. Jadi boro-boro tau performance nya,
ngerasain duduknya kayak apa aja ngga tau. Tapi mungkin si Lio punya bakat jadi the new mentalist, banyak pengunjung yg terhipnotis
dan tangannya mendadak ringan untuk tandatangan tanda jadi (saya dapet urutan ke 500an katanya, padahal pameran baru 2 hari, oh
my dog!). Salesnya bilang kalau mau batal uang tanda jadi bisa balik lagi 50%. Oke deh, kalaupun ternyata setelah
ada unit yg bisa di raba-raba dan saya ngga tertarik, ilang gopek ceng cukup fair rasanya.
Sejak itu, sambil dag dig dug takut salah ambil keputusan, saya mulai riset lagi nyari-nyari info ttg sang Lio.
(Duh enaknya hidup di jaman internet ya).
Dan akhirnya saya dapatkan 7 alasan [memantapkan hati] milih Lio versi ondesprot (sebenernya lebih dari 7 alasan, sisanya buat member lain nambahin..hehe):
1. Bentuknya bagus. Oke, depannya memang reinkarnasi Brio dgn badan yg menderita obesitas. So what, moncong Brio juga bagus kan?
Desainer Honda cukup cerdas memanjangkan "batang chrome" (sori ngga tau istilah yg tepat) di grill depan itu sehingga "bibirnya" tidak terkesan imut seperti Brio. Pantatnya [cencored]. Betul rada-rada mirip BMW, dan itu bagus. Model lampu belakang beginian lagi trend saat ini. Pajero Sport, KIA Sportage, Mitsu Outlander juga pake gaya-gaya lampu belakang yg beginian.
2. Kabin lega, dan paling lega dari semua kandidat yg pernah saya masuki (kecuali Evalia). Ini penting, karena biarpun belum
pernah bawa aqua sampai 4 galon, tapi APV saya yg sedang dalam masa MPP itu pernah buat bawa kasur, bahkan kulkas 1 pintu (waktu dapet doorprize acara kantor), dan beberapa furnitur hasil berburu barang diskonan di Informa/Ace Hardware (kalau dikirim oleh
mereka kena ongkos 100 ribu, lumayan kan). Kursi tengah yg bisa reclining dan maju mundur juga nilai plus plus plus. Posisi
duduk wuenak euy, jadi sopir atau penumpang sama enaknya (enakan nyupir sih). Ber tahun-tahun jadi penumpang Avanza/Innova bikin
punggung saya butuh chiropractic (no offense buat owner AV/Inno ya).
3. Mesin yang dipakai bukan mesin yg bener-bener baru diciptakan, tapi (konon) dipakai juga di Freed, City dan Jazz juga. Yah mungkin
ada perbedaan sedikit (lebih advance? karena pakai teknologi Mimpi Bumi?). Keuntungan pakai mobil baru yang mesinnya sudah lama
beredar adalah ketersediaan spare part yang relatif lebih terjamin. Selain itu, mesin yang sudah pernah dipakai di tipe lain bisa
menunjukkan reputasi atau kualitasnya. Kalau mesinnya samasekali baru (misal pada LCGC) kadang suka ada keraguan mengenai bandelity
nya (tingkat kebandelan mesin). Salah satu alasan saya dulu milih APV adalah karena mesinnya pakai Baleno yg sudah teruji, tapi alasan
utamanya sih karena duit pas-pasan dan ngga sabaran dengan inden Avanza yg waktu itu sampai hampir 12 bulan (thn 2004).
4. Saat browsing di situs-situs punya orang sono, ternyata sang Lio ini dikirim ke Jepang dulu untuk uji performance di sirkuit Motegi
(katanya sirkuit ini punya Honda), dan juga sudah mengalami crash test. Saya yakin crash test nya pakai dummy, bukan live crash test
seperti yg dilakukan salah satu artis dangdut di Km 97 tol Cipularang itu. Untuk kelas LMPV, pengujian di negri leluhur ini merupakan
poin plus yang (mungkin) tidak dilakukan kompetitornya, CMIIW.
5. Interior cukup bagus. WHAAAT? R U KIDDING ME? (pasti begitu kan reaksi rekan-rekan semua

). Betul koq, karena
kata "bagus" dan "jelek" itu adalah kata komparasi. Anda semua harus masuk APV saya dulu sebelum bilang interior Lio ini jelek.
Oke cuman becanda, memang interior Lio itu "tidak seperti yg diharapkan", tapi sejak awal memang saya tidak berharap banyak.
Lha wong 10 tahun saya harus memandangi dashboard ala angkot (kisi-kisi AC ngga bisa disetel, ngga ada tachometer, setir 2 spoke,
dsb.) koq berani-beraninya ngripik pedes dashboard sang Lio. Jadi buat saya soal dashboard yg katanya lebih mengerikan dari film
Conjuring itu ngga terlalu masalah. Penumpang di sebelah yang cantik kelihatannya bisa mengobati pemandangan, itu solusi yang
paling simpel. Oh iya, interior kan bukan cuman dashboard. Jadi yg menurut saya cukup bagus itu misalnya plafond, ac double blowernya,
jok, doortrim, ya bagus lah untuk mobil seharga 'segitu'.
6. Transmisi CVT. Nah, selain the cruel BEAT saya itu, saya belum pernah punya kendaraan bertransmisi CVT (kebetulan milih yg E CVT.
Ngga mau milih Prestige ah, selisih 8-9 juta mending dibeliin asuransi ajah). Konon sistem ini lebih irit daripada yg matic gear.
Kebetulan sering juga pake Yaris matic punya sang belahan jiwa, jadi bisa bandingin nanti. Padahal si Yaris udah lumayan irit, 1:10-1:12
pemakaian dalam kota (Bandung ya, bukan Jakarta). Kalau performance CVT pernah coba waktu pake Freed punya adik,
kesan awal sih agak kecewa dgn CVT Freed ini, koq kurang responsif dibanding si Yaris ya. Tapi kekecewaan ini kelihatannya
cukup terobati oleh hasil test drive bro CHz sang TS dan berdasarkan nomor 7 berikut ini...
7. Hasil test drive seorang navigator reli nasional di tabloid Otomotif hari ini dengan judul "Shocking MPV!" (maksudnya jelas bukan ada masalah di shock absorber Lio

)
Begitulah 7 alasan saya milih Lio. Bagi yang punya tambahan alasan lain, atau 7 alasan untuk TIDAK milih Lio is very very welcome.
Semua masukan, kritik, cibiran, pujian, akan jadi informasi berharga bagi orang yang membutuhkan informasi detail mengenai mobil ini.
Sekali lagi, mohon maaf bagi yang tidak berkenan dengan tulisan saya ini, maklum masih rookie.
Adios permios, arigato gozaimasu.