Lagi ga ad kerjaan, gue mau melaporkan pengalaman test drive Toyota Harrier 240L Premium with heater taon 2010..
Sebelumnya udh ada 2 review Harrier ini, yaitu :
-Harrier 2011 by bro ChZ http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 19&t=19745
-Harrier 2012 by om Wilz http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 19&t=16237
Makanya gue ga nyebut ini sbg review...

Prolog
Toyota Harrier gen.2 ini muncul di taon 2003, sbg rebadge dari Lexus RX yang awalnya dijual di luar Jepang.. Awalnya Harrier dijual di pasar Jepang saja, namun krn "ulah" IU lokal ini mbl bs dipasarkan di Indo... Mbl ini dijual dari taon 2003-2008 sebelum digantikan oleh Lexus RX 3rd gen dan dijual ampe 2013 awal di Indo... Akhir tahun 2013 muncul SUV baru dgn nama yg sama tapi positioningnya di bawah RX dan menggunakan basis RAV4..
Mobil ini dijual dgn mesin 2.4 cc, 3.0 cc dan 3.5 cc dan memiliki sangat banyak varian & opsi2 (selanjutnya biar axala si kamus harrier berjalan yg menjelaskan), dan yg banyak beredar adlh tipe mesin yg 2.4 cc...
Selanjutnya kt berlanjut ke bagian review...
Eksterior


Mobil ini menarik dgn desain terinspirasi dari pesawat tempur Harrier dan memiliki garis tegas, atletis namun simpel... Desainnya timeless dan ampe saat ini masi cukup menarik dilihat...
Fascia depan, didominasi garis tegas dan headlamp cantik dgn HID... Samping, berotot dan atletis.. Bahkan klo dibandingkan dgn SUV baru spt CRV, CX5 bahkan adiknya si RX270, ni Harrier ttp menarik... Belakang, cenderung melandai tapi bohay men... Spion bagus, namun sering dicolong maling...
Warna putihnya bagus, ada effect sparkling mutiaranya dan warna putih inilah warna yang plg gue suka dr harrier (selain hitam yg super pasaran) FYI, warna putih ini muncul di taon 2010 dan unit yg gue test drive ini adlh batch pertama...
Panoramic roof bs membuka ampe baris ke-2 dan ini adlh salah satu nilai jual Harrier...
Velg menggunakan ukuran 18" dgn ban Michelin Latitude Tour, yg menurut gue adlh velg plg cakep yg digunakan SUV selain velg CRV RM gue...
Interior

(Gambar diatas ilustrasi saja)
Dashboard berwarna hitam dgn full softpad yg gampang pecah mendominasi interior... Kulit biasa campur perforated berwarna hitam melapis jok mobil ini... Mobil ini memakai kulit asli dari Jepang sono dan memakai heater... Panel kayu mendominasi, dari dash interior, stir, konsole boks dan doortrim... Stir udh tilt telescopic elektrik, bs menyesuaikan posisi setir berdasarkan ukuran badan pengemudi...
Posisi mengemudi baik dan joknya empuk... Loncat ke baris ke2, ada rear airvent seperti CRV gue dan hand rest dgn tutup... Joknya empuk & kulitnya bagus...
Bagasi besar dgn tonneau cover dan power back door cuma buat nutup, tp memudahkan saat mengangkat barang ukuran besar (spt kotak air mineral dkk)
Mobil ini cukup jadul utk ukuran harga selangit (650 jutaan pd taon 2010), tdk ada GPS, head unit LCD, kamera mundur, engine start stop, dll... HU aja masi cuman bs mutar CD dan mini disc

Enji gay...eh engine bay
Mobil ini memakai mesin 2AZ-FE 2.400 cc yang juga dipakai Alphard gen.1, Camry XV40 dan Vanguard dan ditandem dgn transmisi 4 speed Super Ect tiptronic... Tenaga 160 HP ditarok di mbl sebongsor ini pas2 makan gt... Namun dibayar dgn konsumsi bbm yg cukup irit (1:7-8an, bensin mix premium & pertamax) dan bs dirawat di Auto2000 krn kesamaan mesin dgn Camry XV40..
Driving impression
Me as driver
Posisi duduk bagus, dan stirnya memberi feedback yg lumayan... Akselerasi cukup boyo, bolot dan triptronic tdk byk membantu... Handling tdk terlalu bagus disebabkan oleh bantingan yg cukup empuk... Rem cukup menggigit dan halus...
Me as passenger
Legroom dan headroom luas, kursi empuk... Bantingan empuk, dan trademark Lexus tdk bohong dan ditunjukkan oleh mbl ini... Panoramic roof manteb bener.. Bs menghitung bintang dan bs keluar2..
Verdict
Toyota Harrier 240G L Premium
Mobil yg cukup menarik, meski fitur sedikit... Model cantik, panoramic roof super besar, imej mewah Harrier dan kualitas Lexus.. Dan satu lagi, reliable...
Pros :
-Model timeless
-Nyaman
-Reliable
-Panoramic roof super besar
-Selalu dpt parkir khusus apalagi plat angka tunggal
-Bs dirawat di Auto 2000
-Bs minum premium klo kepepet (meski gw ga sarankan, minimal campur)
-Konsumsi bbm cukup irit
Cons :
-Akselerasi boyo
-Fitur sedikit
-Handling jelek