Zoom Zoom nya Mazda di dunia dan indonesia

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

smurfy
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 149
Joined: Mon Dec 09, 2013 16:53

Zoom Zoom nya Mazda di dunia dan indonesia

Post by smurfy »

Selamat sore para member SM, silent reader, momod, momoot...

Ane mau buat trid soal mazda, tapi bukan history nya, itu uda lengkap di om wiki...

Ane mau bahas kelebihan dan kehebatan mobil mazda di jaman sekarang ini...

Sedikit cerita... dulu mazda bagian dari indomobil, terus atpm nya sempet tutup...

Kalo yg biasa servis di beres kala itu...Bujuggg!!! mobil gua mau servis dimana? part nya gimana?

:big_slap: :big_sorry:

Untunglah mazda thn 2006 berdiri lagi di indonesia dengan nama

MMI: Mazda Motor Indonesia

Bukan Madcat Motor Indonesia...

:big_slap: :big_weee:

Nah, yg ane mau bahas...

Dulu itu mazda bukan merk laku di indonesia....

No offence mazda user... :cupss:

Tapi... sekarang ini saya liat mazda itu banyak seliweran di jakarta (sy tinggal di jkt)

Liat skala lebih besar lagi...

Mazda itu lagi laku2nya di dunia loh... :off_good_job:

Dulu waktu ane kecil dan remaja, line up mazda yg ane inget:

- Cronos,
- Lantis,
- Familia
- MR 90 dan van trend (keduanya basis dari mazda 323 hatchback, ceritanya mau bikin mobnas, jadi direbadge)
- Astina

Itu mobil2 diatas di jalanan ga banyak liat kayak honda, toyota, suzuki bahkan dibanding mitsu

Tapi sekarang... ane tiap hari liat mobil mazda...

Banyak yg bisa kita bahas:

- Bagaimana strategi global Mazda Motor Corporation?

- Strategi Mazda Motor Indonesia dalam meningkatkan jualan?

- Apa kelebihan dan kekurangan mobil2 Mazda jaman sekarang?

- Apakah SMer tertarik membeli mazda?

- Bagaimana After Sales Service mazda di indonesia?

- Sudah cukupkah jenis2 mazda yg beredar di indonesia? Perlukah jdm mazda yg lain diboyong?

- Bagaimana resale value mazda?

- Terakhir... Bagaimana kah NONIK2 mazda?

:big_blushing: :big_grin: :big_biglaugh:

Boleh serius, OOT, pic bandwitch killer...

Salam ZOOM ZOOM...
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12277
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Zoom Zoom nya Mazda di dunia dan indonesia

Post by ricz »

Sbg user Mazda2 dan kemaren hampir beli CX5, gue sumbang pendapat gue...

Poin plus mbl Mazda dibanding rival :

-Fitur setingkat lebih baik dibanding rivalnya, misalnya CX5 vs CRV, dgn harga yg sama CX5 udh dpt sunroof, audio BOSE 9 speakers, 4 airbags, dan fitur2 keamanan yg meski cukup useless menurut gue, tp bikin nilai jual ini mbl makin bagus...
-Handling yg salah satu terbaik di kelasnya (selain Ford)
-Built quality bagus, selain krn mayoritas produk CBU Japan (kecuali hampir smua varian Mazda2 dan BT50) material yg digunakan bagus & kualitas perakitannya cukup baik
-Value for money tinggi

Nah, yg jadi nilai minus:
-Akomodasi baris ke2 dan bagasi ga terlalu bagus, ini Mazda kekna lebi cenderung memprioritaskan pengemudi kali yak... Penumpang disuguhi dgn kabin sempit & bantingan keras... Masi lebi bagus Hando dibanding Mazda klo urusan ini...
-Bengkel resmi masi krg banyak dibanding rivalnya
-Imej Mazda yg masi krg kuat
-Bbrp lineup Skyactiv diharamkan minum premios sehingga sulit membawa keluar kota

Mengenai aftersalesnya, cukup baik, SA cukup tanggap dan pas komplen steering rack di Mazda Pekanbaru (FYI, mbl gue belinya di Mazda Medan) juga dilayani dgn baik... Jadi ga perlu ragu klo misalnya mbl rusak di kota lain...

Resale value, bisa dikatakan agak lemah klo dibanding penguasa pasar yg bermerk H tegak ato T elips...

Nonik... ungg... errr..... yah on par lah dgn Hando... (kebetulan gue beli M2 ama seles yg lumayan cakep) Btw, cakep itu relatif... :ungg:

Tertarik membeli Mazda? Sangat. Dan gue berharap mbl gue nantinya bakalan Mazda lagi...

Sekian pendapat nubie... Mohon dikoreksi klo ad yg salah...

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7654
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Zoom Zoom nya Mazda di dunia dan indonesia

Post by newrubble »

Maaf sy ga bisa jawab pertanyaan anda tapi cuma mau ikutan coment bagian kecil yg knowledge anda

Dulu 83-99 mazda qq national motors qq indomobil wajib tunduk pd global investment agreement ford vs mazda dimana pada domestic market yg berbasis ckd maupun full manufacturing (fatsal 100 sub a para.1. page 350) intinya disebut bhw (currentyear projection) productionoutput mazda kena quota max tdk bole lbh dr 25% total ford sales thn sebelumnya

saat itu ford majority shareholder mazda n skrg ini majority ada di tgn public meski secara "single ownership" ford per jumat kemarin masih majority di mazda (7.7%)

Sy ada copynya tapi mmg tdk bole third party sharing
User avatar
axala
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2160
Joined: Mon Dec 16, 2013 0:24
Location: Indonesia

Re: Zoom Zoom nya Mazda di dunia dan indonesia

Post by axala »

viva la pejwan :mky_02:

mazda si zoom2...dulu agak kacau dan sekarang berbenah diindonesia :mky_03:

thread ini bisa bernasib ky mitsu n lexus ato bisa aja seheboh thread honda... :big_grin:

dan apapun itu....thread ini bagus buat Zoom Zoom yg baru bangkit dr keterpurukan dan imho respon dr masyarakat sangat baik terhadap mazda

....so lets start this thread :mky_02: :mky_02: :mky_02:
Pursuit of Perfection
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7654
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Zoom Zoom nya Mazda di dunia dan indonesia

Post by newrubble »

Yg berat utk mazda di indo adalah dia hrs kluar dr image principal nya. . .ford dimana sebagian existing products masih (n wajib) pakai ford platform sedangkan mrk berdua punya customer target yg sama.

Berat bukan berarti tdk mungkin.
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Zoom Zoom nya Mazda di dunia dan indonesia

Post by AD74YA »

Kan kan....

Tret beginian ni yang mancing ane komen... Tahan duluu.. Tar tangan sengklek.. Uwkwkek
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Zoom Zoom nya Mazda di dunia dan indonesia

Post by madcat015 »

Ane wajib komen di marih... :big_smoking:

Betul sekali om newrubble, kuota dari prinsipal itu yang membuat Mazda terpuruk dan secara tidak sengaja menciptakan image dia bukan mobil populer. Dan hingga sekarang Ford mmg masih pegang saham di Mazda... Sementara pemegang saham Ford-Mazda adalah salah satu grup perusahaan yang cukup terkenal di Indonesia.


Back to product...

Bokap ane dulu ingat sekali dengan 323 yang menggunakan instrument cluster digital... dan jujur, mobil tsb menyelamatkan nyawa bokap ane saat bertabrakan head to head vs truk logging...

Tapi waktu itu ane masih ga ngeh...

Hingga medio 2010 bulan April saat seorang rekan menawarkan ane sebuah proyek sebagai konsultan dan coacher bagi team marketing nya. Ane menyetir sebuah Mazda2... dan having experience a Jazz GE, i know this car is better in someways...

Tetapi racun ane yang terkuat, my kriptonite, my coup'de grace, adalah sebuah CX-7 AWD... my gosh! One of the best SUV i've ever driven that time...

Sleek body, s3xy butt, perfectly stitched leather, sporty instrument cluster, superb handling, anything goes very well...

Sejak itu ane keracunan Mazda hingga akhirnya bisa membungkus satu...

Mazda menawarkan mobil dengan fitur yang cukup baik dan very generous dibandingkan kompetitor yang lebih mapan. Handling yang baik, well constructed, dan memberikan komunikasi yang sangat baik ke pengemudi.

Sayangnya, image Mazda yang sukses rontok gegara Indomobil, masih sulit diperbaiki. Yes, ada CX-5 dan Biante dan M2, tetapi semua line up Mazda berada di bawah bayang2 merek yang jauh lebih mapan.

Pun internal manajemen Mazda juga kurang aware, ujung tombak perusahaan berada di team sales. Dan kelihatannya, para petinggi kurang menyadari, kekacauan lini penjualan sebagian terpengaruh oleh para KaCab yang tidak mengerti visi misi Mazda dan tercemar beberapa oknum yang memiliki agenda pribadi...

Apapun itu, ane menyadari, Mazda yang sekarang adalah Mazda yang berbeda, bahkan dari tahun 2007-2008 lalu. They have great cars... and lousy management.

And my next car will be another Mazda... :cupss: :cupss: :cupss:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7654
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Zoom Zoom nya Mazda di dunia dan indonesia

Post by newrubble »

Mazda itu punya kurang lebih sama nasip dg subaru di indo

mrk berdua masing masing turun ke battle zone (anggap sj bgt krn market indo itu unique, melawan bbrp theory trmsk value depreciation serta poor people buying power sbt sj bgt)

mrk berdua turun ke battle zone tanpa local partner (bedakan dg tyt, daihts dll melalui astra) serta honda. beda dgn ford n GM yg meski mrk turun langsung tanpa local partnet tapi mrk punya gigantic investment di asean region (rayong, thai) terlebih GM sdh lbh lama flying hour nya di indo

mazda mmg sebagian datang dr thai tapi dgn quota yg ada, mrk adalah product output dari ford thai facility. sedangkan subaru dr perodua plant. mata n telinga mazda yg independnt (dibanding dirinya sendiri) adalah eurokars (yg dlm tyt n dai di indo itu kira kira spt halnya tunas group) yg kurang bgt focus krn dia juga pegang jualan brands lain

mazda u bikin market gimmick hrs datangkan products dr japan (meski yg datang bukan jdm) spt halnya subaru yg meski datang dr tempat yg sama tapi yg sampai di indo itu spore spec (dg telebih dulu ganti cat.converter serta air filter spy mampu minum racun indo) n jatah tambahan indo market baru bisa ada bila spore masih punya left over
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7654
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Zoom Zoom nya Mazda di dunia dan indonesia

Post by newrubble »

tapi mmg mazda perlu datangkan yg semua berbau japan krn org indo spt kena hipnotis u lebih membeli kalo ada tampilan yg berbau import japan.
mazda juga perlu hati hati jika mau datangkan biproduct mrk yg luxury (eunos atau apalah) spt honda yg tdk mau datangkan accura. ..agar nasip biproduct mrk tdk seperti invinity yg lbh brupa window display drpd income generator nissan luxury grade
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8856
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Zoom Zoom nya Mazda di dunia dan indonesia

Post by y_anjasrana »

nubie menyimak tulisan master otomotif yg baru turun gunung.... :off_good_job:

btw kalau yg turun spek jdm, kira2 apa harganya ga kemahalan om?
Accurate V5 Accounting System Consultant
jekael
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 422
Joined: Tue Oct 08, 2013 23:15

Re: Zoom Zoom nya Mazda di dunia dan indonesia

Post by jekael »

Kalau menurut saya yang masih sangat awam di otomotif, harusnya mazda punya nilai lebih karena mobil cbu jepang tapi harganya selevel dengan mobil ckd rakitan untuk tipe yang sama...
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7654
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Zoom Zoom nya Mazda di dunia dan indonesia

Post by newrubble »

Kalo mau jdm tdk mahal (bila yg datang unit utuh) bisa tiru import scheme nya subby yg datang sbg spore spec tapi sblm shipment ada tambahan bbrp komponen yg sbtulnya itu u jdm. Komponen brp pony-up package. ini sy bandingkan dg yg pure spore spec

kalo yg datang itu cuma pony-up kit ya hrs lewat asean member yg paling kecil import tax collection nya yg sampai saat ini dipegang spore. memang brunei itu zero tax u trans ship tapi transport.cost nya besar krn brunei sendiri tebelah dua dg malay territory di tengah nya.

nah dg cara yg skrg dipakai subby qq tan chong itu baru dpt unit yg lbh bagus price tag nya krn bisa dg legal memangkas taxes yg tdk perlu dibayar u penguasa malas di indo.
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7654
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Zoom Zoom nya Mazda di dunia dan indonesia

Post by newrubble »

jekael wrote:Kalau menurut saya yang masih sangat awam di otomotif, harusnya mazda punya nilai lebih karena mobil cbu jepang tapi harganya selevel dengan mobil ckd rakitan untuk tipe yang sama...

hrsnya bgt u bangsa yg consumptive tapi hrs diingat juga cara org indo beli barang itu dia tanya kanan kiri n liat kanan kiri brand apa yg dibeli. lbh sering tanya org kan drpd liat brochure n test drive trus beli. mau org kaya maupun org tdk kaya itu punya thinking pattern yg bgt

tan chong qq subaru di indo sejak 2001-2012 pernah rasakan "penderitaan" itu apalagi saat sales network masih under GM (2001-2011) barang barang dagangan nya tdk / susah laku. GE a/t yg sy beli NOS itu baru terjual habis 2012 ahir (unit terahir itu terjual di denpasar) dari original price 375jt (2009) turun bertahap hingga 230jt (2012) bahkan unit sebelum GE yg a/t harus dijual seharga 175jt u benar benar habis

saat sy mau beli n tdk ada wkt testdrive krn mrk bgt desperate nya sampai sampai unit TD mrk tinggal di tempat sy dua hari. u harga yg hampir sama dg usdm type sama sy dapatkan paket yg berlebih saat itu

wah jadi cerita brand lain
Last edited by newrubble on Sat Feb 08, 2014 14:13, edited 1 time in total.
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Zoom Zoom nya Mazda di dunia dan indonesia

Post by madcat015 »

Ane pernah minta tolong seorang teman IU utk import sebuah Mazda dari Hiroshima.

Entah benar entah tidak, dia bilang Mazda Jepang agak ketat untuk urusan ekspor. Spek JDM disimpan, spek HK/Spore yang dilepas.

Mungkin itu yg menyebabkan sulitnya mobil Mazda JDM yg decent utk menjejakkan ban nya di Indonesia...

Selain pajak berlapis2 itu...

Cmiiw :ungg:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
jekael
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 422
Joined: Tue Oct 08, 2013 23:15

Re: Zoom Zoom nya Mazda di dunia dan indonesia

Post by jekael »

newrubble wrote:
jekael wrote:Kalau menurut saya yang masih sangat awam di otomotif, harusnya mazda punya nilai lebih karena mobil cbu jepang tapi harganya selevel dengan mobil ckd rakitan untuk tipe yang sama...

hrsnya bgt u bangsa yg consumtive tapi hrs diingat juga cara org indo beli barang itu dia tanya kanan kiri n liat kanan kiri brand apa yg dibeli. lbh sering tanya org kan drpd liat brochure n test drive trus beli. mau org kaya maupun org tdk kaya itu punya thinking pattern yg bgt
Ya semuanya ada waktunya Om, lambat laun pemikiran orang pasti berubah.
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7654
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Zoom Zoom nya Mazda di dunia dan indonesia

Post by newrubble »

madcat015 wrote:Ane pernah minta tolong seorang teman IU utk import sebuah Mazda dari Hiroshima.

Entah benar entah tidak, dia bilang Mazda Jepang agak ketat untuk urusan ekspor. Spek JDM disimpan, spek HK/Spore yang dilepas.

Mungkin itu yg menyebabkan sulitnya mobil Mazda JDM yg decent utk menjejakkan ban nya di Indonesia...

Selain pajak berlapis2 itu...

Cmiiw :ungg:

betul kalo yg beli IU nasip bgt. harga retail japan n bgt tau u foreign domestic xport developing country mrk datangkan yg non-jdm. bukan cuma unit yg ke indo yg bgt. yg dikirim brandnew ke bangla maupun pakistan juga
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6014
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: Zoom Zoom nya Mazda di dunia dan indonesia

Post by artoodetoo »

Saya hampir beli Mazda .... tapi gak jadi.
Soalnya dengan budget yg ada, saya cuma dapat barang produksi 2012 (waktu itu bulan Juni 2013). Diskonnya gede sih memang.
Tapi tep ogah :upss:
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Zoom Zoom nya Mazda di dunia dan indonesia

Post by madcat015 »

newrubble wrote:
madcat015 wrote:Ane pernah minta tolong seorang teman IU utk import sebuah Mazda dari Hiroshima.

Entah benar entah tidak, dia bilang Mazda Jepang agak ketat untuk urusan ekspor. Spek JDM disimpan, spek HK/Spore yang dilepas.

Mungkin itu yg menyebabkan sulitnya mobil Mazda JDM yg decent utk menjejakkan ban nya di Indonesia...

Selain pajak berlapis2 itu...

Cmiiw :ungg:

betul kalo yg beli IU nasip bgt. harga retail japan n bgt tau u foreign domestic xport developing country mrk datangkan yg non-jdm. bukan cuma unit yg ke indo yg bgt. yg dikirim brandnew ke bangla maupun pakistan juga
Hhhh... ternyata benar demikian... :ungg:

Knp mereka menjaga kasta pure JDM nya mereka ya om?

Ane sampai sekarang ga habis pikir.
Obey the mahakitteh. :big_cat:
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7654
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Zoom Zoom nya Mazda di dunia dan indonesia

Post by newrubble »

Jdm vehicles dibuat dgn highlaborcost (bkn krn tdk efficient tapi krn cost of living sononsdh mahal n krn itu skitar 44% org miskin jepang / mrk yg monthly income under $ 9,000 ...terpaksa hrs tinggal diluar jepang yg costbof living nya lbh rendah)

Serta dibuat dg specific jap s taste n compliance spt auto-headlamp on/off mode, front fender spot light for turning (selain sein / richting), excessive speed voice reminder, serta ...instrumentation sign in kanji / katana ...juga GPS husus japan, panel-to-panel gap yg tdk bole lbh renggang dr 2mm, dll

Mrk tdk mau mobil yg dibuat u domestic market dipakai diluar dedicated market krn akan menjadikan harga per unit mahal (dibanding yg dibuat u locals) serta overstock risk yg tinggi. Jualan vehicles u mrk bukan cuma melepas unit satu semi satu tapi juga masalah pertaruhan good-image akibat potensi aftersales complaint yg tinggi (berkaca pd sifat mrk sendiri yg suka complaint sampai urusan kecil kecil)

Sejak thn 66 hingga 85 mrk berjuang u kluar dr stigma ...mobil jepang dr kaleng (itu pertama x di ucap oleh alm charle de gaulle saat dia bilang bangsa jepang adalah bangsa yg bisa nya cuma bikin radio transistor), mobil jepang tdk aman dll. N mrk tdk mau lagi kembali k masa itu
Classic
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 46
Joined: Wed Jan 08, 2014 7:57

Re: Zoom Zoom nya Mazda di dunia dan indonesia

Post by Classic »

Wow.. Tks buat TS. Ini bakal jadi trit bergizi lagi.

Hal yang mengurungkan niat saya beli mazda CX5 adalah mesin skyactiv nya. Dengan rasio kompresi seperti itu, rasanya saya terlalu 'tega' untuk menyiksanya dgn premium. End of story, CX5 sy coret dari daftar. Meskipun akhirnya beli captiva, tp CX5 tetap masih terbayang2 sampai skrg. Kalau sy punya kantong tebel buat beli pertamax selama 5 tahun, sy ga akan pikir panjang utk ambil mazda.
newrubble
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7654
Joined: Fri Dec 07, 2012 3:22

Re: Zoom Zoom nya Mazda di dunia dan indonesia

Post by newrubble »

Utk Menangkan head2head competition di indo (diluar after sales factor n low FC) unit yg dijual perlu tampilan (appearance) serta kenyamanan (comfort). Safety serta tehnologi baru diterima hati n fikiran market bila sejalan dgn global trend

Dom bbrp x pameran Mazda salesperson yg sy tanyaapa itu skyactive. Rata rata mrk tdk bs deskripsi dg definisi yg jelas. Ini gejala awal problem di training scheme Mazda. GM di indo juga kliatan bgt.
Punya symptom sama
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Zoom Zoom nya Mazda di dunia dan indonesia

Post by Turboman »

Trus jadi ada opportunity apa dgn si Mazda nih ?

Apa ada tawaran job vacancy di ATPM nya / supply sesuatu utk pengembangan showroom dan BeRes mrk ?

Persh hopeng ane dulu pernah dapat order pembuatan website resmi Mazda Indonesia, padahal hopeng bukan fans Mazda en ga pernah punya Mazda..............asik kan ?
:mky_01:
* Bukan ajakan Beli *
smurfy
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 149
Joined: Mon Dec 09, 2013 16:53

Re: Zoom Zoom nya Mazda di dunia dan indonesia

Post by smurfy »

newrubble wrote:Maaf sy ga bisa jawab pertanyaan anda tapi cuma mau ikutan coment bagian kecil yg knowledge anda

Dulu 83-99 mazda qq national motors qq indomobil wajib tunduk pd global investment agreement ford vs mazda dimana pada domestic market yg berbasis ckd maupun full manufacturing (fatsal 100 sub a para.1. page 350) intinya disebut bhw (currentyear projection) productionoutput mazda kena quota max tdk bole lbh dr 25% total ford sales thn sebelumnya

saat itu ford majority shareholder mazda n skrg ini majority ada di tgn public meski secara "single ownership" ford per jumat kemarin masih majority di mazda (7.7%)

Sy ada copynya tapi mmg tdk bole third party sharing
Thanks sharingnya om newrubble...

Saya baca di wikipedia, saat ini ownership ford di mazda tinggal 3%

Dengan Sumitomo Mitsui Financial Group diperkirakan pemegang saham terbesar mazda saat ini

newrubble wrote:Yg berat utk mazda di indo adalah dia hrs kluar dr image principal nya. . .ford dimana sebagian existing products masih (n wajib) pakai ford platform sedangkan mrk berdua punya customer target yg sama.

Berat bukan berarti tdk mungkin.
Modjay, maaf sy copas tulisan mod dari tred cx9 2013...

"Mesin, chassis, transmisi Ford sebagian besar dikembangkan dan dituning oleh Mazda, sehingga banyak yang sharing seperti B-series Mazda jadi basis pickup Ford, Mazda Familia jadi basisnya Escort (salah satu mobil Ford paling legendaris - WRC)"

Jadi...sebenernya mazda yg pakai platform ford, atau ford yg pakai platform mazda?
newrubble wrote:Mazda itu punya kurang lebih sama nasip dg subaru di indo

mrk berdua masing masing turun ke battle zone (anggap sj bgt krn market indo itu unique, melawan bbrp theory trmsk value depreciation serta poor people buying power sbt sj bgt)

mrk berdua turun ke battle zone tanpa local partner (bedakan dg tyt, daihts dll melalui astra) serta honda. beda dgn ford n GM yg meski mrk turun langsung tanpa local partnet tapi mrk punya gigantic investment di asean region (rayong, thai) terlebih GM sdh lbh lama flying hour nya di indo

mazda mmg sebagian datang dr thai tapi dgn quota yg ada, mrk adalah product output dari ford thai facility. sedangkan subaru dr perodua plant. mata n telinga mazda yg independnt (dibanding dirinya sendiri) adalah eurokars (yg dlm tyt n dai di indo itu kira kira spt halnya tunas group) yg kurang bgt focus krn dia juga pegang jualan brands lain

mazda u bikin market gimmick hrs datangkan products dr japan (meski yg datang bukan jdm) spt halnya subaru yg meski datang dr tempat yg sama tapi yg sampai di indo itu spore spec (dg telebih dulu ganti cat.converter serta air filter spy mampu minum racun indo) n jatah tambahan indo market baru bisa ada bila spore masih punya left over
newrubble wrote:Kalo mau jdm tdk mahal (bila yg datang unit utuh) bisa tiru import scheme nya subby yg datang sbg spore spec tapi sblm shipment ada tambahan bbrp komponen yg sbtulnya itu u jdm. Komponen brp pony-up package. ini sy bandingkan dg yg pure spore spec

kalo yg datang itu cuma pony-up kit ya hrs lewat asean member yg paling kecil import tax collection nya yg sampai saat ini dipegang spore. memang brunei itu zero tax u trans ship tapi transport.cost nya besar krn brunei sendiri tebelah dua dg malay territory di tengah nya.

nah dg cara yg skrg dipakai subby qq tan chong itu baru dpt unit yg lbh bagus price tag nya krn bisa dg legal memangkas taxes yg tdk perlu dibayar u penguasa malas di indo.
newrubble wrote: hrsnya bgt u bangsa yg consumptive tapi hrs diingat juga cara org indo beli barang itu dia tanya kanan kiri n liat kanan kiri brand apa yg dibeli. lbh sering tanya org kan drpd liat brochure n test drive trus beli. mau org kaya maupun org tdk kaya itu punya thinking pattern yg bgt

tan chong qq subaru di indo sejak 2001-2012 pernah rasakan "penderitaan" itu apalagi saat sales network masih under GM (2001-2011) barang barang dagangan nya tdk / susah laku. GE a/t yg sy beli NOS itu baru terjual habis 2012 ahir (unit terahir itu terjual di denpasar) dari original price 375jt (2009) turun bertahap hingga 230jt (2012) bahkan unit sebelum GE yg a/t harus dijual seharga 175jt u benar benar habis

saat sy mau beli n tdk ada wkt testdrive krn mrk bgt desperate nya sampai sampai unit TD mrk tinggal di tempat sy dua hari. u harga yg hampir sama dg usdm type sama sy dapatkan paket yg berlebih saat itu

wah jadi cerita brand lain
Thanks for share information and experience om newrubble...

Really appreciate it...
User avatar
audimr
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 39
Joined: Sun Jun 09, 2013 17:25

Re: Zoom Zoom nya Mazda di dunia dan indonesia

Post by audimr »

Numpang lewat. Meskipun gapunya Mazda tapi suka bgt sama kuot dari website mazda.

"All children instinctively know it.
A few adults still remember it.
One unique car company refuses to outgrow it.
In grown-up language, it means the exhilaration
And liberation that come from experiencing sheer motion.
But as usual, children put it much better.
And simply call it Zoom-Zoom.
We practice it every day.

It's why we build the kind of cars we do.

Mazda. Always the soul of a sports car.®"

Salam Zoom-zoom dari fanboy from that brand will bring you peace of mind (grammarnya bener gak ya) :)
smurfy
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 149
Joined: Mon Dec 09, 2013 16:53

Re: Zoom Zoom nya Mazda di dunia dan indonesia

Post by smurfy »

madcat015 wrote:Ane pernah minta tolong seorang teman IU utk import sebuah Mazda dari Hiroshima.

Entah benar entah tidak, dia bilang Mazda Jepang agak ketat untuk urusan ekspor. Spek JDM disimpan, spek HK/Spore yang dilepas.

Mungkin itu yg menyebabkan sulitnya mobil Mazda JDM yg decent utk menjejakkan ban nya di Indonesia...

Selain pajak berlapis2 itu...

Cmiiw :ungg:
newrubble wrote:betul kalo yg beli IU nasip bgt. harga retail japan n bgt tau u foreign domestic xport developing country mrk datangkan yg non-jdm. bukan cuma unit yg ke indo yg bgt. yg dikirim brandnew ke bangla maupun pakistan juga
madcat015 wrote:Hhhh... ternyata benar demikian... :ungg:

Knp mereka menjaga kasta pure JDM nya mereka ya om?

Ane sampai sekarang ga habis pikir.
newrubble wrote:Jdm vehicles dibuat dgn highlaborcost (bkn krn tdk efficient tapi krn cost of living sononsdh mahal n krn itu skitar 44% org miskin jepang / mrk yg monthly income under $ 9,000 ...terpaksa hrs tinggal diluar jepang yg costbof living nya lbh rendah)

Serta dibuat dg specific jap s taste n compliance spt auto-headlamp on/off mode, front fender spot light for turning (selain sein / richting), excessive speed voice reminder, serta ...instrumentation sign in kanji / katana ...juga GPS husus japan, panel-to-panel gap yg tdk bole lbh renggang dr 2mm, dll

Mrk tdk mau mobil yg dibuat u domestic market dipakai diluar dedicated market krn akan menjadikan harga per unit mahal (dibanding yg dibuat u locals) serta overstock risk yg tinggi. Jualan vehicles u mrk bukan cuma melepas unit satu semi satu tapi juga masalah pertaruhan good-image akibat potensi aftersales complaint yg tinggi (berkaca pd sifat mrk sendiri yg suka complaint sampai urusan kecil kecil)

Sejak thn 66 hingga 85 mrk berjuang u kluar dr stigma ...mobil jepang dr kaleng (itu pertama x di ucap oleh alm charle de gaulle saat dia bilang bangsa jepang adalah bangsa yg bisa nya cuma bikin radio transistor), mobil jepang tdk aman dll. N mrk tdk mau lagi kembali k masa itu
@Om newrubble...

Apakah peraturan mobil jdm spec tidak boleh diekspor keluar hanya berlaku untuk merk mazda?

Karena di importir umum sepertinya suka jual jdm spec...,

Contohnya lexus rx270 dan alphard ada instrumentation kanji, radio yg frekuensi nya kurang lebar, gps yg cuma bisa dipakai di jepang...