Mbl cc kecil bagusnya 3 cyl ato 4 cyl sih?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12277
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Mbl cc kecil bagusnya 3 cyl ato 4 cyl sih?

Post by ricz »

Suhu2 yg terhormat...

Taon lalu, muncul banyak city car dari beragam merek, spt Toyota dgn Etios Valconya, Mitsu dgn Mirasnya dan Honda dgn Brionya, melengkapi pemain lama di sektor ini spt KIA Pikantuk, Batu makam March dan Ushahiad Noiris... eh Sirion...

Apalagi ditambah dgn munculnya LCGC spt duo kembar Agay-Alay, Karimun Wagon R dan versi paket hematnya Brio yaitu Brio Sotoy...

Nah, hampir semua citycar ini mengusung mesin 1000-1300 cc (kecuali March yg py opsi mesin 1500 cc) dan ad yg memakai 3 silinder, dan ada jg yg memakai 4 silinder...

Byk org mengatakan bahwa 4 silinder lebih halus drpd 3 silinder, dan ada juga yg mengkaitkan dgn performa mbl itu sendiri spt 3 silinder lebi bertenaga drpd 4 silinder di mbl cc kecil lah, dsb... Bahkan ada juga yg mengatakan bahwa mbl CC kecil bermesin 3 cyl cuman menang suaranya saja lah drpd 4 cyl tapi ga ad tenaganya lah, dsb...

Jadi, nubietol mau nanya, sebenarnya sapa yg menang seh baik performa, konsumsi bbm dll? Misalkan mesin 3 silinder 1000 cc dan 4 silinder 1000 cc semuanya dr pabrikan A, settingan kedua mesin dibuat hampir sama, sapa yg lebi unggul?

Mohon bimbingannya suhu2... :ungg:

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
smurfy
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 149
Joined: Mon Dec 09, 2013 16:53

Re: Mbl cc kecil bagusnya 3 cyl ato 4 cyl sih?

Post by smurfy »

Ane tadinya pikir 4cyl lbh unggul...
Tapi setelah fiesta ecoboost muncul, ane jadi galau..
Kalo main teknis, yuk kita tunggu pakarnya muncul... mod turbo.
jekael
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 422
Joined: Tue Oct 08, 2013 23:15

Re: Mbl cc kecil bagusnya 3 cyl ato 4 cyl sih?

Post by jekael »

Saya ingin kasih komen, tapi saya bukan suhu, masih nubietol.
Mesin 3 silinder biasanya memang diperuntukkan mesin dengan cc kecil. Jarang ada mesin 3 silinder untuk cc besar. Kenapa? Tunggu jawaban dari Masternya aja hehehe.... Nah biasanya mesin 1000 cc atau yang lebih kecil itu pakai yang 3 silinder seperti ayla, agya, karimun, dll. Belum tau ya kalo ternyata ada juga mesin yang 1000 cc atau lebih kecil pakai 4 silinder, kalau seandainya ada rasanya akan jarang banget karena biaya produksinya yang lebih besar.
Nah untuk mesin 1200 cc posisinya agak canggung, ada yg pakai 4 silinder seperti brio, splash, picanto, etios,dll tapi ada juga yang pakai 3 silinder seperti mirage dan march. Nah masalah mana yang terbaik ada kelebihan dan kekurangannya masing2, kalo gak salah dulu udah pernah dibahas sama Master Om Billy...
Yang bisa jadi sedikit clue adalah kenapa wagon r 1000cc pakai 3 silinder sedangkan splash 1200 cc pakai 4 silinder. Apakah ini artinya suzuki menyadari kalau untuk mesin di atas 1000 cc lebih baik pakai yang 4 silinder? Kenapa tidak pasang mesin 3 xylinder di splash 1200cc? Entahlah yang jelas kabar terbaru dan bikin terkejut ternyata Nissan malah lagi ngembangin mesin 1500cc dengan 3 silinder. Mungkin yang pertama kali mesin dengan cc besar yang pakai 3 silinder sepanjang yang saya tau.
Mungkin secara teknis mesin 3 silinder itu banyak kekurangan, tapi pastinya banyak enginer yang berusaha menyempurnakan seperti contoh di ford ecoboost, bagaimana nggak, mesin 3 silinder pasti lebih menguntungkan dan hemat production cost dari sisi produsen. Knapa? tinggal bayangkan banyaknya saving cost material untuk cylinder block, cyl head, piston, dan part2 lain. Dari segi konsumen? Ya nggak begitu masalah dan rasanya nggak akan merasa dirugikan kok selama masih bisa jalan dengan baik.
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Mbl cc kecil bagusnya 3 cyl ato 4 cyl sih?

Post by billyd1773dz »

nambahin suhu di atas :mky_01:
pernah nulis panjang lebar soal why 3cyld.. :D rangkuman dri beberapa sumber
http://indonesianmirageclub.com/forum/v ... 676dbec7f4

intinya :D efisiensi.
1 3cyld less friction jumlah seher/piston yang bergesakan dgn dinding blok lebih sedikit dari 4cyld di kapasitas yang sama. lebih sedikit energi yang hilang akibat gesekan.
2. bobot tentu lebih ringan dari 4cyld serupa.. penyederhanaan dari panjang crankshaft dan camshaft, ukuran blok,klep dll...... bobot disini selain berpengaruh ke bobot total mesin. juga berpengaruh pada besarnya energi loss yang di keluar kan untuk muterin crankshaft/camshaft lebih panjang,piston lebih banyak dll...
3. mesin 3cyld membutuhkan hanya 1 balacer shaft meski hasilnya tidak perfect balance, sedangkan 4cyld harus ada 2 balancer shaft. balancer shaft adalah bandul pemberat yang diputar crankshaft melalui timingbelt/chain...... tentu selain nambah bobot, balancer shaft juga ngambil energi dari mesin. err ecoboost 3cyld malah g pke balacer shaft..
4.biaya perawatan lebih rendah... hubungannya ya kejumlah cyld tadi
5. production cost lebih rendah. hubungan ke jumlah cyld tadi juga

soal kelemahan konfigurasi 3cyld ane bahas juga di link di atas.. soal rough power flow... :D

jadi imho... alasan pertama atpm pke 3 cyld ya soal efisiensi baik fc,powerloss, maupun production cost, jadi banyak di terapin di mesin kecil yg low torque , atau yg fokus ke emisi dan fc yg tambahan beban dikit aja bisa berpengaruh ke overall performa....

skrng arahnya gmn ngurangin kelemahan dari 3cyld ini, dan menjadikan 3cyld lebih fun... :D *ada yg bilang ecoboost 1000cc 125ps? *


gosip2 mitsu juga mw bikin mirage evo.. 1.5ltr turbo 3cyld 150ps..................... gosipp setahun lalu seh..
cmiiw
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2972
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: Mbl cc kecil bagusnya 3 cyl ato 4 cyl sih?

Post by imingwahyudi »

Pegang 3 silinder ric! :mky_02:

Berasa beda lhaarr daripada citycar 4 silinder... 3 silinder emang roughly delivered, kerasa bgt kalo manual. Tapi itu yang bikin city car berasa nimble and agile...dan irit :mky_02:

:ungg: nagih denger revvingnya Mira om Billy
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Mbl cc kecil bagusnya 3 cyl ato 4 cyl sih?

Post by billyd1773dz »

imingwahyudi wrote:Pegang 3 silinder ric! :mky_02:

Berasa beda lhaarr daripada citycar 4 silinder... 3 silinder emang roughly delivered, kerasa bgt kalo manual. Tapi itu yang bikin city car berasa nimble and agile...dan irit :mky_02:

:ungg: nagih denger revvingnya Mira om Billy
aahh bro iming kemarin blom ngerasain gaspolny nih..........................wkwkwkwkwkw :D :D


:mky_04: :mky_04: :mky_04:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Mbl cc kecil bagusnya 3 cyl ato 4 cyl sih?

Post by billyd1773dz »

imho gw sih ga liat dia 3cyld atw 4cyld............... yang penting hasil akhirnya

bgtu di coba sesuai tidak karakternya dgn selera gw hehehe :D


:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Mbl cc kecil bagusnya 3 cyl ato 4 cyl sih?

Post by madcat015 »

Setuju bro billy...

3 atau 4 silinder ga jd masalah, yg penting bagaimana pabrikan membungkus sebuah mobil menjadi satu kesatuan yang baik...

*kadang rindu suara mekanis "zrrrrrnnnggg" saat hi-rev apanja G 2010 koko ane, frisky little engines... like a puppy trying to bark like a wolf*
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
artoodetoo
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6014
Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43

Re: Mbl cc kecil bagusnya 3 cyl ato 4 cyl sih?

Post by artoodetoo »

nubi gak ngerti masalah ginian, yg jelas akhir2 ini lebih sering matiin musik untuk dengerin suara mesinnya :upss:
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Mbl cc kecil bagusnya 3 cyl ato 4 cyl sih?

Post by VanzMatic »

artoodetoo wrote:nubi gak ngerti masalah ginian, yg jelas akhir2 ini lebih sering matiin musik untuk dengerin suara mesinnya :upss:
Dan ane lebih sering kerasin musik demi denger suara unyu nya ekebi48...
.....:ngacir:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Mbl cc kecil bagusnya 3 cyl ato 4 cyl sih?

Post by madcat015 »

Dan ane lebih sering nyalakan HU..., drpd ga denger apa2... suara mesin bener2 ga kedengaran..., baru sayup2 saat 3000rpm. :ngacir:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3209
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Mbl cc kecil bagusnya 3 cyl ato 4 cyl sih?

Post by walid_007 »

Klo mesin v6 dengan inline 4 bagus maana yak?

Dr sisi ekonomi, power loss, power itu sendiri, suara dll
engine roaring!
User avatar
kklover
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 157
Joined: Sat Dec 15, 2012 11:06

Re: Mbl cc kecil bagusnya 3 cyl ato 4 cyl sih?

Post by kklover »

belom pernah bandingin secara fair sih, dan saya bukan org yg ahli mesin atau punya feeling seperti pro pokoknya cuman tau a sama b enakan mana :mky_01: tapi berdasarkan pengalaman ndeso saya march matic dan brio matic enakan brio sih, apalagi sama brio manual saya, jauh kemana2 (punya nissan march matic dan brio manual, dan pernah td brio matic). pernah juga test sama miras di tol, lagi santay2 dari belakang dikedip2in lampu jauh dan beringas sekali itu mobil kaya ngajak balapan, waahh saya pikir kebetulan nih sekalian mau test (soalnya baca2 review katanya beringas mesinnya), saya kasih lewat trus saya buntutin mau tau larinya, overall masih lebih kenceng brio sih (ya iyalah menang cc dan power :mky_01: ), dari 100-140kmpj masih enteng kejarnya padahal dia gak mau ngalah tuh hahahahaha, no offense ini hanya pengalaman pribadi :big_peace: , dan gak tau itu miras manual atau matic atau skill pengendaranya sih (yg pasti skill saya abal2, cuman bisa ngebut di trek sepi n lurus sajah :mky_07: ) dan juga kalau saja trek lebih panjang pasti saya kalah, karena mobil saya di limit di 145kmpj :mky_01:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Mbl cc kecil bagusnya 3 cyl ato 4 cyl sih?

Post by Turboman »

Kalo utk liat performa, test di Dyno aja.....:drpd penasaran

Or coba aja ke bengkel2 yg punya Dyno, minta lihat hasil Dyno test mobil2 yg dimaksud

ricz wrote:Suhu2 yg terhormat...

Taon lalu, muncul banyak city car dari beragam merek, spt Toyota dgn Etios Valconya, Mitsu dgn Mirasnya dan Honda dgn Brionya, melengkapi pemain lama di sektor ini spt KIA Pikantuk, Batu makam March dan Ushahiad Noiris... eh Sirion...

Apalagi ditambah dgn munculnya LCGC spt duo kembar Agay-Alay, Karimun Wagon R dan versi paket hematnya Brio yaitu Brio Sotoy...

Nah, hampir semua citycar ini mengusung mesin 1000-1300 cc (kecuali March yg py opsi mesin 1500 cc) dan ad yg memakai 3 silinder, dan ada jg yg memakai 4 silinder...

Byk org mengatakan bahwa 4 silinder lebih halus drpd 3 silinder, dan ada juga yg mengkaitkan dgn performa mbl itu sendiri spt 3 silinder lebi bertenaga drpd 4 silinder di mbl cc kecil lah, dsb... Bahkan ada juga yg mengatakan bahwa mbl CC kecil bermesin 3 cyl cuman menang suaranya saja lah drpd 4 cyl tapi ga ad tenaganya lah, dsb...

Jadi, nubietol mau nanya, sebenarnya sapa yg menang seh baik performa, konsumsi bbm dll? Misalkan mesin 3 silinder 1000 cc dan 4 silinder 1000 cc semuanya dr pabrikan A, settingan kedua mesin dibuat hampir sama, sapa yg lebi unggul?

Mohon bimbingannya suhu2... :ungg:
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2972
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: Mbl cc kecil bagusnya 3 cyl ato 4 cyl sih?

Post by imingwahyudi »

billyd1773dz wrote:
imingwahyudi wrote:Pegang 3 silinder ric! :mky_02:

Berasa beda lhaarr daripada citycar 4 silinder... 3 silinder emang roughly delivered, kerasa bgt kalo manual. Tapi itu yang bikin city car berasa nimble and agile...dan irit :mky_02:

:ungg: nagih denger revvingnya Mira om Billy
aahh bro iming kemarin blom ngerasain gaspolny nih..........................wkwkwkwkwkw :D :D


:mky_04: :mky_04: :mky_04:
:mky_03: harus diculik pasteur-padalgarang nih :mky_04:
User avatar
imingwahyudi
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2972
Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
Location: 万隆, 印度尼西亚

Re: Mbl cc kecil bagusnya 3 cyl ato 4 cyl sih?

Post by imingwahyudi »

madcat015 wrote:Setuju bro billy...

3 atau 4 silinder ga jd masalah, yg penting bagaimana pabrikan membungkus sebuah mobil menjadi satu kesatuan yang baik...

*kadang rindu suara mekanis "zrrrrrnnnggg" saat hi-rev apanja G 2010 koko ane, frisky little engines... like a puppy trying to bark like a wolf*
:mky_03: nanti ah coba upload hasil gurah si sampan dengan pod filter installed
walid_007
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3209
Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
Location: idn, 18 mdpl
Daily Vehicle: b48 1gd 4a9

Re: Mbl cc kecil bagusnya 3 cyl ato 4 cyl sih?

Post by walid_007 »

Hadeh pertanyaan ane ga dijawab

Ohh iya,, sekalian dengan hp yang sama yg 1 v6 yang 1 in line tp dengan kompresor

Bagus manaaaaaa.?
engine roaring!
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Mbl cc kecil bagusnya 3 cyl ato 4 cyl sih?

Post by htannis »

bagusan commonrail VGT diesel :ngacir:
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
User avatar
htannis
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3287
Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36

Re: Mbl cc kecil bagusnya 3 cyl ato 4 cyl sih?

Post by htannis »

walid_007 wrote:Hadeh pertanyaan ane ga dijawab

Ohh iya,, sekalian dengan hp yang sama yg 1 v6 yang 1 in line tp dengan kompresor

Bagus manaaaaaa.?
dengan HP yg sama, mesin yg pake forced induction lebih bagus dan lebih bertenaga
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
hitutbaw
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 578
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:01

Re: Mbl cc kecil bagusnya 3 cyl ato 4 cyl sih?

Post by hitutbaw »

Ada lagi link lain jg selain yg team bhp:
http://www.cartoq.com/advantages-and-di ... -cylinder/

Kesimpulannya ada di bag bawah artikel:
If you want more refinement and a quieter car, with a bit more power for equal engine capacity, then a four-cylinder engine is better than a three-cylinder. But if fuel-efficiency and lower purchase cost are your priorities, pick a three-cylinder engine.

Tp kan kyk udah dijelasin di atas2.. Udah byk aplikasi teknologi terkini utk enhancement 3 cyl
ricz
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 12277
Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
Location: Indonesia

Re: Mbl cc kecil bagusnya 3 cyl ato 4 cyl sih?

Post by ricz »

Turboman wrote:Kalo utk liat performa, test di Dyno aja.....:drpd penasaran

Or coba aja ke bengkel2 yg punya Dyno, minta lihat hasil Dyno test mobil2 yg dimaksud

Jadi berarti ga ad yg lebi unggul yak... :ungg:

Semua tergantung dr settingan mesin, gt ya om?

Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Mbl cc kecil bagusnya 3 cyl ato 4 cyl sih?

Post by billyd1773dz »

ricz wrote:
Turboman wrote:Kalo utk liat performa, test di Dyno aja.....:drpd penasaran

Or coba aja ke bengkel2 yg punya Dyno, minta lihat hasil Dyno test mobil2 yg dimaksud

Jadi berarti ga ad yg lebi unggul yak... :ungg:

Semua tergantung dr settingan mesin, gt ya om?
imho klw bicara performa dan keiritan.. rasanya uda ga mengikat yah... kembali kesetingan dan tujuan awal build mesinnya......
dan yup uda banyak enchantment bwat nutup kelemahan tersebut.



hal yang masih fix blm bisa di gantikan..... soal perawatan dan production cost............ cyld lebih dikit jelas hubunganya ke biaya perawatan... terutama di sekitar cyld... kaya busi,coil nozzle dll, lalu jika turun mesin komponen nya lebih dikit juga....
hal ini juga berpengaruh ke productioncost...

makanya makin banyak yg bikin 3cyld...


:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Mbl cc kecil bagusnya 3 cyl ato 4 cyl sih?

Post by billyd1773dz »

imingwahyudi wrote:
billyd1773dz wrote:
imingwahyudi wrote:Pegang 3 silinder ric! :mky_02:

Berasa beda lhaarr daripada citycar 4 silinder... 3 silinder emang roughly delivered, kerasa bgt kalo manual. Tapi itu yang bikin city car berasa nimble and agile...dan irit :mky_02:

:ungg: nagih denger revvingnya Mira om Billy
aahh bro iming kemarin blom ngerasain gaspolny nih..........................wkwkwkwkwkw :D :D


:mky_04: :mky_04: :mky_04:
:mky_03: harus diculik pasteur-padalgarang nih :mky_04:
hahah... kemarin lewat punclut-lembang harusnya d gaspol tuh................ kerasa banget benefit CVTnya bwat nanjak... n somehow tiny engine selama keep d >4000rpm nambah terus percepatannya kaya g abis2 tenaganya wkwkw :D

imho lebih asik dri d tol tu... :D


:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Mbl cc kecil bagusnya 3 cyl ato 4 cyl sih?

Post by billyd1773dz »

walid_007 wrote:Klo mesin v6 dengan inline 4 bagus maana yak?

Dr sisi ekonomi, power loss, power itu sendiri, suara dll
v6 awalnya usaha untuk mengkompak-kan inline 6... agar fit ke mbl FWD yang enginenya di pasang melintang...

production cost tentu lebih tinggi dari inline 6, karna harus ada 2 bank kanan dan kiri, di model sohc ada 2 camshaft, apalagi dohc ada 4camshaft. setiap camshaft mebutuhkan energi yg di gerakin crankshaft mesin. jumlah beberapa sensor2 harus dobel untuk bank 1 dan 2

V6 ada yg 60 derajat, dan 90 derajat.
jika inline 6 perfectly balance layout, V6 terutama yg 90derajat membutuhkan 1 balancershaft di dalam V-valey nya. V6 90derajat biasanya di bikin 1 production line dgn V8 yg biasanya 90derajat.
V6 60o biasanya lebih balance hingga beberapa produsen tidak menggunakan balancershaft untuk membuatnya mendekati kehalusan inline 6.

soal suara depend on header length dual bank engine bisa dibikin bersuara stereo.... atw sbutan orng usa "burbling" cmiiw

ada lagi VR6 ... single bank dgn kemiringan 15derajat... :D
Image
mesin vw.. :D inline 6 obviously g cukup d mini FWD.. V6 sekalipun lebih pendek juga butuh space di kedua sisinya untuk exhaust yg keluar dari 2 bank dan lebar mesin itu sendiri yg lebih lebar dari inline engine.... jd butu enginebay relatif besar :D jadi dibikin VR....simple karna exhaust outakenya bisa di satu sisi, sedikit lebih panjang dari V6 tapi lebih ramping.... :D d mesin sohc camshaft hanya butuh 1.. layaknya inline... :D

cmiiw
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Mbl cc kecil bagusnya 3 cyl ato 4 cyl sih?

Post by billyd1773dz »

walid_007 wrote:Hadeh pertanyaan ane ga dijawab

Ohh iya,, sekalian dengan hp yang sama yg 1 v6 yang 1 in line tp dengan kompresor

Bagus manaaaaaa.?
inline 6 vs v6 sama2 n.a ...?

ane pegang inline 6 hehehe :D apalagi pke forced induction......


oyah V-engine untuk di pasang turbo lebih repot... karna exhaustnya keluar dari kedua sisi bank, turbo harus 2.. atau 1 namun header ke turbonya jadi panjang. ini meningkatkan kerumitan....

jadi kadang2 tuner lebih prefer masang supercharge di V engine nya. meski soal powergain n efisiensi sih tetep turbo.


:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz