
Kali ini gw mau review salah satu lux SUV Toyota yaitu LC Prado 150 taon 2010... Maap jika gambar comot dr google krn sulitnya mendapat akses utk poto2...
Prolog
Prado 150 (TRJ150) diluncurkan sekitar akhir 2009 dan masuk ke indo lewat jalur IU sekitar awal 2010... Jadi bs dibilang unit yg gw review itu adlh batch pertama...
Prado di Jepun sono tersedia dlm 3 varian (TZG, TZ dan TX), tersedia dlm 2 warna interior dan mesin 2TR FE 2700 cc sama spt yg dipake fortuner... Yg masuk ke Indo kebanyakan tipe TX... Ad 2 pilihan opsi audio, yaitu audioless (HU OEM fortie, 6 speaker & kamera mundur) dan audio kit OEM jepun...
Akhir taon lalu, muncul Prado FL, perubahannya di headlamp, desain bemper depan dan belakang, taillamp, HID dan DRL, serta perubahan di cluster tengah & desain HU... Utk penambahan fitur gue kgk tau, silakan ditambah...
Unit yg gw test ini adlh tipe TX 7seater audioless dan interiornya berwarna beige...
Baiklah kt mulai reviewnya....
Exterior


Fascia depan, headlamp agak aneh dgn grille yg menurut gw cukup gagah, dan bumper depan serasi dgn headlampnya... Ditambah dgn spion tanduk, menambah kegagahan mbl ini... Sayang, ini mbl mirip Fortie.... Bahkan tante gw pikir lakinya bungkus Fortie... Ternyata lakinya bungkus Prado... Wkwwkkww...
Samping, inilah bagian yg plg gw suka dr Prado... Berotot & kesan gagah makin mencuat berkat spakbor yg besar... Namun spakbor ini jadi bikin susah keluar masuk pd saat berada di parkiran sempit...
Belakang, taillampnya mirip Apanja... Bahkan ad yg bilang ini abangnya Apanja.. Ad yg unik dr pintu belakang Prado ini, pintu belakangnya dibuka ke samping dgn handle disembunyikan... Simple yet elegant! Wiper jg disembunyikan di spoiler belakang menjadi makin bagus...

Velg 265/65 R17 dibalut ban Mich Latitude Tour gagah... Apalagi py om gue udh dilepas dop rodanya, makin gagah...
Interior

Dashboard berwarna item campur beige didominasi oleh softpad halus berkualitas dan kulit asli campur bahan Nappa... Desain interior cenderung membosankan, dash tengah didominasi panel silver murahan... Interior ga menarik utk mbl dgn harga hampir 1 M (950an jeteng pas 2010) tapi built quality bagus (ya iyalah mblnya aja udh hampir 1 M gitu)
Jok depan udh dilengkapi dgn electric seat (kursi sopir ad lumbar support, penumpang ga ada) Oh ya, mbl ini jg ada rear airvent (fitur favorit si axala) dan klo malam, doortrimnya ad lampu pendar gitu...
Mbl ini udh dual zone AC, tp displaynya jelek... Kek Kijang Innova 2004 tipe V... Bahkan CRV RE pun ga sejelek ini... Satu hal yg menarik : ad lampu di laci dashboard... Berguna utk membantu mencari barang pd saat mlm hari..
Bagasi luas, dan pelipatan jok baris ke3 udh elektrik... Utk menyetel jok baris ke2 juga udh pake elektrik...
MID terdapat di speedometer, isinya yaitu odometer, trip A & B, indikator gear dan tulisan bahasa kanji yg sama sekali gw ga ngerti...
Head unit memakai OEM Fortuner, HU ini cukup baik responsnya tapi suaranya cukup mengganggu saat dioperasikan... Suara yg dihasilkan cukup baik.. Fiturnya cukup lengkap, ad USB, AUX, Bluetooth, GPS dll... Kamera mundur parah, ga ada infrarednya... Masi kalah ama RM gw...
Enji gay...eh enjin bay
Mbl ini memakai mesin 2TR FE milik Fortuner bensin & dikawinkan dgn transmisi 4 speed ECT... Akselerasi cukup boyo, dan ga sebanding dgn konsumsi bbmnya... Kons bbmnya sekitar 1:4-5 dalkot (BBM Pertamax) Perpindahan gear cukup halus, sayang ga ad triptronic...
Ride & handling
-Me as driver
Tekan rem, push engine start, suara mesin mirip Fortuner... Stir moderat, ga terlalu ringan tp jg ga terlalu berat, akselerasi ga terlalu bertenaga... Mbl ini emang cocoknya utk bapak2 umur 40+ dan emang di lapangan ini mbl sering dibeli ama bapak2 & ama pejabat korup...
Posisi mengemudi cukup nyaman utk ukuran mbl tinggi spt ini... Jok menopang tubuh dgn baik & materialnya... Me like... Bantingan suspensi sangat nyaman, tapi konsekuensinya handling limbung bgt ( pernah gw bawa dari medan - brastagi ) Headlamp krg terang, disarankan upgred ke HID...
Oh iya, gw ga mencoba nyemplung ke trek off road, tp yg jelas mbl ini gw yakin cukup mumpuni utk offroad ria, krn imej Land Cruiser dan mbl ini juga menjadi favorit org Aussie utk beroffroad ria...
-Me as passenger
Duduk di penumpang depan, posisi kaki & kepala bagus... Ga ala lesehan kek PJS dan sebangsanya... Jok udh elektrik, makin mudah mengatur posisi duduk...
Lompat ke baris ke2, ruang kaki lmyn luas, kepala luas bgt dan kursi empuk... Surprisingly, bantingan mbl ini sgt empuk, lobang ga terasa pdhl dihajar kecepatan 60an kpj... Mungkin krn ban Mich Latitude Tour yg emang dasarnya empuk tapi cepat botak, atau suspensinya sendiri yg emang empuk...
Sayangnya, ini mbl cukup limbung, bikin pusing hbs perjalanan luar kota...
Verdict
Toyota LandCruiser Prado... Sebuah mbl yg menjadi demenan para bapak2 40an dan pejabat korup... Klo ditanya worth to buy sih ga juga ya, soalnya fiturnya ga terlalu byk klo dibanding RX... Tp klo dibanding saingan terdekatnya, Mitsu Pajero, jelas LC Prado ini lebi worth...
NB :Jika mau beli Prado, pastikan mengambil yg fullspek audio dari jepun / upgrade audio sendiri krn IU memberikan head unit, rear camera yg cukup jelek...
Pros :
-Bantingan super empuk
-Mesin pasaran,mudah dirawat
-Gagah
-Kemampuan off road
-Built quality & material interior bagus
-Reliability
-Lampu pendar & lampu di laci dashboard memudahkan cari barang
Cons:
-Tenaga boyo
-Konsumsi bbm ngocor
-Transmisi jadul
-Sering disangka Fortie
-Taillamp mirip Papanjah
-Kamera mundur ga ad infrared
-Panel silver di dashboard murahan
-Headlamp krg terang
Sekian... Mohon maap jika ad kesalahan spek / kesalahan kata2... Jika ad kritik / saran silakan disampaikan ke gue...
