Data Wading Depth / kemampuan lewatin genangan
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 805
- Joined: Sat May 11, 2013 2:07
Re: Data Wading Depth / kemampuan lewatin genangan
Di kelapa gading ada seri 6 baru ditinggal gitu aja di pintu tol, kena banjir....kasian bener nasib itu mobil.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Data Wading Depth / kemampuan lewatin genangan
dubz wrote:Di kelapa gading ada seri 6 baru ditinggal gitu aja di pintu tol, kena banjir....kasian bener nasib itu mobil.
Oucchh..... nyesek benerr.....


Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: Data Wading Depth / kemampuan lewatin genangan
Suhu2.. Nubie nanya donk...
Kalau wading depth cuman 25cm padahal intake diatas itu komponen apa yang kemasukan air pertama? Apa transmisi atau knalpot?
Maksudnya, parameter wading depth.tu apaan ya? Nuhun....
Kalau wading depth cuman 25cm padahal intake diatas itu komponen apa yang kemasukan air pertama? Apa transmisi atau knalpot?
Maksudnya, parameter wading depth.tu apaan ya? Nuhun....
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1159
- Joined: Thu Jun 14, 2012 3:39
- Location: jakarta
Re: Data Wading Depth / kemampuan lewatin genangan
Buset.. Yg kaya om helm nubie yak itungannya hahha..
Mnrt saya kalo kalo knalpot nggak mgkn kemasukan air deh kalo keadaan mesin stasioner, karena dia nembak terus kan.. Kecuali kalo manual, injek kopling geber2, feeling saya sih ini yg bahaya ada kemungkinan masuk lwt knalpot.
Kalo transmisi.. Nggak tau d kalo a/t gimana, tapi kalo manual jg kayanya harus diposisiin di gear1, dibiarin stasioner jalan pelan aja, karena kalo injek kopling, malah ada kemungkinan air masuk di kopling kita jadi potensi slip kopling..
Cmiiw suhu
Edit: kalo parameter wading depth kayanya tetep si air intake dan sampe sbrp dalam air yg bisa bikin masuk ke dalem kabin deh
Mnrt saya kalo kalo knalpot nggak mgkn kemasukan air deh kalo keadaan mesin stasioner, karena dia nembak terus kan.. Kecuali kalo manual, injek kopling geber2, feeling saya sih ini yg bahaya ada kemungkinan masuk lwt knalpot.
Kalo transmisi.. Nggak tau d kalo a/t gimana, tapi kalo manual jg kayanya harus diposisiin di gear1, dibiarin stasioner jalan pelan aja, karena kalo injek kopling, malah ada kemungkinan air masuk di kopling kita jadi potensi slip kopling..
Cmiiw suhu
Edit: kalo parameter wading depth kayanya tetep si air intake dan sampe sbrp dalam air yg bisa bikin masuk ke dalem kabin deh
-
- SM Specialist
- Posts: 9769
- Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
- Location: Pasar Minggu, Jakarta
- Daily Vehicle: Toyota Alphard
Re: Data Wading Depth / kemampuan lewatin genangan
Hiks... Ciyus ni nubie.... :''(
Sudah agak tercerahkan sih, habis ngulik google nemu:
http://www.drivingfast.net/off-road/obs ... wading.htm
Masi penasaran dengan parameter waktu pabrikan ngasih angkanya.. Apakah ada standarnya.. Atau boleh terendam sesuai angka wading selama mungkin, atau asumsi waktu saja? (Soalnya disebutkan pabrikan mobil memberi angka itu bukan jaminan keamanan. Tetapi jika 'sebentar saja' tidak masalah)
Nubie balik ke atap lagi...
Sudah agak tercerahkan sih, habis ngulik google nemu:
http://www.drivingfast.net/off-road/obs ... wading.htm
Masi penasaran dengan parameter waktu pabrikan ngasih angkanya.. Apakah ada standarnya.. Atau boleh terendam sesuai angka wading selama mungkin, atau asumsi waktu saja? (Soalnya disebutkan pabrikan mobil memberi angka itu bukan jaminan keamanan. Tetapi jika 'sebentar saja' tidak masalah)
Nubie balik ke atap lagi...
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Data Wading Depth / kemampuan lewatin genangan
Rasanya harus liat floorpan nya mod...
Dasar mobil... secara banyak kabel di sana dan kadang transmisi nongkrong dekat sekali dengan floor pan.
Cmiiw...
*nubie hina dina brondok ke atap...*
Dasar mobil... secara banyak kabel di sana dan kadang transmisi nongkrong dekat sekali dengan floor pan.
Cmiiw...

*nubie hina dina brondok ke atap...*

Obey the mahakitteh. 

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 382
- Joined: Thu Jun 27, 2013 17:36
Re: Data Wading Depth / kemampuan lewatin genangan
trus kl mobil mercy yg pny vacum door gitu,pas banjir sekarang air bisa masuk ga?
mohon suhu-suhu minta pencerahannya,
mohon suhu-suhu minta pencerahannya,
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 23
- Joined: Sun Jan 24, 2010 12:25
- Location: Surabaya
Re: Data Wading Depth / kemampuan lewatin genangan
Saya sendiri pake Captiva bensin, brp minggu lalu kena banjir lumayan, knalpot Juke yg di dpn udah tenggelam, mgkn orangnya sadar trus lgsg minggir ke lajur kanan deh...Classic wrote:kalau Captiva brp bang Turboman? Sy belum berani terobos banjir takut ada sensor di kaki yg rentan kena air
Saya pernah pakai Tokisul +/- 55-60cm masih lewat
Panther kotak Hi-Grade 55-60cm
Panther kapsul LS jg 55-60cm
Panther kapsul GT 65cm
Nissan Latio 25-30cm
hmm... apalagi yah?
CMIIW
Saya sih lanjut aja dgn nekat (sambil jaga jarak & pertahanin rpm di kisaran 2rb), ngikutin truk sama bis di dpn... Trus di blakang saya ada PS ikutan juga, cuma kita berempat aja yg brani hajar jalur kiri... Hehe..
NB : Foto dibawah bukan mobil saya ya... #CreditToThePhotographer&SaluteToTheCaptivaOwner#

You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Let's Do Something Better For Our Environment...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2160
- Joined: Mon Dec 16, 2013 0:24
- Location: Indonesia
Re: Data Wading Depth / kemampuan lewatin genangan
Harus buka penawaran nih ke yg punya semurah mungkindubz wrote:Di kelapa gading ada seri 6 baru ditinggal gitu aja di pintu tol, kena banjir....kasian bener nasib itu mobil.

terus jeblokin 1mz ama transmisi tiptronic harrier




Jadilah ane milyarder yg paket hemat

Pursuit of Perfection
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 46
- Joined: Wed Jan 08, 2014 7:57
Re: Data Wading Depth / kemampuan lewatin genangan
Wow.. Dapet pencerahanSlover wrote: Saya sendiri pake Captiva bensin, brp minggu lalu kena banjir lumayan, knalpot Juke yg di dpn udah tenggelam, mgkn orangnya sadar trus lgsg minggir ke lajur kanan deh...
Saya sih lanjut aja dgn nekat (sambil jaga jarak & pertahanin rpm di kisaran 2rb), ngikutin truk sama bis di dpn... Trus di blakang saya ada PS ikutan juga, cuma kita berempat aja yg brani hajar jalur kiri... Hehe..
NB : Foto dibawah bukan mobil saya ya... #CreditToThePhotographer&SaluteToTheCaptivaOwner#


Thank you bro Slover
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 23
- Joined: Sun Jan 24, 2010 12:25
- Location: Surabaya
Re: Data Wading Depth / kemampuan lewatin genangan
Sama2 bro... Tetep hati2 & jaga jarak aman kalau masuk banjir... Hehe..Classic wrote:Wow.. Dapet pencerahanSlover wrote: Saya sendiri pake Captiva bensin, brp minggu lalu kena banjir lumayan, knalpot Juke yg di dpn udah tenggelam, mgkn orangnya sadar trus lgsg minggir ke lajur kanan deh...
Saya sih lanjut aja dgn nekat (sambil jaga jarak & pertahanin rpm di kisaran 2rb), ngikutin truk sama bis di dpn... Trus di blakang saya ada PS ikutan juga, cuma kita berempat aja yg brani hajar jalur kiri... Hehe..
NB : Foto dibawah bukan mobil saya ya... #CreditToThePhotographer&SaluteToTheCaptivaOwner#Skrg saya jd pede
![]()
Thank you bro Slover
Sdikit tambahan, abis nerjang banjir 2x foglamp saya tewas dua2nya...
Saya ganti HID sih, mgkn kena ballast apa volt stabilizer-nya sampe skarang blom sempet ngecek...
Ujung air intake Captiva jg cukup tinggi, di atas ban dpn-kanan posisi lubangnya menghadap belakang..,
Let's Do Something Better For Our Environment...
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Data Wading Depth / kemampuan lewatin genangan
Jeep dari YJ,XJ n WJ yg gw apal..........
posisi intakenya malah di bawah lampu dan ngadep depan... jadi wading depht nya relatif rendah...
beuh salah desain
...............
setelah di pikir2 dan berkali berendam , main air ,mogok dan kemasukan air..
uniknya dari intake d bawah pipenya ke atas mendekati kap mesin baru masuk Throttlebody yg posisinya lebih tinggi dari intake.
fungsinya? agar saat air masuk ke intake, seblm air ke sedot ke TB, mesin uda mati kehabisan udara.....
jadi jarang kasus air masuk ke mesin.. wkwkw 
dan yap masih bisa kemasukan air klw kelewat dalam atau malah di paksa di nyalakan.....
bianya klw kejadian gini d XJ prosedurnya g terlalu sulit, *klw noobs ini ngintip yg ngerecovery* mulai dari ngebuka fuel line, buka busi d ke 6 cyld dan start......... biarkan air keluar, lap2 keringan kan pasang dan biasanya hidup lagi.... blm pernah kejadian waterhammer sampai pecah
maybe karna kompresinya 8.6:1 dan iron block? jd efeknya g sedasyat gasoline baru yg di atas 10:1 apalagi jika alumunium block..
cmiiw



beuh salah desain


setelah di pikir2 dan berkali berendam , main air ,mogok dan kemasukan air..
uniknya dari intake d bawah pipenya ke atas mendekati kap mesin baru masuk Throttlebody yg posisinya lebih tinggi dari intake.
fungsinya? agar saat air masuk ke intake, seblm air ke sedot ke TB, mesin uda mati kehabisan udara.....


dan yap masih bisa kemasukan air klw kelewat dalam atau malah di paksa di nyalakan.....



maybe karna kompresinya 8.6:1 dan iron block? jd efeknya g sedasyat gasoline baru yg di atas 10:1 apalagi jika alumunium block..
cmiiw

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 379
- Joined: Wed May 01, 2013 4:43
- Location: Jakarta
Re: Data Wading Depth / kemampuan lewatin genangan
Sundul lagi ah... mumpung hari ini lagi rame banjir di jkt...
semoga membantu SMer's membuat keputusan mau terobos genangan ato ngga...
Btw, pajero sport kira2 batas amannya setinggi apa yah..? (kondisi standard)
semoga membantu SMer's membuat keputusan mau terobos genangan ato ngga...

Btw, pajero sport kira2 batas amannya setinggi apa yah..? (kondisi standard)

I am a Driver... not a Racer...
-
- SM Moderator
- Posts: 812
- Joined: Thu Jul 17, 2014 5:10
- Location: Mampang Prapatan
- Daily Vehicle: Gerobak sayur
Re: Data Wading Depth / kemampuan lewatin genangan
ane td sebelum ke kantor, nonton TV on*, liputan langsung banjir di Kelapa Gading (Boulevard Barat) sekitar 60 cm, yg berani nerobos cuman fortuner (ada 4 unit), mobil ipah aja ngikutin di belakang,,,ALX7 wrote:Sundul lagi ah... mumpung hari ini lagi rame banjir di jkt...
semoga membantu SMer's membuat keputusan mau terobos genangan ato ngga...![]()
Btw, pajero sport kira2 batas amannya setinggi apa yah..? (kondisi standard)
klo pajero sport mungkin msh aman jg, secara hampir2 sama aja tingginya om

---Diesel ayukkk, Bensin ayukkk------
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: Data Wading Depth / kemampuan lewatin genangan
se kap mesin aman kok ada yg lewat, asal jgn berhenti aja yah jalan aja pelan2ALX7 wrote:Sundul lagi ah... mumpung hari ini lagi rame banjir di jkt...
semoga membantu SMer's membuat keputusan mau terobos genangan ato ngga...![]()
Btw, pajero sport kira2 batas amannya setinggi apa yah..? (kondisi standard)
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 386
- Joined: Fri Apr 12, 2013 9:38
Re: Data Wading Depth / kemampuan lewatin genangan
Ikutan, saya pake PS dakar sanggup terobos sampe air keliatan di depan kap mesin, serem juga di pintu udah bunyi kopyok". Bisa upload gambar via hp gak ya? Saya sempet foto foto juga nih pas lagi berlayar.
*smua std kecuali engine*
*smua std kecuali engine*
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1702
- Joined: Sat Apr 26, 2014 4:42
Re: Data Wading Depth / kemampuan lewatin genangan
Klo tinggi air ud lewatin satu ban penuh. Pas nerobos air bsa masuk dr pintu gak ya? Ntar bsa nerobos tp tetep banjir d dlm... Fail..
Oh iya skalian sharing. Pernah ujan gede nyalain foglamp spanjang jalan. Ga lama lwat banjir. Aman.. Pas sampe rmh ngecek mbl ga taunya foglamp retak... Mungkin krna panas dr bohlam lsg dihajar air dingin banjir
Oh iya skalian sharing. Pernah ujan gede nyalain foglamp spanjang jalan. Ga lama lwat banjir. Aman.. Pas sampe rmh ngecek mbl ga taunya foglamp retak... Mungkin krna panas dr bohlam lsg dihajar air dingin banjir
Big Displacement V engine enthusiast:
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
V8: 1UR-FSE{|}8AT
V6: 2GR-FE{|}6AT
V6: G6DF{|}6AT
Eco Mode
DDiS 1.3
1NR-VE
K10C
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 39
- Joined: Sun Jun 09, 2013 17:25
Re: Data Wading Depth / kemampuan lewatin genangan
Sundul lagi.. Persiapan bulan feb/mar dan lg cari mobil wading depth tinggi.. Sy kira vxr 80 WDnya tinggi ternyata ngga2 amat ya.. Ketolong blm banyak elektrikal aja kali ya
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Data Wading Depth / kemampuan lewatin genangan
TESLA Cyber Truck
3 ft alias 1 meter
3 ft alias 1 meter
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1612
- Joined: Thu Oct 01, 2015 1:05
Re: Data Wading Depth / kemampuan lewatin genangan
Nah cocok nih lagi musim banjir begini..
Land Cruiser : ±700mm
Fortuner : ±700mm
Hilux : ±700mm
Rush : ±600mm
Innova : ±500mm
Avanza : ±500mm
Yg lain kalau tau, boleh ditambahin
Land Cruiser : ±700mm
Fortuner : ±700mm
Hilux : ±700mm
Rush : ±600mm
Innova : ±500mm
Avanza : ±500mm
Yg lain kalau tau, boleh ditambahin
SUBARU INDONESIA
Instagram : subaru.sales.id
Instagram : subaru.sales.id