

masih dalam pencarian dcab "suv like" idaman,setelah sblmnya nyicip colorado, skrng saatny ngejajal dcab yg paling gw harepin........


Review ini pernah gw tulis di sini
http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 4&start=50
gw bikin lg disini + penyedap biar bisa ngumpul semua review d room ini...

langsung aja k beres ford bdg, ngobrol2 dgn salesnya ternyata unit XLT baik 3.2 dan 2.2 serta wildtrak AT sudah sold out dan harus inden...................... yang ready adalah XLS Plus 2.2-H MT VIN2013 dan Base 2.2 MT VIN2012, masing2 dgn disc menggoda.. versi base bahkan di disc 2x lebih besar dari XLS

XLS Plus
XLT dan XLS plus bedanya, di aksen krom d mirro grill dan beberapa panel exterior, sidemirror sign, di kabin absen fitur Voice command dan HU dgn BT, dan steering Audio dan cruise control... lainya.... Dual Airbag ABS EBD , MID tetep jadi std...

XLT

2.2-Hi 150ps 375nm
mulai 2014. versi XLT hanya ada model 3.2ltr dan 2.2 ada di XLS Plus, updatenya velg sudah R17" dan ada bedliner.

3.2 5cyld 200ps 470nm
sedangkan yang base... versi bener2 basic... powerwindow pun tak ada, bemper berwarna hitam..peredam kabin terasa jauh berkurang, audio single din, dan tdk ada MID. mesin pun 2.2ltr Mid power 125ps 320Nm beda mesinya sendiri si sales tidak tw selain perbedaan settingan....


2.2-Mi 125ps 320nm sorry gelep......... minus engine overnya
yang wildtrak, tidak ada unitnya di sana, tp fitur-fiturnya jauh lebih komplit, seperti pernik2 wildtrak leather interior,6speed AT with triptonic,rollbar d bak,HDC,HSA,ESP, dual climate control with voice control, rim 18" dan headlight serta stoplamp punya aksen hitam berbeda dgn ranger lain.
dari googled


ada yg unik atau err rancu d brosur peak torque 2.2-Mid ini sudah ada dari 320@1700rpm sedangkan yang Hi 375@2500 rpm... nah yg rancu d web ford oz 2.2-Hi harusnya 375@1500-2500rpm... bgtu juga versi 3.2, versi indo 470@1750, sedangkan versi oz 3.2 470@1500-2750
ntah salah ketik atau memang ada yg beda. y uda kita coba aja langsung di jalanan...................



jika di banding colorado dan dmax posisi mesin lebih tinggi di atas axle
beruntung ada unit testdrive, meski bertype 2.2 XLT MT VIN2012.......

ok langsung aja di jajal2

penampilan exterior well one of the best looking ute out there





interior kabin masih serba hardplastik.... hanya pegangan pintu yg ada soft paddednya..


sistem 4x4 dengan switch putar, layaknya 4x4 modern
tangki sebesar 80ltr biggest on its class... cocok bwat longrange trip. menurut salesnya sih aman dgn solar biasa.

wildtrak LHD from google

XLT

XLS Plus

Base
kesan pertama saat masuk ke kabin dan menutup pintu..





gearbox MT 6speed gerakan tuasny pendek,shifting terasa mantap, dgn speeling minim layaknya gearbox sedan...... beda jauh dgn ipah,colorado dan dmax yang gerakan tuas2nya panjang dan terasa longgar....



selanjutnya kita coba jalan.... kata salesnya kita balik arah ajah....... wah langsung kepikirin... dcab 5.3m balikin arahnya pasti seru hahaha

yang menarik adalah ratio steering rack nya


seepp beres U-turn.. gigi 1 langsung bejeekkk.......






most diesel in it class redlinenya memang di 4200-4500, kecuali kembarannya BT50Pro dan navara yang d 5000

memang di low rev sblm range turbo masih terasa kosong...baru hingga 1750 langsung kerasa ngejambak.. jika d 2000an gas diangkat dan gas lagi, juga masih kerasa ada lag <1s,sblm ngejambak lagi...

versi 3.2 powerband lebih pendek lagi karna peak powerny 200ps@3000rpm meski dgn torque yg jauh lebih dasyat... sedangkan 2.2 150ps@3700rpm


not a big deal,si puma ini pasti cukup memuaskan for most driver, yg tdk gatel mengabaikan shift up indikator dan rev ke redline.. hehehe


suspensi....





dibanding triton..suspensiny jauh lebih nyaman T6 ini, dgn colorado, ranger lebih stiff, namun colorado terasa terlalu ngayun bagian depannya mirip dgn ranger lama.
soal bodyroll g TD jauh jd g bisa komen banyak. namun short impression terasa solid.

puas nyupir...

sandaran lebih nyaman d triton yg lebih rebah namun legroom lebih pendek, ini rada mirip dgn colorado namun dgn legroom lebih luas, dan kabin lebih lebar.
duduk di 2nd row, suara mesin makin g kedengeran... wkwkwkw



pintu 2nd row dpt terbuka lebar

ok setelah puas muter2 kita kembali ke showroom


sejujurnya kita dibikin jatuh hati sama ranger.... hehehe

what i like ?
+ Kekedapan kabin
+ Steering and Handling
+ Suspension

+ smooth puma engine
+ powerfull on sweet spot

+ Solid 6 Speed MT
+ fitur komplit (on XLT apalagi di Wildtrak)
+ kabin lega
+ ada pilihan dcab 4x2 AT Hi-Rider for city cowboy
and what i dislike?
- 2nd row could be better

- AT 4x4 only on Wildtrak
- softer rear suspension option
- wasted highrev 4000-5000 rpm
- versi flagship indenya lama
- errrr size does matter?


