dieselkiki wrote:sharing i20 user..menurut saya, kalo om TS mengutamakan reliability dapat, kenyamanan kurang, nyopir sendiri di jkt (kurang nyaman), irit 8 kml di jkt dapat, fun to drive conditional.
dislike :
1. Suspensi keras banget untuk ukuran city car. Lebih empuk yaris. Dikombinasikan dengan kaca belakang yang modelnya meninggi yang menciptakan kesan sempit maka saya ketika duduk di bangku belakang tidak tahan, mudah pusing, dan mau muntah.
2. Radius putar lebar untuk ukuran city car.
3. profil ban (standar) terlalu tipis ditambah karakter suspensi yang keras sehingga velg mudah retak apabila sering manghantam lubang dengan kecepatan tinggi. velg OEM saya sudah 2 retak 1 pecah. Velg OEM +- IDR 800K/pc
4. kopling empuk dan karena saya lebih senang lepas pedal kopling dikit langsung jalan maka dari habit tersebut (ditambah torsi mobil yang besar) menyebabkan mobil seakan-akan mau loncat padahal jalanan macet merayap sehingga harus segera diinjak lagi. lama lama ngrasa nggak nyaman bawanya.
5. tulang kering saya sering mentok ke bagian bawah dashboard, padahal tinggi hanya 168 cm. Buat saya ini benar benar mengganggu.
6. bagi saya kabin sempit, warna dashboard kombinasi coklat yang aneh, warna lampu indikator orange lebih yang lebih enak dipandang yang warna biru, bagasi kalah lega dibanding jazz atau bahkan ayla, minim cup holder, saku dipintu yang sempit, HU integrated dan suara speaker yang mending daripada gak ada hiburan tapi enaknya terintegrasi dengan audio steering control, joknya juga aneh karena tebal tapi agak keras (tipikal hatchback korea).
like :
1. reliability = robust.
mobil ini akta lahir 03/10 dan sekarang sudah +- 130K KM. BBM, sampai sebelum 5K KM selalu DEX setelah itu minum solar. Service rutin beres setiap 7500 KM dan jadwal mengikuti km bukan bulan.
Hasilnya :
+- KM 96K turunin tangki solar gak kotor kotor amat, gak masalah menggunakan solar sejauh odometer tersebut. Harga filter solar +- IDR 350K. Tarikan memang berkurang, seingat saya dulu waktu baru 1800 rpm kalau ditarikkan mendadak badan langsung didorong ke jok, kalau sekarang nunggu 2000 rpm dulu. Purging sekali waktu +- 96K km. Tarikan lebih enak daripada sebelum purging tetapi belum bisa seperti waktu baru.
+- KM 100K ganti kampas kopling pakai merk valeo. Sampai dengan km tersebut dari segelondong mobil hanya 1 bearing roda yang perlu diganti, kampas rem depan belakang, kampas kopling, aki, ban dan filter-filter. komponen lainnya masih asli bawaan pabrik semua.
2. Irit BBM
Jkt stop and go tol jagorawi-tol dalam kota biasa 1:11 paling irit pernah dapet 1:12an km, luar kota biasa 1:16 paling irit pernah dapet 1:19an (rembang-cepu-ngawi-sragen-karanganyar-wonogiri-pacitan), kaki kanan gak sekolah.
3. Fun to drive ? Ya, kalo anda seneng nyopir kencang.
Top speed mobil ini yang pernah saya dapat 200 kmh (sendirian) di tol jagorawi arah bogor, mulai 170 kmh sudah berat, mulai 180 kmh sudah ditinggal jazz gen 2 sekitar 20-an meter. Akselerasi setelah turbo mulai aktif enak banget. Sering jalan jkt bdg ? kalau dari bandung arah jakarta tahu gerbang toll terakhir yang letaknya setelah (dahulu) pintu toll padalarang barat yang sekarang sudah dibongkar ? Kalau dari jkt letaknya di jalan yang mulai nanjak tinggi dan panjang sampai ke bekas pintu toll padalarang barat. Di jalan itu mobil pada umumnya jalan sekedar menjaga kecepatan tidak berkurang atau harus ganti gigi yang lebih rendah, di i20 crdi gigi 5 dengan muatan +- 300 kg masih bisa nambah kecepatannya dari 80 ke 120 dengan gampang. jalan bareng lalu akselerasi mendadak lawan jazz gen 2, CRV gen 3, civic FD1 lewat, bedanya kalau FD cepet ngejarnya kalo 2 lainnya lama. Saya sering jalan 100 kmh pake gigi 3 karena terlena oleh nyamannya akselerasi mesin. Pindah jalur mendadak atau high speed cornering mantap minim gejala bodi roll atau goyang perahu, inilah kompensasi dari suspensi yang keras. Bagi saya yang biasa pake mobil kelas harga umumnya orang beli mobil, EPS di mobil ini nyaman dan feedback setir sudah bagus, sampai saat ini EPS tersebut tidak ada masalah.
4. Rem, mantap !
Dulu sebelum beli saya baca brosurnya. Di brosurnya, yang dibilang magic salah satunya adalah remnya. Saat itu saya mikir halaaah iklan, city 07 saya juga sudah cakram di keempat rodanya lalu apa istimewanya ????? Ternyata memang beda, standar mobil tersebut sangat sesuai untuk gaya nyopir dan kekerasan cara menginjak rem. Di city rasanya saya selalu "telat" nginjak rem sehingga apabila dengan cara saya menginjak rem maka jarak dengan mobil di depannya sudah terlalu dekat. Awalnya saya pikir karena cara nyopir saya tetapi di avanza kejadian ini tidak terjadi tetapi apabila saya lakukan maka saya harus hardbraking tapi dengan perasaan khawatir akan mengunci rem-nya. Di i20 crdi rasanya tidak pernah terasa telat ataupun khawatir kalo rem-nya akan mengunci. Benar-benar memberikan rasa tenang, tanpa khawatir sama sekali, dan dapat saya andalkan.
wow sangat informatif sekali! mantab sekali reviewnya!!
dimulai dari sisi negatifnya:
1. whoa suspensi rada keras ya? klo saya sendiri sih jujur aja ngga terlalu suka sama suspensi sama yang terlalu lembut juga, misalnya kayak camry.. memang empuk bgt tapi malah berasa naik perahu... ga enak deh klo nyupir.. (klo disetirin sih enak2 aja) tapi kalau terlalu keras kayak xenia/avanza saya juga tidak suka.. sama avanza kira2 bagaimana?
2. radius putar, ok noted
3. profil ban tipis sih harusnya ngga ada masalah buat saya... harus berhati2 saja, nanti jg klo jadi ambil mungkin gatel jg gedein velg dan pake ban yg lebiih tipis
4. kopling karakternya begitu ya, ok noted. klo di innova d4d m/t sih saya klo macet2an pake gigi 2 aja sambil maenin kopling (tanpa gas), berarti mirip2 ya hrsnya
5. whaaaaaaaat... kaki mentok? tinggi saya 186cm.. kmrn sih iseng cobain driving position pas lagi survey mobil (i20 GL) kyknya sih ngga mentok.. mungkin hrs test drive ya... kira2 enak ngga ya buat dibawa perjalanan jauh?
6. waw, ok noted. tp HU nya bisa diganti nggak sih? kan display HU ori nya udah terhubung ke MID
positif:
1. wah reliable ya ternyata.. mantab deh klo gitu, tp filter solarnya mahal jg ya.. innova d4d seinget sy ga smp 200k (well not significant sih secara gantinya jg jarang2 kan)
2. irit bbm? 1:11 dlm kota berarti ngga beda jauh sm vios/yaris yg bensin dong ya..
3. torsinya walau 1400cc ternyata ok juga ya? dulu pas pake innova d4d m/t nyaman sekali kalau melalui tanjakan2 spt di pegunungan, gas ga perlu dalem2 tp mobil udah memenuhi kebutuhan tapi gitu ganti ke innova vvti a/t.. ahhh hopeless deh..
4. rem nya mantab ya skrg hyundai? jaman dulu pernah pake bimantara cakra (hyunda accent?).. itu saya sangat tidak suka dengan karakter rem nya.. manteb deh klo gitu klo udah lebih baik
