
Bahkan sekedar foto-fotopun tidak sempat

Yach, sekedar berbagi cerita bagi yg kepingin membeli Freed S.
Eksterior
Freed S punya saudara saya ini berwarna putih seperti gambar ini.

Interior
Freed S ternyata masih menggunakan kompor gas


Pintu elektrik hanya yg sebelah kiri saja. Yg kanan pintu geser biasa.
Kesan
Meski nampak tinggi tapi ketika masuk ke dalam kabin tidak terasa harus "memanjat". Jadi dugaan saya GC Freed tidaklah terlalu tinggi. Ternyata setelah saya cari info, GC-nya 165 mm. Woalah, cuma selisih 5 mm sama Mirage saya

Kaca depan lebar, sehingga menguntungkan untuk melihat ke arah depan. Cuma sayang, pilar A sangat mengganggu baik saat belok kanan maupun kiri. Kaca spion yg terletak di belakang jendela segitiga kecil juga membuat kepala harus menengok lebih jauh saat melihat spion

Kaca depan yg lebar tsb berpengaruh pada posisi mengemudi. Roda setir Freed jelas harus terletak agak ke bawah agar tidak menghalangi pandangan. Padahal jok Freed relatif tinggi. Jadi posisi lengan saya "menurun", bukan "mendatar". Ya ini faktor kebiasaan saja sih tapi buat saya kurang nyaman.
Tombol untuk membuka pintu geser dan tombol pengatur spion juga letaknya agak tersembunyi di bawah dashboard. Kalau udah hafal letaknya sih tentu no problem. Jadi ini kembali lagi ke soal kebiasaan saja.
Tuas transmisi agak berat ketika dioperasikan. Mungkin sengaja dibuat demikian karena modelnya garis lurus, jadi meminimalisir kemungkinan kebablasan ke R ketika dari D dipindah ke N.
Indikator2 di dashboard sangat jelas dan mudah dibaca. Cuma beberapa di antaranya agak kurang besar menurut saya. Misalnya indikator tuas transmisi, sekarang lagi ada di posisi apa.
Freed menggunakan geared A/T, jadi ketika kick down terasa sekali ada hentakan meski halus. Istri saya yg jadi penumpang di depanpun bisa merasakannya. Yach maklum, biasa pake CVT

Yang duduk di row paling belakang protes karena ruang kaki kecil

Kesimpulan
Untuk kebutuhan "angkutan" 7 orang, Freed cukup mumpuni lah. Tapi rasanya cukup untuk dalam kota saja. Sepertinya kalo untuk luar kota, baik sopir maupun penumpang 3rd row bakal teriak nih

Serba nanggung sih soalnya.
Demikian sekilas pengalaman menjajal Freed S 2013.
Mohon maaf bila ada salah kata dan terasa sangat subjektif sekali.

Tambahan:
Berhubung cuma di dalam kota, saya tidak bisa menilai bantingannya. Freed ini kemarin diisi 7 orang, 3 di antaranya masih ABG duduk di row 3. Gak terasa ada masalah dengan bantingannya. Ya maklum jalan lurus dan mulus.
Lalu intermitten wipernya ndak bisa dipilih ya rentang waktunya? Jadi cuma 1 macam saja? Soalnya saya puter2 tuas wipernya ndak ketemu

Konsumsi bensin waktu saya pakai mencapai 11.2 km/liter dengan catatan jalanan menurun (dari jalan kaliurang KM 15 sih


Begitu dapat jalan datar, terasa rada boyo memang

Trus ternyata Freed ini penganut 3 pedals matic ya

