
===============================
Intro
Karena di surabaya dirasa ane butuh mobil untuk memudahkan transport... bokap memutuskan untuk cari mobil 1 lagi.... dan pilihan jatuh ke SX4 bekas dengan alasan GC tinggi dan dimensi yang nggak terlalu besar untuk parkiran kosan...
Dapet mobil ini sebenernya bisa dibilang untung-untungan, pertama ownernya ga mau ngelepas 150... malemnya bokap dikabarin boleh dilepas 150


Dari odometer keliatan mobil ini dulunya pasti dipake sehari-hari sama pemilik lama... odometer menunjuk angka 40ribuan KM untuk mobil berusia 2 taun...
SX4 keluaran 2011 ini versi facelift yang sudah dilengkapi projector headlamp, hard line grille, cluster indiglow, integrated audio dan midbass...
Sedikit cerita tentang SX4... Penamaan SX4 ini berarti "Sports Cross(X)over 4-seasons", diposisikan menggantikan Suzuki Aerio/Liana.
SX4 awalnya masuk secara CBU pada taun 2007, lalu 2008 di-CKD melihat respon pasar yang cukup positif dengan konsep "hatchback-crossover" ini.... SX4 CKD bukannya mengalami "sunatan massal" seperti kebiasaan ATPM di indonesia, justru ketambahan Rear disc-brake...
SX4 CKD punya 3 trim : X-Road untuk trim terendah, tanpa over fender, tanpa roof rail, HU seadanya, tanpa steering switch, velg 15inch... X-Over untuk trim tertinggi, dan SX4 sedan sebagai penerus baleno...
Selisih harga X-road dan X-over yang cukup tipis dengan perbedaan fitur signifikan membuat penjualan X-road terpuruk, dan akhirnya varian ini discontinue.... tidak lama kemudian SX4 sedan, yang diposisikan melawan Vios dan City pun tak berkutik... apalagi pasca keluarnya City GM2.... akhirnya discontinue juga
2010... SX4 mengalami facelift, dengan tambahan projector headlamp, hard line grille, cluster indiglow, integrated audio dan midbass...
2012... SX4 mengalami facelift terakhir, dengan ditambahnya varian full accessories RC-1.... sekaligus varian terakhir SX4 yang dijual oleh SIS sebelum akhirnya discontinue. 2012 bisa dibilang tahun yang cukup kelam bagi SX4 apalagi pasca diperkenalkannya Nissan Juke yang lebih fresh....
2013... SIS menghentikan penjualan SX4 sambil menunggu model baru keluar... dan sekitar semester kedua 2014 SX4 terbaru akan mulai diperkenalkan di Indonesia, rencananya bersamaan dengan All-new Grand Vitara.
===============================
1. Exterior
Exterior SX4 ini didesain oleh Giurgetto Giugiaro (kayaknya... bener gak yah?), ItalDesign studios. http://en.wikipedia.org/wiki/Italdesign_Giugiaro
Efeknya? Tampilan luar SX4 ini sedikit bernuansa eropa. Desain yang simpel but stunning, punya bahasa desain berbeda dengan produk lain seperti Splash/Swift/GV...

tampilan depan... seakan mengingatkan kita pada VW Golf/Polo... apalagi versi facelift ini dilengkapi Projector headlamp dan hard line grille... yang dimana membuat mobil ini terlihat macho

tampilan samping, cantik tanpa tarikan garis yang terlalu heboh

tampak belakang, kaca pilar C yang seakan "menyatu" dengan kaca bagasi, entah knp hal ini membuat SX4 terlihat berbeda dari lawan-lawannya... dan ini mengingatkan kita dengan desain beberapa mobil eropa. detail yang simpel tapi cantik

Jika boleh diibaratkan, mungkin SX4 ini seperti Golf, desainnya cukup sederhana, main aman, tetapi timeless dan iconic, tidak mudah dilupakan orang.
Sayang sekali desain secantik ini tidak dilanjutkan pada generasi SX4 terbaru yang akan muncul nanti.... dan desain SX4 terbaru ini cukup menghancurkan kesan iconic dari sebuah SX4... what are u doing Suzuki?

Exterior 8/10
=============================
2. Interior
Di interiornya kita akan melihat bahan plastik keras seperti di mobil-mobil kelas 200juta : Honda Jazz, Toyota Yaris, dkk.
Meski begitu finishing interior di SX4 ini begitu rapi, begitu pula dengan midbass dan HU integratednya.... Interiornya bahkan lebih enak dilihat dibanding Grand Vitara yang warna beige dan terkesan asal-asalan masangnya...
SX4 versi facelift ini mengalami ubahan di cluster meter yang modelnya cukup futuristis dengan lampu berpendar warna biru... mengingatkan kita pada indiglow speedometer yang sempet jadi tren modifikasi anak-anak alay jaman NFS Underground


lebih baik daripada SX4 non facelift yang cuma warna merah biasa dan tanpa MID

Row 2 memberikan ruang kaki yang cukup luas, begitu pula headroom.... tapi posisi duduknya cukup tegak jd sangatlah tidak nyaman untuk perjalanan jauh

Sound system? Very good


Bagasinya? Cukup luas lah... memang nggak seluas Honda Jazz GE... tapi setidaknya lebih luas dari Nissan Juke / Toyota Yaris
Interior 8/10
============================
3. Driving Impression
SX4 dilengkapi mesin yang sama dengan Swift... M15A, 100PS, 134Nm... cukup kecil untuk body seberat ini


Dipadu transmisi 4-speed.... ekspektasi ane ngga terlalu tinggi lah untuk performance nya... tapi nggak terlalu buruk untuk mid speed cruising, walaupun begitu di kickdown responnya agak lambat.... kacau bener

Sedikit terobati dengan fuel consumption yang cukup bersahabat di kantong... MID mencatat 9,9 km/l dengan kondisi kaki bervariasi.... cukup irit....
Feedback setir mantap! Meski harus dibayar dengan setir yang beratnya hampir nyamain barbel 5 kg apalagi waktu parkir.... menyiksa

Bodyroll minim, dan ini cukup baik untuk crossover dengan GC cukup tinggi (175mm kalo ga salah)... Surprisingly dengan GC setinggi itu mobil ini sangat stabil di kecepatan tinggi, bahkan untuk manuver di kecepatan 100-120 km/h bukan masalah besar

Overall, driving impression mobil ini cukup mantap, untuk mesin mungkin akan lebih baik dengan sedikit tuning... atau keong?

Driving Impression 7/10
=========================
4. Verdict
Suzuki SX4... sebuah perpaduan antara small hatchback dengan SUV... mobil yang cukup ideal untuk city cruiser.
Sayang sekali mobil sebagus ini harus discontinue cukup lama sebelum model terbarunya keluar.... SIS kayaknya mentang-mentang R3 lebih laku jadi produk lain tersingkirkan... padahal dulu SX4 sempet jadi backbone SIS di tahun 2008-2010.
Sekarang yang masih berminat dengan SX4 kayaknya harus menunggu cukup lama kemunculan model barunya... atau cari janda nya
Pros :
- Handling
- Feedback steering
- Fitur lengkap
- Sound system
- Finishing interior rapi
- Fuel consumption
Cons :
- Underpower
- Bantingan keras
- Jok belakang tegak
- Setir luar biasa berat

- Ban asli mahal... BS Turanza ER300 1,3jt / pc

Sekian ripiu ane....

