Jambangan wrote:awas ngomongin forum sebelah momodnya ada yg main disini lho....
Review Daihatsu Ayla Manual Tipe X
Moderators: akbarfit, Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze
-
nugroho bagor
- Full Member of Mechanic Engineer

- Posts: 5508
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D Matic
Re: Review Daihatsu Ayla Manual Tipe X
-
htannis
- Full Member of Mechanic Engineer

- Posts: 3287
- Joined: Thu Dec 29, 2011 7:36
Re: Review Daihatsu Ayla Manual Tipe X
oknumnya kan ente sendirimadcat015 wrote:Nice ripiu om JKL...
"Tekan pedal kopling cukup ringan, pada awalnya untuk melepas dan menahan kopling agak berat tapi setelah terbiasa tidak ada masalah."
Ane setuju dengan statement di atas. Mirip sama Brio Sotoy yg ane TD... makanya ane lgs dpt kesan: kopling keras!
Yg pasti, keep safe di jalan om JKL... sudah bijaksana dgn tidak mencoba top speed mobil...
Di SM mmg banyak oknum yg ngepost speedo 3 digit mendekati angka 2... bahkan salah satu oknum sampe bisa lewat limiter bawaan...
Mohon jangan ditiru, apalg om JKL uda berkeluarga...
A very honest and yet, refreshing review...
STREET RACING IN A 4xx whp/1xxx nm atw in a 3050cc DIESEL MPV IS NOT A CRIME
well it is, but who cares
well it is, but who cares
-
madcat015
- SM Specialist

- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Review Daihatsu Ayla Manual Tipe X
Oh, ane ya om htannis?htannis wrote:oknumnya kan ente sendirimadcat015 wrote:Nice ripiu om JKL...
"Tekan pedal kopling cukup ringan, pada awalnya untuk melepas dan menahan kopling agak berat tapi setelah terbiasa tidak ada masalah."
Ane setuju dengan statement di atas. Mirip sama Brio Sotoy yg ane TD... makanya ane lgs dpt kesan: kopling keras!
Yg pasti, keep safe di jalan om JKL... sudah bijaksana dgn tidak mencoba top speed mobil...
Di SM mmg banyak oknum yg ngepost speedo 3 digit mendekati angka 2... bahkan salah satu oknum sampe bisa lewat limiter bawaan...
Mohon jangan ditiru, apalg om JKL uda berkeluarga...
A very honest and yet, refreshing review...
*pasang tampang innocent, trus ngibrit...*
Obey the mahakitteh. 
-
ternakblog
- New Member of Mechanic Engineer

- Posts: 904
- Joined: Sat Dec 28, 2013 8:38
Re: Review Daihatsu Ayla Manual Tipe X
wagon r sebetulnya bagus.cuma yf versi jepunnya
di sby udah banyak keliaran itu.tapi ngeliatnya kok ilfil bgt ya.kotak tinggi,tambah pas masuknya.maaaakk ampun dah
alay ini mayan bagus.beberapa kali liat si alay ini di tol n ngebejeknya lebih dari 100kph.ga inget nyawa tu orang :-))
di sby udah banyak keliaran itu.tapi ngeliatnya kok ilfil bgt ya.kotak tinggi,tambah pas masuknya.maaaakk ampun dah
alay ini mayan bagus.beberapa kali liat si alay ini di tol n ngebejeknya lebih dari 100kph.ga inget nyawa tu orang :-))
ChZ wrote:nice review om JKL![]()
ayla tipe X ini tipe tertinggi yah?
ngomong2 ane setuju kalo ayla ini mobil under 100juta yg paling worth to buy.... kemaren baru liat wagon R, aduh jadi illfeel liat plastik interiornya, parah banget! padahal ngeliat mobilnya di iklan2 rasanya bagus juga.... ternyata ngeliat aslinya....
oh my....nggak jadi bilang keren... mana kata salesnya indent lama bener baru feb 2014 dapet barangnya
pantes jarang liat
btw keren tuh foto yg paling bawah.... keliatan classy
-
imingwahyudi
- Member of Mechanic Engineer

- Posts: 2972
- Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
- Location: 万隆, 印度尼西亚
Re: Review Daihatsu Ayla Manual Tipe X
madcat015 wrote:Forum sebelah? Kuskus?DDR wrote:Siap brothers, semoga gak ada halangan yaks... Terutama karena ane penasaran banget sama review pemilik Wagon R di forum tetangga yg bilang gini: "senyap karena peredaman di kabin mantap gan, kalo menurut ane jauh lebih senyap dari avanza. dari luar sih mesin lumayan terdengar yah. suara ban lumayan tapi ga begitu mengganggu, musik masih bisa didengar jelas.."
Ayuk suruh main di marih...
-
jekael
- Full Member of Senior Mechanic

- Posts: 422
- Joined: Tue Oct 08, 2013 23:15
Re: Review Daihatsu Ayla Manual Tipe X
Sebenarnya karimun wagon r masih masuk selera saya tapi ya itu versi tertingginya masih minim fitur. Ayla emang bisa dibejek sampe 100 kph lebih, tapi akan lebih bijaksana kalau berkendara dengan kecepatan di bawah itu demi keselamatan kita dan orang lain juga.ternakblog wrote:wagon r sebetulnya bagus.cuma yf versi jepunnya
di sby udah banyak keliaran itu.tapi ngeliatnya kok ilfil bgt ya.kotak tinggi,tambah pas masuknya.maaaakk ampun dah
alay ini mayan bagus.beberapa kali liat si alay ini di tol n ngebejeknya lebih dari 100kph.ga inget nyawa tu orang :-))ChZ wrote:nice review om JKL![]()
ayla tipe X ini tipe tertinggi yah?
ngomong2 ane setuju kalo ayla ini mobil under 100juta yg paling worth to buy.... kemaren baru liat wagon R, aduh jadi illfeel liat plastik interiornya, parah banget! padahal ngeliat mobilnya di iklan2 rasanya bagus juga.... ternyata ngeliat aslinya....
oh my....nggak jadi bilang keren... mana kata salesnya indent lama bener baru feb 2014 dapet barangnya
pantes jarang liat
btw keren tuh foto yg paling bawah.... keliatan classy
-
MantanLuna
- Full Member of Junior Mechanic

- Posts: 101
- Joined: Sat Dec 07, 2013 6:53
Re: Review Daihatsu Ayla Manual Tipe X
btw pertimbangan om jkl milih alay x dan bukan agya g apa ya?
ni mobil yg saya lihat fiturnya hampir sama, klo ga salah bedanya cuma...(sambil dibenerin ya om klo ngawur hehe....)
1. air bag
2. 4 speaker
.......
ada yg lain lagi gak ya...
klo dikota ane ni produk selisihnya hmpir 10 jeti...
sebanding kah selisih fitur dan harga...?
blm ad yg review agya nih tp secara produk kembar, mesti sama rasanya yah...
ni mobil yg saya lihat fiturnya hampir sama, klo ga salah bedanya cuma...(sambil dibenerin ya om klo ngawur hehe....)
1. air bag
2. 4 speaker
.......
ada yg lain lagi gak ya...
klo dikota ane ni produk selisihnya hmpir 10 jeti...
sebanding kah selisih fitur dan harga...?
blm ad yg review agya nih tp secara produk kembar, mesti sama rasanya yah...
-
jekael
- Full Member of Senior Mechanic

- Posts: 422
- Joined: Tue Oct 08, 2013 23:15
Re: Review Daihatsu Ayla Manual Tipe X
@ ariel uupps mantan luna: Yup rasanya pasti sama kecuali beda air bag. Untuk agya juga hanya 2 speaker. Pertimbangan pilih Ayla karna harga lebih terjangkau. Selain itu menurut saya Agya sangat nanggung, dengan harga segitu dan bila saya punya cukup uang saya lebih pilih Satya. Jadi dengan kelengkapan yang hampir sama dan cuma beda air bag serta selisih 10 juta saya lebih pilih Ayla.
-
DDR
- New Member of Mechanic Engineer

- Posts: 741
- Joined: Mon Nov 25, 2013 8:50
- Location: Jakarta & Bekasi
Re: Review Daihatsu Ayla Manual Tipe X
Nambahin dikit aaahhh... secara tadi ane nyempetin ke Dealer Daihatsu untuk test Ayla X/MT... gak jauh sih tapi lumayan deh...
Untuk review interior-eksterior sih ane nggak nambahin yaks, udh sesuai dengan apa yang disampaikan TS... ane nambahin aja dikit:
* Getaran mesin 3 silinder? untuk ane yg sebelumnya dan saat ini masih pake mobil 4 silinder (dulu Terios, sekarang Ertiga), getaran mesin Ayla X/MT ini masih OK koq. Intinya jangan berharap terlalu berlebih lah, kan ini harganya aja dibawah 100jt... for the price, masih sangat acceptable...
* Suara mesin masuk? yup lumayan kedenger sih, tapi ane suka koq... masih enak didenger hehe... utk yang gak suka, gampang, tinggal tambah peredam aja...
* Performa... naahhh ini yang tadi bikin ane rada kaget... itu pedal gas sensitif banget, diinjek dikit udah lumayan melaju tuh mobil... tadi nyobain sampe sekitar 80-90 Kpj di jalan Pemuda JakTim (jarak deket doang)... dan ane sebelnya, ane *merasa* (hati hati nih subjektif banget)... tarikannya lebih enteng daripada Terios M/T tahun 2007 ane yg dulu... gak tau deh kalau di tanjakan, secara blom nyobain...
* Suspensi... hmmm... gak terlalu keras koq, masih berasa ada per nya hehe, nggak terlalu gladak gluduk juga... lagi lagi beda sama Terios "defect" ane dulu yg sejak ane bawa pulang aja udah nggak kerasa pake mobil baru... (jangan generalisasi yaks, kae nya Terios ane dulu memang korban batch awal produksi dan memang defect kalih hehehe)...
Kesimpulan ane... worth it lahhh menimbang harganya segitu... memang sih kalau harga tetep segitu tapi bisa dapet ABS/EBD/Airbag lebih OKE lagi hehehe... tapi dengan kondisi saat ini pun, ini mobil tetep masuk list ane (yg rencana ambil LCGC sekitar pertengahan tahun)... tinggal ane coba Karimun Wagon R deh kaya gimana...
Disclaimer: semua informasi diatas bersifat subjektif lho ya.. untuk ane yg sehari hari nya dari dulu sampai sekarang pengguna Suzuki Carry 1000cc, Daihatsu Taft GT (yg suspensi blkg nya udh mokat hehe), Daihatsu Terios TX/MT 2007, APV 2010 pny kantor, GranMax 1.3 MB MT 2013 pny kantor juga, en Ertiga Elegant GX/AT 2013
Untuk review interior-eksterior sih ane nggak nambahin yaks, udh sesuai dengan apa yang disampaikan TS... ane nambahin aja dikit:
* Getaran mesin 3 silinder? untuk ane yg sebelumnya dan saat ini masih pake mobil 4 silinder (dulu Terios, sekarang Ertiga), getaran mesin Ayla X/MT ini masih OK koq. Intinya jangan berharap terlalu berlebih lah, kan ini harganya aja dibawah 100jt... for the price, masih sangat acceptable...
* Suara mesin masuk? yup lumayan kedenger sih, tapi ane suka koq... masih enak didenger hehe... utk yang gak suka, gampang, tinggal tambah peredam aja...
* Performa... naahhh ini yang tadi bikin ane rada kaget... itu pedal gas sensitif banget, diinjek dikit udah lumayan melaju tuh mobil... tadi nyobain sampe sekitar 80-90 Kpj di jalan Pemuda JakTim (jarak deket doang)... dan ane sebelnya, ane *merasa* (hati hati nih subjektif banget)... tarikannya lebih enteng daripada Terios M/T tahun 2007 ane yg dulu... gak tau deh kalau di tanjakan, secara blom nyobain...
* Suspensi... hmmm... gak terlalu keras koq, masih berasa ada per nya hehe, nggak terlalu gladak gluduk juga... lagi lagi beda sama Terios "defect" ane dulu yg sejak ane bawa pulang aja udah nggak kerasa pake mobil baru... (jangan generalisasi yaks, kae nya Terios ane dulu memang korban batch awal produksi dan memang defect kalih hehehe)...
Kesimpulan ane... worth it lahhh menimbang harganya segitu... memang sih kalau harga tetep segitu tapi bisa dapet ABS/EBD/Airbag lebih OKE lagi hehehe... tapi dengan kondisi saat ini pun, ini mobil tetep masuk list ane (yg rencana ambil LCGC sekitar pertengahan tahun)... tinggal ane coba Karimun Wagon R deh kaya gimana...
Disclaimer: semua informasi diatas bersifat subjektif lho ya.. untuk ane yg sehari hari nya dari dulu sampai sekarang pengguna Suzuki Carry 1000cc, Daihatsu Taft GT (yg suspensi blkg nya udh mokat hehe), Daihatsu Terios TX/MT 2007, APV 2010 pny kantor, GranMax 1.3 MB MT 2013 pny kantor juga, en Ertiga Elegant GX/AT 2013
Last edited by DDR on Thu Jan 02, 2014 6:15, edited 1 time in total.
-
jekael
- Full Member of Senior Mechanic

- Posts: 422
- Joined: Tue Oct 08, 2013 23:15
Re: Review Daihatsu Ayla Manual Tipe X
@ DDR: Trimakasih sudah nambahin review Ayla. Untuk ukuran saya yang beralih dari motor ke mobil, Ayla ini emang worth banget di harga di bawah 100 juta dengan catatan tidak berekspektasi terlalu tinggi. Sejauh ini sudah 3 minggu pakai ayla banyak kesan positifnya terhadap ni mobil.
-
DDR
- New Member of Mechanic Engineer

- Posts: 741
- Joined: Mon Nov 25, 2013 8:50
- Location: Jakarta & Bekasi
Re: Review Daihatsu Ayla Manual Tipe X
Betul bro... yang utama sih gak rewel + aftersales gampang + sparepart gampang... kalau yang soal nyaman nyaman mah bisa diakalin dengan nambahin ini itu kan bro?jekael wrote:@ DDR: Trimakasih sudah nambahin review Ayla. Untuk ukuran saya yang beralih dari motor ke mobil, Ayla ini emang worth banget di harga di bawah 100 juta dengan catatan tidak berekspektasi terlalu tinggi. Sejauh ini sudah 3 minggu pakai ayla banyak kesan positifnya terhadap ni mobil.
-
ANSdream
- Full Member of Senior Mechanic

- Posts: 306
- Joined: Tue Jun 11, 2013 23:17
Re: Review Daihatsu Ayla Manual Tipe X
Si AYLA n kembarannya lakuan mana sih di pasaran?
Koq kemarin saya seliweran BSD-Sukabumi via tol banyakan liat AYLA daripada kembaran nya ya?
Apa mata ane aj yg siwer ya?

Koq kemarin saya seliweran BSD-Sukabumi via tol banyakan liat AYLA daripada kembaran nya ya?
Apa mata ane aj yg siwer ya?
K3-VE 2010 - 2015
L15Z1 2015 - ...
-
ANSdream
- Full Member of Senior Mechanic

- Posts: 306
- Joined: Tue Jun 11, 2013 23:17
Re: Review Daihatsu Ayla Manual Tipe X
Cocoklah bro sebagai 1st car dan keluarga keciljekael wrote:@ DDR: Trimakasih sudah nambahin review Ayla. Untuk ukuran saya yang beralih dari motor ke mobil, Ayla ini emang worth banget di harga di bawah 100 juta dengan catatan tidak berekspektasi terlalu tinggi. Sejauh ini sudah 3 minggu pakai ayla banyak kesan positifnya terhadap ni mobil.
Klo untuk mobil kedua dst ya beda cerita
Setuju sekali, ga bisa berharap terlalu banyak lah
Sesuaikan dengan harga yang under 100jt
K3-VE 2010 - 2015
L15Z1 2015 - ...
-
DDR
- New Member of Mechanic Engineer

- Posts: 741
- Joined: Mon Nov 25, 2013 8:50
- Location: Jakarta & Bekasi
Re: Review Daihatsu Ayla Manual Tipe X
Eh iya kelupaan... tadi pas test drive, ane ngerasa pas pindahin gigi suaranya agak keras yah... tapi jarak maen pindah nya pendek... enak kalo untuk speed-shifting hehehe...
@ Bro ANSDream... kalau dari dokumen data penjualan diatas kertas sih Agya lebih laris yah... tapi memang entah kenapa ane juga lebih sering liat Ayla di jalanan. Oh iya, untuk Ayla atau Wagon R nanti juga itu jadi second car ane bro... tapi ya ttp ane seneng koq tadi pas test drive... asal kita harus atur ekspektasi aja inti nya...
@ Bro ANSDream... kalau dari dokumen data penjualan diatas kertas sih Agya lebih laris yah... tapi memang entah kenapa ane juga lebih sering liat Ayla di jalanan. Oh iya, untuk Ayla atau Wagon R nanti juga itu jadi second car ane bro... tapi ya ttp ane seneng koq tadi pas test drive... asal kita harus atur ekspektasi aja inti nya...
-
ternakblog
- New Member of Mechanic Engineer

- Posts: 904
- Joined: Sat Dec 28, 2013 8:38
Re: Review Daihatsu Ayla Manual Tipe X
sama tuh kayak brio sotoy perpindahan giginya,keras booo,gak smoth kyk mobil2 diatasnyaDDR wrote:Eh iya kelupaan... tadi pas test drive, ane ngerasa pas pindahin gigi suaranya agak keras yah... tapi jarak maen pindah nya pendek... enak kalo untuk speed-shifting hehehe...
@ Bro ANSDream... kalau dari dokumen data penjualan diatas kertas sih Agya lebih laris yah... tapi memang entah kenapa ane juga lebih sering liat Ayla di jalanan. Oh iya, untuk Ayla atau Wagon R nanti juga itu jadi second car ane bro... tapi ya ttp ane seneng koq tadi pas test drive... asal kita harus atur ekspektasi aja inti nya...
-
jekael
- Full Member of Senior Mechanic

- Posts: 422
- Joined: Tue Oct 08, 2013 23:15
Re: Review Daihatsu Ayla Manual Tipe X
@ ternakblog: Saya pernah sekali coba brio sotoy punya teman, perpindahan gigi halus kok, coba konsultasi ke sales atau dealernya aja
@ ANSdream: Untuk cari mobil apakah harus liat mana yang paling laris? Kalau saya sih lebih liat ke spek, fitur, kebutuhan, dan budget tentunya.
@ DDR: Memang ayla tuas persneling gigi 1 dan 2 bunyinya agak keras dan agak berat. Dulu salesnya bilang karna masih mobil baru, sudah 3 minggu belum ada perubahan. Rencananya kalau sampai bulan depan masih begini ingin saya komplain ke dealernya.
Tentang tambahan biaya untuk kenyamanan saya rasa nggak perlu coz nanti ujung2nya harganya jadi sama dong dengan mobil yg speknya lebih tinggi. Saya lebih setuju ide Om Medket untuk beli ear muff untuk bayi saya supaya nggak kaget pas ada moge lewat. Untuk mover seperti saya, Ayla masih bisa ditolerir kok tingkat kenyamanannya. Mungkin beda hal dengan orang yang sudah punya mobil dengan kelas yang lebih tinggi, tentunya akan ada perbandingan dan ekspektasi harus diturunkan. .
@ ANSdream: Untuk cari mobil apakah harus liat mana yang paling laris? Kalau saya sih lebih liat ke spek, fitur, kebutuhan, dan budget tentunya.
@ DDR: Memang ayla tuas persneling gigi 1 dan 2 bunyinya agak keras dan agak berat. Dulu salesnya bilang karna masih mobil baru, sudah 3 minggu belum ada perubahan. Rencananya kalau sampai bulan depan masih begini ingin saya komplain ke dealernya.
Tentang tambahan biaya untuk kenyamanan saya rasa nggak perlu coz nanti ujung2nya harganya jadi sama dong dengan mobil yg speknya lebih tinggi. Saya lebih setuju ide Om Medket untuk beli ear muff untuk bayi saya supaya nggak kaget pas ada moge lewat. Untuk mover seperti saya, Ayla masih bisa ditolerir kok tingkat kenyamanannya. Mungkin beda hal dengan orang yang sudah punya mobil dengan kelas yang lebih tinggi, tentunya akan ada perbandingan dan ekspektasi harus diturunkan. .
-
madcat015
- SM Specialist

- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Review Daihatsu Ayla Manual Tipe X
Ane suka perpindahan gigi Sotoy. Begitu mekanikal... "krek... blugh! vrooommm!"
Asal jangan ada bunyi susulan: gearbox rompal...
Dan sumpah serapah setelahnya...
Asal jangan ada bunyi susulan: gearbox rompal...
Dan sumpah serapah setelahnya...
Obey the mahakitteh. 
-
axala
- Member of Mechanic Engineer

- Posts: 2160
- Joined: Mon Dec 16, 2013 0:24
- Location: Indonesia
Re: Review Daihatsu Ayla Manual Tipe X
Kalo matic jadul yg aga ....bigal ato tiptronic yg bodoh nan telatmadcat015 wrote:Ane suka perpindahan gigi Sotoy. Begitu mekanikal... "krek... blugh! vrooommm!"
Asal jangan ada bunyi susulan: gearbox rompal...
Dan sumpah serapah setelahnya...
bigimana om?
Ngomong2 kalo activematic enak gak
Pursuit of Perfection
-
DDR
- New Member of Mechanic Engineer

- Posts: 741
- Joined: Mon Nov 25, 2013 8:50
- Location: Jakarta & Bekasi
Re: Review Daihatsu Ayla Manual Tipe X
Kalau tadi sih pas TD sebetulnya ane nggak ngerasa pindah gigi nya berat koq bro, cuman suaranya aja yang kenceng, malah relatif ringan koq... kopling juga ringan banget... masalah dibandingkan dengan mobil yg kelas lebih tinggi ya untung2an juga sih, kalau ane disuruh milih antara nyetir Terios ane yg tahun 2007 sama Ayla yg tadi ane TD, kae nya pilih Ayla deh...jekael wrote: @ DDR: Memang ayla tuas persneling gigi 1 dan 2 bunyinya agak keras dan agak berat. Dulu salesnya bilang karna masih mobil baru, sudah 3 minggu belum ada perubahan. Rencananya kalau sampai bulan depan masih begini ingin saya komplain ke dealernya.
Tentang tambahan biaya untuk kenyamanan saya rasa nggak perlu coz nanti ujung2nya harganya jadi sama dong dengan mobil yg speknya lebih tinggi. Saya lebih setuju ide Om Medket untuk beli ear muff untuk bayi saya supaya nggak kaget pas ada moge lewat. Untuk mover seperti saya, Ayla masih bisa ditolerir kok tingkat kenyamanannya. Mungkin beda hal dengan orang yang sudah punya mobil dengan kelas yang lebih tinggi, tentunya akan ada perbandingan dan ekspektasi harus diturunkan. .
Ttg kenyamanan... setuju... ane sendiri sih tadi ngerasa nyaman nyaman aja koq pake Ayla, cm kan ada beberapa kritikus Ayla yg sering terlalu hiperbola mengkritisi mobil ini... (coba deh tengok forum Kuskus hehe)... nah untuk mereka mereka kalau toh merasa kurang nyaman kan bisa diakali...
-
madcat015
- SM Specialist

- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Review Daihatsu Ayla Manual Tipe X
Jd ingat Ipah G AT bensin 2005 punya bokap ex-ane...
Dudul bin sotoy... nunggu shifting bisa ubanan di mobil...
ActiveMatic ada 2 mode.
Mode D - full auto: respon transmisi lembut, rpm malas naik kl kaki sekolah, dan shifting di 1300-1500rpm saat santai bener.
Saat flat out dari berhenti, rpm bisa ditahan 1-2 detik di 6500rpm, dan tergantung kaki. Kalo masih berat, rev down ke 4000rpm naik lagi sampe redline. Kalo kaki dilepas, dari gear 1 bisa upshift ke 3 lalu 5 (tergantung kec). Gear 2 dan 4 di lewati.
Untuk overtaking, misal cruising di 60kpj gear 5, injak gas flat out, down shift ke 3 (gear 4 dilewati) lalu 2, dan siklus akselerasi terulang.
Benar2 terkontrol dalam mode D, hingga respon throttle pun diatur.
Hasilnya: terasa boyo...
Mode M - manual: suka2 yg nyetir. Mw upshift atau downshift dijabanin. Rpm kayak mobil biasa, naik turun tergantung pedal gas, ga ada elektronik2an yg bikin rpm malas naik. Untuk upshift dibatasi rpm, terlalu rendah (misal 900rpm) dia ga mw upshift. Kalo downshift, dari gear 5 turun 1 pun (via gear 4,3,2) ho oh aja transmisi nya, meski di redline. Meski kadang, transmisi punya parameter sendiri untuk ganti gear.
Misal, cruising di 30 kpj, gear 3, rem sampe hampir berhenti tp kita ga downshift. Transmisi akan ganti gear ke 1 sendiri secara otomatis.
Hasilnya: terasa boros...
Cmiiw
Dudul bin sotoy... nunggu shifting bisa ubanan di mobil...
ActiveMatic ada 2 mode.
Mode D - full auto: respon transmisi lembut, rpm malas naik kl kaki sekolah, dan shifting di 1300-1500rpm saat santai bener.
Saat flat out dari berhenti, rpm bisa ditahan 1-2 detik di 6500rpm, dan tergantung kaki. Kalo masih berat, rev down ke 4000rpm naik lagi sampe redline. Kalo kaki dilepas, dari gear 1 bisa upshift ke 3 lalu 5 (tergantung kec). Gear 2 dan 4 di lewati.
Untuk overtaking, misal cruising di 60kpj gear 5, injak gas flat out, down shift ke 3 (gear 4 dilewati) lalu 2, dan siklus akselerasi terulang.
Benar2 terkontrol dalam mode D, hingga respon throttle pun diatur.
Hasilnya: terasa boyo...
Mode M - manual: suka2 yg nyetir. Mw upshift atau downshift dijabanin. Rpm kayak mobil biasa, naik turun tergantung pedal gas, ga ada elektronik2an yg bikin rpm malas naik. Untuk upshift dibatasi rpm, terlalu rendah (misal 900rpm) dia ga mw upshift. Kalo downshift, dari gear 5 turun 1 pun (via gear 4,3,2) ho oh aja transmisi nya, meski di redline. Meski kadang, transmisi punya parameter sendiri untuk ganti gear.
Misal, cruising di 30 kpj, gear 3, rem sampe hampir berhenti tp kita ga downshift. Transmisi akan ganti gear ke 1 sendiri secara otomatis.
Hasilnya: terasa boros...
Cmiiw
Obey the mahakitteh. 
-
amfibi
- New Member of Mechanic Master

- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Review Daihatsu Ayla Manual Tipe X
Asiknya tiptronic... 
Nubi disini cuma bisa mengandalkan tombol S-ECT sahaja...
Nubi disini cuma bisa mengandalkan tombol S-ECT sahaja...
-
ricz
- New Member of Mechanic Master

- Posts: 12278
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: Review Daihatsu Ayla Manual Tipe X
Gw cmn bs andalkan paddleshift... 
2012 RX270
2013 CR-V
2021 Fortuner 2.4
-
ANSdream
- Full Member of Senior Mechanic

- Posts: 306
- Joined: Tue Jun 11, 2013 23:17
Re: Review Daihatsu Ayla Manual Tipe X
Bukan gitu Om Jekaeljekael wrote: @ ANSdream: Untuk cari mobil apakah harus liat mana yang paling laris? Kalau saya sih lebih liat ke spek, fitur, kebutuhan, dan budget tentunya.
Maksud ane, masa iya Ayla bisa ngalahin penjualan kembaran nya wkwkwk
Khan biasanya yg berlaku sebaliknya
Pertanyaan ane khan cuman, knp sejauh ini lebih sering liat Ayla yg seliweran, bukan sodara kembarnya hehehe
Tapi ya mungkin kebetulan saja gak ketemu kembaran nya
Terbukti dari data penjualan berkata lain ya
K3-VE 2010 - 2015
L15Z1 2015 - ...
-
ANSdream
- Full Member of Senior Mechanic

- Posts: 306
- Joined: Tue Jun 11, 2013 23:17
Re: Review Daihatsu Ayla Manual Tipe X
Mereka kritik Ayla krn ekspektasi mereka terlalu tinggi untuk sebuah mobil under 100jt BroDDR wrote:
Kalau tadi sih pas TD sebetulnya ane nggak ngerasa pindah gigi nya berat koq bro, cuman suaranya aja yang kenceng, malah relatif ringan koq... kopling juga ringan banget... masalah dibandingkan dengan mobil yg kelas lebih tinggi ya untung2an juga sih, kalau ane disuruh milih antara nyetir Terios ane yg tahun 2007 sama Ayla yg tadi ane TD, kae nya pilih Ayla deh...
Ttg kenyamanan... setuju... ane sendiri sih tadi ngerasa nyaman nyaman aja koq pake Ayla, cm kan ada beberapa kritikus Ayla yg sering terlalu hiperbola mengkritisi mobil ini... (coba deh tengok forum Kuskus hehe)... nah untuk mereka mereka kalau toh merasa kurang nyaman kan bisa diakali...
Sadar diri lah, mobil dengan harga segitu ya jangan banyak berharap
Yang penting gak basah klo ujan dan bisa ngacir sama keluarga dah lebih dari cukup lah
Namanya mobil baru beli sih menurut ane tetap ada rasa nyaman dan bangga pakenya

K3-VE 2010 - 2015
L15Z1 2015 - ...
-
ricz
- New Member of Mechanic Master

- Posts: 12278
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: Review Daihatsu Ayla Manual Tipe X
Bener om ANS...
Kek dulu bokap gw beli apanja, harapan dia kan spy bs py mbl, ga berharap kenyamanannya spt Alphie toh...
Kek dulu bokap gw beli apanja, harapan dia kan spy bs py mbl, ga berharap kenyamanannya spt Alphie toh...
2012 RX270
2013 CR-V
2021 Fortuner 2.4

