WongZo wrote:Permisi gan ganggu malem", ane newbie sebgai silent reader yg udh bca SM 1 taun belakangan ini tpi bru bkin ID mw nanya nih. Bokap ane mw beli innova V AT udh ada 2 pilihan bensin dan diesel walaupun udh sering baca thread seperti ini ane msh bingung, soalnya mblnya cmn dipake sekitar 5-15km per minggu

tpi tiap 1-4 bln sekali pasti dipake ke undangan ma ke luar kota. Ane ada pertanyaan:
Kalo bicara kenyamanan, bensin lebih nyaman - minim getaran. Terutama buat penumpang, kalau driver biasanya gak kerasa karena fokus ke jalan. Tapi kalo bicara performa, diesel lebih bagus torsinya, tapi kalo dipake di jalan tol misalnya - kondisi standard power bensin lebih besar, tarikan atas lebih terasa, kalo diesel kuat di putaran bawah aja.
1. Ipah diesel yg mw dipinang taun 2009 km 80rb an, ap aja yg harus di tune up biar mblnya kembali prima?
Kalo liat postingan agan, sepertinya costs jadi pertimbangan besar. IMHO, diesel lebih mahal perawatan & spare partnya. Soal km jangan gampang percaya kecuali kenal baik sama penjual / tau sejarah mobilnya. Hanya dengan bbrp ratus ribu km bisa dimundurin, mobil yg jalan 130rb bisa disulap jadi 80rb. Saya pernah liat satu mobil cbu, dengan ecu yg lebih kompleks, bisa disetel km nya jadi 25rb, pdhl kondisi mobil spt sdh dipake 80rb km lebih.
Kalau mau tau pastinya, gunakan standard beres, di situ keliatan nanti biaya servis, spare part diesel vs bensin. Soal tune up, itu satu lagi poin 'minus' ipah diesel. Kalo dah dimaenin pake dastek, ganti ini itu, tentu kerja mesin lebih berat. Memang jarang dibahas, tapi ada bbrp mesin ipah diesel yg jebol gara2 settingan piggyback salah. Kalo dah gini alamat jajan terus, biasa mobil dijual. Kalo ipah bensin, jarang yg pake piggyback, soalnya mau gimana juga powernya gak bisa dapet tinggi.
2. Ipah bensin AT ane udh nyoba cukup lemot untuk kickdown, nah dengan budget <5jt klw cuman upgrade busi iridium ma filter udara ckup ga tuh? Atau klw ad yg laen boleh kasih saran.
Kalo bicara tenaga (torsi) ambil yg diesel saja. Ipah bensin di putaran rendah memang lemot, apalagi matic gak bisa pilih gigi. Upgrade busi, filter paling2 gain 3-5hp doank, ga terasa.
3. Klw jdi ambil ipah diesel tpi kan jrng dipake, bner ga tuh ktnya bio solar klw lama" ada di dalam tank bisa jadi berbusa gtu udh gtu lama" bisa nyumbat injektornya?
Kalo dirawat bener, mestinya no problem minum solar busuk. Tapi kalo filter jarang / gak pernah diganti. Soal biosolar disimpen lama trus jadi nyumbat - dulu sy pernah baca, tp itu ttg spbu, jadi ada spbu2 yg dapet jatah stok solar lama. Scr umum, gak usah dipikirin mslh spt gini.
4. klw liat dr brosur 2010, lebar ipah V kn 1775mm, itu udh termasuk spion pa belom yh? Klw belum kira" lebar spionnya brp? Soalnya ane ma bokap tinggal di gang yg lebar jalannya cmn 1,9-2,4m. Pernah liat ipah saudaranya tetangga ane sih keliatannya masuk tpi cmn belakangnya doang yg ane liat jdi ane gtw tuh spion ditilep atau kga.
Sekian dri ane, spa tau ada para master disini bisa bantu ane thx yh gan

Kalo spek pabrikan biasa dicantumkan lebar kendaraan diukur dari bagian terlebar
tidak termasuk spion. Kalo liat spek nya 1,775 meter, sepertinya belum termasuk spion. Kalo spion ikut diukur, pdhl spion kiri kanan cukup lebar lho, jadi lebar kendaraan cuma sekitar 1,5 m ? Sptnya enggak deh, untuk amannya ukur saja pake meteran.
----------------------------------------------------
Secara umum, kalo cuma dipake 15km / minggu, trus dipake luar kota bbrp bulan sekali, tentunya konsumsi bbm nggak terlalu masalah. Mending bensin, soalnya harga juga lebih bersahabat. Ipah diesel second nya lebih mahal, pdhl spare part & perawatan relatif lebih mahal drpd bensin. Tenaga enakan diesel, torsi jauh lebih besar, tapi bensin menang di kenyamanan, kabin lebih senyap + minim getaran (sebaiknya TD saja dua2nya, rasakan di row kedua waktu mesin sama2 digeber - kerasa banget waktu saya jadi penumpang ipah bensin jauh lebih nyaman).
Kalo beli baru, atau mau dipake menjelajah ke mana2, saya vote diesel. Tapi kalo melihat kebutuhan agan, sepertinya jatuh2nya ipah bensin akan lebih ekonomis & nyaman ketimbang diesel.
-----------------------------------------------------
*disclaimer: saya bukan sales toyota, dan gak punya ipah
Sedikit off topic: banyak yg bilang kalo tenaga ipah diesel lebih gede, tapi yg saya rasakan di jalan, waktu mau nyalip / take over di jalan raya kecepatan di atas 60-70kmh, saya merasa ipah bensin 2.0 lebih susah disalip ketimbang diesel 2.5 (kondisi standard lho).