Baca2 artikel ternyata mesin Proton seri Campro (CPS) yg dikembangkan bareng Lotus itu memiliki mekanisme Valve timing dan valve lift yg ada miripnya dgn Honda VTEC
Uniknya sistem CPS ini juga sama2 menggunakan sliding pin utk locking, bedanya VTEC menggunakan rocker arm / sliding rocker arm, sementara Proton - Lotus CPS diterapkan pada valve tappet
Tapi perbedaan paling besar adalah "public awareness".........VTEC sgt dikenal dan bahkan dipuja2.........Campro CPS ??
Mekanisme Campro di Yutub : "Secret behind Campro CPS"
Two thumbs up buat Proton, mudah2-an mrk konsisten dgn pengembangan2 berkelanjutan
*bukan seles Proton*
Mesin Proton Campro CPS VS Honda VTEC (kemiripan)
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Mesin Proton Campro CPS VS Honda VTEC (kemiripan)
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 422
- Joined: Tue Oct 08, 2013 23:15
Re: Mesin Proton Campro CPS VS Honda VTEC (kemiripan)
Mobil proton sebenernya cukup bagus kalau dilihat dari segi harga dan fitur, tapi sayang terlindas brand jepang ditambah lagi ada sentimen nasionalisme...
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Mesin Proton Campro CPS VS Honda VTEC (kemiripan)
Yup mirim om... sama2 cam switching..... bedanya redline pendek ga sesadis vtec generasi awal d b series..
Sebenernya turunan dari mivec 4g92 yg sering d pke proton yg dijamannya rival b series
Tentu beda dgn i-vtec or vtec jaman skrng yg kebanyakan hanya camsphasing
Cam switching d tinggalin karna boros high rev dan baru kick in d rpm tertentu..

Sebenernya turunan dari mivec 4g92 yg sering d pke proton yg dijamannya rival b series
Tentu beda dgn i-vtec or vtec jaman skrng yg kebanyakan hanya camsphasing
Cam switching d tinggalin karna boros high rev dan baru kick in d rpm tertentu..

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 422
- Joined: Tue Oct 08, 2013 23:15
Re: Mesin Proton Campro CPS VS Honda VTEC (kemiripan)
Bedanya camphasing dan cam switching itu apa Om? Sorry pertanyaan nubie?billyd1773dz wrote:Yup mirim om... sama2 cam switching..... bedanya redline pendek ga sesadis vtec generasi awal d b series..
Sebenernya turunan dari mivec 4g92 yg sering d pke proton yg dijamannya rival b series
Tentu beda dgn i-vtec or vtec jaman skrng yg kebanyakan hanya camsphasing
Cam switching d tinggalin karna boros high rev dan baru kick in d rpm tertentu..
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Mesin Proton Campro CPS VS Honda VTEC (kemiripan)
VTEC tetep pake sistem pasak geser kecilbillyd1773dz wrote:Yup mirim om... sama2 cam switching..... bedanya redline pendek ga sesadis vtec generasi awal d b series..
Sebenernya turunan dari mivec 4g92 yg sering d pke proton yg dijamannya rival b series
Tentu beda dgn i-vtec or vtec jaman skrng yg kebanyakan hanya camsphasing
Cam switching d tinggalin karna boros high rev dan baru kick in d rpm tertentu..
Kalo zaman dulu perubahan fix di RPM tertentu, kalo yg baru2 sifatnya dah variaable sesuai kebutuhan
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: Mesin Proton Campro CPS VS Honda VTEC (kemiripan)
camphasing hanya merubah timing, kapan katup buka dan nutupnya... tampa perubahan durasi lama terbuka dan lift besarny buka-an valve tersebut.... tujuannya agar d highrev timing buka valvenya mundur dan overlapping dengan valve exhaust sblm nutup, harapannya muncul scavenging effect udara intake yg masuk ikut ke sedot dari exhaust yg keluar.... jadi udara fresh yg masuk lebih cepat dan banyakjekael wrote:Bedanya camphasing dan cam switching itu apa Om? Sorry pertanyaan nubie?billyd1773dz wrote:Yup mirim om... sama2 cam switching..... bedanya redline pendek ga sesadis vtec generasi awal d b series..
Sebenernya turunan dari mivec 4g92 yg sering d pke proton yg dijamannya rival b series
Tentu beda dgn i-vtec or vtec jaman skrng yg kebanyakan hanya camsphasing
Cam switching d tinggalin karna boros high rev dan baru kick in d rpm tertentu..
generasi awal hanya profile camphasing dgn preset profile 2-3posisi, berikutnya mulai bisa continous geser dikit2 sesuai kebutuhan.... ini biasanya VVT generic dikebanyakan mobil.
camswitch/ cams-changing... ya bener2 ngeganti camshaft...... camshaft ganti y bearti phase,duration dan lift ganti juga.......ini cara oldschool vtec generasi pertama.. efeknya ke tenaga dan highrev paling besar... kelemahanya kasar karna perubahannya tidak continuous, d tandai perubahan suara dan hentakan tiba2 saat sampai rpm tertentu..
jaman skrng arahnya ke continous... ngerubah phase, lift dan durasi secara continous sekaligus....cuma.. yaa rada rancu sih penamaanya..... i-Vtec d L series dgn K-series.... blm tentu sama. mungkin yg rada jelas toyota kli yah... VVT-I bwat camphasing only,VVT-IL Camchanging +camphasing dan terakhir Dual VVT-I + Valvematic bwat Continous valve lift nya.
Cmiiw.... yaa


-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 422
- Joined: Tue Oct 08, 2013 23:15
Re: Mesin Proton Campro CPS VS Honda VTEC (kemiripan)
Thanks Om buat pencerahannyabillyd1773dz wrote:camphasing hanya merubah timing, kapan katup buka dan nutupnya... tampa perubahan durasi lama terbuka dan lift besarny buka-an valve tersebut.... tujuannya agar d highrev timing buka valvenya mundur dan overlapping dengan valve exhaust sblm nutup, harapannya muncul scavenging effect udara intake yg masuk ikut ke sedot dari exhaust yg keluar.... jadi udara fresh yg masuk lebih cepat dan banyakjekael wrote:Bedanya camphasing dan cam switching itu apa Om? Sorry pertanyaan nubie?billyd1773dz wrote:Yup mirim om... sama2 cam switching..... bedanya redline pendek ga sesadis vtec generasi awal d b series..
Sebenernya turunan dari mivec 4g92 yg sering d pke proton yg dijamannya rival b series
Tentu beda dgn i-vtec or vtec jaman skrng yg kebanyakan hanya camsphasing
Cam switching d tinggalin karna boros high rev dan baru kick in d rpm tertentu..
generasi awal hanya profile camphasing dgn preset profile 2-3posisi, berikutnya mulai bisa continous geser dikit2 sesuai kebutuhan.... ini biasanya VVT generic dikebanyakan mobil.
camswitch/ cams-changing... ya bener2 ngeganti camshaft...... camshaft ganti y bearti phase,duration dan lift ganti juga.......ini cara oldschool vtec generasi pertama.. efeknya ke tenaga dan highrev paling besar... kelemahanya kasar karna perubahannya tidak continuous, d tandai perubahan suara dan hentakan tiba2 saat sampai rpm tertentu..
jaman skrng arahnya ke continous... ngerubah phase, lift dan durasi secara continous sekaligus....cuma.. yaa rada rancu sih penamaanya..... i-Vtec d L series dgn K-series.... blm tentu sama. mungkin yg rada jelas toyota kli yah... VVT-I bwat camphasing only,VVT-IL Camchanging +camphasing dan terakhir Dual VVT-I + Valvematic bwat Continous valve lift nya.
Cmiiw.... yaa