Review Daihatsu Ayla Manual Tipe X
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 422
- Joined: Tue Oct 08, 2013 23:15
Review Daihatsu Ayla Manual Tipe X
Selamat sore SMers, ijinkan saya memberanikan diri review mobil yang saya pakai sekarang. Sebenarnya saya nggak pede buat review dan hanya ingin melanjutkan review Ayla punya Om Sepatupuma yang tipe M matic, tapi karena permintaan beberapa SMers dan janji akhirnya saya buatlah review ini. Sebelumnya mohon maaf kalau reviewnya kurang bagus, harap nubie ini dimaklumi.
Eksterior:
Desain eksterior sangat aman karena dapat diterima dan dicerna semua orang. Tidak ada bagian yang memukau dan tidak ada yang menuai kritik tajam. Banyak aksesoris yang disematkan pada tipe x ini mulai dari rear spoiler, talang air, fog lamp, hingga krom-krom-an. Untuk velg juga sudah pakai alloy wheel.
Secara keseluruhan eksterior cukup bagus kecuali kualitas manufakturnya seperti pintu yang harus ditutup agak kencang dan gap pada cap mesin sebelah kanan dan kiri yang kurang imbang.
Interior:
Kelebihan yang paling menonjol dari Ayla dan saudara kembarnya dibanding kompetitor lcgc yang lain adalah legroom dan bagasi yang sangat luas. Tempat penyimpanan pun cukup banyak.
Pada tipe x ini sudah dilengkapi tachometer dan MID. Untuk audio sudah double din dan sudah support usb & aux. Fitur2nya lumayan apalagi sudah dilengkapi dengan alarm dan sensor parkir serta sudah central lock dan power window pada 4 pintunya. Untuk harga 97.950.000 fitur2 tersebut sudah lumayan lengkap, namun dengan catatan minim fitur keselamatan dan keamanan (seatbelt tanpa pretensioner dan load limiter serta, tidak ada air bag, dan non immobilizer). Bisa dibilang fitur keselamatan dan keamanan Ayla adalah yang paling rendah dibanding kompetitor lcgc yang lain.
Kualitas audio menurut kuping saya sudah standard untuk volume kecil hingga sedang, hanya saja kurang maksimal karena hanya ada dua speaker di depan. Di belakang hanya disediakan lubang speaker saja.
Kursi belakang sudah dilengkapi head rest. Sebenarnya saya lebih suka head rest yang menyatu dengan kursi, seperti pada kursi depan karena head rest model ayla kadang membuat leher menjadi pegal. Untuk jok sangat disayangkan tipis sekali dan kurang nyaman untuk menempuh jarak jauh.
Pengalaman Berkendara:
Saat menyalakan mobil, suara mesin agak kasar mungkin karena belum terbiasa dengan mesin 3 silinder, tapi itupun hanya pada saat idle. Setelah berjalan suara mesin cukup halus.
Tekan pedal kopling cukup ringan, pada awalnya untuk melepas dan menahan kopling agak berat tapi setelah terbiasa tidak ada masalah.
Yang menjadi masalah justru pada tuas persneling yang agak keras ke arah gigi 1 dan 2 sedangkan ke arah gigi 3,4,5, dan r cukup ringan. Salesnya sich bilang karena mobil baru, tapi sudah 2 minggu saya pakai persnelingnya masih keras untuk berpindah ke gigi 1 dan 2.
Banyak yang meragukan mobil ini tidak kuat nanjak. Setelah saya pakai mobil ini cukup kuat nanjak. Memang pernah 2 kali mesin mati saat menanjak. Pertama karena ujicoba konyol menanjak dengan gigi 3, di tengah tanjakan dengan tekan gas hingga penuh mesin sudah tidak mampu lagi nanjak. Kedua ketika mobil sempat berhenti dan mau jalan lagi di tanjakan curam, mesin sempat mati ketika memainkan kombinasi kopling+turunin rem tangan+tekan gas hingga 2500 rpm. Ternyata mesin baru bisa nanjak dengan kombinasi tersebut + gas hingga 3000 rpm lebih.
Untuk handling cukup enak karena setir sudah pakai eps sehingga ringan dan mudah dipakai untuk parkir.
Untuk kekedapan kabin, suara dari luar sangat jelas terdengar dari dalam. Untuk pengguna motor yang beralih ke mobil, hal itu sama sekali bukan masalah buat saya kecuali untuk bayi saya yang seringkali kaget dengan suara mesin moge yang mendahului.
Selama pakai ayla, suspensi saya rasa cukup enak dan nyaman untuk dipakai berdua dengan istri saya, belum pernah coba untuk muatan penuh 5 orang.
Mobil Ayla sepertinya mampu untuk dibuat ngebut. Saya pernah beberapa kali melihat Ayla di tol melaju dengan kecepatan tinggi. Hanya saja fitur keselamatannya yang sangat minim membuat saya rada horror ketika berada di tol yang sepi dan belum berani coba Ayla dengan kecepatan di atas 80 km/jam. Tapi saya yakin Ayla mampu melaju di atas 150 kph.
Konsumsi bensin Ayla manual lumayan irit. Berikut catatan terbaik selama berkendara dengan melihat di MID
Kondisi macet: 12 km/l
Kombinasi macet+ lancar: 15 km/l
Kondisi lancar: 20 km/l
Kesimpulan:
(+) leg-room dan bagasi luas
(+) aksesori lumayan banyak
(+) setir ringan (eps)
(+) suspensi empuk (pengalaman dua orang plus bayi)
(+) Irit bensin
(-) Minim fitur keselamatan dan keamanan
(-) Jok belakang tipis
(-) Menutup pintu harus kencang
(-) Butuh rpm tinggi untuk nanjak
(-) Speaker hanya ada di depan saja
Daihatsu Ayla manual tipe x bisa dibilang bukanlah mobil LCGC terbaik dari yang sudah ada, tetapi saya yakin ini adalah city car terbaik untuk harga di bawah 100 juta.
Sekian review dari saya, mohon maaf kalo ada kata2 yang salah.
Eksterior:
Desain eksterior sangat aman karena dapat diterima dan dicerna semua orang. Tidak ada bagian yang memukau dan tidak ada yang menuai kritik tajam. Banyak aksesoris yang disematkan pada tipe x ini mulai dari rear spoiler, talang air, fog lamp, hingga krom-krom-an. Untuk velg juga sudah pakai alloy wheel.
Secara keseluruhan eksterior cukup bagus kecuali kualitas manufakturnya seperti pintu yang harus ditutup agak kencang dan gap pada cap mesin sebelah kanan dan kiri yang kurang imbang.
Interior:
Kelebihan yang paling menonjol dari Ayla dan saudara kembarnya dibanding kompetitor lcgc yang lain adalah legroom dan bagasi yang sangat luas. Tempat penyimpanan pun cukup banyak.
Pada tipe x ini sudah dilengkapi tachometer dan MID. Untuk audio sudah double din dan sudah support usb & aux. Fitur2nya lumayan apalagi sudah dilengkapi dengan alarm dan sensor parkir serta sudah central lock dan power window pada 4 pintunya. Untuk harga 97.950.000 fitur2 tersebut sudah lumayan lengkap, namun dengan catatan minim fitur keselamatan dan keamanan (seatbelt tanpa pretensioner dan load limiter serta, tidak ada air bag, dan non immobilizer). Bisa dibilang fitur keselamatan dan keamanan Ayla adalah yang paling rendah dibanding kompetitor lcgc yang lain.
Kualitas audio menurut kuping saya sudah standard untuk volume kecil hingga sedang, hanya saja kurang maksimal karena hanya ada dua speaker di depan. Di belakang hanya disediakan lubang speaker saja.
Kursi belakang sudah dilengkapi head rest. Sebenarnya saya lebih suka head rest yang menyatu dengan kursi, seperti pada kursi depan karena head rest model ayla kadang membuat leher menjadi pegal. Untuk jok sangat disayangkan tipis sekali dan kurang nyaman untuk menempuh jarak jauh.
Pengalaman Berkendara:
Saat menyalakan mobil, suara mesin agak kasar mungkin karena belum terbiasa dengan mesin 3 silinder, tapi itupun hanya pada saat idle. Setelah berjalan suara mesin cukup halus.
Tekan pedal kopling cukup ringan, pada awalnya untuk melepas dan menahan kopling agak berat tapi setelah terbiasa tidak ada masalah.
Yang menjadi masalah justru pada tuas persneling yang agak keras ke arah gigi 1 dan 2 sedangkan ke arah gigi 3,4,5, dan r cukup ringan. Salesnya sich bilang karena mobil baru, tapi sudah 2 minggu saya pakai persnelingnya masih keras untuk berpindah ke gigi 1 dan 2.
Banyak yang meragukan mobil ini tidak kuat nanjak. Setelah saya pakai mobil ini cukup kuat nanjak. Memang pernah 2 kali mesin mati saat menanjak. Pertama karena ujicoba konyol menanjak dengan gigi 3, di tengah tanjakan dengan tekan gas hingga penuh mesin sudah tidak mampu lagi nanjak. Kedua ketika mobil sempat berhenti dan mau jalan lagi di tanjakan curam, mesin sempat mati ketika memainkan kombinasi kopling+turunin rem tangan+tekan gas hingga 2500 rpm. Ternyata mesin baru bisa nanjak dengan kombinasi tersebut + gas hingga 3000 rpm lebih.
Untuk handling cukup enak karena setir sudah pakai eps sehingga ringan dan mudah dipakai untuk parkir.
Untuk kekedapan kabin, suara dari luar sangat jelas terdengar dari dalam. Untuk pengguna motor yang beralih ke mobil, hal itu sama sekali bukan masalah buat saya kecuali untuk bayi saya yang seringkali kaget dengan suara mesin moge yang mendahului.
Selama pakai ayla, suspensi saya rasa cukup enak dan nyaman untuk dipakai berdua dengan istri saya, belum pernah coba untuk muatan penuh 5 orang.
Mobil Ayla sepertinya mampu untuk dibuat ngebut. Saya pernah beberapa kali melihat Ayla di tol melaju dengan kecepatan tinggi. Hanya saja fitur keselamatannya yang sangat minim membuat saya rada horror ketika berada di tol yang sepi dan belum berani coba Ayla dengan kecepatan di atas 80 km/jam. Tapi saya yakin Ayla mampu melaju di atas 150 kph.
Konsumsi bensin Ayla manual lumayan irit. Berikut catatan terbaik selama berkendara dengan melihat di MID
Kondisi macet: 12 km/l
Kombinasi macet+ lancar: 15 km/l
Kondisi lancar: 20 km/l
Kesimpulan:
(+) leg-room dan bagasi luas
(+) aksesori lumayan banyak
(+) setir ringan (eps)
(+) suspensi empuk (pengalaman dua orang plus bayi)
(+) Irit bensin
(-) Minim fitur keselamatan dan keamanan
(-) Jok belakang tipis
(-) Menutup pintu harus kencang
(-) Butuh rpm tinggi untuk nanjak
(-) Speaker hanya ada di depan saja
Daihatsu Ayla manual tipe x bisa dibilang bukanlah mobil LCGC terbaik dari yang sudah ada, tetapi saya yakin ini adalah city car terbaik untuk harga di bawah 100 juta.
Sekian review dari saya, mohon maaf kalo ada kata2 yang salah.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 198
- Joined: Tue Oct 01, 2013 8:02
- Location: DCI Djakarta
Re: Review Daihatsu Ayla Manual Tipe X
Wah, akhirnya punya teman! 

Ini karena kabinnya kedap om, biasanya sy akali dgn membuka sedikit jendela kalau ada penumpang mau menutup pintu. Penasaran sama FC full to full nih. Btw pake bensinnya apa om?jekael wrote:...seperti pintu yang harus ditutup agak kencang...
Last edited by sepatupuma on Fri Dec 27, 2013 8:57, edited 1 time in total.
Kalo cuma buat tampilan, berarti ga ada fungsinya. Kalo ga ada fungsinya, buat apa dipasang?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 422
- Joined: Tue Oct 08, 2013 23:15
Re: Review Daihatsu Ayla Manual Tipe X
Teman cukup banyak Om, di jalanan sudah mulai banyak Ayla yang terlihatsepatupuma wrote:Wah, akhirnya punya teman!
:-)
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12277
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: Review Daihatsu Ayla Manual Tipe X
Nice review bro...
Bearti alay harus diupgrade audionya ya...
Btw, pas ngambil nih mbl dpt bonus apa aja dr dilernya?
Bearti alay harus diupgrade audionya ya...
Btw, pas ngambil nih mbl dpt bonus apa aja dr dilernya?
Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Review Daihatsu Ayla Manual Tipe X
Nice ripiu om JKL... 
"Tekan pedal kopling cukup ringan, pada awalnya untuk melepas dan menahan kopling agak berat tapi setelah terbiasa tidak ada masalah."
Ane setuju dengan statement di atas. Mirip sama Brio Sotoy yg ane TD... makanya ane lgs dpt kesan: kopling keras!
Yg pasti, keep safe di jalan om JKL... sudah bijaksana dgn tidak mencoba top speed mobil...
Di SM mmg banyak oknum yg ngepost speedo 3 digit mendekati angka 2... bahkan salah satu oknum sampe bisa lewat limiter bawaan...
Mohon jangan ditiru, apalg om JKL uda berkeluarga...
A very honest and yet, refreshing review...

"Tekan pedal kopling cukup ringan, pada awalnya untuk melepas dan menahan kopling agak berat tapi setelah terbiasa tidak ada masalah."
Ane setuju dengan statement di atas. Mirip sama Brio Sotoy yg ane TD... makanya ane lgs dpt kesan: kopling keras!

Yg pasti, keep safe di jalan om JKL... sudah bijaksana dgn tidak mencoba top speed mobil...
Di SM mmg banyak oknum yg ngepost speedo 3 digit mendekati angka 2... bahkan salah satu oknum sampe bisa lewat limiter bawaan...

Mohon jangan ditiru, apalg om JKL uda berkeluarga...

A very honest and yet, refreshing review...

Obey the mahakitteh. 

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 422
- Joined: Tue Oct 08, 2013 23:15
Re: Review Daihatsu Ayla Manual Tipe X
Yup, kalau mau lebih nyaman harus upgrade audio, tambah speaker, pasang peredam, dan tambah busa untuk joknya.ricz wrote:Nice review bro...
Bearti alay harus diupgrade audionya ya...
Btw, pas ngambil nih mbl dpt bonus apa aja dr dilernya?
SayacCuma dapat kunci setir doang... Karna mobil baru katanya...
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 198
- Joined: Tue Oct 01, 2013 8:02
- Location: DCI Djakarta
Re: Review Daihatsu Ayla Manual Tipe X
Setuju. IMO suspensinya cuma "sanggup" sampe 80-90kmh di kondisi tol JORR yg bumpy. Mau diatas itu engine sih bisa, tapi tidak dgn suspensi standar.madcat015 wrote: sudah bijaksana dgn tidak mencoba top speed mobil...
Kalo cuma buat tampilan, berarti ga ada fungsinya. Kalo ga ada fungsinya, buat apa dipasang?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 422
- Joined: Tue Oct 08, 2013 23:15
Re: Review Daihatsu Ayla Manual Tipe X
Trimakasih om madcat...madcat015 wrote:Nice ripiu om JKL...
"Tekan pedal kopling cukup ringan, pada awalnya untuk melepas dan menahan kopling agak berat tapi setelah terbiasa tidak ada masalah."
Ane setuju dengan statement di atas. Mirip sama Brio Sotoy yg ane TD... makanya ane lgs dpt kesan: kopling keras!
Yg pasti, keep safe di jalan om JKL... sudah bijaksana dgn tidak mencoba top speed mobil...
Di SM mmg banyak oknum yg ngepost speedo 3 digit mendekati angka 2... bahkan salah satu oknum sampe bisa lewat limiter bawaan...
Mohon jangan ditiru, apalg om JKL uda berkeluarga...
A very honest and yet, refreshing review...
Saya baru ngerti masalah kopling brio yang pernah om Madcat review dulu hehehe...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5507
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: Review Daihatsu Ayla Manual Tipe X
Cukuplah, buat bikin galau LGCC sebelahjekael wrote:
Interior:
Kelebihan yang paling menonjol dari Ayla dan saudara kembarnya dibanding kompetitor lcgc yang lain adalah legroom dan bagasi yang sangat luas. Tempat penyimpanan pun cukup banyak.

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Review Daihatsu Ayla Manual Tipe X
Nice... 
Kekedapan kabin gimana kalo dibandingkan dengan taxi BB limo? (limo kedengeran jelas suara2 dari luar)
Overall sudah bagus ya buat mobil <100 jeteng...
Dibandingkan wagonR jejadian itu, model ga ada manis2nya + bau cheap plastic di kabin...
Paling kelebihan si maruti itu cuma di kopling super ringan...
But, suspensi ayla lembut? Hmm... not sure

Kekedapan kabin gimana kalo dibandingkan dengan taxi BB limo? (limo kedengeran jelas suara2 dari luar)
Overall sudah bagus ya buat mobil <100 jeteng...

Dibandingkan wagonR jejadian itu, model ga ada manis2nya + bau cheap plastic di kabin...
Paling kelebihan si maruti itu cuma di kopling super ringan...
But, suspensi ayla lembut? Hmm... not sure

Last edited by amfibi on Fri Dec 27, 2013 9:10, edited 1 time in total.
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Review Daihatsu Ayla Manual Tipe X
Betul sekali om...sepatupuma wrote:Setuju. IMO suspensinya cuma "sanggup" sampe 80-90kmh di kondisi tol JORR yg bumpy. Mau diatas itu engine sih bisa, tapi tidak dgn suspensi standar.madcat015 wrote: sudah bijaksana dgn tidak mencoba top speed mobil...
Kadang liat jalan lempeng, hajar mesin sekuatnya, sekencangnya...
Lupa, ada faktor suspensi dan rem...
LCGC mmg tidak didesain utk melaju 200kpj. Dia di desain utk kota dan tol, dimana kec max sekitar 40 kpj dalkot dan 80-100kpj utk tol...
@om JKL: nah, itu dia... rada sableng setting kopling nya. yah, tinggal DIY sendiri lah om.
Atau pas servis pertama bawa ke BeRes minta di setel...
@om bagor: Sotoy?

Obey the mahakitteh. 

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3220
- Joined: Wed Mar 27, 2013 4:32
- Location: Jombang, Jawa Timur
Re: Review Daihatsu Ayla Manual Tipe X
Nice repiu... Enjin 1KR DE without vvti tapi menurut ane cukup irit dan cukup buat daily use dalkot...
[TYCI 917]
[YKC]
[YKC]
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5507
- Joined: Thu Mar 10, 2011 22:48
- Location: All over the world
- Daily Vehicle: Kijang Innova D4D
Re: Review Daihatsu Ayla Manual Tipe X
................ 

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 422
- Joined: Tue Oct 08, 2013 23:15
Re: Review Daihatsu Ayla Manual Tipe X
@ sepatupuma: Pake pertamax Om, belum nyoba sich pake metode full to full
@ nugraha bagor: Setiap LCGC masing2 ada kelebihan dan kekurangan Om, dan memang kelebihan ayla dan saudara kembarnya yg gak dipunya kompetitor ya bagasinya yg luas
@ amfibi: Waktu naik taksi limo, anak saya anteng2 aja Om, tapi pas naik ayla dia sering kaget gitu denger suara dari luar. Kayaknya sih lebih kedap taxi limo.
Kalau suspensi sih menurut saya cukup lembut, mungkin karena kebiasaan naik motor ya hehehe....
@ Madcat: Nice advice Om.... thanks
@ felixz: Betul Om, sangat irit untuk yang versi manual, beda dengan yang versi maticnya...
@ nugraha bagor: Setiap LCGC masing2 ada kelebihan dan kekurangan Om, dan memang kelebihan ayla dan saudara kembarnya yg gak dipunya kompetitor ya bagasinya yg luas
@ amfibi: Waktu naik taksi limo, anak saya anteng2 aja Om, tapi pas naik ayla dia sering kaget gitu denger suara dari luar. Kayaknya sih lebih kedap taxi limo.
Kalau suspensi sih menurut saya cukup lembut, mungkin karena kebiasaan naik motor ya hehehe....
@ Madcat: Nice advice Om.... thanks
@ felixz: Betul Om, sangat irit untuk yang versi manual, beda dengan yang versi maticnya...
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Review Daihatsu Ayla Manual Tipe X
@om JKL: buat sang buah da... errr... hati, drpd sering kaget kena suara gemuruh dari knalpot sport, ada baiknya dibelikan ear muff aja om...
Lg an, kl malam2 keluar naik mobil, kuping nya akan hangat.

Lg an, kl malam2 keluar naik mobil, kuping nya akan hangat.


Obey the mahakitteh. 

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 422
- Joined: Tue Oct 08, 2013 23:15
Re: Review Daihatsu Ayla Manual Tipe X
Ide bagus Om.... Itu ear muff nya gambar kucing ya hehehe.... Kayanya Om madcat udah cocok nih jadi ayah :-)madcat015 wrote:@om JKL: buat sang buah da... errr... hati, drpd sering kaget kena suara gemuruh dari knalpot sport, ada baiknya dibelikan ear muff aja om...
Lg an, kl malam2 keluar naik mobil, kuping nya akan hangat.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 741
- Joined: Mon Nov 25, 2013 8:50
- Location: Jakarta & Bekasi
Re: Review Daihatsu Ayla Manual Tipe X
Mantaaaaapp bro Jekael, sayah udh tunggu tunggu review ini, soalnya ngincer X-MT juga nih hehe. Siang tadi malah saya sempat ke dealer Daihatsu deket kantor utk liat liat Ayla M Sporty MT, cm liat aja sambil coba injek2 kopling nya, subjektif sih ya tp untuk saya masih kerasa ringan, krn saya bandingkan dengan GranMax kali yah hehe... Thanks ya bro review nya...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1633
- Joined: Thu Apr 08, 2010 9:37
- Location: Citeureup- Lebak Bulus - Citeureup
Re: Review Daihatsu Ayla Manual Tipe X
nice review om jekael.
alay dan agay emang dibuat bukan untuk ngebut kok. Ane rasa 80 kpj di tol sudah cukup lah.
Peruntukannya pun buat dalkot dan sekali2 ke luar kota.
waktu ambil dapet discount brp nih om?

alay dan agay emang dibuat bukan untuk ngebut kok. Ane rasa 80 kpj di tol sudah cukup lah.
Peruntukannya pun buat dalkot dan sekali2 ke luar kota.
waktu ambil dapet discount brp nih om?

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2160
- Joined: Mon Dec 16, 2013 0:24
- Location: Indonesia
Re: Review Daihatsu Ayla Manual Tipe X
Jangan2 sebentar lagi om medket bikin toko : medket shop ,menjual berbagai kebutuhan manusia mulai dari kebutuhan pria dan nonik,rumah tangga, otomotif,hewan peliharaan dan kebutuhan anak2 hingga kebutuhan "dewasa" yg seluruhnya bertema kucingmadcat015 wrote:@om JKL: buat sang buah da... errr... hati, drpd sering kaget kena suara gemuruh dari knalpot sport, ada baiknya dibelikan ear muff aja om...
Lg an, kl malam2 keluar naik mobil, kuping nya akan hangat.

didepan tokonya ada dermaga khusus buat belabuhnya kapal van der..err kapal induk deh

Berikut tadi ada contoh produknya

Pursuit of Perfection
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6014
- Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43
Re: Review Daihatsu Ayla Manual Tipe X
bagus!
gak kecewa khan akhirnya gak dapat sotoy
gak kecewa khan akhirnya gak dapat sotoy
Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2002
- Joined: Fri Oct 26, 2012 12:47
Re: Review Daihatsu Ayla Manual Tipe X
udah dateng ya unitnya..
selamat ya om jengkel err.. jengkol err.. jekael ... hush.. ni kucing seenak udel lewat keyboard ane
btw, kalo menurut ane sih om jekael emang udah tepat dapetnya alay daripada sotoy, secara punya bayi, peralatan tempurnya bakal banyak tuh, bagasinya lebih memadai..


btw, kalo menurut ane sih om jekael emang udah tepat dapetnya alay daripada sotoy, secara punya bayi, peralatan tempurnya bakal banyak tuh, bagasinya lebih memadai..

"The Power of ren-Dreams"


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 741
- Joined: Mon Nov 25, 2013 8:50
- Location: Jakarta & Bekasi
Re: Review Daihatsu Ayla Manual Tipe X
Kalau ngga ada halangan, Insya Allah, Jumat depan tgl 3,ane mau test drive Ayla X MT vs Wagon R GX. Kebetulan lokasi dealer nya pada deket dan sejalan pulang ke rumah ane...
Kalau sekilas dari sisi exterior dan interior sih ane udh condong ke Ayla, tp masih penasaran sama ride quality nya Wagon R, terutama di jalan jelek seputaran daerah rumah ane.
Kalau sekilas dari sisi exterior dan interior sih ane udh condong ke Ayla, tp masih penasaran sama ride quality nya Wagon R, terutama di jalan jelek seputaran daerah rumah ane.
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: Review Daihatsu Ayla Manual Tipe X
@om JKL: hanya sekedar saran om... ane masih kucing lajang kok... 
Tapi uda ga available... uda ane tenggelamkan kapal di pelabuhan doi..
@om DDR: ane juga penasaran sama Wagon R om... ditunggu ripiu nya ya...
@om axala: toko "dewasa" bertema kucing???
Menarik...


Tapi uda ga available... uda ane tenggelamkan kapal di pelabuhan doi..

@om DDR: ane juga penasaran sama Wagon R om... ditunggu ripiu nya ya...

@om axala: toko "dewasa" bertema kucing???
Menarik...


Obey the mahakitteh. 

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 422
- Joined: Tue Oct 08, 2013 23:15
Re: Review Daihatsu Ayla Manual Tipe X
@R2D2: Tetap kecewa sich hehehe.... Punya mobil Hando itu walaupun hanya yang sotoy rasanya sesuatu banget :-)
Tapi lumayan berkurang kecewanya karena Ayla sudah cukup pas buat keluarga saya
@ Bueuk: Yup, sebenernya sih barang bawaan nggak banyak2 amat, bagasi sotoy juga cukup. Tapi rasanya senang banget kalo punya kapasitas bagasi yang luas, mpv aja banyak yg bagasinya nggak seluas punya ayla
@Andrian: Thanks.... Saya nggak dapat diskon, kayaknya semua yang beli Ayla juga nggak dapat diskon
@ Axala: Ide yang bagus :-D
@ DDR: Ditunggu Om kesan2nya setelah TD Ayla dan Wagon R
@ Madcat: Sudah saatnya melepas lajang om, jangan kelamaan....
Tapi lumayan berkurang kecewanya karena Ayla sudah cukup pas buat keluarga saya
@ Bueuk: Yup, sebenernya sih barang bawaan nggak banyak2 amat, bagasi sotoy juga cukup. Tapi rasanya senang banget kalo punya kapasitas bagasi yang luas, mpv aja banyak yg bagasinya nggak seluas punya ayla
@Andrian: Thanks.... Saya nggak dapat diskon, kayaknya semua yang beli Ayla juga nggak dapat diskon
@ Axala: Ide yang bagus :-D
@ DDR: Ditunggu Om kesan2nya setelah TD Ayla dan Wagon R
@ Madcat: Sudah saatnya melepas lajang om, jangan kelamaan....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8594
- Joined: Mon Dec 31, 2012 5:45
- Location: Central Park, JakBar
Re: Review Daihatsu Ayla Manual Tipe X
Ditunggu reportnya omDDR wrote:Kalau ngga ada halangan, Insya Allah, Jumat depan tgl 3,ane mau test drive Ayla X MT vs Wagon R GX. Kebetulan lokasi dealer nya pada deket dan sejalan pulang ke rumah ane...
Kalau sekilas dari sisi exterior dan interior sih ane udh condong ke Ayla, tp masih penasaran sama ride quality nya Wagon R, terutama di jalan jelek seputaran daerah rumah ane.
