
===================
Kebetulan hari ini ane serpis March adek ane di BeRes Nissan Puri Anjasmoro Semarang, karena bosen ngeliat2 mobil di showroom nissan dikacangin ama sales, akhirnya ke diler KIA di sebelahnya, ngeliat 1 unit Sorento CRDi warna hitam

masuk ke diler dan langsung ane tembak salesnya "mau test drive sorento bisa mbak?" dan langsung ane disodorin kuncinya

==================
1. Exterior
KIA Sorento merupakan saudara kembar tidak identik dengan Hyundai SantaFe. Perbedaan SantaFe dan Sorento ada di exterior dan interiornya. Exterior Sorento lebih berkesan kalem, dimana Hyundai Santi karakternya lebih agresif dengan garis-garis tajam. Subjektif, ane lebih suka tampilan Sorento, keliatan sleeper dengan tampangnya yang tidak seheboh sodaranya.

tampilan depan-samping.... simple but looks good. LED bergaris di headlamp seperti alis cukup cantik.

tampilan belakang... sedikit merusak pemandangan ane... bentuk stoplampnya bener-bener gak nyambung dengan desain eksterior keseluruhan


velg 18" dibalut Nexen Roadian 235/50/18. tidak berbeda dengan versi bensin.
Exterior, 7/10.
=====================
2. Interior
Jujur, ane ga sempet eksplor jeroan mobil ini lebih jauh krn TDnya cuma bentar, si sales ada orang lain juga mau TD Sorento dan udah deal mau ambil, jd lebih prioritas ke dia


yang bagus dari dashboard sorento ini adalah terkesan sederhana tanpa desain yang norak berlebihan, semua tertata rapi dan fungsional, kombinasi warnanya cukup bagus dengan sentuhan piano black di beberapa panel. yang cukup mengganggu, kualitas plastiknya cukup buruk.... ya kurang lebih mirip CRV RM lah


yang memperburuk, lack of features, sehingga nyetir Sorento berkesan sangat garing tanpa adanya gimmick aneh-aneh yg disematkan.

Row 2 menyediakan ruang yg cukup luas

Jok di baris ketiga bisa dilipat rata dengan lantai, dan ini cukup bagus, kenapa? mayoritas orang beli Sorento ga akan karena faktor 7seats nya.... kalo cari mobil 7 seats, Fortuner VNT jelas lebih masuk akal. 1 1nya alasan orang membeli KIA Sorento adalah simply karena dia suka. Mobil Korea diatas 400juta sangatlah tidak masuk akal bagi konsumen mainstream.
faktor lainnya, baris ketiga Sorento ini simply useless, just like Captiva & SantaFe.
Interior 6/10.
========================
3. Driving Impression
KIA Sorento menggunakan dapur pacu seperti Hyundai SantaFe CRDi, 2.2L, 198PS, 445Nm, alias paling tinggi di rentang harga 400-500jutaan. Dipadu dengan transmisi Automatic 6-speed.
Posisi duduk Sorento agak tinggi, pandangan ke depan cukup luas tidak seperti Sportage yg blindspot dimana-mana. Jangkauan pandang sampe ujung kap mesin bisa keliatan

Starter dan gerungan mesin terdengar cukup kasar seperti layaknya diesel. Keluar dealer, ane sengaja agak dalem injeknya, apaan nih masa torsi 445Nm ga berasa gini???
dan dugaan ane tepat, ada 1 tombol perusak honeymoon ane dengan Sorento : ECO. Di luar gerbang langsung ane full throttle, and yessss....... sesuai ekspektasi ane, 445Nm tersalur dengan sempurna di roda depan



dengan tenaga sebesar ini bagaimana handlingnya? cukup buruk, bodyroll cukup berasa waktu menikung, feedback setirnya juga kurang bagus.
Bantingan mobil ini... hmm... dibalut ban Nexen Roadian 581 235/50/18, bantingannya cukup baik, meski berkarakter agak keras.
Driving Impression 6/10.
======================
4. Verdict
Dengan harga 472juta OTR Semarang, mobil ini layak dimiliki? Simply not worth the money. Sangat mahal dengan fitur yang garing, yang bisa dibanggakan dari mobil ini hanya mesin buas nya dan Panoramic Roofnya. Sisanya? Lack of features, material interior jelek, driving impression biasa saja, cenderung limbung. dan tentu saja akan kembali pada : "472juta untuk sebuah KIA?"
Seperti yg saya sebutkan di atas, orang membeli Sorento hanya punya 1 alasan untuk membelinya : suka, atau dia ga suka tampilan Santafe yang terlalu bling-bling jadi larinya ke Sorento.
Dampaknya jelas, sampe detik ini ane jarang ngeliat Sorento di jalan, bahkan hampir ga pernah, meskipun pengakuan si mbak sales bilang kalo Sorento penjualannya cukup laris.
Meski begitu, anda tetep harus waspada waktu ngeliat Sorento di kaca spion apakah itu Sorento Bensin atau diesel, karena dari exterior 100% sama persis, dimana SantaFe masih dibedakan di ukuran roda, Sorento 100% sama persis. Pembeda Sorento bensin dan diesel : Logo CRDi di bawah stoplamp kanan

Pros :
- Tampilan simpel, desain bener-bener mirip mobil eropa, nggak kebanyakan tarikan garis aneh kayak Sportage.
- Mesin powerful dan torquey

- Jarak pandang luas
- Kabin lapang
- Dashboard rapi dan simpel
Cons :
- Tampilan belakang jaka sembung bawa golok
- Handling buruk
- Material interior
- Feature sedikit
- Overpriced
========================
Sekian ripiu ane
