madcat015 wrote:Jadi, inti dari trit ini adalah: pengemudi yg menentukan tingkat bahaya suatu transmisi?

Ane sepakat...
Utk yg dah bisa driving/riding, no problemo mau pake yg mana.
Utk yg baru bisa driving/riding ane lebih prefer utk belajar yg manual aja. Alasannya, kalo matik atau puter throtle (utk motor), sekali injek kecepatan bisa naik sampe mentok. Dan itu sangat berbahaya buat yg belum bisa ngendaliin kendaraan. Kalo pelan2 aja belum becus, gimana kalo kendaraannya cepet?
Kalo manual, tanpa mindahin gigi dijamin mobil/motor gak bakalan lari kenceng. So, kecepatan disesuaikan dgn kemampuan. Apalagi kalo ngomongin motor2 CVT yg dipegang anak2 abg bin alay. main geber2 seenaknya tanpa tahu gimana cara ngeberhentiinnya.
Kalo masalah kebiasaan, emang di mobil rada susah utk mbedain. Kalo ane sih termasuk yg gak mau make kaki kiri utk ngerem di matik. Paling sering ya kalo mesin dah cukup tinggi rpmnya, refleknya tangan kiri megang shifter, kaki kiri nginjek 'kopling' yg ternyata kosong kalo di matik. Apalagi kalo sehari tuker2 mobil matik vs manual (rombongan). Jadi bahan ketawaan temen yg biasa make matik waktu dia duduk di samping ane.
Kalo utk motor, masih lumayan utk mbedainnya. Kalo kaki nginjek dek, otomatis tangan kiri menggenggam tuas rem belakang. Kalo yg diinjek adalah batangan, rem ada di kaki kanan dan tangan kiri kosong (biasa make bebek dan matik). Mau sehari ganti berkali2 juga gak bakalan salah lagi.