setujukah jika A/T itu dianggap berbahaya dari M/T?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12277
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: setujukah jika A/T itu dianggap berbahaya dari M/T?
Kalo transmisinya mode lurus spt Jazz, bs salah engaged... Soalnya bs salah pindah, misalnya mau pindah ke D bisa salah pindah ke S... Ini terjadi pas gw nyetir M2...
Dan kedua, kdg2 klo kt yg sehari2 bw 3 pedals disuru bw 2 pedals, bs reflek nginjek rem pake kaki kiri bwt pindah gigi (krn sehari2 nginjek kopling buat pindah gigi)
Berbahaya sih iya, cmn ga bs dianggap bahaya bgt ampe dilarang...
Dan kedua, kdg2 klo kt yg sehari2 bw 3 pedals disuru bw 2 pedals, bs reflek nginjek rem pake kaki kiri bwt pindah gigi (krn sehari2 nginjek kopling buat pindah gigi)
Berbahaya sih iya, cmn ga bs dianggap bahaya bgt ampe dilarang...
Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: setujukah jika A/T itu dianggap berbahaya dari M/T?
D MT salah teken gas giginya ga akan downshift or kickdownPOS VETT wrote:Wah kalau automatic transmission dianggap bahaya, apalagi yang mau dianggap bahaya ? Lama2 nafas juga bahaya.
Yang pernah jadi masalah adalah salah injak pedal, kalau aplikasinya di manual ya sama saja. Bokap gw & gw sendiri juga pernah begitu dengan transmisi manual. Maunya ngerem, jadi ngegas.
Disamping itu, kesaksian pengemudi suka diplesetin. Yang tau kejadian sebenarnya dia sendiri, jadi faktanya diplesetin supaya tidak keliatan bersalah atau malu.
Transmisi automatik ada karakter2-nya sendiri, operatornya mesti menyesuaikan dengan karakter2 ini. Bukan jadi disalahkan kalau transmisi automatik kelakuannya tidak sama dengan transmisi manual.
D AT mwnya rem pol jadi gaspol....... Kickdown deh keluar semua tenaga mesinnya, dan ada beban apapun di depan mesin g bakal mati Neken trus dan torqueconverter juga naikin torsi sampai 2x nya saat slip, MT gigi1 nabrak beton klw g ban slip,mesin mati g kuat. AT.. mesin jln trus tc ngocok fluid berusaha neken selama gas g diangkat atw mesinnya rusak dan mati

-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: setujukah jika A/T itu dianggap berbahaya dari M/T?
Setuju om qod...doq wrote:Segitu loyo nya kah mobil bensin??
Perasaan semua mobil bensin manual yg pernah sy gunakan klo masuk gigi satu tanpa injek gas bisa jalan kok
Bahkan Z kesayangan ane bisa lepas kopling di gear 1 sambil tekan rem... jadi semi2 matik... merayap dengan lampu rem idup...

The power of D Series enjin.

Obey the mahakitteh. 

-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: setujukah jika A/T itu dianggap berbahaya dari M/T?
Bisa om... ,tp perasaan gw pke apansa temen, gig1 d jalanin throttlenya kya nambah sendiri berusaha ngejaga mesin biar g mati.doq wrote:Segitu loyo nya kah mobil bensin??
Perasaan semua mobil bensin manual yg pernah sy gunakan klo masuk gigi satu tanpa injek gas bisa jalan kok
Err d ipah d4d gw jln datar normal sih sampe gigi2 kLw langsung d lepas masih jln, gigi3 klw d urut jg bisa.
D rocky 4L nanjak yg mbl biasa gigi 1 harus gaspol... Ini jln mendaki sambil idle hehe... Tp tetep aja g kaya cherokee at klw salah neken gas.... Sampe redline bisa upshift lagi...... D MT uda redline y udahan....
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: setujukah jika A/T itu dianggap berbahaya dari M/T?
Haha gw malah selalu 2kaki... Memang nyalahin sop, dan awal2 memang kagok... Klw uda biasa lancar juga.... Jd kanan y bwat gas aja kiri rem only.. G bakal ketuker.. Memang ada mbl yg posisi pedalnya enak utk ini, ada jg yg engga kbnykan mbl eropa yg g enak pedalnya rapet kekanan. pling enak d jeep.batumakam wrote:setuju sama om doqdoq wrote:Yg bikin bahaya bukan dr jenis transmisi nya......tp dr kesigapan driver utk beradaptasi terhadap kendaraan yg digunakan.
Klo dr pertama kali belajar dan kemudian terbiasa bawa kendaraan metik, maka ketika disuruh bawa manual bisa jadi berbahaya........kalo driver tsb tidak sigap beradaptasi cmiiw
klo kasus saya, setelah sekian lama terbiasa bawa manual, hal pertama yg saya harus adaptasi (selain karakter mesin tentu nya) adalah me-nonaktifkan tugas kaki kiri secara paksa........pada kendaraan metik yg ada footrest nya tugas sy lebih mudah, setiap kali kaki kiri hendak reflek menginjak pedal kopling ya tinggal injek aja itu footrest.
Yg aga sulit klo bawa metik yg ga ada footrest nya, mau ga mau kaki kiri mesti ditekuk kebelakang selama perjalanan.........pegel sih tp dari pada ciloko gara2 accidentally nginjek rem pake kaki kiri
Klo ga salah dulu ada SMers yg pernah cerita ke saya salah nginjek pedal saat blm terbiasa bawa metik.......untung nya lalin dibelakang nya kosong...........siapa ya??.....oom esh klo ga salah dehane juga terbiasa bawa manual jadi kalo bawa metik ya kaki kiri ane tekuk ke atas kursi (kalo gak ada footrestnya)
ngeganggu sih tapi daripada salah injek malah berabe
waktu awal2 bawa metik sih make 2 kaki
kebetulan kakak sepupu ane tau,, tanpa banyak cakap ditempeleng lah kepala ane
sejak saat itu mulai belajar nyetir metik pake 1 kaki
![]()
Gw sih sangat berguna bwat oprut dan d scs...

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3220
- Joined: Wed Mar 27, 2013 4:32
- Location: Jombang, Jawa Timur
Re: setujukah jika A/T itu dianggap berbahaya dari M/T?
Setuju, apalagi daerah tanjakan sama turunan... Kalo belum pernah mengang metik..
Bahaya sekale.. Turunan bisa ngelonyorrr
Bahaya sekale.. Turunan bisa ngelonyorrr
[TYCI 917]
[YKC]
[YKC]
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: setujukah jika A/T itu dianggap berbahaya dari M/T?
Vice versaFelixz_Yaris wrote:Setuju, apalagi daerah tanjakan sama turunan... Kalo belum pernah mengang metik..
Bahaya sekale.. Turunan bisa ngelonyorrr
Kalau belum pernah pegang manual, giliran macet di tanjakan, juga bakal ngelonyorrr...atau mati mesinnya
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: setujukah jika A/T itu dianggap berbahaya dari M/T?
Jadi, inti dari trit ini adalah: pengemudi yg menentukan tingkat bahaya suatu transmisi?


Obey the mahakitteh. 

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 614
- Joined: Wed Apr 09, 2008 9:22
- Daily Vehicle: CX-5 KF
Re: setujukah jika A/T itu dianggap berbahaya dari M/T?
yup, jgn salahkan transmisinyamadcat015 wrote:Jadi, inti dari trit ini adalah: pengemudi yg menentukan tingkat bahaya suatu transmisi?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: setujukah jika A/T itu dianggap berbahaya dari M/T?
ahhh.....ga perlu pake D series segala, my always underestimated G engine could do it with no sweatmadcat015 wrote:Setuju om qod...doq wrote:Segitu loyo nya kah mobil bensin??
Perasaan semua mobil bensin manual yg pernah sy gunakan klo masuk gigi satu tanpa injek gas bisa jalan kok
Bahkan Z kesayangan ane bisa lepas kopling di gear 1 sambil tekan rem... jadi semi2 matik... merayap dengan lampu rem idup...
The power of D Series enjin.


imsus2c wrote:Vice versaFelixz_Yaris wrote:Setuju, apalagi daerah tanjakan sama turunan... Kalo belum pernah mengang metik..
Bahaya sekale.. Turunan bisa ngelonyorrr
Kalau belum pernah pegang manual, giliran macet di tanjakan, juga bakal ngelonyorrr...atau mati mesinnya
twa wrote:yup, jgn salahkan transmisinyamadcat015 wrote:Jadi, inti dari trit ini adalah: pengemudi yg menentukan tingkat bahaya suatu transmisi?




-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: setujukah jika A/T itu dianggap berbahaya dari M/T?
Jadi dengan ini, ane nyatakan trit di lock. 
*ngibrit...*

*ngibrit...*

Obey the mahakitteh. 

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: setujukah jika A/T itu dianggap berbahaya dari M/T?
Segera bikin thread tandingan: "setujukah jika metket itu dianggap ooters dari tomket?"
#downshiftWOT......................................
#downshiftWOT......................................

-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: setujukah jika A/T itu dianggap berbahaya dari M/T?
Yang ane bold...doq wrote:Segera bikin thread tandingan: "setujukah jika metket itu dianggap ooters dari tomket?"
#downshiftWOT......................................
WOT : Wooq on Top?
*active matic ke M-1, lepas rem parkir, injak gas rata lantai...*

Obey the mahakitteh. 

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6014
- Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43
Re: setujukah jika A/T itu dianggap berbahaya dari M/T?
Bah, ane belum sempat komen udah mulai OOT 

Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: setujukah jika A/T itu dianggap berbahaya dari M/T?
Semua salah metket........


-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: setujukah jika A/T itu dianggap berbahaya dari M/T?
TS nya mana yaaa... 
*feeling ane ga enak...*

*feeling ane ga enak...*

Obey the mahakitteh. 

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6014
- Joined: Sun Aug 26, 2007 3:43
Re: setujukah jika A/T itu dianggap berbahaya dari M/T?
Ane vote tidak setuju. Semua tergantung driver.
Ane sendiri kalo pas gonta ganti dari matic ke manual ke matic lagi, sering bingung juga sih ...
Pernah ane bawa manual, pas mau mundur malah masuk ke gigi 1, soalnya di Mirage ane mundurnya khan mirip kalo manual masuk ke 1 (tuas model gate)
Ane sendiri kalo pas gonta ganti dari matic ke manual ke matic lagi, sering bingung juga sih ...

Pernah ane bawa manual, pas mau mundur malah masuk ke gigi 1, soalnya di Mirage ane mundurnya khan mirip kalo manual masuk ke 1 (tuas model gate)

Monggo mampir ke blog saya http://yahyakurniawan.net
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3281
- Joined: Fri Dec 14, 2012 13:44
Re: setujukah jika A/T itu dianggap berbahaya dari M/T?
ga setuju, matic saya boyo
susah mau nabrak orang
yg suram itu
1. kalau rem mendadak (benar2 serius ada kasus, ga cuma rem mendadak biasa)
emang harus ditekan pedal rem berkali kali kalau ga pasti bablas,
2. rem tangan emang harus pakem, saya sendiri suka rem tangan pas transmisi D atau R, soalnya masih bisa gerak kalau N
3. dapat mobil ngacir kaya honda, lom apa2 nekan pedal gas bisa 80kpj, padahal (saya) make manual, mau gigi 4 aja ragu2
4. makin meremehkan gaya nyetir, lepas setir buat makan, minum, telponan jauh lebih enak dibanding manual, apalagi kalau ada nonik cantik disebelah wah jauh lebih gawat matic
tapi saya sendiri nyerah make manual
makanya beli mobil matic
beberapa masalah manual bagi newbie
1. nyerah ditanjakan, itu feeling main setengah kopling ga gampang
newbie kalau main manual pas tanjakan lebih fokus ke gas, kalau panik bisa aja nekan gas dalam2 tapi lupa lepas kopling
kaya kasus saya, sampai mesin mati, mobil mundul, untung aja belakang pro, udah ambil jarak 3 meter, 1,5 meter baru refleks tarik rem tangan
\
2. macet... newbie 1,5 jam kaki dah mampus, macet lebih dari 1,5 jam itu wajar dijakarta
3. pas mau nyalip atau muter balik, mobil sama motor gila ada celah dikit langsung dihajar, jadi main kopling benar2 repot, gampang mati mesin kalau ga jago
4. jari kaki saya nyerah... saya punya kebiasaan jempol kaki buat pedal rem, jari kelingking kaki buat pedal gas, biar refleksnya cepat dikit (maklum newbie banget dulu)
jujur aja
saya mungkin 1 tahun nyetir baru nyadar pedal gas sama pedal rem itu ada seni-nya buat mobil matic
tekan pedal gas dikit aja juga ada seninya (biar hemat bensin
)
atau mungkin ga semua mobil bisa... kalau di avanza triknya harus nyalain ac
saya pernah kasih tau gigi 1 bisa maju, eh malah diketawain teman
susah mau nabrak orang

yg suram itu
1. kalau rem mendadak (benar2 serius ada kasus, ga cuma rem mendadak biasa)
emang harus ditekan pedal rem berkali kali kalau ga pasti bablas,
2. rem tangan emang harus pakem, saya sendiri suka rem tangan pas transmisi D atau R, soalnya masih bisa gerak kalau N
3. dapat mobil ngacir kaya honda, lom apa2 nekan pedal gas bisa 80kpj, padahal (saya) make manual, mau gigi 4 aja ragu2

4. makin meremehkan gaya nyetir, lepas setir buat makan, minum, telponan jauh lebih enak dibanding manual, apalagi kalau ada nonik cantik disebelah wah jauh lebih gawat matic



tapi saya sendiri nyerah make manual
makanya beli mobil matic

beberapa masalah manual bagi newbie
1. nyerah ditanjakan, itu feeling main setengah kopling ga gampang
newbie kalau main manual pas tanjakan lebih fokus ke gas, kalau panik bisa aja nekan gas dalam2 tapi lupa lepas kopling
kaya kasus saya, sampai mesin mati, mobil mundul, untung aja belakang pro, udah ambil jarak 3 meter, 1,5 meter baru refleks tarik rem tangan

2. macet... newbie 1,5 jam kaki dah mampus, macet lebih dari 1,5 jam itu wajar dijakarta
3. pas mau nyalip atau muter balik, mobil sama motor gila ada celah dikit langsung dihajar, jadi main kopling benar2 repot, gampang mati mesin kalau ga jago
4. jari kaki saya nyerah... saya punya kebiasaan jempol kaki buat pedal rem, jari kelingking kaki buat pedal gas, biar refleksnya cepat dikit (maklum newbie banget dulu)

jujur aja
saya mungkin 1 tahun nyetir baru nyadar pedal gas sama pedal rem itu ada seni-nya buat mobil matic
tekan pedal gas dikit aja juga ada seninya (biar hemat bensin

ga semua tau om...Turboman wrote:Mobil manual kalo Torsi RPM rendahnya gede banget / rasio gearnya jauh juga bisa tuh masuk gigi 1 dan jalan tanpa injek pedal gas.......ToKiDies aja bisa......D Cab D Cab MT kalo masuk 4L malah bisa nanjak parkiran mall tanpa tekan gas........heehehehhee
atau mungkin ga semua mobil bisa... kalau di avanza triknya harus nyalain ac
saya pernah kasih tau gigi 1 bisa maju, eh malah diketawain teman

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 422
- Joined: Tue Oct 08, 2013 23:15
Re: setujukah jika A/T itu dianggap berbahaya dari M/T?
@ salvanost:
kalo pake manual di tanjakan sich sebaiknya jangan pake feeling untuk nentuin setengah kopling, susah banget tuh. Cara paling gampang yg pernah diajarin ke saya lepas pelan2 kopling sampe berasa getaran, jadi lebih mudah pake manual.
kalo pake manual di tanjakan sich sebaiknya jangan pake feeling untuk nentuin setengah kopling, susah banget tuh. Cara paling gampang yg pernah diajarin ke saya lepas pelan2 kopling sampe berasa getaran, jadi lebih mudah pake manual.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11857
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: setujukah jika A/T itu dianggap berbahaya dari M/T?
A/T jelas bahaya, karena ATF yang mirip orson bisa membuat penenggaknya dilarikan ke UGD.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1083
- Joined: Fri Aug 16, 2013 7:51
Re: setujukah jika A/T itu dianggap berbahaya dari M/T?
Yup. Nissan March MT ane aja masuk gigi satu dan angkat pedal kopling juga udah gelinding itu mobil. Berguna banget saat macet2andoq wrote:Segitu loyo nya kah mobil bensin??
Perasaan semua mobil bensin manual yg pernah sy gunakan klo masuk gigi satu tanpa injek gas bisa jalan kok

Sebenernya yang bahaya itu stigma yang bilang kalo mobil matic lebih mudah dari mobil manual atau yang udah sering bawa manual pasti lancar bawa matic. IMHO itu SALAH BESAR. Setiap mobil punya karakter yang beda2. Even bawa mobil yang sama2 manual sekalipun. Jadi ya butuh pengalaman, kesiapan dan jangan lupa konsentrasi saat mengemudi. Minimal kalo udah banyak pengalaman jam terbang bakal lebih sigap antisipasi kalo ada kejadian diluar dugaan.
Btw ane malah baru beberapa bulan ini make matik. Itupun model gate pulak. Tapi Alhamdulillah pelan2 biasa juga.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1371
- Joined: Fri Nov 09, 2012 0:39
Re: setujukah jika A/T itu dianggap berbahaya dari M/T?
Hahahaha gue kadang masih gitu juga. kalau pas misalnya gue seminggu bawa mobil yg metik, trus ganti bawa manual waktu mau brenti eh main injek rem aja nggak injek kopling, masih berasa metik, ya jelas langsung ndut ndut-an trus mati mesinnya.artoodetoo wrote:Ane vote tidak setuju. Semua tergantung driver.
Ane sendiri kalo pas gonta ganti dari matic ke manual ke matic lagi, sering bingung juga sih ...![]()
Pernah ane bawa manual, pas mau mundur malah masuk ke gigi 1, soalnya di Mirage ane mundurnya khan mirip kalo manual masuk ke 1 (tuas model gate)
Sebaliknya kalau seminggu pawa mobil yang manual, trus ganti pake metik, sepanjang jalan beberapa kali kalau ngerem nurunin kecepatan, eh kaki reflek nyari kopling, malah kadang diikuti tangan gerayangan ke tuas persnelingnya

-
- SM Specialist
- Posts: 16676
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: setujukah jika A/T itu dianggap berbahaya dari M/T?
dan stigma ini yg bikin para fanboy manual menjelek-jelekkan matik dgn mengatakan matik itu "banci"....Mamang555 wrote:Yup. Nissan March MT ane aja masuk gigi satu dan angkat pedal kopling juga udah gelinding itu mobil. Berguna banget saat macet2andoq wrote:Segitu loyo nya kah mobil bensin??
Perasaan semua mobil bensin manual yg pernah sy gunakan klo masuk gigi satu tanpa injek gas bisa jalan kok
Sebenernya yang bahaya itu stigma yang bilang kalo mobil matic lebih mudah dari mobil manual atau yang udah sering bawa manual pasti lancar bawa matic. IMHO itu SALAH BESAR. Setiap mobil punya karakter yang beda2. Even bawa mobil yang sama2 manual sekalipun. Jadi ya butuh pengalaman, kesiapan dan jangan lupa konsentrasi saat mengemudi. Minimal kalo udah banyak pengalaman jam terbang bakal lebih sigap antisipasi kalo ada kejadian diluar dugaan.
Btw ane malah baru beberapa bulan ini make matik. Itupun model gate pulak. Tapi Alhamdulillah pelan2 biasa juga.
dan dengan bangganya menempelkan sticker alay "REAL MAN USE THREE PEDALS" di mobil mereka.... padahal mobilnya jg mobil sejuta umat


who cares about your pedals if you drive like sh*t

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 11857
- Joined: Wed Oct 16, 2013 6:27
- Location: tangerang selatan
Re: setujukah jika A/T itu dianggap berbahaya dari M/T?
RICH MEN USE NO PEDALS.
*dudukdiblakangdisupirin*
*dudukdiblakangdisupirin*

-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: setujukah jika A/T itu dianggap berbahaya dari M/T?
Rich men use a bajillion pedals and no sticker...
Mobilnya banyak...
Mobilnya banyak...

Obey the mahakitteh. 
