setujukah jika A/T itu dianggap berbahaya dari M/T?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 66
- Joined: Sat Oct 05, 2013 12:50
- Location: www.serayamotor.com
setujukah jika A/T itu dianggap berbahaya dari M/T?
Bagaimana perndapat sohib SM ttg matic?
Last edited by Apple on Tue Dec 10, 2013 11:41, edited 1 time in total.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 741
- Joined: Mon Nov 25, 2013 8:50
- Location: Jakarta & Bekasi
Re: setujukah jika transmisi matic itu dianggap berbahaya?
Setuju, apalagi untuk driver yang kurang cukup pengalaman... Matic tuh neken gas awalnya kudu pake perasaan... Apalagi waktu mundur...
Ini pendapat ane yg udah nyetir mobil manual lebih dari 20 tahun, tapi nyetir matic baru 2 bulan yang lalu hehehe...
Ini pendapat ane yg udah nyetir mobil manual lebih dari 20 tahun, tapi nyetir matic baru 2 bulan yang lalu hehehe...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2972
- Joined: Sat Nov 30, 2013 15:30
- Location: 万隆, 印度尼西亚
Re: setujukah jika transmisi matic itu dianggap berbahaya?
Setuju ga setuju sih om 
Ga setuju karena balik lagi sama usernya, tapi setuju karena secuil dari pengguna transmisi automatik masih dlam tahap belajar. Gw liatin kursus mobil juga sudah sedia automatik untuk fleet mereka. Ga ada salahnya, tapi untuk make things from bad to worse, gampang banget. Contoh paling konkret, parkir di gedung bertingkat. Manual paling mentok mentok stall, apalagi kalo mesin mati, otomatis ban ngunci karena masih engaged di gear. Automatik...ya silakan dibayangkan sendiri...
Dan yang mungkin sering kita rasain ss macet"an, hampir semua yang nyundul alasannya lupa ditaroh di N, sedangkan rem lepas blong.
Just my .5 cent tho'

Ga setuju karena balik lagi sama usernya, tapi setuju karena secuil dari pengguna transmisi automatik masih dlam tahap belajar. Gw liatin kursus mobil juga sudah sedia automatik untuk fleet mereka. Ga ada salahnya, tapi untuk make things from bad to worse, gampang banget. Contoh paling konkret, parkir di gedung bertingkat. Manual paling mentok mentok stall, apalagi kalo mesin mati, otomatis ban ngunci karena masih engaged di gear. Automatik...ya silakan dibayangkan sendiri...
Dan yang mungkin sering kita rasain ss macet"an, hampir semua yang nyundul alasannya lupa ditaroh di N, sedangkan rem lepas blong.
Just my .5 cent tho'

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 198
- Joined: Tue Oct 01, 2013 8:02
- Location: DCI Djakarta
Re: setujukah jika transmisi matic itu dianggap berbahaya?
Yang bahaya itu IMO opini yang beredar bahwa nyetir matic lebih gampang ketimbang manual. Padahal ada hal2 yang harus dipahami juga lebih dari sekadar gas & rem, sama halnya dengan manual yang tidak cuma masuk gigi & angkat kopling.
Btw bini ane pernah turun dari mobil kondisi mesin masih menyala dgn nyantai padahal posisi tuas transmisi di R. Bagus rem tangannya pakem.

Btw bini ane pernah turun dari mobil kondisi mesin masih menyala dgn nyantai padahal posisi tuas transmisi di R. Bagus rem tangannya pakem.

Kalo cuma buat tampilan, berarti ga ada fungsinya. Kalo ga ada fungsinya, buat apa dipasang?
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 66
- Joined: Sat Oct 05, 2013 12:50
- Location: www.serayamotor.com
Re: setujukah jika transmisi matic itu dianggap berbahaya?
Kalau pendapat ane gan.. Matic itu bahaya kenapa? Soalnya bagi yg belum terbiasa sama gas dan rem bisa bahaya, mau ijek rem. Malah ijek gas..
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: setujukah jika transmisi matic itu dianggap berbahaya?
Ini namanya opini subjektif berdasar sudut pandang om semataApple wrote:Kalau pendapat ane gan.. Matic itu bahaya kenapa? Soalnya bagi yg belum terbiasa sama gas dan rem bisa bahaya, mau ijek rem. Malah ijek gas..
Kalo bicara bahaya ya kendaran jenis apapun bisa bahaya jika usernya gak terlatih / teledor
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: setujukah jika transmisi matic itu dianggap berbahaya?
bahaya.....
yg masih inget kasus mobil terbang dari tempat parkir di gedung atas......................... hampir semua matic, dan kemungkinan besar maunya rem pol malah gas pol.......
dan ini bisa kejadian di orang yg sudah pengalaman dgn matic sekalipun klw sedang g fokus/cape atw mungkin nyepelein dan duduk tdk d posisi seharusny... errr kemarin ada tuh sampe nge renov rumah karna di hajar cherokee dia.....................
MT sih klw salah pling stall enginenya.
jgn nyepelein di bilang biasa MT lantas bisa AT.
penulisan judulnya lebih pas di tambah *lebih berbahaya dri MT* kli yah bukan bearti absolutely dangerous dan harus d hindarin kya judul TS imho artinya jd kesitu "AT berbahaya" dan titik.
ujung2nya gmn man behind the gun juga...... klw lg telodor bisa error sekalipun uda berpengalaman.

yg masih inget kasus mobil terbang dari tempat parkir di gedung atas......................... hampir semua matic, dan kemungkinan besar maunya rem pol malah gas pol.......
dan ini bisa kejadian di orang yg sudah pengalaman dgn matic sekalipun klw sedang g fokus/cape atw mungkin nyepelein dan duduk tdk d posisi seharusny... errr kemarin ada tuh sampe nge renov rumah karna di hajar cherokee dia.....................
MT sih klw salah pling stall enginenya.
jgn nyepelein di bilang biasa MT lantas bisa AT.
penulisan judulnya lebih pas di tambah *lebih berbahaya dri MT* kli yah bukan bearti absolutely dangerous dan harus d hindarin kya judul TS imho artinya jd kesitu "AT berbahaya" dan titik.
ujung2nya gmn man behind the gun juga...... klw lg telodor bisa error sekalipun uda berpengalaman.

Last edited by billyd1773dz on Tue Dec 10, 2013 11:47, edited 1 time in total.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 66
- Joined: Sat Oct 05, 2013 12:50
- Location: www.serayamotor.com
Re: setujukah jika A/T itu dianggap berbahaya dari M/T?
Terimakasih pendapat ente om turbo dan om billy
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: setujukah jika A/T itu dianggap berbahaya dari M/T?
ane setuju dgn opini "jangan pernah anggap mobil AT jauh lebih mudah drpd MT"
Dlm bawa matic, kaki kiri gak boleh aktif, pedal gas dan rem semua oleh kaki kanan
Nah memang zaman dulu ada mobil2 tertentu yg peletakkan pedal gas dan rem-nya sgt dekat.....ini disainnya yg berbahaya......jadi bukan soal AT or MT nya.
Dlm bawa matic, kaki kiri gak boleh aktif, pedal gas dan rem semua oleh kaki kanan
Nah memang zaman dulu ada mobil2 tertentu yg peletakkan pedal gas dan rem-nya sgt dekat.....ini disainnya yg berbahaya......jadi bukan soal AT or MT nya.
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 66
- Joined: Sat Oct 05, 2013 12:50
- Location: www.serayamotor.com
Re: setujukah jika A/T itu dianggap berbahaya dari M/T?
Setujuuuu... HeheheTurboman wrote:ane setuju dgn opini "jangan pernah anggap mobil AT jauh lebih mudah drpd MT"
Dlm bawa matic, kaki kiri gak boleh aktif, pedal gas dan rem semua oleh kaki kanan
Nah memang zaman dulu ada mobil2 tertentu yg peletakkan pedal gas dan rem-nya sgt dekat.....ini disainnya yg berbahaya......jadi bukan soal AT or MT nya.
Mitos orang2.. Kalo uda bisa nyetir mobil manual pasti bisa bawa metik..
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2275
- Joined: Fri Aug 25, 2006 13:53
- Location: Columbus, OH, USA
- Daily Vehicle: 2011 Nissan 370Z + 1994 Mitsubishi Pajero
Re: setujukah jika A/T itu dianggap berbahaya dari M/T?
Wah kalau automatic transmission dianggap bahaya, apalagi yang mau dianggap bahaya ? Lama2 nafas juga bahaya.
Yang pernah jadi masalah adalah salah injak pedal, kalau aplikasinya di manual ya sama saja. Bokap gw & gw sendiri juga pernah begitu dengan transmisi manual. Maunya ngerem, jadi ngegas.
Disamping itu, kesaksian pengemudi suka diplesetin. Yang tau kejadian sebenarnya dia sendiri, jadi faktanya diplesetin supaya tidak keliatan bersalah atau malu.
Transmisi automatik ada karakter2-nya sendiri, operatornya mesti menyesuaikan dengan karakter2 ini. Bukan jadi disalahkan kalau transmisi automatik kelakuannya tidak sama dengan transmisi manual.
Yang pernah jadi masalah adalah salah injak pedal, kalau aplikasinya di manual ya sama saja. Bokap gw & gw sendiri juga pernah begitu dengan transmisi manual. Maunya ngerem, jadi ngegas.
Disamping itu, kesaksian pengemudi suka diplesetin. Yang tau kejadian sebenarnya dia sendiri, jadi faktanya diplesetin supaya tidak keliatan bersalah atau malu.
Transmisi automatik ada karakter2-nya sendiri, operatornya mesti menyesuaikan dengan karakter2 ini. Bukan jadi disalahkan kalau transmisi automatik kelakuannya tidak sama dengan transmisi manual.
Tom
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
"PRIK NSD"
"WAHJUDI"
"POS VETT"
"YELO NEK"
"AINT YRS"
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 422
- Joined: Tue Oct 08, 2013 23:15
Re: setujukah jika A/T itu dianggap berbahaya dari M/T?
Sorry nih pertanyaan nubie banget;
Kenapa sistem matic dibuat dengan kondisi mobil akan melaju walau gas nggak ditekan? knapa tidak dibuat kondisi dimana mobil hanya akan melaju bila pedal gas ditekan?
Pengalaman saya nyobain mobil matic setelah terbiasa pake manual agak grogi juga waktu mobil melaju tanpa injek pedal gas.
Kenapa sistem matic dibuat dengan kondisi mobil akan melaju walau gas nggak ditekan? knapa tidak dibuat kondisi dimana mobil hanya akan melaju bila pedal gas ditekan?
Pengalaman saya nyobain mobil matic setelah terbiasa pake manual agak grogi juga waktu mobil melaju tanpa injek pedal gas.
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: setujukah jika A/T itu dianggap berbahaya dari M/T?
ya kan kalo diam harusnya di posisi Njekael wrote:Sorry nih pertanyaan nubie banget;
Kenapa sistem matic dibuat dengan kondisi mobil akan melaju walau gas nggak ditekan? knapa tidak dibuat kondisi dimana mobil hanya akan melaju bila pedal gas ditekan?
Pengalaman saya nyobain mobil matic setelah terbiasa pake manual agak grogi juga waktu mobil melaju tanpa injek pedal gas.
Mobil manual kalo Torsi RPM rendahnya gede banget / rasio gearnya jauh juga bisa tuh masuk gigi 1 dan jalan tanpa injek pedal gas.......ToKiDies aja bisa......D Cab D Cab MT kalo masuk 4L malah bisa nanjak parkiran mall tanpa tekan gas........heehehehhee
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 13579
- Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
- Location: Surabaya
Re: setujukah jika A/T itu dianggap berbahaya dari M/T?
Hanya mobil sport yg punya fitur begini... meski posisi transmisi di Strada, gear tidak akan engaged...jekael wrote:Sorry nih pertanyaan nubie banget;
Kenapa sistem matic dibuat dengan kondisi mobil akan melaju walau gas nggak ditekan? knapa tidak dibuat kondisi dimana mobil hanya akan melaju bila pedal gas ditekan?
Pengalaman saya nyobain mobil matic setelah terbiasa pake manual agak grogi juga waktu mobil melaju tanpa injek pedal gas.
Begitu gas di injak dan rpm mencapai 2000an+, baru engaged itu transmisi... akibatnya, kalo utk bermacet ria, ane bersendat2an ria... transmisi jadi bloon... lebih parah kalau launch control hidup dan transmisi di mode Corsa...
Tekan rem, gas sampe 4000rpm, lepas rem, transmisi engaged dan kekang neraka V12 terdengar dari belakang kabin...
Jadi utk transmisi model begitu, rata2 hanya di mobil sport.
BTT
Ane setuju, utk pengemudi tidak berpengalaman, AT lebih berbahaya dari MT yg juga berbahaya...
Banyak contoh insiden, mulai salah engaged transmisi, salah injak pedal, sampe teledor.
Just my two whiskers thougb

Obey the mahakitteh. 

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 422
- Joined: Tue Oct 08, 2013 23:15
Re: setujukah jika A/T itu dianggap berbahaya dari M/T?
Terimakasih Om Turbo dan Om Medket buat penjelasannya...
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: setujukah jika A/T itu dianggap berbahaya dari M/T?
matic berbahaya sekali bagi.... dompet. udah dpt pedal lebih dikit, harganya lebih mahal. belum lg hrs beli oli transmisi yg lebih byk. pd bbrp tipe jg rawan jebol. jd berbahaya sekali.....


Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1493
- Joined: Wed Dec 23, 2009 4:16
Re: setujukah jika A/T itu dianggap berbahaya dari M/T?
Klo ane ga setuju, yang bikin berbahaya itu driver dan kondisi mobilnya sendiri.
Etme Bulma Dünyası
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 261
- Joined: Fri May 10, 2013 11:33
Re: setujukah jika A/T itu dianggap berbahaya dari M/T?
Semua kembali ke user nya... Kalo emang user bener terlatih dan fokus dalam berkendara (gak meleng atau mainan hp) semua kendaraan aman kok.. Yang banyak disebut kan emang pengemudi yg tidak terlatih dalam mengendarai mobil matic..
Dan imho, matic juga gak lebih gampang dari manual...lain padang lain ilalang lhor..
Dan imho, matic juga gak lebih gampang dari manual...lain padang lain ilalang lhor..

Daily Tol Japek Beater
Even Plate: 2018 RU1 SE
Odd Plate : 2008 W204 C230

Even Plate: 2018 RU1 SE
Odd Plate : 2008 W204 C230
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: setujukah jika A/T itu dianggap berbahaya dari M/T?
Yg bikin bahaya bukan dr jenis transmisi nya......tp dr kesigapan driver utk beradaptasi terhadap kendaraan yg digunakan.
Klo dr pertama kali belajar dan kemudian terbiasa bawa kendaraan metik, maka ketika disuruh bawa manual bisa jadi berbahaya........kalo driver tsb tidak sigap beradaptasi cmiiw
klo kasus saya, setelah sekian lama terbiasa bawa manual, hal pertama yg saya harus adaptasi (selain karakter mesin tentu nya) adalah me-nonaktifkan tugas kaki kiri secara paksa........pada kendaraan metik yg ada footrest nya tugas sy lebih mudah, setiap kali kaki kiri hendak reflek menginjak pedal kopling ya tinggal injek aja itu footrest.
Yg aga sulit klo bawa metik yg ga ada footrest nya, mau ga mau kaki kiri mesti ditekuk kebelakang selama perjalanan.........pegel sih tp dari pada ciloko gara2 accidentally nginjek rem pake kaki kiri
Klo ga salah dulu ada SMers yg pernah cerita ke saya salah nginjek pedal saat blm terbiasa bawa metik.......untung nya lalin dibelakang nya kosong...........siapa ya??.....oom esh klo ga salah deh
Klo dr pertama kali belajar dan kemudian terbiasa bawa kendaraan metik, maka ketika disuruh bawa manual bisa jadi berbahaya........kalo driver tsb tidak sigap beradaptasi cmiiw
klo kasus saya, setelah sekian lama terbiasa bawa manual, hal pertama yg saya harus adaptasi (selain karakter mesin tentu nya) adalah me-nonaktifkan tugas kaki kiri secara paksa........pada kendaraan metik yg ada footrest nya tugas sy lebih mudah, setiap kali kaki kiri hendak reflek menginjak pedal kopling ya tinggal injek aja itu footrest.
Yg aga sulit klo bawa metik yg ga ada footrest nya, mau ga mau kaki kiri mesti ditekuk kebelakang selama perjalanan.........pegel sih tp dari pada ciloko gara2 accidentally nginjek rem pake kaki kiri

Klo ga salah dulu ada SMers yg pernah cerita ke saya salah nginjek pedal saat blm terbiasa bawa metik.......untung nya lalin dibelakang nya kosong...........siapa ya??.....oom esh klo ga salah deh

-
- SM Specialist
- Posts: 16676
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: setujukah jika A/T itu dianggap berbahaya dari M/T?
setuju, SANGAT setuju.
dan ane sangat kontra dengan ababil2 alay yg bilang bahwa nyetir matik itu gampang, ga ada seninya, dll...
coba aja orang yg biasa nyetir manual disuruh nyetir matik langsung lancar kalo nggak kagok karena ga ada pedal ketiganya atau mobil main gelundung aja waktu tranny udah masuk D...
yg lebih susah lagi orang sama sekali belom pernah bawa manual, dikasih bawa matik yg handbrake nya digantiin footbrake.... salah reflek bs keinjek footbrakenya tuh
IMHO knp manual lebih safe? kalo manual salah lepas kopling / injek gas terlalu dalem mesin malah mati... matik injek gas terlalu dalem mobilnya yah gelundung aja....
in the end... semua balik lagi ke driver.... bawa mobil matik / manual butuh kesiapan dan pengalaman memadai...
ane sih jujur ga berani bawa manual... krn nyetir manual cuma bbrp hari... bokap dari ngajarin udah matik krn dia males ngajarin manual
dan ane sangat kontra dengan ababil2 alay yg bilang bahwa nyetir matik itu gampang, ga ada seninya, dll...
coba aja orang yg biasa nyetir manual disuruh nyetir matik langsung lancar kalo nggak kagok karena ga ada pedal ketiganya atau mobil main gelundung aja waktu tranny udah masuk D...
yg lebih susah lagi orang sama sekali belom pernah bawa manual, dikasih bawa matik yg handbrake nya digantiin footbrake.... salah reflek bs keinjek footbrakenya tuh

IMHO knp manual lebih safe? kalo manual salah lepas kopling / injek gas terlalu dalem mesin malah mati... matik injek gas terlalu dalem mobilnya yah gelundung aja....

in the end... semua balik lagi ke driver.... bawa mobil matik / manual butuh kesiapan dan pengalaman memadai...
ane sih jujur ga berani bawa manual... krn nyetir manual cuma bbrp hari... bokap dari ngajarin udah matik krn dia males ngajarin manual

Last edited by ChZ on Tue Dec 10, 2013 12:55, edited 1 time in total.
1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 830
- Joined: Mon Sep 09, 2013 11:59
Re: setujukah jika A/T itu dianggap berbahaya dari M/T?
setuju sama om doqdoq wrote:Yg bikin bahaya bukan dr jenis transmisi nya......tp dr kesigapan driver utk beradaptasi terhadap kendaraan yg digunakan.
Klo dr pertama kali belajar dan kemudian terbiasa bawa kendaraan metik, maka ketika disuruh bawa manual bisa jadi berbahaya........kalo driver tsb tidak sigap beradaptasi cmiiw
klo kasus saya, setelah sekian lama terbiasa bawa manual, hal pertama yg saya harus adaptasi (selain karakter mesin tentu nya) adalah me-nonaktifkan tugas kaki kiri secara paksa........pada kendaraan metik yg ada footrest nya tugas sy lebih mudah, setiap kali kaki kiri hendak reflek menginjak pedal kopling ya tinggal injek aja itu footrest.
Yg aga sulit klo bawa metik yg ga ada footrest nya, mau ga mau kaki kiri mesti ditekuk kebelakang selama perjalanan.........pegel sih tp dari pada ciloko gara2 accidentally nginjek rem pake kaki kiri
Klo ga salah dulu ada SMers yg pernah cerita ke saya salah nginjek pedal saat blm terbiasa bawa metik.......untung nya lalin dibelakang nya kosong...........siapa ya??.....oom esh klo ga salah deh







always believe something wonderful about to happen.......
oh my.....
oh my.....
-
- SM Specialist
- Posts: 16676
- Joined: Tue Oct 08, 2013 14:30
- Location: Semarang
- Daily Vehicle: Civic FK4
Re: setujukah jika A/T itu dianggap berbahaya dari M/T?
koleksi medket....madcat015 wrote:Hanya mobil sport yg punya fitur begini... meski posisi transmisi di Strada, gear tidak akan engaged...jekael wrote:Sorry nih pertanyaan nubie banget;
Kenapa sistem matic dibuat dengan kondisi mobil akan melaju walau gas nggak ditekan? knapa tidak dibuat kondisi dimana mobil hanya akan melaju bila pedal gas ditekan?
Pengalaman saya nyobain mobil matic setelah terbiasa pake manual agak grogi juga waktu mobil melaju tanpa injek pedal gas.
Begitu gas di injak dan rpm mencapai 2000an+, baru engaged itu transmisi... akibatnya, kalo utk bermacet ria, ane bersendat2an ria... transmisi jadi bloon... lebih parah kalau launch control hidup dan transmisi di mode Corsa...
Tekan rem, gas sampe 4000rpm, lepas rem, transmisi engaged dan kekang neraka V12 terdengar dari belakang kabin...
Jadi utk transmisi model begitu, rata2 hanya di mobil sport.

ngomong2... matik yg tenaganya gede itu cukup bahaya loh bahkan buat orang yg sehari-hari pake two pedals kaya ane.... sehari-hari bawa CRV RE yang gasnya ga galak-galak amat.... TD golf TSI berasa ngeri.... respon tranny nya cepet banget, enteng lagi...

DSG nya VW kayanya ada fitur safe mode gitu juga... tranny nya baru engaged waktu gas diinjek pada RPM 2000+... golf TSI bwt macet macetan dodol banget , lampu ijo juga nggak langsung gelundung, mesti diinjek dulu

1997 E39 M52B28
2017 FK4 L15B7
2017 FK4 L15B7
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: setujukah jika A/T itu dianggap berbahaya dari M/T?
biar jakarta macet nya ky neraka, my heart belongs to manual transmission hiksss........ 
*mewekkangenbaenol


*mewekkangenbaenol


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 12277
- Joined: Wed Jan 23, 2013 10:18
- Location: Indonesia
Re: setujukah jika A/T itu dianggap berbahaya dari M/T?
Bener om...Turboman wrote:ya kan kalo diam harusnya di posisi Njekael wrote:Sorry nih pertanyaan nubie banget;
Kenapa sistem matic dibuat dengan kondisi mobil akan melaju walau gas nggak ditekan? knapa tidak dibuat kondisi dimana mobil hanya akan melaju bila pedal gas ditekan?
Pengalaman saya nyobain mobil matic setelah terbiasa pake manual agak grogi juga waktu mobil melaju tanpa injek pedal gas.
Mobil manual kalo Torsi RPM rendahnya gede banget / rasio gearnya jauh juga bisa tuh masuk gigi 1 dan jalan tanpa injek pedal gas.......ToKiDies aja bisa......D Cab D Cab MT kalo masuk 4L malah bisa nanjak parkiran mall tanpa tekan gas........heehehehhee
Gw di Ipah diesel suka lepas kopling di gigi 1 tanpa injak gas... Guna bgt klo macet en males injak gas & klos...
Current :
2012 AGL10
2013 RM3
2021 GUN165
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: setujukah jika A/T itu dianggap berbahaya dari M/T?
Segitu loyo nya kah mobil bensin??
Perasaan semua mobil bensin manual yg pernah sy gunakan klo masuk gigi satu tanpa injek gas bisa jalan kok
Perasaan semua mobil bensin manual yg pernah sy gunakan klo masuk gigi satu tanpa injek gas bisa jalan kok
