Namanya juga hands on review......cuman test drive singkat.....jadi reportnya juga cuman secuil........jangan protess yee......xixixixixixi

Interior :
Bagi kita yg terbiasa bawa mobil Jepun, fitur2 di kabin Suprima ini terkesan lebih spt mobil Eropa, dimana tuas sen di kiri, pengatur rebahan back rest bangku benar2 di pangkal back rest bawah
Menurut ane disain dashbor-nya agak "classic" yah......tapi yg bikin aneh adanya panel silver yg motif sisik sisik spt Carbon panel tapi ini warnanya silver semua.......menurut ane adanya panel ini membuat interior jadi terkesan "murahan".........wakakakkaka
Dashboard bagian atas sudah menggunakan bahan "kenyal".....ane bilang lebih tepat disebut kenyal dan bukan empuk, tapi at least gak pake plastik keras lah
Bangku belakang cukup lumayan, back rest cukup nyaman, nggak kelewat tegak, ada headrest, ruang kaki juga mayan lah walau nggak gede2 amat.
Setir :
Setirnya Suprima boleh dibilang enggak ringan utk ukuran mobil masa kini.....mungkin bagi banyak orang akan mengatakan setirnya berat........walau ane pribadi sih lebih suka mobil yg setirnya mantap & nggak enteng
Bagusnya Suprima masih pakai PS Hidrolik
Turning circle cukup ringkas / ga butuh space banyak
hanya saja selama pengendaraan ane merasa sesekali setir ada terasa sedikit kurang linear saat dibelokkan.
Mesin :
Turbo lag boleh dibilang sgt minim.........saat awal gas diinjak mesin lgs merespons (zona RPM dr idle ke 2000)......Thx to Borg warner mini turbo with electronic controlled wastegate
Minusnya = suara mesin agak mengaung saat berputar ke RPM menengah, juga terdengar saat deselerasi
Selama pengendaraan, kesan yg ane dapat adalah bahwa mesin 1.6 Turbo ini spt-nya lebih ditujukan utk penggunaan Daily Drive dan economic factor instead of speed / performance......jadi mungkin drpd mrk pakai mesin 2000 cc NA, lebih baik pakai 1,6 Turbo, dgn output sama (140 PS / 205 Nm), BBM lebih hemat serta Torsi gede yg didapat sejak 2000 RPM
Torsi gede @RPM rendah ini memang kerasa
Kinerja akselerasi :
Mobil ini dilengkapi Transmisi CVT by Punch Powertrain - http://www.punchpowertrain.com/
Jika kita masuk di posisi D, saat gas dibejek, begitu RPM masuk zona 3000 - 3800 akselerasi terasa spt tertahan / naiknya lambat.......padahal dari posisi diam ke 2500 an RPM terasa cukup gesit........
Jadi kalau mau akselerasi cepat mesti mainkan paddle shift / masuk ke S, barulah RPM melejit ke 6000 dgn cepat.
Spt nya mereka harus memprogram ulang TCU-nya.......supaya kinerja jadi lebih optimal.......
Kinerja suspensi :
Berhubung selama sesi TD jalanan banyakkan macet, jadi ga bisa menilai gimana kinerjanya
Hanya saja saat dari arah Simprug menuju arteri PI, ada jalanan menikung ke kiri di samping FlyOver, ane bejek di situ dan Suprima menikung dengan mantap.......abis itu depannya dah macet lageeeee
Saat lewat jalan jelek belum ane test
Rem :
Rem sudah 4 wheel disc brake + segala assisting device spt ABS / EBD / BA
tapi yg ane rasakan : jarak main pedal rem-nya cukup panjang / dalam
Overall kinerja rem sih yah cukup lah, nggak kurang & nggak lebih
Odo mobil yg ane test juga dah 1744 Km, means rem dah fully break in
Booster rem made by TRW
Bagasi :
Bagasi cukup lega utk mobil kelas hatchback compact
Kesimpulan :
Terlepas dari faktor mereknya, kalo mobil ini diskonnya gede sih spt nya akan menarik, karena compact hatchback bermesin turbo 1600 cc (Power setara 2000 cc NA) + Full feature dgn asking price under 280 jt
Kalo aja after diskon jadi under 250 jt sih mestinya jadi menarik, selisih diskon menjadi biaya utk perbaikan kekurangan2 mobil ini, spt perbaikan exhaust misalnya (krn downpipe-nya nekuk spt angka 2)
mesin Gasoline Turbo cc kecil - menengah, bagi saya pribadi menjadi plus point tersendiri, karena Torsi gede dari RPM rendah (Diesel like Torque character) yg gak bisa didapat di Gasoline NA cc kecil - menengah.
Hanya saja faktor merek........ini yg bikin berat
Demikian hands on review
(Btw utk gambar2 exterior & interior bisa di google aja, ada banyak sekali)