
===================
Prologue
Taun 2009 entah ada angin apa, bokap tertarik sama sebuah Merc C-Klasse W202 bekas temennya.... akhirnya SX4 X-road 2008 yang ditebus dalam kondisi bekas dan baru 4 bulan dipake pun dilego.... dan digantikan oleh 1 unit C-Klasse taun 1997

and yes.... kondisinya masih bagus, cat masih kinclong meskipun mobil udah berusia 11 taun pada waktu itu, entah knp kilapnya dijejerin sama Merc keluaran terbaru pun ngga minder... yang ngeliat bakal ngira ini pasti punya kolektor... padahal mah beli asal seneng aja

sampe akhirnya sekitar taun 2010 mobil ini dijual karena (lagi-lagi) bokap kepengen captiva


sekilas tentang C-Klasse W202
W202 merupakan generasi kedua dari C-Klasse (turunan dari 190E berkode W201), diposisikan sebagai sedan kompak entry-level mercedes, di Indonesia dipasarkan mulai dari entry level C180 (terkenal dengan sebutan CIBO), C180K, C200, C200K, C230, C230K, dan C240 yang menggendong unit serupa dengan penerusnya, C240 W203, dan sesuai nomenklaturnya, angka menandakan kapasitas mesin, dan huruf "K" stands for "Kompressor" alias Supercharged. C180 sampai C230 menggunakan jantung yang sama berkode M111, C240 menggunakan M112. W202 mengalami 1x facelift pada tahun 1997, perbedaan ada pada desain bumper, tail lamp yang lebih gelap, dan side skirt sewarna bodi...
C230K yang saya review ini merupakan model yang cukup "spesial", disamping populasinya yang cukup langka dibanding varian lain, juga punya output yang lebih besar dari C240 bermesin V6 M112, yakni 193PS, dimana angka 193PS untuk sebuah sedan kompak di jaman itu cukup fantastis

sebagai perbandingan, taun 2010 dijual lagi justru ngga terlalu berasa depresiasinya.... ditebus seharga 135juta oleh seorang kolektor mercy, dimana bokap beli dengan harga 150juta...
===================
1. Exterior
for me, tampilan luar W202 ini the best di antara C-Klasse lainnya, simpel dan classy, gaya desain Mercedes yang cenderung "main aman", tapi tetep mengedepankan kesan bahwa yang bawa mobil ini bukan sembarangan orang



kharisma W202 jauh lebih kuat dibanding W203 yang membosankan. W204, i do like W204... kembali ke desain "mengotak" seperti W202.... tetapi W204 terkesan terlalu sporty, apalagi pasca FL yang tampangnya jadi sporty banget, ga ada classy-classy nya... mungkin 3-4 taun lagi akan terlihat membosankan...

tampilan depan.... gagah berkharisma dengan grill besar dan logo three-pointed star nongol di kap mesin.... cat masih kinclong original, no repaint.

tampak samping.... simple, clean, elegant....

tampak belakang yg iconic dan masih jadi bahasa desain Mercedes, terutama C-Klasse sampe skrg ini... dan banyak ditiru oleh jepang

*note : foto 1 dan 2 tampilan mobil udah ga standar, udah dikasih "jubah".... dan di semua foto velg udah ga standar

sebelahan ama FD1...

Exterior 9/10... still iconic, simple yet elegant
====================
2. Interior

interior W202, untuk mobil di jamannya cukup mewah... terutama untuk kelas sedan mewah entry level, dan tetap 1 tingkat di atas BMW 3series E36.... setir besar bikin mewah... meski putaran setirnya agak ngga nyaman krn terlalu besar


meter cluster.... cukup modern di jamannya.... udah pake digital boo.... mobil taun '97

dan entah knp, bahkan dibandingkan interior mobil jepang dengan usia 10 taun lebih muda, interior W202 masih megang.... aura mewahnya nggak terkalahkan....
Kenyamanan duduk? Baris kedua agak sempit, mungkin lebih sempit dari Civic FD.... tapi joknya empuk dan nyaman...
Interior 9/10
=================
3. Driving Impression
Posisi duduk di W202 ini cukup nyaman, rileks, dan pandangan cukup luas.... untuk memperkirakan jarak ke depan pun mudah... krn ada logo three-pointed stars yang nongol

ok, start the engine... dan deruman mesin terkesan berkharisma dan gagah....
M111 193PS.... combined with 5-speed A/T.... jelas ane berharap banyak dari performanya.... apalagi logo KOMPRESSOR jadi jaminan mobil ini bakal jadi setan jalanan....

guess what? tendangan torsi di putaran bawah cukup berasa, tapi terkesan kalem dan nggak sporty.... mobil ini bener-bener punya penyaluran tenaga yang halus. sebagai perbandingan Civic FD1 yang cuma 140PS berasa lebih sporty dari C-Klasse yang lebih besar 50PS ini... memang bener reputasi old Benz ada pada pengendaraannya yang sangat halus dan nyaman....
Kestabilan dan kenyamanan, W202 punya pantulan suspensi yang nyaman, memang cenderung ke stiff, tapi soal kenyamanan sepertinya masih lebih baik dari W204 yang diarahkan ke sporty... dan mobil ini sangat stabil!

Steering cukup akurat, tapi sekali lagi, mobil ini orientasinya ke kata "nyaman", dengan kata lain W202 nggak bisa diajak ugal-ugalan...

Driving Impression : 8.5/10.... meski didukung dengan mesin output besar, orientasinya tetap kenyamanan, dan ini jadi point yang bagus karena W202 merupakan C-Klasse yang konsisten memanjakan penumpang dibanding W203 maupun W204....
=============
4. Maintenance
Penyakit... khas mobil berusia tua... kaki-kaki banyak yang bunyi.... apalagi ini mobil simpenan udah pasti jarang dipake dan kaki-kakinya rentan bermasalah....
untuk harga parts kurang tau... tapi bokap ngga pernah sampe keluar duit banyak... dan W202 ini teknologinya cukup sederhana dan minim elektrikal ribet
kabar terakhir, gearbox rontok entah knp... untung udah dijual duluan

=============
5. Verdict
Just for enthusiast and lover.... mengeluarkan uang 100juta lebih untuk membeli dan merawat sebuah Benz tua, mungkin bukan pilihan orang biasa, mereka mungkin lebih tergiur untuk membeli mobil LCGC, atau uangnya dijadiin DP untuk beli Avanza....
Tapi bagi enthusiast... C230 Kompressor W202 merupakan harta karun, karena populasi yang tergolong langka disini....
Dan bagi yang miara, kondisi original, ane saranin dirawat aja.... soalnya Old Benz itu barang investasi.... yang rawatan jauh lebih berharga dibanding yang kondisi biasa.... kolektor berani bayar mahal buat "harta karun" ini

sampe skrg, ane masih agak menyesal knp bokap membiarkan Benz tua ini lepas begitu saja.....

dan ane masih berandai-andai....seandainya Tuhan mengijinkan ane untuk berjodoh dengan mobil ini lagi.... ga bakal ane jual kecuali yang beli bener-bener kolektor / minimal orang yang ngerti ngerawat Mercy tua.... ngga akan ane lepas ke orang awam otomotif...
dan mobil ini dalam wet dream ane, berada di garasi berjejer dengan sebuah Galant hiu VR-4

Pros
- Tenaga besar
- Kenyamanan
- Desain timeless, model masih berkharisma
- Kestabilan
- Kehalusan transmisi
- Finishing interior
Cons
- Sensasi 193 ekor kuda dari bonnet kurang berasa buat ane....

- Kabin kurang besar
- Tidak lincah meskipun bodinya tergolong kecil....
- Gak ada sunroof

==========================
Sekian ripiuw nubie....
