
bahas NOS dan TURBO yuuk.
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6020
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: bahas NOS dan TURBO yuuk.
Serap ilmu juga ahhh.... 

Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6020
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: bahas NOS dan TURBO yuuk.
Crrrroootttttttttt........ 

Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 198
- Joined: Tue Oct 01, 2013 8:02
- Location: DCI Djakarta
Re: bahas NOS dan TURBO yuuk.
Tanya:
Apakah memungkinkan untuk pasang perangkat forced induction entah itu TC atau SC tanpa ECU remapping/pemasangan piggyback?
Apakah memungkinkan untuk pasang perangkat forced induction entah itu TC atau SC tanpa ECU remapping/pemasangan piggyback?
Kalo cuma buat tampilan, berarti ga ada fungsinya. Kalo ga ada fungsinya, buat apa dipasang?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 918
- Joined: Wed Oct 31, 2012 3:49
Re: bahas NOS dan TURBO yuuk.
gak masalah tanpa ECU, di panther pake Turbo tanpa ECUsepatupuma wrote:Tanya:
Apakah memungkinkan untuk pasang perangkat forced induction entah itu TC atau SC tanpa ECU remapping/pemasangan piggyback?
Isuzu 4JA1-L Turbo Diesel Intercooler (2012 - 2016)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - 2022)
Mitsubishi 4N15 VGT Turbo Diesel Intercooler (2022- Present)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - 2022)
Mitsubishi 4N15 VGT Turbo Diesel Intercooler (2022- Present)
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 198
- Joined: Tue Oct 01, 2013 8:02
- Location: DCI Djakarta
Re: bahas NOS dan TURBO yuuk.
Itu kan bawaan pabrik oom.. ini maksutnya kalo pasang sendiri. 

Kalo cuma buat tampilan, berarti ga ada fungsinya. Kalo ga ada fungsinya, buat apa dipasang?
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: bahas NOS dan TURBO yuuk.
imho nubie ini sih...sepatupuma wrote:Tanya:
Apakah memungkinkan untuk pasang perangkat forced induction entah itu TC atau SC tanpa ECU remapping/pemasangan piggyback?
bisa sih bisa, cuma g maksimal... efeknya juga dikit........ gw masang supercharge d rocky gw... s/c ajah tenaganya g signifikan... beda dgn rocky satu lagi yg pke DL62 turbo dimana injectornya ada boost compensatornya, fungsinya bwat nambahin fuel bgtu ngedetek ada tekanan tambahan dari turbo, jauh deh...
yaa selain s/c cara kerjanya kta ngambil selisih dari powerloss energi bwat muterin s/c dan benefit dari extra boostnya.
klw d gasoline modern gw juga masih bljr sih..... g ngerti2 amet dan blm pernah ngerjain.
klw g salah MAF/MAP sensornya jg harus d ganti yg bisa baca tekanan positif dari boost turbo....
baru ngefeed ke ecu atw piggy.. dri situ baru d tentuin timing pembakaran, dan jumlah AFR yg di bakar.
terus perlu wideband lambda meter aftermarket yg bisa baca AFR lebih presisi dan rentang lebih luas dan bisa konek ke piggy...
ada turbo, udara yg masuk lebih banyak fuel juga harus di tambahkan, biar g jadi lean yg bikin suhu EGT terbang dan malah tdk ngasilin tenaga lebih besar.... di sini fungsinya remap ecu... karna timing afr dll mesin bisa beda saat mulai ngeboost dan tidak.
selanjutnya, gasoline pasti ada throttle flap nya. jadi perlu BOV biar saat gas di angkat backpressurenya ga ngebalik ke turbo yg makin ngelambatin putarannya, waktu d gas lagi turbo harus muter lagi lebih lama.. ktanya sih klw ga boost besar g pke bov jg gpp...
exhaust......... ada baiknya minimal di ganti yg freeflow.. lebih bagus lagi straight pipe...
itu klw mw optimal bnyk blanjaannya d gasoline modern sih... haha

mohon di koreksi suhu2.....

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 198
- Joined: Tue Oct 01, 2013 8:02
- Location: DCI Djakarta
Re: bahas NOS dan TURBO yuuk.
billyd1773dz wrote:
itu klw mw optimal bnyk blanjaannya d gasoline modern sih... haha![]()

Trims banget buat penjelasannya om!

Kalo cuma buat tampilan, berarti ga ada fungsinya. Kalo ga ada fungsinya, buat apa dipasang?
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: bahas NOS dan TURBO yuuk.
Kalo utk Gasoline ya mesti, krn mesti mempertahankan AFR 1:14,7 nya itusepatupuma wrote:Tanya:
Apakah memungkinkan untuk pasang perangkat forced induction entah itu TC atau SC tanpa ECU remapping/pemasangan piggyback?
Jadi adanya penambahan volume udara masuk hrs balance dgn BBM yg di supply
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1553
- Joined: Sun Aug 26, 2012 12:36
- Location: Riau
Re: bahas NOS dan TURBO yuuk.
nanya om , kalo mesin" mercedes AMG yg biturbo tu cara kerjanya sama gak om dengan sc atau tc ?? 

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 918
- Joined: Wed Oct 31, 2012 3:49
Re: bahas NOS dan TURBO yuuk.
billyd1773dz wrote:imho nubie ini sih...sepatupuma wrote:Tanya:
Apakah memungkinkan untuk pasang perangkat forced induction entah itu TC atau SC tanpa ECU remapping/pemasangan piggyback?
bisa sih bisa, cuma g maksimal... efeknya juga dikit........ gw masang supercharge d rocky gw... s/c ajah tenaganya g signifikan... beda dgn rocky satu lagi yg pke DL62 turbo dimana injectornya ada boost compensatornya, fungsinya bwat nambahin fuel bgtu ngedetek ada tekanan tambahan dari turbo, jauh deh...
yaa selain s/c cara kerjanya kta ngambil selisih dari powerloss energi bwat muterin s/c dan benefit dari extra boostnya.
klw d gasoline modern gw juga masih bljr sih..... g ngerti2 amet dan blm pernah ngerjain.
klw g salah MAF/MAP sensornya jg harus d ganti yg bisa baca tekanan positif dari boost turbo....
baru ngefeed ke ecu atw piggy.. dri situ baru d tentuin timing pembakaran, dan jumlah AFR yg di bakar.
terus perlu wideband lambda meter aftermarket yg bisa baca AFR lebih presisi dan rentang lebih luas dan bisa konek ke piggy...
ada turbo, udara yg masuk lebih banyak fuel juga harus di tambahkan, biar g jadi lean yg bikin suhu EGT terbang dan malah tdk ngasilin tenaga lebih besar.... di sini fungsinya remap ecu... karna timing afr dll mesin bisa beda saat mulai ngeboost dan tidak.
selanjutnya, gasoline pasti ada throttle flap nya. jadi perlu BOV biar saat gas di angkat backpressurenya ga ngebalik ke turbo yg makin ngelambatin putarannya, waktu d gas lagi turbo harus muter lagi lebih lama.. ktanya sih klw ga boost besar g pke bov jg gpp...
exhaust......... ada baiknya minimal di ganti yg freeflow.. lebih bagus lagi straight pipe...
itu klw mw optimal bnyk blanjaannya d gasoline modern sih... haha![]()
mohon di koreksi suhu2.....
ada temen, pake panther N/A di modif pake turbo Garret + boost compensatornya

Isuzu 4JA1-L Turbo Diesel Intercooler (2012 - 2016)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - 2022)
Mitsubishi 4N15 VGT Turbo Diesel Intercooler (2022- Present)
Nissan YD25DDTi VGS Turbo Diesel Intercooler (2016 - 2022)
Mitsubishi 4N15 VGT Turbo Diesel Intercooler (2022- Present)
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3209
- Joined: Sat Mar 30, 2013 0:52
- Location: idn, 18 mdpl
- Daily Vehicle: b48 1gd 4a9
Re: bahas NOS dan TURBO yuuk.
@ omm turboman
bukannya udah ada sensor yang mendeteksi tekanan udara masuk di intake manifold + trottle position sensor yak?
... 1 lagi omm turboman, ane dulu sempet ditawari kipas sebelum ke trottle body, apakah itu juga turbo, dan seberapa efektifnya kipas tersebut?
bukannya udah ada sensor yang mendeteksi tekanan udara masuk di intake manifold + trottle position sensor yak?
... 1 lagi omm turboman, ane dulu sempet ditawari kipas sebelum ke trottle body, apakah itu juga turbo, dan seberapa efektifnya kipas tersebut?
engine roaring!
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: bahas NOS dan TURBO yuuk.
yup itu MAF/MAP sensor.... masalahnya klw d mesin n.a tu sensor ngebacanya tekanan vakum (minus) hisapan mesin.... klw turbo kan harus bisa plus jg utk ngebaca tekanan dari turbo........... cmiiwwalid_007 wrote:@ omm turboman
bukannya udah ada sensor yang mendeteksi tekanan udara masuk di intake manifold + trottle position sensor yak?
... 1 lagi omm turboman, ane dulu sempet ditawari kipas sebelum ke trottle body, apakah itu juga turbo, dan seberapa efektifnya kipas tersebut?
klw sensornya aja yg d ganti ecunya ada mapping nya engga bwat ngehandle turbo saat ngeboost.
elektrik turbo -turboan...
tonton aja
MCMTV -Myth Buster
http://www.youtube.com/watch?v=cbGWgvJN1_8
jgn kan kipas2an, supercharge beneran aja klw g di ikutin setting ulang injector efeknya ampir g kerasa.
apalagi yg cuma bilah baling2 "turbo cyclone"...
cmiiw

-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: bahas NOS dan TURBO yuuk.
biturbo.. tu 2 turbo kan yah? biasanya besar dan kecil, bwat ngehandle power d rpm bawah dan atas.grandis_GT wrote:nanya om , kalo mesin" mercedes AMG yg biturbo tu cara kerjanya sama gak om dengan sc atau tc ??
biasanya d gasoline jadi jalan keluar karna VGT/VNT masih blm applicable blm bisa ngehandle EGTnya... dan rentang RPM gasoline juga lebih luas dari diesel...
konon porsche uda bisa bikin VGT bwat gasoline... tp sampai skrng kyanya blm sepopuler VGT di diesel..
alternatifnya twinscroll turbo... twinscroll turbo beda dgn VGT/VNT.yg ini turbonya fixed.. tp lubang dri exhaustnya di bagi 2 bwat ngambil pulse dari cyld yg berbeda agar ngehindarin ada yg overlapped dengan cylider yg sedang vakuum... jadi pulse energi dri exhaust selalu stabil.. dpt turbo yg lebih responsif dan bisa muterin lebih cepet.
twinscroll turbo jg ada yg dipasang dobel...
kaya V8 nya BMW wkwkw

kemarin BMW bikin pke 3 turbo bwat I6 mesin nya...........
cmiiw
