2014 Subaru Forester
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: 2014 Subaru Forester
teknologi AWD Forester baru ini gimana ya? masih symetrical AWD aja? teknologi AWD di wrx sti dan di forester sama gak sih?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 832
- Joined: Sun May 19, 2013 10:00
Re: 2014 Subaru Forester
Setau ane symetrical, walaupun ane g ngerti keunggulan symetricalmaskopat wrote:teknologi AWD Forester baru ini gimana ya? masih symetrical AWD aja? teknologi AWD di wrx sti dan di forester sama gak sih?
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: 2014 Subaru Forester
kalo di mitsubishi, teknologi awd di evo itu lengkap. gak dipasang semua di outlander (bukan sport)..ola_comoesta wrote:Setau ane symetrical, walaupun ane g ngerti keunggulan symetricalmaskopat wrote:teknologi AWD Forester baru ini gimana ya? masih symetrical AWD aja? teknologi AWD di wrx sti dan di forester sama gak sih?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 832
- Joined: Sun May 19, 2013 10:00
Re: 2014 Subaru Forester
Rasanya ane tau maksud om maskopat, sperti di evo yaw control, dll itu ya..
Konon pernah baca dimana ya, lupa, sistem awd mitsu evo setara ama porsche, bener ga ya?
Konon pernah baca dimana ya, lupa, sistem awd mitsu evo setara ama porsche, bener ga ya?
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 608
- Joined: Sun Aug 12, 2012 13:43
- Location: Lamongan - Jawa Timur
Re: 2014 Subaru Forester
teknologi AWD di Forester 4 gen:maskopat wrote:kalo di mitsubishi, teknologi awd di evo itu lengkap. gak dipasang semua di outlander (bukan sport)..ola_comoesta wrote:Setau ane symetrical, walaupun ane g ngerti keunggulan symetricalmaskopat wrote:teknologi AWD Forester baru ini gimana ya? masih symetrical AWD aja? teknologi AWD di wrx sti dan di forester sama gak sih?
Lineartronic + Active Torque Split AWD
Symetrical AWD
teknologi AWD di WRX STi(terbaru):
Multi-mode DCCD (Driver’s Control Centre Differential)
Multi-mode Vehicle Dynamics Control System
Symetrical AWD
teknologi AWD di Outlander(terbaru):
AWC http://www.mitsubishi-motors.com/en/spi ... y/awc.html
sepertinya ada penggunaan teknologi yg lain om maskopat, cuman saya yg agak bingung

kesimpulan saya:
Mitsubishi Outlander lbh unggul kecanggihan pd sistem penggerak AWD nya dibanding Subaru Forester 4 gen.

pergantian mode berkendara yg menggunakan teknologi AWD pd Forester ini, maaf jika nubie boleh men-skemakan:
engine - differential(power delivery) - transmission(CVT)
yg dimana semuanya telah diatur oleh elektronik.
CMIIW
> kendaraan yg menyesuaikan dg kondisi jalan?
> jalanan yg menyesuaikan dg kondisi kendaraan?
> jalanan yg menyesuaikan dg kondisi kendaraan?
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: 2014 Subaru Forester
Outlander sih unggu karna ada mode 2wd-4auto dan 4lock jadi g pure AWD kaya subaru..
istilah symetrical awd hanya nunjukin klw ke4 driveshaftny sama panjang dan drivetrainnya dibuat sejajar. selain ke balance rasanya g ada dampak ke traksi *yg signifikan*. sistem AWDnya sendiri bisa berbeda.
d subaru beda2 sistem AWDnya bahkan AT dan MT aja beda. di MT pke centerdiff viscouscoupling yg lebih konvensional sedangkan cvt pke haldex yg dikendaliin komputer.
STI yg MT pke DCCD centerdiffnya klw g salah torsen based yg lebih canggih lg, dan bisa di atur torque distributionnya dari full depan hingga full belakang oleh drivernyanya secara manual
biasanya sistem AWD yg umum yg pke haldex/multiple clutch pembagian daya antara 100:0 kedepan *rear haldex lepas* sampai 50:50 *lock* engga bisa lebih banyak kebalakang. karna diff pembaginya hanya di blkng,sedangkan driveshaft depan fix.
klw yg DCCD jelas bisa di atur mw banyak depan atau blkng, centerdiff open with viscouscoupling lsd juga bebas karna bersifat open dengan lsd.
subaru dari forester gen3 ada yaw control kok.
sistem AWD paling canggih dan komplex.......... imho sih tetep ATTESA E-TS GTR .......... karna diff haldex klw di awd biasa di pasang 1 di diff belakang aja, di GTR dipasang 3 .. semua di diff belakang yg merangkap transfercase karna bertugas ngasih daya ke axle dpn juga, 1 ke axle depan, 2 lagi ke driveshaft kanan dan kiri. jadi torque split kanan kiri, depan belakang, bisa di atur dgn presisi. superHandling /SH - AWD honda klw g salah juga ngandalin multiple clutch/haldex juga meski hanya d rear diffnya aja,g sekomplex ATTESA E-TS GTR.... d GTR bisa di atur juga biar FR dulu dan ngebiarin oversteer untuk drifting sampai limit dan bisa ngoreksi sendiri.
yaw control juga langsung dari diff di aturnya. sedangkan AWD lain ngandalin stability control dengan pengereman utk lateral dan yaw control. stability control dengan pengeraman biasanya ngejaga dengan ngebatasi manuver tidak melewati batas aman dengan pengereman dan power cut, sedangkan dengan differential bisa naikin batas aman manuver tadi
bwat balap WRC..... kyanya mending elektronik driving aid dimatiin semua ambil sistem yg konvensional aja. pembalapnya pasti pingin total control.
cmiiw

istilah symetrical awd hanya nunjukin klw ke4 driveshaftny sama panjang dan drivetrainnya dibuat sejajar. selain ke balance rasanya g ada dampak ke traksi *yg signifikan*. sistem AWDnya sendiri bisa berbeda.
d subaru beda2 sistem AWDnya bahkan AT dan MT aja beda. di MT pke centerdiff viscouscoupling yg lebih konvensional sedangkan cvt pke haldex yg dikendaliin komputer.
STI yg MT pke DCCD centerdiffnya klw g salah torsen based yg lebih canggih lg, dan bisa di atur torque distributionnya dari full depan hingga full belakang oleh drivernyanya secara manual
biasanya sistem AWD yg umum yg pke haldex/multiple clutch pembagian daya antara 100:0 kedepan *rear haldex lepas* sampai 50:50 *lock* engga bisa lebih banyak kebalakang. karna diff pembaginya hanya di blkng,sedangkan driveshaft depan fix.
klw yg DCCD jelas bisa di atur mw banyak depan atau blkng, centerdiff open with viscouscoupling lsd juga bebas karna bersifat open dengan lsd.
subaru dari forester gen3 ada yaw control kok.
sistem AWD paling canggih dan komplex.......... imho sih tetep ATTESA E-TS GTR .......... karna diff haldex klw di awd biasa di pasang 1 di diff belakang aja, di GTR dipasang 3 .. semua di diff belakang yg merangkap transfercase karna bertugas ngasih daya ke axle dpn juga, 1 ke axle depan, 2 lagi ke driveshaft kanan dan kiri. jadi torque split kanan kiri, depan belakang, bisa di atur dgn presisi. superHandling /SH - AWD honda klw g salah juga ngandalin multiple clutch/haldex juga meski hanya d rear diffnya aja,g sekomplex ATTESA E-TS GTR.... d GTR bisa di atur juga biar FR dulu dan ngebiarin oversteer untuk drifting sampai limit dan bisa ngoreksi sendiri.
yaw control juga langsung dari diff di aturnya. sedangkan AWD lain ngandalin stability control dengan pengereman utk lateral dan yaw control. stability control dengan pengeraman biasanya ngejaga dengan ngebatasi manuver tidak melewati batas aman dengan pengereman dan power cut, sedangkan dengan differential bisa naikin batas aman manuver tadi
bwat balap WRC..... kyanya mending elektronik driving aid dimatiin semua ambil sistem yg konvensional aja. pembalapnya pasti pingin total control.
cmiiw

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 832
- Joined: Sun May 19, 2013 10:00
Re: 2014 Subaru Forester
Informatif banget..klo yaw cpbtrol itu apa ?
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: 2014 Subaru Forester
om Billy, yang masih bikin ane penasaran sih di top gear. ketika Jeremy Clarkson menguji wrx sti vs evo x. evo masih lebih unggul daripada wrx sti..
http://www.youtube.com/watch?v=S4CfWdoSOTk menit 3:10 - 4:30.
entah si JC becanda atau ada pesan sponsor...
back to awd forester, berarti gak semua teknologi awd di wrx sti dibawa di forester ya?
http://www.youtube.com/watch?v=S4CfWdoSOTk menit 3:10 - 4:30.
entah si JC becanda atau ada pesan sponsor...

back to awd forester, berarti gak semua teknologi awd di wrx sti dibawa di forester ya?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2084
- Joined: Sat Dec 31, 2005 4:16
Re: 2014 Subaru Forester
Well,
Forester dgn AWD nya yg paling simple dan tidak se-advanced STI jg masih jauh lebih mending ketimbang cimpetitor lain yg sekelas kaga ada yg masukin AWD (CRV, Xtrail, CX5)
CMIIW..

Forester dgn AWD nya yg paling simple dan tidak se-advanced STI jg masih jauh lebih mending ketimbang cimpetitor lain yg sekelas kaga ada yg masukin AWD (CRV, Xtrail, CX5)
CMIIW..

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: 2014 Subaru Forester
kalo diitung2 nilai rupiah sih fitur dibanding harga forester nampaknya berada paling atas. tapi dari sisi lain ane kurang tahu deh seperti ketersediaan beres, teknisi umum dan harga part...xtr40rd1n4rym4n wrote:Well,
Forester dgn AWD nya yg paling simple dan tidak se-advanced STI jg masih jauh lebih mending ketimbang cimpetitor lain yg sekelas kaga ada yg masukin AWD (CRV, Xtrail, CX5)
CMIIW..
untuk reliability harusnya sih gak beda jauh dengan jepun lain.
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: 2014 Subaru Forester
g tw om........ wkwkwkmaskopat wrote:om Billy, yang masih bikin ane penasaran sih di top gear. ketika Jeremy Clarkson menguji wrx sti vs evo x. evo masih lebih unggul daripada wrx sti..
http://www.youtube.com/watch?v=S4CfWdoSOTk menit 3:10 - 4:30.
entah si JC becanda atau ada pesan sponsor...![]()
back to awd forester, berarti gak semua teknologi awd di wrx sti dibawa di forester ya?




klw g salah di situ waktu awal jalanin d kritik trus STI karna too complex dengan banyak pengaturan manual......... mungkin salah nyetting, atau blm tau setting yg pas...... evox lebih simple kan yah.
tp mitsu AYC d evo juga mantep kok, reardiff nya ada LSD yg bisa ngebagi torque kanan kiri oleh komputer juga bwat yaw control


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2084
- Joined: Sat Dec 31, 2005 4:16
Re: 2014 Subaru Forester
Evo ama STI sih sama2 bagus...
Tp kl disuruh pilih, daridulu ane lbh demen Evo..

Tp kl disuruh pilih, daridulu ane lbh demen Evo..

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 73
- Joined: Mon Sep 14, 2009 5:26
Re: 2014 Subaru Forester
kenapa forester enga dibuat seperti ini ?



-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 476
- Joined: Tue Oct 30, 2012 8:48
Re: 2014 Subaru Forester
Ane denger isu katanya ada varian yg di bawah premium ya tapi sunat habis siiii, denger2
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2084
- Joined: Sat Dec 31, 2005 4:16
Re: 2014 Subaru Forester
varian forester om?
spec bocorannya apa aja dan di harga brp om?
spec bocorannya apa aja dan di harga brp om?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 426
- Joined: Sun Apr 06, 2008 0:37
Re: 2014 Subaru Forester
wah, dpt bocoran drmana um..?merkapa wrote:Ane denger isu katanya ada varian yg di bawah premium ya tapi sunat habis siiii, denger2
apa forester yg N/A kali ya yg masuk indo?
btw tadi bawa si fozzy ini ke cangar yg jalannya naikturun pegunungan dgn bbrp tikungan patah dan curam...
emg ga ada habis napasnya, bejek pedal gas lgsg ngacir aja sih, meski tanjakannya lumayan jg tuh, kl pas turunan tajam sering mainin xmode-nya, dan emg membantu banget fitur ini, jd ga ribet injak rem, mobil jalan turun dgn kecepatan rendah dan safe bngt rasanya....
fc dgn medan sprti itu jg realtif irit aja kok, sktr 1:9-10 km....
cuma tetep aja blm puas, msh pengen nyari tempat pelesir yg agak sdkt menantang, yg kebayang sih ya ke bromo ama ranupane itu sih....cuma msh nyari temen, ga seru ah kl sendirian aja....
btw bro dan um SMers apa foresternya udh ada yg nyampe rumah nih? share dong...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 608
- Joined: Sun Aug 12, 2012 13:43
- Location: Lamongan - Jawa Timur
Re: 2014 Subaru Forester
Wuiih mantaabb...ariefsinda wrote:wah, dpt bocoran drmana um..?merkapa wrote:Ane denger isu katanya ada varian yg di bawah premium ya tapi sunat habis siiii, denger2
apa forester yg N/A kali ya yg masuk indo?
btw tadi bawa si fozzy ini ke cangar yg jalannya naikturun pegunungan dgn bbrp tikungan patah dan curam...
emg ga ada habis napasnya, bejek pedal gas lgsg ngacir aja sih, meski tanjakannya lumayan jg tuh, kl pas turunan tajam sering mainin xmode-nya, dan emg membantu banget fitur ini, jd ga ribet injak rem, mobil jalan turun dgn kecepatan rendah dan safe bngt rasanya....
fc dgn medan sprti itu jg realtif irit aja kok, sktr 1:9-10 km....
cuma tetep aja blm puas, msh pengen nyari tempat pelesir yg agak sdkt menantang, yg kebayang sih ya ke bromo ama ranupane itu sih....cuma msh nyari temen, ga seru ah kl sendirian aja....
btw bro dan um SMers apa foresternya udh ada yg nyampe rumah nih? share dong...

gmn dg kelincahan mobil yg agak bongsor ini?
Saat menaklukkan tanjakan yg paling tegak itu rpm mesin berkitir maksimal di rpm berapa ya om?
Soal nyari teman utk ke Bromo ini mksd nya yg kayak gmn ya om?
Teman atau "teman"?


Kan disono temperatur udara alam nya dingin banget


> kendaraan yg menyesuaikan dg kondisi jalan?
> jalanan yg menyesuaikan dg kondisi kendaraan?
> jalanan yg menyesuaikan dg kondisi kendaraan?
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 426
- Joined: Sun Apr 06, 2008 0:37
Re: 2014 Subaru Forester
wakakakkkkkkk....bisa aja nih...mr-saga wrote: Wuiih mantaabb...trek jalanan di Cangar kan ada yg lebar jalan nya sempit tuh om,
gmn dg kelincahan mobil yg agak bongsor ini?
Saat menaklukkan tanjakan yg paling tegak itu rpm mesin berkitir maksimal di rpm berapa ya om?
Soal nyari teman utk ke Bromo ini mksd nya yg kayak gmn ya om?
Teman atau "teman"?![]()
![]()
Kan disono temperatur udara alam nya dingin banget![]()

temen beneran laahhhh,.... biar seru aja...kliatnnya kl jadi mo bareng ma forester gen3, ama LC lawas yg udh dipasang winch, kali aja ntar kenapa2.....sbagai blm pengalaman lewatin medan uprot meskicuma ringan2 aja...

tp msh nyari waktu yg pas aja yg ga ninggalin kerjaan nih...
btw wktu lwt cangar kmrn, kecepatan nyante aja kok um,ga pake manuver aneh2....
ama klrga besar soalnya, lagian mo nikmatin pemandangan sepanjang jalan jg....lama ga liat yg ijo2 gt,heheee.....
lwt tnjakan yg paling curam tuh, forester jg 'tenang' aja , ga sampe mesin meraung, rpm palng 2-3 rb aja kali,pas ga liatin jg sih...

katanya kl diterusin ke arah pacet medannya lbh seru lg ya?
tp beneran msh penasaran deh, pengen nyari medan yg sdkt ekstrim lg.....
btw pernh liat spoiler depan forester yg sti style, jadi pengen dehhhh....
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2084
- Joined: Sat Dec 31, 2005 4:16
Re: 2014 Subaru Forester
sama om,ruwhan wrote:ini nanya buat pertimbangan ganti mobil taun depan om... soalnya saya nggak ngerti mesin, jadi selama hampir 10 tahun punya mobil servis/maintenis mesin di beres terus. Takut ditipu kalo di luar.diveblues wrote:ongkos servis besar mau ngapain om? Lagian khan ada garansi part dari motorimage
servis selalu di beres terus, karena lebih terjamin drpd ditipu diluaran..
**meskipun lebih mahal..

tapi hal ini berdampak pada harga jual juga sih, selama ini jual mobil dgn service history yg lengkap di beres selalu dihargain lebih.
dan benefitnya itu lebih kepake sendiri krn kl diberes krn dicek regularly utk part2 yg aus sedangkan di bengkel luar hanya mengerjakan apa yg jadi problem saat itu. IMHO aja sih..

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: 2014 Subaru Forester
rute bromo sih harusnya gak terlalu berat ya. kecuali ada tanjakan dari padang pasir ke wonokitri. kemaren pake FJ40 paguyuban di sana, transfer case dioper ke 4L. isinya 8 dewasa dan 1 anak2.. lainnya sih kata si driver, pake 2H aja cukup koq.
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 832
- Joined: Sun May 19, 2013 10:00
Re: 2014 Subaru Forester
Jadi iri liat user subaru mainannya di ujung jurang tinggi..heheheh
Pribadi klo misal ada 2 tipe yg sama subaru dan mau beli subaru, mending yg turbo..g noleh ama subaru yg NA wkkakakakka..subaru tanpa turbo nicee ada awdnya masih'an, tpi ada tanpa turbo itu ibarat makan es kacang ijo tanpa es..kurang greget tpi masih okelah heheheh
Pribadi klo misal ada 2 tipe yg sama subaru dan mau beli subaru, mending yg turbo..g noleh ama subaru yg NA wkkakakakka..subaru tanpa turbo nicee ada awdnya masih'an, tpi ada tanpa turbo itu ibarat makan es kacang ijo tanpa es..kurang greget tpi masih okelah heheheh
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 426
- Joined: Sun Apr 06, 2008 0:37
Re: 2014 Subaru Forester
iya um, katanya emg ga berat2 amat, lagian sebagian besar jalannya udah di aspal jg...(?)maskopat wrote:rute bromo sih harusnya gak terlalu berat ya. kecuali ada tanjakan dari padang pasir ke wonokitri. kemaren pake FJ40 paguyuban di sana, transfer case dioper ke 4L. isinya 8 dewasa dan 1 anak2.. lainnya sih kata si driver, pake 2H aja cukup koq.
wehh,kl FJ40 ya emg makanan empuk sih rute kyk gt....
pengennya (lagi), kl masih bnyak waktu mo belok ke ranupane jg....kl jalanan disana gimana ya um? berbatu cmpur pasir gt ya?
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: 2014 Subaru Forester
dibilang empuk sih gak juga om. mungkin karena masih mesin djadoel kali ya, beberapa kali hampir mati waktu nanjak. dan berasa beratnya saat berhenti lalu maju di tanjakan curam.ariefsinda wrote:iya um, katanya emg ga berat2 amat, lagian sebagian besar jalannya udah di aspal jg...(?)maskopat wrote:rute bromo sih harusnya gak terlalu berat ya. kecuali ada tanjakan dari padang pasir ke wonokitri. kemaren pake FJ40 paguyuban di sana, transfer case dioper ke 4L. isinya 8 dewasa dan 1 anak2.. lainnya sih kata si driver, pake 2H aja cukup koq.
wehh,kl FJ40 ya emg makanan empuk sih rute kyk gt....
pengennya (lagi), kl masih bnyak waktu mo belok ke ranupane jg....kl jalanan disana gimana ya um? berbatu cmpur pasir gt ya?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 608
- Joined: Sun Aug 12, 2012 13:43
- Location: Lamongan - Jawa Timur
Re: 2014 Subaru Forester
halah...santai aja om, saya dulu pake motor Honda Nova Sonic aja akhirnya bisa kokariefsinda wrote:
wakakakkkkkkk....bisa aja nih...![]()
temen beneran laahhhh,.... biar seru aja...kliatnnya kl jadi mo bareng ma forester gen3, ama LC lawas yg udh dipasang winch, kali aja ntar kenapa2.....sbagai blm pengalaman lewatin medan uprot meskicuma ringan2 aja...![]()
tp msh nyari waktu yg pas aja yg ga ninggalin kerjaan nih...
btw wktu lwt cangar kmrn, kecepatan nyante aja kok um,ga pake manuver aneh2....
ama klrga besar soalnya, lagian mo nikmatin pemandangan sepanjang jalan jg....lama ga liat yg ijo2 gt,heheee.....
lwt tnjakan yg paling curam tuh, forester jg 'tenang' aja , ga sampe mesin meraung, rpm palng 2-3 rb aja kali,pas ga liatin jg sih...![]()
katanya kl diterusin ke arah pacet medannya lbh seru lg ya?
tp beneran msh penasaran deh, pengen nyari medan yg sdkt ekstrim lg.....
btw pernh liat spoiler depan forester yg sti style, jadi pengen dehhhh....

nah itu tentang yg saya ingin tau kitiran mesin td, saya ingin mensinkronkan terhadap respon turbo nya gitu.
dari report TestDrive master2 SM di halaman2 depan kan menyebutkan: "jambakan setan nya baru terasa saat rpm >3.000".
nah kalo menilik info dari anda, berarti: kinerja mesin msh blum berat... CMIIW
kalo rute lanjutan dari Cangar sampai ke Pacet, maaf om, saya gak tau.. kalo dari Pacet ke Tretes emang naik terus om.

> kendaraan yg menyesuaikan dg kondisi jalan?
> jalanan yg menyesuaikan dg kondisi kendaraan?
> jalanan yg menyesuaikan dg kondisi kendaraan?
-
- SM Specialist
- Posts: 4354
- Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
- Location: Bandungers
Re: 2014 Subaru Forester
oyah? 2.0i kli yah............... smoga 2.0D ...............merkapa wrote:Ane denger isu katanya ada varian yg di bawah premium ya tapi sunat habis siiii, denger2
asal g kaya base levelnya forester US... 2.5i tp CVTnya g pke paddle shift atw shiftronik dan g ada S# tentunya................... deal breaker.