Yep, dari website toyota.co.jp di atas, wheelbase turun jadi 2660mm. Entah gimana efeknya thd handling, dugaan saya jadi less stable, long wheelbase biasanya menambah linear stability. Mungkin wheelbase diturunkan utk mengejar turning radius spy lebih kecil?boilers wrote:Cakep interiornya imo.
Tapi di forum luar ada yang info kalau Harrier Gen ini basisnya sekarang dari RAV4, jadi sudah beda dengan Lexus RX.
Belum ketahuan sih kebenarannya, tapi wheelbase memang menyusut dari generasi sebelumnya 2715mm sekarang menjadi sama persis dengan RAV4 baru di 2660mm.
Komparasi dengan lexus rx 3rd gen secara dimensi, 4720 vs 4770mm, wheel base 2660 vs 2740mm, lebar 1835 vs 1885mm. Jadi secara umum harrier 5cm lebih pendek, wheelbase 8cm lebih pendek, lebar 5cm lebih sempit. Dari sini jelas positioning nya secara space / dimensi harrier di bawah rx, bisa jadi mengacu ke lexus nx kelak.. dan 4th gen rx akan tambah gambot lagi (dengar2 lexus gx akan discontinue?). Wheelbase lebih pendek 8cm, tapi body cuma lebih pendek 5cm, jadi overhang pasti tambah 3cm, kemungkinan ini nambah di moncong harrier... Mknya kliatan moncongnya panjang overhang nya.
Interior memang keren, tapi kualitasnya... krn harrier 4th gen sdh tidak satu platform dengan lexus rx, dugaan saya interior akan sekelas dengan alphard. Moga2 build quality better than the current camry, soale camry yg sekarang interior design cukup bagus, tapi begitu masuk touch and feel nya nggak dapet.
Design eksterior, imo bagus, keren... Jelas kliatan produk baru.
Yg agak mengherankan adalah opsi mesin, 2.0 NA, dan 2.5 Hybrid, tapi dua2nya peak power mirip 151 dan 152ps, torsi ada di 190 dan 206Nm. Sedangkan berat mobil ini ada di atas 1700kg, bahkan versi tertentu (full opsi + awd mungkin) beratnya mencapai 1900kg. Ini sekitar 200kg lebih berat dr CRV, cx-5. Apa nggak lelet itu tarikan? Kalo diibaratkan, spt mengendarai crv 2.0 (powernya mirip) tapi ditambah beban 8 sak semen ukuran 50kg. Power to weight rationya memprihatinkan. Nggak tau itu berita bagus / jelek, soalnya mesin 2.0 kemungkinan bea masuk dan pajak2 akan lebih murah.
Utk harga, harrier 240g terakhir di tahun 11, bahkan yg terakhir2 bgt dijual di 2012 - ada di harga 720an jt otr. Bagaimana harrier baru? dengan mesin 2.0 ada kemungkinan dijual di rentang harga itu, tapi rasanya hampir tdk mungkin dijual di bawah angka 700jt otr.
Overall, IMO model boleh, interior keren, harusnya cukup nyaman juga. The only problem is the engine choice, 152ps utk mobil segambot itu... udah pasti lelet. Kalo disetirin boleh2 aja, tapi kalo nyetir sendiri, it's not fun kalo dah bejek gas poll tapi mobil gak maju2 juga. Tapi ya namanya pasar indonesia, sukanya mesin kecil yg ngirit... Apalagi kalo ada driver, fun to drive is not important, ngirit is more important. Apabila bisa masuk dgn harga di bawah 800 jeti, bisa laris manis. Tapi ada 1 hal, rentang harga segitu, bisa dapet alphard baru... Kalo sama2 disupirin, keknya tetep lebih keren alphard deh... hehehe,