
==================
seperti yang kita ketahui bahwa harrier merupakan mbl idaman bokap-bokap.... dan bokap ane merupakan salah satu yang jadi korban...


sorenya sepulang bokap dari kantor, di carport udah bertengger 1 unit harrier warna silver

odometer udah jalan 12ribu... menandakan ini mobil dipake harian sama yg punya... (mobil bulan 2, ane beli bulan 11)... bagasi yang shocknya udah lemah, velg yang pentilnya ilang 1 dan warna velgnya belang kaya kena oli, ada bagian yg retak di kap mesin...

dan mbl ini jadi mbl kesayangan bokap.... disayang sampe ga pernah dipake... digarasiin terus


==================
1. Exterior

front end... hmm.. cukup elegant.. tapi entah ane merasa headlampnya terlalu kecil



dari samping... ini mbl daya tariknya dari samping ini, keliatan simpel ga terlalu banyak tarikan garis, keliatan lux, dan abadi modelnya... dan spionnya juga keren... makanya diincer maling


daya tarik terbesar harrier ada di bokongnya...



sebelahan di garasi dengan RE ane....

Exterior 9/10
======================
2. Interior

interiornya.... sangat lux, dasbor pake bahan soft padded, setir yang cukup minimalis dengan aksen wood panel, dan setir ini bisa diatur naik-turun-maju-mundur secara elektris

clusternya sederhana tapi nggak murahan... agak mirip innova/fortuner sih.... tapi entah knp kesannya lebih mewah aja... jarumnya tumpul tebel + kalo nyala keren

jok pengemudi+penumpang bisa diatur secara elektris juga... pengaturan kurang lebih kaya CR-V RE facelift... ada 8 pengaturan...
di bagian tengah ada MID yang menampilkan avg konsumsi bbm, konsumsi bbm realtime, avg speed, tripmeter, range, suhu luar, dst... dan semuanya pake huruf kanji jepang

gimmick yg ane cukup suka di bagian tengahnya, two-tone

konsol penyimpanan bagian tengah didominasi oleh wood panel....
yang keren, laci penyimpanan yang deket ama penumpang belakang, ada tombol "open" dan "close", setidaknya terlihat cukup elegan dibandingkan ngebuka secara manual
space kabin cukup luas, headroom terbatas (kemakan di panoramic), setidaknya masih lebih nyaman posisi duduknya dibanding PaSPort Dakar... bagasinya minim sekali.... kemakan jendela belakang yg landai dan lantai bagasi yg tinggi...
bagasinya udah motorized... tinggal pencet remote
untuk audio... hmm... sesuai harga lah... soundnya cukup nyaman di telinga... sayangnya HU masih jadul, ga ada fitur USB/iPod/AUX/dst.... cuma bisa nyetel CD doang.... dan 1 slot lagi untuk..................
PITA KASET

beginilah mobil yang dari taun 2003 ga berubah

Interior 9/10 ... sekali lagi fakta ini adalah Lexus yg di downgrade fitur-fitur dan mesinnya....
====================
3. Driving Impression
Jujur, ane udah menurunkan ekspektasi serendah mungkin soal driving impression.... mengingat ini adalah tipikal daddy's car... pasti ga akan menemukan yang namanya kelincahan dan steering feedback yang biasa ane temuin di CR-V....
Posisi mengemudinya cukup nyaman, agak tinggi dibanding CR-V. Posisi setir bisa diatur secara elektris cukup membantu menyesuaikan
Harrier menggendong jantung pacu berkode 2AZ-FE VVT-i DOHC dengan output daya 160PS... yang sama dengan Camry XV30... dipadu transmisi A/T 4-speed super ECT... and the bad thing is, bobot mbl ini kurang lebih 1,7 ton... beda sekitar 200kg dengan CR-V yang bertenaga 170PS dan 5-speed A/T... jelas aja ane pesimis soal performa
startup, mesinnya terdengar cukup kasar....
mulai jalan, benar dugaan ane, meski torsi awal cukup baik tp begitu di kickdown mobil terasa keberatan menghela bobotnya yg segitu.... untungnya transmisinya cukup pinter, dan ada mode tiptronic juga.... berbeda dengan 4-speed A/T yang biasa terkenal bodoh....
yang buruk, buat nanjak mbl ini sangat terasa berat... FWD+Overweight... dijamin loyo waktu nanjak...
sesuai yg ane paparkan di awal, ane udah menghilangkan ekspektasi soal fun to drive... dan emang bener, mbl ini lebih nyaman diajak jalan santai, begitu kita nyetir agresif mbl ini justru ga enak...
EPS parah... feedback buruk meski dibanding X-Trail T31 masih lebih baik alias masih ada bobotnya... gak lincah blas... ditambah fakta mobil ini underpower... untungnya untuk stability mobil ini masih enak.... karena berat



rem mbl ini juga cukup baik... pernah ngerem dari 80-0 dalam sekejap gara-gara hindarin taksi yg nyebrang sembarangan


another bad thing, bannya... goodyear eagle RS-A.... ban std nya parah...
Driving Impression 6/10
===================
4. Verdict
Harrier... truly a daddy's car... simbol kemapanan seorang pengusaha... mbl buat seorang bapak yg udah berkeluarga dengan 2 momongan....
eksmud sih CRV dulu aja.... ntar dikira mobil bokapnya... soalnya skrg yg turun dari harrier identik dengan bokap-bokap usia 40an

yg jelas beli harrier harus ekstra hati-hati dengan spionnya terutama di jakarta.... dan dasbornya yg gampang retak kalo sering dijemur... denger-denger 1 set dasbor bisa sampe 13juta... mungkin skrg lebih tinggi lg harganya....
seken... hmm.. bokap nebus seharga 600jt untuk keluaran 2011... skrg sih sekitar 550an... harganya cukup kuat
Pros
- Nyaman
- Top class interior
- Fitur berlimpah
- Transmisi cukup pintar
- Panoramic roof... buat bermesraan sama nonik di malem minggu ngeliatin bintang-bintang

- Stability
- Sound System
Cons
- Not fun to drive, definitely boring...
- HU jadoel
- Manual book dan MID bahasa planet... susah dibaca

- Stock tyres... saran ganti aja ke Goodyear Efficientgrip SUV / ban lain yg lebih bagus.... ane ganti Efficientgrip udah cukup enakan kok terutama di gripnya
- Underpower.... ane sih pasang dastek q+...

sekian ripiuw ane....
