Ane ijin buat review Camry 3.0V ya...
Maaf kalo kata-katanya kurang bagus

===
Camry XV30 adalah generasi kedua Camry yang beredar di Indonesia. Mobil ini sangat populer, semenjak digunakan untuk mobil dinas menteri & pejabat, tidak seperti generasi sebelumnya (XV20) yang kurang populer.
Mobil berpenggerak roda depan ini tersedia dengan dua pilihan mesin, yaitu 2.4L 2AZ-FE I4 157hp dan 3.0L 1MZ-FE V6 210hp, dan pada varian 1MZ hanya tersedia dengan pilihan transmisi otomatis.
===
Dimensi mobil ini cukup panjang, dengan panjang 4.805cm dan wheelbase 2.720cm.

Dari depan, mobil ini cukup manis dilihat, dan IMHO ane lebih suka grill versi pre_FL, karena lebih simple

Velg berukuran 16 inch, tampak pas dengan bodynya yang berukuran gambot, sedangkan varian 2.4 menggunakan velg berukuran 15 inch yang tampak kekecilan...
Di bagian samping, tampak lis krom yang memanjang dari pintu depan sampai belakang, dan pintu belakang yang panjang, melebihi panjang pintu accord CM5, sehingga menyusahkan jika membuka pintu di parkiran sempit...


Bagian belakang terlihat semok, dengan lampu belakang yang berukuran besar, dan terlihat nungging (mungkin karena ban serep yang terletak di kolong, bukan di bagasi)
===

Interior berwarna abu-abu dan beige (di foto terlihat abu2 terang), dan dihiasi oleh panel wood imitasi yang lumayan bagus. Jika biasa naik compact sedan, naik mobil ini rasanya mewah


Space kabin termasuk yang paling lega di kelasnya, kabin compact sedan 1.5L menjadi sangat imut jika udah keseringan naik mobil ini

Kekedapan kabin sangat baik, seperti sedan mewah pada umumnya
Headroom baik depan ataupun belakang, cukup tinggi, ane yang 183cm bisa duduk di belakang tanpa terpentok plafon (di Teana 2010 kepala ane nempel plafon)
Legroom? kaki ane bisa selonjoran, dan dengan posisi jok belakang yang landai, membuat posisi duduk menjadi sangat rileks, lalu ketiduran selama perjalanan

Jok dilapis oleh bahan kulit asli, dan kulit imitasi di bagian yang tak tersentuh (samping, belakang). Busa terasa empuk dan dengan lembut & bau khas kulit, kembali ane tertidur di dalam mobil


Dashboard dikelilingi oleh banyak lapisan softpad berkualitas yang empuk (bahkan teana & accord kalah banyak

Seperti Toyota biasanya, terdapat banyak kompartemen penyimpanan di mobil ini. 4 cup holder, glove box, console box, kompartemen penyimpanan di setiap doortrim , sudah lebih dari cukup


Doortrim dilapisi oleh softpad, kulit imitasi, dan hard plastic di bagian bawah. Desain terlihat mewah saat pintu mobil dibuka di lobby


Desain speedometer terkesan polos, namun enak dilihat dan fungsional.
===
Fitur?
Cukup berlimpah.
Lampu HID
Sensor sonar di sekeliling body (sangat-sangat berguna untuk parkir)
Sensor parkir di belakang
Dual airbag
ABS EBD BA
Traction control
Head Unit dengan kapasitas 6 CD
6 speaker (cukup bagus)
MID
Cruise control
Single zone air conditioner
Jok elektrik di bagian pengemudi & penumpang depan
Dan lain lain yang ane lupa sebutkan

===
Mesin powerfull di segala putaran, baik rendah maupun tinggi
Enak buat nyalip-nyalip
Untuk topspeed, mobil ini baru pernah dibawa sampai 170 kmh, gas masih sisa banyak, dan masih terasa stabil (waktu itu diisi 4 orang dewasa)

*bukan ane yang bawa, belom berani speed segitu mah

Kehalusan khas mesin V6, tidak ada getaran sama sekali

Mesin ini walaupun jadul, termasuk dalam Ward's 10 Best Engines 1996, dan ternyata memang begitu, reliable & FC masih irit (1:7 dalkot, persis ipah 2.0 A/T '07), dan tahan dicekoki premium + aditif

Transmisi menggunakan 5-speed (apa 4-speed ane lupa) with S-ECT. Perpindahan gigi halus untuk ukuran konvensional A/T.
Masalah handling, ane kurang bisa mereview, karena ane jarang bawa mobil ini (mobil bokap ane & ane kagok bawanya, besar), jadi belom terasa feelnya

Suspensi lembut khas Camry, dan selalu mengajak penumpangnya untuk... Tidur.

Pernah dibawa dari Anyer-Jakarta, lalu melewati jalan jelek yang di Ipah biasanya penumpang terpental2, pake mobil ini, cuma goyang2 sedikit...
===
Mobil ini sangat layak dibeli, mengingat harganya yang sudah "down to the earth", nyaman bagi pengemudi dan penumpang, irit di kelas 3.0L, dan reliable

Gengsi juga naik, serasa mobil pejabat

===
Sekian review ane, terimakasih yang sudah baca, jika ada yang kurang jelas, bisa ditanyakan

*bonus
Pas ane foto2 tadi, ternyata ada beginian di sebelah mobil ane...

