Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

dimasapri
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 311
Joined: Fri Jan 02, 2009 7:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by dimasapri »

Pak Turbo,
Saya baru sadar, ternyata banyak produk oli yang dipasarkan di sini mencantumkan keterangan API SERVICE di kemasan produknya TANPA DILENGKAPI "cap" simbol API Donut.
Setidaknya itu yang saya dapatkan di kemasan Shell Helix, Castrol Magnatec, Total Quartz, & Mobil Super.

Simbol API Donut saya temukan di kemasan Motul 6100 Synergie+ & Repsol Elite.

Untuk oli Pertamina sendiri ada yang pakai simbol API Donut seperti Meditran SX 15W-40 CH-4 & Fastron Synthetic 10W-40 API SL/CF, tapi ada juga yang tidak pakai simbol API Donut seperti Fastron Techno 15w-50.

Apakah ini ada kaitannya dengan proses uji sertifikasi tersebut?
Dugaan saya, yang berhak mencantumkan logo/simbol API Donut adalah yang sudah dilakukan cross check / konfirmasi uji kelayakan dari lembaga API.
Sedangkan yang tidak mencantumkan logo/simbol API Donut adalah claim sepihak dari produsen yang sudah menguji produknya memenuhi ("Meet") standar sertifikasi API tersebut. CMIIW.


API DONUT SYMBOL:

Image


FASTRON SYNTHETIC SAE 10W-40 SL/CF (label hijau) - with API DONUT:

Image


FASTRON TECHNO 15w-50 SL/CF - without API DONUT:

Image Image
d1226my
Newbie
Newbie
Posts: 13
Joined: Wed Oct 23, 2013 8:12

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by d1226my »

Turboman wrote:
d1226my wrote:
Om Andy... kalo ecu shop cubenya di off. tetap ada ternyata klotrak klotreknya.. bunyinya cuman ada kalau cold start di pagi hari.. perna cek ke bengkel juga tidak ketemua apanya yang salah..

cuman teman saya aja bilang mungkin ada oli ketinggalan atau oli telat naik..
sabar sabar...jangan buru2 salahkan olinya

Coba cek PRV (Press Release Valve) yg di ujung Fuel Rail itu apakah di Blok nggak
oh iya sih waktu ke rev sama Om Teddy kan dimodif si yang buat fuel pressure itu... katanya kalo gak dimodif hp gak bisa naik..
diganjel pake mur / nut gitu.. terus terakhir di block .. berarti itu ya biang kerok klotrak klotrek

B 3 CP wkt itu perna suru saya cek di selang yang deket filter solar itu suru ditampung ke botol buat cek apakah solarnya tetep keluar.. (seperti metoda mau purging) solarnya sih tetap netes waktu mesin hidup walaupun di block

nah kalo memang itu sumber bunyinya..berarti dibiarkan aja ya? atau ada solusi laen

Makasi banyak nih Om Andy mau membantu nubi tolol yang kaga ngerti mobil..
marasaleh
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Mon Nov 04, 2013 13:33

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by marasaleh »

salam om turbo dan kawan kawan serayamotor, mohon pencerahannya utk nuwbie...

saya mau tanya, apakah mobil dengan spek oli mesin API SM, kalo di isi oli API SL akan berbahaya?

tadi sore mobil honda brio saya (km 14.000) ganti oli.... ke Shell Helix HX8 (5W-30),
ternyata hasilnya....
tarikan jadi malah berat.... trus mesin juga jadi ngelitik.
sebelumnya selalu pake oli resmi honda (e-pro blue 5w-30) gak ada masalah.

saya juga baru sadar pas sampai dirumah, liat tulisan belakang galon oli shell HX8 ternyata API SL. (sedangkan di buku manual tertulis API SM or higher)
tapi apakah sampai sebegitu gak cocoknya sampai tarikan jadi berat dan ngelitik?

Jadi sedih nih.... apa saya bawa ke beres honda lg aja ya,,,, ganti oli resminya honda... huhuhuhuhu.... :frm_bang_head:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by Turboman »

marasaleh wrote:salam om turbo dan kawan kawan serayamotor, mohon pencerahannya utk nuwbie...

saya mau tanya, apakah mobil dengan spek oli mesin API SM, kalo di isi oli API SL akan berbahaya?

tadi sore mobil honda brio saya (km 14.000) ganti oli.... ke Shell Helix HX8 (5W-30),
ternyata hasilnya....
tarikan jadi malah berat.... trus mesin juga jadi ngelitik.
sebelumnya selalu pake oli resmi honda (e-pro blue 5w-30) gak ada masalah.

saya juga baru sadar pas sampai dirumah, liat tulisan belakang galon oli shell HX8 ternyata API SL. (sedangkan di buku manual tertulis API SM or higher)
tapi apakah sampai sebegitu gak cocoknya sampai tarikan jadi berat dan ngelitik?

Jadi sedih nih.... apa saya bawa ke beres honda lg aja ya,,,, ganti oli resminya honda... huhuhuhuhu.... :frm_bang_head:
Coba cek isi olinya overfill ga, kalo overfill tarikan jadi berat, filter oli ganti kan ?

Trus mobil ada kotak katik bagian lain ga spt setel rem tangan

API SL buat mesin justru lebih oke dr SM krn ZDDP nya lebih tinggi
* Bukan ajakan Beli *
marasaleh
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Mon Nov 04, 2013 13:33

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by marasaleh »

saya liat di dipstick takaran oli nya udah pas diantara garis atas n bawah.

trus kemarin itu di toda cuma ganti oli dan filter oli aja. cek aki, dan mesinnya dibersihin dari luar pake semprotan angin gitu. rem tangan gak di kutak katik siy.

kira kira salah dimana ya om?
apa perlu reset ECU? (caranya cabut kabel aki yach om? tapi kabelnya yang mana ya?)

kalau saya ganti balik lagi ke oli honda, mubazir yach.... huhuhuhu
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by Turboman »

marasaleh wrote:saya liat di dipstick takaran oli nya udah pas diantara garis atas n bawah.

trus kemarin itu di toda cuma ganti oli dan filter oli aja. cek aki, dan mesinnya dibersihin dari luar pake semprotan angin gitu. rem tangan gak di kutak katik siy.

kira kira salah dimana ya om?
apa perlu reset ECU? (caranya cabut kabel aki yach om? tapi kabelnya yang mana ya?)

kalau saya ganti balik lagi ke oli honda, mubazir yach.... huhuhuhu
Cara cek volume oli :
Saat mesin masih dingin / belum dihidupkan, angkat dipstick, lap pake tissue, colok lagi dipstick ke lubangnha, diamkan 15 detik then angkat lagi, liat level oli di sisi depan dan belakang, ketinggiannya apa lebih dr batas max ngga

Btw coba pakai 2 minggu, kemudian evaluasi lagi
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by Turboman »

d1226my wrote:
Turboman wrote:
d1226my wrote:
Om Andy... kalo ecu shop cubenya di off. tetap ada ternyata klotrak klotreknya.. bunyinya cuman ada kalau cold start di pagi hari.. perna cek ke bengkel juga tidak ketemua apanya yang salah..

cuman teman saya aja bilang mungkin ada oli ketinggalan atau oli telat naik..
sabar sabar...jangan buru2 salahkan olinya

Coba cek PRV (Press Release Valve) yg di ujung Fuel Rail itu apakah di Blok nggak
oh iya sih waktu ke rev sama Om Teddy kan dimodif si yang buat fuel pressure itu... katanya kalo gak dimodif hp gak bisa naik..
diganjel pake mur / nut gitu.. terus terakhir di block .. berarti itu ya biang kerok klotrak klotrek


B 3 CP wkt itu perna suru saya cek di selang yang deket filter solar itu suru ditampung ke botol buat cek apakah solarnya tetep keluar.. (seperti metoda mau purging) solarnya sih tetap netes waktu mesin hidup walaupun di block

nah kalo memang itu sumber bunyinya..berarti dibiarkan aja ya? atau ada solusi laen

Makasi banyak nih Om Andy mau membantu nubi tolol yang kaga ngerti mobil..
Cek celah katup, siapa tahu ada yg kelewat longgar

Kalo mau pastikan masalah dimana yah PRV nya distandarin dulu coba
* Bukan ajakan Beli *
marasaleh
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Mon Nov 04, 2013 13:33

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by marasaleh »

Turboman wrote:
marasaleh wrote:saya liat di dipstick takaran oli nya udah pas diantara garis atas n bawah.

trus kemarin itu di toda cuma ganti oli dan filter oli aja. cek aki, dan mesinnya dibersihin dari luar pake semprotan angin gitu. rem tangan gak di kutak katik siy.

kira kira salah dimana ya om?
apa perlu reset ECU? (caranya cabut kabel aki yach om? tapi kabelnya yang mana ya?)

kalau saya ganti balik lagi ke oli honda, mubazir yach.... huhuhuhu
Cara cek volume oli :
Saat mesin masih dingin / belum dihidupkan, angkat dipstick, lap pake tissue, colok lagi dipstick ke lubangnha, diamkan 15 detik then angkat lagi, liat level oli di sisi depan dan belakang, ketinggiannya apa lebih dr batas max ngga

Btw coba pakai 2 minggu, kemudian evaluasi lagi

iya cek volume oli nya semalem dan tadi pagi, saat mesin masih dingin. ketinggian pas ditengah2... gak kelebihan.
odometer seminggu bisa 350km (tiap hari Bintaro - pancoran non tol), evaluasi 2 minggu pake dulu gak apa-apa nih om turbo? takut kalo memang oli nya gak cocok ntar bisa ngerusak mesin.

honda brio mesin L13A i-VTEC , itu roller rocker ya om?
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by Turboman »

@marasa:


Pas di tengah berarti cuman 50% level F yah

Coba tambah sampe 80% level F

Ini beli olinya di Trusted seller kan ? Yakin bukan oli palsu kan ?

Kalo oli asli gak akan merusak mesin lah, krcuali kalo anda pake oli gardan utk mesin, itu laen cerita

Mesin2 Onda buatan 2006 and up rata2 dah roller rocker
* Bukan ajakan Beli *
marasaleh
Visitor
Visitor
Posts: 4
Joined: Mon Nov 04, 2013 13:33

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by marasaleh »

iya om turbo saya khawatir juga oli palsu. cara bedainnya gimana yach?

Beli nya siy di trusted seller.... di Toda radio dalem. oiya kemarin filter udaranya juga di semprot2 gitu sama teknisinya.

baru kali ini beli di luar.... selama ini selalu di bengkel resmi honda pake e-pro blue 5w-30.
jadi sedih....hiks hiks... maksud hati pengen pake oli yg lebih baik .... eh malah gak cocok.

kalo besok saya ke beres honda, ganti oli lagi... ketauan gak ya pernah pake oli selain honda? takutnya garansi mesin jadi hilang...
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by kompresorz »

@mod turbo..

sedikit melenceng..
kalo gardan w204 yang sudah LSD dipakein oli tipe biasa,apa efeknya ya mod?
saya baru tau dr toko oli tuh mobil udah LSD..

terus oli gardan LSD brp KM ganti?

o ya cari agip evolution 0w 30 susah,akhirnya barusan w204 pake honda blue 5 30(murah)...rasanya bagus dr sebelumnya sainz..

terima kasih..
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by Turboman »

kompresorz wrote:@mod turbo..

sedikit melenceng..
kalo gardan w204 yang sudah LSD dipakein oli tipe biasa,apa efeknya ya mod?
saya baru tau dr toko oli tuh mobil udah LSD..

terus oli gardan LSD brp KM ganti?

o ya cari agip evolution 0w 30 susah,akhirnya barusan w204 pake honda blue 5 30(murah)...rasanya bagus dr sebelumnya sainz..

terima kasih..
Wah sebaiknya mesin MB jangan pake oli API SM, krn standardnya MB spec itu kadar antiwearnya lebih tinggi dr std API SM

Kalo dah terlanjur pake API SM maka ganti oli sebaiknya dipercepat, next pake oli yg meet MB spec spt 229.3 or 229.5

Btw mobil RWD gardannya LSD tertulis di buku manualnya kah ?

Kalo misal gardan LSD kasih oli biasa ya fungsi LS nya gak optimal tapi itupun kalo dlm kondisi jalan.selip, kalo jalan kering ga efek.
* Bukan ajakan Beli *
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by kompresorz »

@mod turbo..

oo ya mod...lupa soal hal tsb..udah dilokasi bingung sendiri..krn yg dicari gak ada...

naksir agip sin evo 0 30 tanya2 telp di graha duta dll gak ada..pengen peke buat e36 320..

oh ya sori mod saya gak pernah liat buku manualnya..pas mau ganti oli gardan ktnya harus pake spek LSD...saya jg gak tau itu apa...tp klo slip roda pas masuk garasi berasa gmn gitu n nyala lampu kecil di spido..
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by Turboman »

kompresorz wrote:@mod turbo..

oo ya mod...lupa soal hal tsb..udah dilokasi bingung sendiri..krn yg dicari gak ada...

naksir agip sin evo 0 30 tanya2 telp di graha duta dll gak ada..pengen peke buat e36 320..

oh ya sori mod saya gak pernah liat buku manualnya..pas mau ganti oli gardan ktnya harus pake spek LSD...saya jg gak tau itu apa...tp klo slip roda pas masuk garasi berasa gmn gitu n nyala lampu kecil di spido..
oo Agip Sint Evolution 0W30 yg masih nyetok cuman Toda kayaknya...........

E36 - 320i bukannya rekomendasi dr buku manual rata2 buntut 40 yah ? well, kalo mau pake yg buntut 30 cari yg Full Synth which meet BMW LL-98 / LL-01 or API SL atau API SN tapi si SN nya pastikan antiwearnya 1000 ppm, krn mesn M50 / 52 itu belum roller rocker en melintir ke RPM tingginya cepet.

Kalo MB W204 itu mesinnya udah Kompressor / CGI belum ?

kalo iya maka strictly harus pakai yg High Spec spt MB 229.5 Full Synth or minimal 229.3 Full Synth

Pilihan 5W30 ada :
- SHU AB
- Petronas Syntium 3000 LL
- Or yg ga meet MB 229.5 tapi spec tinggi spt Redline 5W30 / Amsoil Signature ASL 5W30 boleh pake

kalo mesin dah Kompressor / CGI jangan pernah pake oli mesin yg pas2-an / murah, sekali turbo KO maka dompet lgs TongPes dah.........
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by imsus2c »

Jadi penasaran sama oli agip ni...
Apa ini yg termasuk dibikin di pabrik pengilangannya yang di Pasuruan itu?
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
MI16
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 62
Joined: Fri Jun 17, 2011 22:09

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by MI16 »

Suhu dan pakar boleh dong nanya oli matic buat nissan apa bedanya Nissan D matic ATF dg Nissan J matic ATF terima kasih...
User avatar
frozenova
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Thu Nov 07, 2013 5:34

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by frozenova »

saya pakai all new corolla SEG yang tahun 2000
mungkin sudah dibahas tp di buku manual disarankan pakai oil yang API SJ tapi hampir ngk ada yg jual lg sekarang...

kl mobil ini saya pakai yg oli dengan API SL, SM, atau SN ada dampaknya ngk kl dilihat tahun kan SN yang paling baru skrng...rencana sih pakai yg SN yg full synthetic saja sekalian... :big_smoking:
menurut suhu2 dsni gmn?

terus dan diantara tipe2 oli :
- shell helix ultra 5W-30
- shell helix hx8 5w-40
- aqip sint evolution 0W-30
- Total quartz 9000 5W - 30
- Q8 formula special 5W-30

enak ambil yang mana y...performance dl baru harga..soalnya 11-12 sih harganya... :big_slap:

KM mobil sekarang dah 200rb an
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by Turboman »

Kalo mobil tahun 2000 dan odo sudah 200 rb lebih baik pakai buntut 40 aja

Pakai aja 5W40 Full Synth yg meet ACEA B4 / MB 229.3 atau pakai 10W40 yg type Diesel atau meet ACEA B4 / MB 229.1

utk ngejer kadar ZDDP nya yg 1000 ppm
frozenova wrote:saya pakai all new corolla SEG yang tahun 2000
mungkin sudah dibahas tp di buku manual disarankan pakai oil yang API SJ tapi hampir ngk ada yg jual lg sekarang...

kl mobil ini saya pakai yg oli dengan API SL, SM, atau SN ada dampaknya ngk kl dilihat tahun kan SN yang paling baru skrng...rencana sih pakai yg SN yg full synthetic saja sekalian... :big_smoking:
menurut suhu2 dsni gmn?

terus dan diantara tipe2 oli :
- shell helix ultra 5W-30
- shell helix hx8 5w-40
- aqip sint evolution 0W-30
- Total quartz 9000 5W - 30
- Q8 formula special 5W-30

enak ambil yang mana y...performance dl baru harga..soalnya 11-12 sih harganya... :big_slap:

KM mobil sekarang dah 200rb an
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by Turboman »

imsus2c wrote:Jadi penasaran sama oli agip ni...
Apa ini yg termasuk dibikin di pabrik pengilangannya yang di Pasuruan itu?
Italiano.....

Btw sebetulnya Agip Sint Evol ini hanya demi pertimbangan harga aja, 0W30 Full synth high spec yg harga masih under 150 rb / L

Kalo budget gak masalah mah then Go for Amsoil AZO 0W30 aja......especially for Premium cars
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
frozenova
Visitor
Visitor
Posts: 7
Joined: Thu Nov 07, 2013 5:34

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by frozenova »

Turboman wrote:Kalo mobil tahun 2000 dan odo sudah 200 rb lebih baik pakai buntut 40 aja

Pakai aja 5W40 Full Synth yg meet ACEA B4 / MB 229.3 atau pakai 10W40 yg type Diesel atau meet ACEA B4 / MB 229.1

utk ngejer kadar ZDDP nya yg 1000 ppm
berarti yg standard API SN dkk nya itu tidak ngk terlalu berpengaruh y wlpn untuk mobil lama...
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by Turboman »

frozenova wrote:
Turboman wrote:Kalo mobil tahun 2000 dan odo sudah 200 rb lebih baik pakai buntut 40 aja

Pakai aja 5W40 Full Synth yg meet ACEA B4 / MB 229.3 atau pakai 10W40 yg type Diesel atau meet ACEA B4 / MB 229.1

utk ngejer kadar ZDDP nya yg 1000 ppm
berarti yg standard API SN dkk nya itu tidak ngk terlalu berpengaruh y wlpn untuk mobil lama...
Khusus API SN, cari yg kadar antiwearnya masuk 1000 ppm om, kayak Kendall GT1 atau bbrp type merek Mobil yg type 2000 / 1000 / 5000 (see PQIA, lihat kadar Zinc / Boron / Moly)
* Bukan ajakan Beli *
kompresorz
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5628
Joined: Sun Oct 28, 2012 4:58

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by kompresorz »

Turboman wrote:
oo Agip Sint Evolution 0W30 yg masih nyetok cuman Toda kayaknya...........

E36 - 320i bukannya rekomendasi dr buku manual rata2 buntut 40 yah ? well, kalo mau pake yg buntut 30 cari yg Full Synth which meet BMW LL-98 / LL-01 or API SL atau API SN tapi si SN nya pastikan antiwearnya 1000 ppm, krn mesn M50 / 52 itu belum roller rocker en melintir ke RPM tingginya cepet.

Kalo MB W204 itu mesinnya udah Kompressor / CGI belum ?

kalo iya maka strictly harus pakai yg High Spec spt MB 229.5 Full Synth or minimal 229.3 Full Synth

Pilihan 5W30 ada :
- SHU AB
- Petronas Syntium 3000 LL
- Or yg ga meet MB 229.5 tapi spec tinggi spt Redline 5W30 / Amsoil Signature ASL 5W30 boleh pake

kalo mesin dah Kompressor / CGI jangan pernah pake oli mesin yg pas2-an / murah, sekali turbo KO maka dompet lgs TongPes dah.........
hahahah mesin m50 kirain udah roler roker..msh jadul ya.. :e-wall:
di toda ada agip 0-30...mahal mod 165ribu/liter...hahaha...pengen pake e36 tapi sayang mobil jarang dipake..
punya saya w204 kompresor mod..waktu garansi pernah pake mobil 1 0-50 trs tender SHU 5-30 sampe kilometer 50ribuan...terus saya cari 5-30 murahan mod...syukurlah msh beruntung sampe skrg gak apa2...tapi nanti yg berikutnya saya gak cari yg murah..


terima kasih mod..
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by imsus2c »

Turboman wrote:
imsus2c wrote:Jadi penasaran sama oli agip ni...
Apa ini yg termasuk dibikin di pabrik pengilangannya yang di Pasuruan itu?
Italiano.....

Btw sebetulnya Agip Sint Evol ini hanya demi pertimbangan harga aja, 0W30 Full synth high spec yg harga masih under 150 rb / L

Kalo budget gak masalah mah then Go for Amsoil AZO 0W30 aja......especially for Premium cars
Iya pak, merk Italia

Tapi di daerah gempol, Pasuruan, ada pabrik kilang minyak AGIP juga, karena sering lewat situ jadi tau ada pabrik ini
Posisinya dekat ex-exit tol gempol (yang sudah ngga fungsi akibat kena lumpur lapindo)
AGIP OIL
PT BAHANA NUSA LUBRINDO Memasarkan pelumas lokal Agip yang diproduksi oleh PT. ALP Petro Industry , sebuah pabrik pelumas dibawah pengawasan Agip Petroli S.P.A. PT ALP Petro Industry adalah salah satu pabrik paling modern yang ada di Indonesia dengan kapasitas produksi 40.000 MT per tahun dengan berbagai spesifikasi produk tertinggi. Pabrik dengan dua bagian utama yakni Refinery dan Blending pelumas oil yang terletak di Gempol, Pasuruan, jawa timur dengan luas area 64150 m2 dengan setifikat terintegrasi (ISO 9001, ISO 14001, OHSAS 18001 serta berbagai sertifikat lainnya)
Image
Jadi penasaran, apa oli agip yg dijual disini, hasil blending dari pabrik yang di pasuruan itu yah? :e-think:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22080
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by Turboman »

@imsus :

Yg 0w30 Italiano CBU........kelas premium, di sini pasarnya kecil....dulu aja di distro-nya stok numpuk banyak benerrrrrr

Yg diproduksi di sini rata2 yg mineral kelas ekonomi, pasarnya yg jauh lebih besar

Mrk juga terima maklun bikin utk merek lain, pernah denger Total Classic ? nah itu konon bikinan mereka juga, pasarnya : taxi fleet
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
ecco
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 960
Joined: Wed Aug 14, 2013 13:07

Re: Ranking Dan Pemilihan Oli Mesin - PART 04

Post by ecco »

Om Turbo, kalo oli mesin di stok itu tahan berapa lama yah? ane dikasih tau tetangga katanya harga oli mau naik, nah ane minat nyetok buat pemakaian sendiri. Masalahnya dengan mobil ane yang setaon paling ganti oli sekali nyetok 1 dus bisa abis bertaon2...
mohon pencerahannya :mky_02:
Matikan HP/SmartP/BB/iPhone dalam pesawat, Gak usah sok penting - kalo penting nggak naik kelas Ekonomi