Dari premium ke pertamax.. kok sama ya ?, beda kualitas ??

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

hitutbaw
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 578
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:01

Re: Dari premium ke pertamax.. kok sama ya ?, beda kualitas

Post by hitutbaw »

Sekedar share, wkt pakai anj ge8 sy pake premium dan gak pernah ngalamin ngelitik.. Pdhal kompresi nya kan tinggi ya? Wkt itu liat di buku manualnya kl gak salah cmiiw (lupa) ada semacam rekomendasi cukup premium (saya lupa gmn persisnya si petunjuknya).
Pakai 5 thn, aman sentosa...sakti juga tuh. Mobilnya gak disetting apa2 juga..ya cm cek rutin per 10000 km aja

Yg pernah ngelitik malah wkt pakai livina xr 1.5.
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Dari premium ke pertamax.. kok sama ya ?, beda kualitas

Post by VanzMatic »

hitutbaw wrote:Sekedar share, wkt pakai anj ge8 sy pake premium dan gak pernah ngalamin ngelitik.. Pdhal kompresi nya kan tinggi ya? Wkt itu liat di buku manualnya kl gak salah cmiiw (lupa) ada semacam rekomendasi cukup premium (saya lupa gmn persisnya si petunjuknya).
Pakai 5 thn, aman sentosa...sakti juga tuh. Mobilnya gak disetting apa2 juga..ya cm cek rutin per 10000 km aja

Yg pernah ngelitik malah wkt pakai livina xr 1.5.
Remapping ECU oleh pabrikan, kan?

Ya dong, kalo tidak ditulis rekomendasinya cukup premium, siapa yang mau beli?
:big_blushing:

Coba kalo remapping lagi untuk setting aslinya ni mobil, pakai Pertaplus sebagai bahan bakar standarnya.

silakan buktikan sendiri bedanya..
:big_blushing:

Avz saya sendiri buktinya. Sempet pakai premium bbrp waktu.
Trus di servis 10rb, setting ulang ECU, dan hasilnya....dengan tetap pakai premium.....
krrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrkkkkkkkkkkkkkkkkkk..... krrrrrrrrrrrrrrrrrrrrkkkkkkkkkkkkkkk........
hanya untuk nanjak di tanjakan DI.Pandjaitan rawamangun..
:big_peace:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Dari premium ke pertamax.. kok sama ya ?, beda kualitas

Post by billyd1773dz »

^^
yup... di indo yg di tulis RON rating systemnya lebih *halus* di banding MON yg ngetes kualitas fuel di kondisi lebih variatif dgn berbagai engine load, engine rev, hingga berbagai timing...

Pertamina "Premium" gasoline in Indonesia RON 88 MON 78 AKI 83
Pertamina "Pertamax" gasoline in Indonesia RON 92 MON 82 AKI 87
Pertamina "Pertamax Plus" gasoline in Indonesia RON 95 MON 85 AKI 90



bisa aja d remap biar asal g ngelitik... tp y sulit klw pingin ngacir juga...

klw minta d remap lg biar lebih ngacir bisa g yah........... wkwkw

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
hitutbaw
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 578
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:01

Re: Dari premium ke pertamax.. kok sama ya ?, beda kualitas

Post by hitutbaw »

wah ge8 nya udah dijual..
Nah dgn mobil2 yg udah pakai piggy back (bs gak pakai perbandingan metode ini, cmiiw-gak ngerti jg) kan bisa byk tuh mode settingnya. Yg settingan pake premium dan settingan pakai pertamax/plus..mgkn ada yg share hsl test dyno dgn msg2 settingan? Kl ternyata yg settingan pertamax cm beda di rpm tinggi ya artinya kl cm dalkot atau nyetir paling2 4000 rpm (apalagi model full matic kyknya cukup dah asal gak nafsu genjot) udah cukup pake premium?
Gak ngelitik.. Mesin gak rusak. Ya kl ada faktor lain kayak handling premium yg gak seapik pertamx di spbu atau gak ada additive cleansernya aja poin minus pake premium..apa bisa pakai pemikiran spt itu?
Anyway sebetulnya skrg jg sy pakai pertamax tp kl modelnya atm kyk nyiapin ge8 yg emang udah diset biar bs premium kan bagus juga? Seboyot boyotnya ge8 diset premium msh lumayan lah ha ha..
Shonen
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 569
Joined: Sun Jan 27, 2013 13:34

Re: Dari premium ke pertamax.. kok sama ya ?, beda kualitas

Post by Shonen »

Wah ane pemakai ge8 dah 5 taon...generasi bulan pertama ane...uda 5 taon pulak diisi premium ndak napa2 tuh...ngelitik jg kgak...
Jadi keinget waktu zaman premium ngejebolin fuel pump mobil, temen2 ane pada kena semua fuel pumpnya gegara isi premium ane doank yang kgak... :upss:

CRV RM babeh ane jga diisiin premium ko...katanya lebi ekonomis buat dibakar di macet drpd isi pertamak dah coba sama aja... :big_slap:

No offence buat pemakai pertamak n ga ngebujuk jg buat beralih ke premium :big_peace:
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Dari premium ke pertamax.. kok sama ya ?, beda kualitas

Post by VanzMatic »

Shonen wrote:Wah ane pemakai ge8 dah 5 taon...generasi bulan pertama ane...uda 5 taon pulak diisi premium ndak napa2 tuh...ngelitik jg kgak...
Jadi keinget waktu zaman premium ngejebolin fuel pump mobil, temen2 ane pada kena semua fuel pumpnya gegara isi premium ane doank yang kgak... :upss:

CRV RM babeh ane jga diisiin premium ko...katanya lebi ekonomis buat dibakar di macet drpd isi pertamak dah coba sama aja... :big_slap:

No offence buat pemakai pertamak n ga ngebujuk jg buat beralih ke premium :big_peace:
Ya nggapapa tho...
Wong saya bukan pemakai pertamax..
Saya juga pemakai premium ditambah " ramuan Panoramix", hehe...
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Dari premium ke pertamax.. kok sama ya ?, beda kualitas

Post by asudarsono »

Lama2 aku berfikir kualitas premium kita yg gak seragam. Mungkin premium di Rawamangun tempat om Vanz beli kurang bagus sehingga nanjak pasti ngelitik. Anehnya setelah ditetesi Norival jadi sembuh.

Anehnya lagi, aku isi premium di tempat sama malah gak ada masalah. Gak ada ngelitik. Kata om Billy ini cuma sugesti aku aja, tetep aja gak boleh pakai premium.

Wah, masih jauh dari kesimpulan nih tread. Jadi mana yg bener nih? Aneh ya pemerintah kita, nyediain barang yg gak jelas, disubsidi pula.

Aneh aneh aneh
Ready to Race
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Dari premium ke pertamax.. kok sama ya ?, beda kualitas

Post by JESKONENG »

utk menghilangkan keraguan atas kualitas premium di spbu manapun, mending selalu bawa bekal Norival om ....
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Dari premium ke pertamax.. kok sama ya ?, beda kualitas

Post by billyd1773dz »

ane pernah iseng premium + noripal platinum, memang ada perubahan lumayan.. bwat nyantai macet2, atw ngebut d tol gpp,g kedenger knock, tp bgtu masuk ke ciwalk mall nanjak dikit langsung ngelitik parah sejadi jadiny :wkkk: wkwkwkw

uda gtu kapok pke premium, n noripalnya d campur pertamax aja, bru enak nanjak parah uda g knock dulu pke pertamax aja masih knock klw nanjak parah d low rev..pke dosis setengahny ngarep jd ron95.....


ya mungkin mirage cuma 78ps........amit2 klw di korting lagi tenagany karna pke premium... wkwkw :D

pke mbl yg tenaganya lebih besar di korting low octane yaaa masih ada sisa mungkin wkwkw :D

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Dari premium ke pertamax.. kok sama ya ?, beda kualitas

Post by JESKONENG »

billyd1773dz wrote:ane pernah iseng premium + noripal platinum, memang ada perubahan lumayan.. bwat nyantai macet2, atw ngebut d tol gpp,g kedenger knock, tp bgtu masuk ke ciwalk mall nanjak dikit langsung ngelitik parah sejadi jadiny :wkkk: wkwkwkw

uda gtu kapok pke premium, n noripalnya d campur pertamax aja, bru enak nanjak parah uda g knock dulu pke pertamax aja masih knock klw nanjak parah d low rev..pke dosis setengahny ngarep jd ron95.....


ya mungkin mirage cuma 78ps........amit2 klw di korting lagi tenagany karna pke premium... wkwkw :D

pke mbl yg tenaganya lebih besar di korting low octane yaaa masih ada sisa mungkin wkwkw :D

:beer:
waktu pake Premium + Noripal itu dosisnya brapa banyak om ? sudah dicoba pake dosis 1 ml Noripal utk setiap 10 liter Premiyum ? (jangan lupa ngisi Noripal sebelum mengisi Premiyum)
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Dari premium ke pertamax.. kok sama ya ?, beda kualitas

Post by JESKONENG »

btw, kalok utk nanjak curam, stop n go, paling sip pake Noripal Aggressor + Premium, om .... utk di toll juga misik oke ...
Last edited by JESKONENG on Sun Oct 20, 2013 16:57, edited 1 time in total.
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Dari premium ke pertamax.. kok sama ya ?, beda kualitas

Post by billyd1773dz »

hitutbaw wrote:wah ge8 nya udah dijual..
Nah dgn mobil2 yg udah pakai piggy back (bs gak pakai perbandingan metode ini, cmiiw-gak ngerti jg) kan bisa byk tuh mode settingnya. Yg settingan pake premium dan settingan pakai pertamax/plus..mgkn ada yg share hsl test dyno dgn msg2 settingan? Kl ternyata yg settingan pertamax cm beda di rpm tinggi ya artinya kl cm dalkot atau nyetir paling2 4000 rpm (apalagi model full matic kyknya cukup dah asal gak nafsu genjot) udah cukup pake premium?
Gak ngelitik.. Mesin gak rusak. Ya kl ada faktor lain kayak handling premium yg gak seapik pertamx di spbu atau gak ada additive cleansernya aja poin minus pake premium..apa bisa pakai pemikiran spt itu?
Anyway sebetulnya skrg jg sy pakai pertamax tp kl modelnya atm kyk nyiapin ge8 yg emang udah diset biar bs premium kan bagus juga? Seboyot boyotnya ge8 diset premium msh lumayan lah ha ha..
ya seharusnya bisa aja, klw masalahnya cuma karna oktan..
klw ada *benda* lain yg sampai bikin fuel pump jebol sih ntah lah.. itu sih hrsny bukan salah octane nya.

ini dyno subaru XV, std tune untuk ron95, di kasih ron 98 g pengaruh. bgtu di remap bwat ron98 dpt segini...
Image

torsinya jauh dri rpm bawah juga...
*meski bedanya jgn bandingin dgn hasil remap diesel sih hehe* :D

itu ron95 vs 98 loh...

MRT-ECUTEK juga ngasih remap untuk ron91.

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Dari premium ke pertamax.. kok sama ya ?, beda kualitas

Post by billyd1773dz »

JESKONENG wrote:
billyd1773dz wrote:ane pernah iseng premium + noripal platinum, memang ada perubahan lumayan.. bwat nyantai macet2, atw ngebut d tol gpp,g kedenger knock, tp bgtu masuk ke ciwalk mall nanjak dikit langsung ngelitik parah sejadi jadiny :wkkk: wkwkwkw

uda gtu kapok pke premium, n noripalnya d campur pertamax aja, bru enak nanjak parah uda g knock dulu pke pertamax aja masih knock klw nanjak parah d low rev..pke dosis setengahny ngarep jd ron95.....


ya mungkin mirage cuma 78ps........amit2 klw di korting lagi tenagany karna pke premium... wkwkw :D

pke mbl yg tenaganya lebih besar di korting low octane yaaa masih ada sisa mungkin wkwkw :D

:beer:
waktu pake Premium + Noripal itu dosisnya brapa banyak om ? sudah dicoba pake dosis 1 ml Noripal utk setiap 10 liter Premiyum ? (jangan lupa ngisi Noripal sebelum mengisi Premiyum)
ya sesuai yg d box aja 1ml utk 15ltr.. tangki mira 35ml jadi 2ml lebih dikit... blm coba klw utk 10ltr sih... denger2 klw kebanyakan malah g baik?

iya pasti donk tetes dulu baru di isi biar ke aduk...
JESKONENG wrote:btw, kalok utk nanjak curam, stop n go, paling sip pake Noripal Aggressor, om .... utk di toll juga misik oke ...
owh ada yg baru lagi yah? bedanya apa tu.. ?

:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
User avatar
JESKONENG
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4362
Joined: Sat Apr 21, 2007 12:40

Re: Dari premium ke pertamax.. kok sama ya ?, beda kualitas

Post by JESKONENG »

haha... moga gak ada yg protes ya om, sy share info Norival di sini ... Norival Aggressor di launch bulan Juli y.l. dan bukan merupakan produk tetap, hanya sebagai pengenalan kpd para pelanggan mengenai teknologi baru yg diterapkan pada Aggressor (nantinya akan diterapkan pada produk tetap), agar para pengguna bisa merasakan beda kekuatannya yg lebih dashyat daripada Platinum ataupun Titanium ... sementara ini stock Aggressor di sy masih ada cukup banyak.. jika mau pesan mending via pm aja ya om ....
Norival Fuel Enhancer
Gold, Platinum, Diesel, DRAG SERIES & Oil Enhancer
FB (id : Torry Parantoro)
hp/WA : 081328516999
User avatar
asudarsono
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4354
Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19

Re: Dari premium ke pertamax.. kok sama ya ?, beda kualitas

Post by asudarsono »

Lama2 mobil kita cukup dikasih air putih + norival buat bahan bakarnya. Air putihnya buat pengencer, biar gak terlalu ngebut
Ready to Race
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Dari premium ke pertamax.. kok sama ya ?, beda kualitas

Post by VanzMatic »

Ati ati loo, ntar ada hansip yang pura pura jadi pulisi nyemprit nyemprit posting yang ada merknya, terutama yang ambune ambu ndesoo...dikomplen plen plen....
:mky_06:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
hitutbaw
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 578
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:01

Re: Dari premium ke pertamax.. kok sama ya ?, beda kualitas

Post by hitutbaw »

Kmrn liat manual book crv gen 4 2.4 di situ tulisannya rekomendasi ron 91 atau lebih baik.. Hmm kl info dr om madcat yg 2.4 ron 88, yg crv 2.0 baru kudu ron 91.. Bgmn nih om madcat?
Lumayan.. Dihajar macet terus2an skrg selisih pmax vs premium udah rp 4100. Kl cm dibakar utk macet pake premium lagi boleh juga nih...
hitutbaw
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 578
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:01

Re: Dari premium ke pertamax.. kok sama ya ?, beda kualitas

Post by hitutbaw »

Brsan browsing2... Ketemu dari forum avanza xenia..
Btw kompresi avanza xenia 11:1 ya? Cmiiw..

Ada yg posting di situ dari youtube..
http://www.youtube.com/watch?v=21WrDnbVosc

Hasilnya pakai ron 88 gak beda output daya nya dibanding ron 92 atau 95??
Yg ajaib ada kurva afr .. Di low rpm (<2500) yg pake premium malah lebih tinggi, bukannya makin tinggi afr artinya makin irit? Artinya pakai premium ron 88 di kota yg byk macet malah lebih irit?
Ini apa memang semua ecu mobil bisa begini atau memang itu avanza xenia yg sakti?
Btw sy percaya banget 1000 persen avanza diisi premium gak ngelitik krn sering banget ikut mobil operasional kantor diisi premium gak ada ngelitik sama sekali, dan supirnya edun bawa mobinya sampai red line hajar 160 kmh.. Yg Stress malah sy selalu pakai safetybelt even duduk di belakang..
Btt... Apakah memang itu ecu mobil bisa menyesuaikan dgn premium? Mohon pencerahannya nih.. Menarik tuh video nya..
hitutbaw
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 578
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:01

Re: Dari premium ke pertamax.. kok sama ya ?, beda kualitas

Post by hitutbaw »

Ini link forum avanza xenia nya..
http://www.avanzaxenia.net/archive/inde ... 61-22.html

Yg ada test ron 88 vs ron 92 vs ron 95
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Dari premium ke pertamax.. kok sama ya ?, beda kualitas

Post by madcat015 »

Seingat ane, kompresi mesin 2.0 lebih tinggi dari 2.4 di CRV, om... :ungg:

Cmiiw :ungg:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
Felixz_Yaris
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3220
Joined: Wed Mar 27, 2013 4:32
Location: Jombang, Jawa Timur

Re: Dari premium ke pertamax.. kok sama ya ?, beda kualitas

Post by Felixz_Yaris »

madcat015 wrote:Seingat ane, kompresi mesin 2.0 lebih tinggi dari 2.4 di CRV, om... :ungg:

Cmiiw :ungg:
yep..
yg 2.0 = 10.6
yg 2.4 = 10.0
kalo ga salah inget
[TYCI 917]
[YKC]
hitutbaw
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 578
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:01

Re: Dari premium ke pertamax.. kok sama ya ?, beda kualitas

Post by hitutbaw »

Siap om madcat..
Kl honda msh ada harapan lah pake premium, yg sy tahu (cmiiw) garansi hilang pakai premium itu cx5..wkt itu salesnya yg infoin..
User avatar
madcat015
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 13579
Joined: Thu Nov 29, 2012 8:52
Location: Surabaya

Re: Dari premium ke pertamax.. kok sama ya ?, beda kualitas

Post by madcat015 »

hitutbaw wrote:Siap om madcat..
Kl honda msh ada harapan lah pake premium, yg sy tahu (cmiiw) garansi hilang pakai premium itu cx5..wkt itu salesnya yg infoin..
Percayalah, ga bakal gugur itu garansi... BeRes Ahond ga bakal berani vonis "void gegara ente pake bbm bersusu... errr.. bersubsidi..."

*damn you autocorrect!* :big_slap:
Obey the mahakitteh. :big_cat:
User avatar
billyd1773dz
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 4354
Joined: Tue Sep 02, 2008 0:19
Location: Bandungers

Re: Dari premium ke pertamax.. kok sama ya ?, beda kualitas

Post by billyd1773dz »

hitutbaw wrote:Brsan browsing2... Ketemu dari forum avanza xenia..
Btw kompresi avanza xenia 11:1 ya? Cmiiw..

Ada yg posting di situ dari youtube..
http://www.youtube.com/watch?v=21WrDnbVosc

Hasilnya pakai ron 88 gak beda output daya nya dibanding ron 92 atau 95??
Yg ajaib ada kurva afr .. Di low rpm (<2500) yg pake premium malah lebih tinggi, bukannya makin tinggi afr artinya makin irit? Artinya pakai premium ron 88 di kota yg byk macet malah lebih irit?
Ini apa memang semua ecu mobil bisa begini atau memang itu avanza xenia yg sakti?
Btw sy percaya banget 1000 persen avanza diisi premium gak ngelitik krn sering banget ikut mobil operasional kantor diisi premium gak ada ngelitik sama sekali, dan supirnya edun bawa mobinya sampai red line hajar 160 kmh.. Yg Stress malah sy selalu pakai safetybelt even duduk di belakang..
Btt... Apakah memang itu ecu mobil bisa menyesuaikan dgn premium? Mohon pencerahannya nih.. Menarik tuh video nya..
11:1 ? tinggi bener.. .ada link?

imho sih klw map table ecunya engga di setting untung timing lebih tinggi atau waktu uji coba terlalu dkt sebelum ecu beradaptasi untuk fuel lebih baik, y engga terlalu pengaruh hasilnya. kan yg nentuin performa timing mesin bukan oktan. ehmmm.... d vid itu bukanya uda lebih gede output yg ron 95?

biasanya jg klw bru pke oktan tinggi g langsung kerasa sih,sblm ngerubah timing dulu. kec knock nya uda kronis sih langsung kerasa.

coba om ovi di minta ngeremap untuk push map table bwat masing2 fuel hehehe :D

soal AFR. saat di dyno pasti di bejek gas pol kan? di mobil yg uda ada o2sensor/lambda sensor di saat itu pasti di overide jadi lebih rich masukke open loop, dari normal 14.7:1 jadi angka AFR dri dyno engga bisa jadi patokan untuk sehari-hari apalagi lg macet yg biasanya jalan di close loop.

knp d ron 95 lebih rich? pembakaran di timing yg lebih advance energi yg di hasilin lebih besar. suhu yg di keluarin juga lebih panas. jadi untuk mencegah kerusakan, AFR nya lebih rich untuk ngimbangin agar tidak terlalu panas.

jd lebih boros? imho sih gmn engine loadnya energi lebih besar, bearti engine loadnya lebih rendah jg g perlu d teken lebih dalem gasny, dan waktu neken nya lebih bentar untuk berakselerasi.

soal knock.... pernah liat d videonya om ovi sardjan juga saat ngetune piggy di dyno.. dia pke microphone knock sensor, untuk dengerin knock yang tidak audible/terdengar lngs telinga manusia.


cmiiw ah... :D ujungny2 bebas dah gmn mau nya masing2 aja mw di isi apah hahaha :D


sebenernya bisa-bisa aja sih kompresi tinggi di beri oktan lebih rendah dri seharusnya. selain spark timing n afr.. gw baca2 mesin GDI mitsu pernah bikin yg 12.5:1 kompresi nya.. cara biar g knock ada nozzle tambahan untuk nyemprotin fuel sebelum masuk ruang bakar... tujuan nya biar suhu ruang bakar tidak terlalu panas.... skrng uda jarang kedenger lagi mesin GDI mitsu kmn ya.... konon bisa leanburn, tp d eropa di anggap gagal g cocok dgn fuel di sana, sulphurnya terlalu tinggi dan soal emisi jg yg lean burn bisa bikin NOx lebih tinggi itu saat awal tahun 2000an. *ini bensin loh.. ada masalah sulphur juga* hehe.. :D jd lean burn gdi klw d jepang sampai 30:1, d eropa hanya 20:1. dan hanya jika low engine load.

terus mazda skyactiv 14:1 /13:1 salah satu caranya dgn pke header 4-2-1 yg panjang..... agar saat valve overlap pulse exhaust pembuangan dari cyld 4 tidak tersedot ke cyld 1 saat valve masih terbuka dan terjadi vakuum. tujuannya sama agar suhu ruang bakar bisa lebih dingin dan ngindarin knock.

sarat kedua nya harus pke gasoline direct injection agar timing spraynya bisa sangat presisi.....

cmiiw
:beer:
just my dummy head.... me available on youtube! check n subs ya!
Image Billyd1773dz
hitutbaw
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 578
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:01

Re: Dari premium ke pertamax.. kok sama ya ?, beda kualitas

Post by hitutbaw »

Saya liat di sini om bill
http://accessoriesmobil.net/daftar-rasi ... esi-mobil/

Ada byk daftar rasio kompresi mobil.

Thx pencerahannya om bill. Berarti memang bukan cuma rasio kompresi saja ya utk menentukan mana mobil yg masih "acceptable" pakai premiun atau nggak.
Teknologi mesin yg bertujuan menurunkan suhu ruang bakar atau kemampuan ecu mengatur timing pembakaran dan overlap bukaan katup juga pengaruh pada kemampuan akhirnya si mobil menerima ron 88 ya..dan sejauh mana penurunan performanya (tentu nanti tergantung lagi sama engine load dan kualitas bbmnya)
Kalau bgt tabel yg sering ada di web tentang rasio kompresi dengan ron minimal yg dibutuhkan gak selamanya sesuai ya?